OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Hyundai i20, Mobil Kompak Dengan Mesin Tangguh
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai i20, Mobil Kompak Dengan Mesin Tangguh

Dilihat 3712
Arief Yuno
7 Des 2020, 18:25
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

hyundai i20 otoloka

Otoloka.id - Tertarik untuk punya Hyundai i20? City car satu ini memang kini bisa jadi pilihan karena harga generasi pertamanya yang usianya baru kisaran 10 tahun sudah cukup ramah kantong. Dengan tampilan manis, dia kini beredar di kisaran Rp 70.000.000. Itu pun belum ditawar.

Hyundai i20 sendiri beredar di Indonesia sejak generasi pertama, lalu berlanjut pada generasi kedua. Secara global, Hyundai i20 adalah hatchback yang diproduksi oleh Hyundai sejak tahun 2008. 

Sejarah Hyundai i20

Debutnya dimulai di Paris Motor Show pada bulan Oktober 2008, dan berada di antara i10 dan i30. Ini adalah mobil penggerak roda depan, dan tersedia dalam versi tiga dan lima pintu. Namun di Indonesia, dia lebih umum beredar dalam versi lima pintu dan mulai hadir menggantikan Hyundai Getz.

Di antara jajaran mobil Hyundai, i20 menggunakan platform yang sepenuhnya baru yang dibuat di pusat teknis Hyundai Eropa di Rüsselsheim. Ini cukup menjelaskan bagi sebagian orang yang merasa cocok dengan tampilannya.

Dia dibuat demikian sejatinya untuk memungkinkan Hyundai pindah ke segmen subkompak B yang sangat kompetitif di Eropa. Jarak sumbu roda 2.525 mm membantu memberi i20 kabin penumpang yang luas. Suspensi MacPherson di bagian depan dan ujung belakang torsion beam, dengan kemudi rack dan pinion.

Hyundai iGen i20 kemudian hadir sebagai penyengaran dan mulai dijual di India pada Maret 2012 dan seterusnya dengan lampu depan yang diubah, gril depan baru, begitu juga lampu belakang, dan lampu kabut. 

Nah, i20 generasi pertama ini akhirnya dihentikan produksinya di pasar Indonesia pada tahun 2012 karena diperkenalkannya hatchback Accent, yang dikenal dengan nama Grand Avega. 

Overview Hyundai i20

depan hyundai i20 otoloka

Bicara mesin, generasi pertama sejatinya memiliki total tujuh opsi mesin empat silinder. Tiga bensin, termasuk mesin 1248 cc DOHC 16 katup serta mesin diesel. Dua dari mesin diesel adalah 1.396 cc unit, satu berdaya 74 hp dan torsi 220 Nm dan yang lainnya 89 hp dan 220 Nm (160 lbft) unit daya tinggi.

Kebanyakan yang beredar di Indonesia adalah mesin diesel 1582 cc DOHC 16 katup menghasilkan tenaga 113 hp dan torsi 156 Nm serta bensin 126 hp dan torsi 157 Nm.
Generasi pertama punya daya pikat tingkat keselamatan yang didukung hasil tes Euro NCAP

Keseluruhan: 5/5 bintang dan mencetak enam dari maksimum tujuh poin dalam kategori "bantuan keselamatan", menerima nilai tertinggi untuk pengingat sabuk dan program stabilitas elektronik yang meminimalkan risiko tergelincir saat pengereman di masing-masing roda. 

Hyundai i20 pun dinobatkan sebagai salah satu dari "lima mobil paling aman Euro NCAP untuk 2009", yang didasarkan pada penghargaan bintang lima maksimum Euro NCAP dan skor keseluruhan.

Generasi kedua pun dirilis oleh Hyundai di ajang GIIAS, Agustus 2016 lalu. Kelebihan dan kekurangan memadu. Jika bicara kelebihan, modelnya memang lagi-lagi menarik. Ciri paling kentaranya mungkin adalah aksen hitam di pilar belakang.

Bentuknya sendiri digarap dengan konsep Fluidic Sculpture 2.0. Jika desainnya makin terasa layaknya mobil Eropa, bisa jadi ini lantaran penggarapan desain diserahkan antara lain kepada Peter Schreyer yang merupakan mantan desainer Audi dan Volkswagen. Lalu ada Thomas Burkle yang merupakan mantan desainer BMW.

Kelebihan Hyundai i20

samping hyundai i20 otoloka

PT Hyundai Mobil Indonesia memboyongnya masuk ke Indonesia dengan satu pilihan varian saja, yakni Hyundai i20 GL. Ia menggunakan mesin 1.400 cc yang diberi nama Kappa dengan pilihan transmisi manual atau otomatis.

Material Mesin Terbaik

Sekilas gambaran soal mesin Kappa, blok mesinnya terbuat dari aluminium die-cast bertekanan tinggi yang menghasilkan penghematan berat yang cukup besar. Seluruh mesin dengan gearbox manual hanya memiliki berat 82,4 kg. Blok utama memiliki konstruksi rangka tangga untuk mendukung kekakuan struktural sementara silindernya dilengkapi dengan lapisan besi tuang untuk meningkatkan ketahanan abrasi. 

Bobot tambahan dihilangkan dengan mengintegrasikan braket penyangga engine dengan penutup rantai waktu (bukan belt). Bentuk skirt piston dioptimalkan untuk mengurangi ukurannya sementara ketinggian kompresi piston juga dikurangi sehingga menghemat berat. 

Mesin Sangat Andal

interior hyundai i20 otoloka

Mesin yang dulunya dikembangkan dengan biaya $ 421 juta selama 48 bulan tidak lain ditujukan untuk meningkatkan penghematan bahan bakar sambil memastikan kepatuhan terhadap peraturan emisi EURO-4 yang ketat.

Masuk ke kabin, sistem hiburan via headunit model layar sentuh. Ada pemutar CD/DVD dan MP3 juga USB serta kontrol dari lingkar kemudi. GPS bawaan juga tersedia di sana, dan yang paling penting adalah ketersediaan koneksi Bluetooth.

Mesin Kompak

Lalu soal mesin, i20 generasi kedua dapat jempol ke bawah karena anggapan bahwa mesinnya menjadi lebih kecil 100 cc dari generasi pertamanya. Daya kudanya akhirnya terpangkas. Sekalipun demikian, hal tersebut tentu tidak jadi soal jika penggunaannya lebih banyak di dalam kota saja.

Kekurangan Hyundai i20

belakang hyundai i20 otoloka

Kekurangannya? Kapasitas kabin menjadi konsekuensi mengingat ia adalah city car, dan punya ukuran dimensi 4.040 mm x 1.750 mm x 1.775 mm yang tidak bisa dibilang kecil tetapi juga tidak besar. 

Untuk Hyundai i20 generasi pertama, memiliki city car versi mesin diesel bisa jadi merupakan pilihan yang menarik. Apalagi bagi mereka yang suka dengan torsi sebab diesel kaya torsi.

Lebih dari itu, dengan prinsip common-rail berteknologi Variable Geome­tric Turbocharged (VGT), ia juga cukup irit. Sayangnya, yang diesel hanya punya transmisi manual.

Pedal Cukup Keras

Satu keluhan lain soal i20 generasi pertama adalah pedal gas yang cenderung keras. Ini terjadi lantaran jalur kabel gasnya cukup berliku.

Rem Cepat Kering

PR lainnya untuk generasi pertama adalah perawatan rem dan kemudi. Bagian rem yakni di bagian kaliper harus dilumasi sebab mudah kering dan menimbulkan bunyi-bunyi. 

Kemudi Sering Bunyi

Sementara itu, kemudinya bisa timbul bunyi-bunyi karena membutuhkan kalibrasi secara berkala. Kalibrasi itu dibutuhkan untuk mencegah celah yang menyebabkan bunyi di bagian power steering.

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya