• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Kia Carens, MPV Anti Mainstream Tapi Fitur Banyak Disunat
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Kia Carens, MPV Anti Mainstream Tapi Fitur Banyak Disunat

Dilihat 3920
Arief Yuno
3 Des 2020, 12:19
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 5

kia carens otoloka

Otoloka.id - Debut pada awal 2000-an, Kia Carens langsung mengundang perhatian keluarga Indonesia kelas menengah hingga lembaga Kepolisian Republik Indonesia. Pasalnya, berkat segala keunggulan teknis dan sematan fitur terbaik.

Kia Carens pun mendapat predikat sebagai salah satu mobil keluarga favorit kala itu. Berikut ini kita akan ulas kelebihan dan kekurangan Kia Carens. 

Sejarah Kia Carens

sejarah kia carens otoloka

Jejak sejarah Kia Carens dimulai pada tahun 2000. Di mana pabrikan asal Korea Selatan ini resmi meluncurkan mini MPV sebagai opsi alternatif dari Kia Carnival yang punya dimensi lebih bongsor. 

Kia Carens generasi pertama dibekali mesin DOHC 1.793 cc (1.8L) dengan hasilan tenaga mencapai 130hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 166 Nm pada 4.500 rpm.

Pada 2003 kiprah Kia Carens generasi pertama harus usai untuk kemudian digantikan generasi selanjutnya, Carens II. Mobil ini pun masih sama dengan generasi sebelumnya, yakni masuk ke pasar Indonesia dengan status impor utuh (CBU). Namun respons masyarakat yang baik, Carens II pun dirakit lokal (CKD) pada tahun 2004. 

Bodi Carens II yang menjadi lebih besar harus dibayar dengan penurunan total daya maksimum mesinnya. 

Dengan dibenamkan mesin yang sama dengan generasi pertama, Kia Carens II hanya mampu menyemburkan tenaga sekuat 126 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak mencapai 161 Nm pada 4.900 rpm. 

Sempat berhenti pada 2008, Kia Carens kembali muncul pada tahun 2013 dengan nama All New Carens yang mengusung desain lebih modern; stylish, sporty, dan dinamis. 

Tak hanya soal desain, fitur All New Kia Carens pun telah mengusung teknologi terbaru saat itu. Kia Carens sepenuhnya harus berhenti dijual di Indonesia pada tahun 2016.

Agar tidak membingungkan, berikut ini adalah uraian kelebihan dan kekurangan Kia Carens generasi ketiga.

Kelebihan Kia Carens

eksterior kia carens otoloka

Kia Carens bisa dibilang memiliki kelebihan yang cukup menarik, bahkan luput dari penilaian masyarakat terutama mereka yang mencari sebuah mobil keluarga. Kelebihan Kia Carens bisa dilihat dari performa mesin mumpuni, desain atraktif, kualitas material kabin yang baik, hingga predikat bintang 5 EURO NCAP.

Performa Mesin Mumpuni

mesin kia carens otoloka

Kelebihan pertama Kia Carens adalah performa mesinnya yang dinilai cukup mumpuni. Kia Carens dibenamkan mesin 2.000 cc dengan hasilan tenaga mencapai 150 hp dan torsi puncak 194 Nm. Mesin ini pun kemudian disandingkan dengan opsi transmisi manual dan otomatis.

Berkat spesifikasi mesin ini, performa Kia Carens pun cukup mengejutkan di atas kertas. MPV asal Korea Selatan ini pun mampu menorehkan rekor angka kecepatan tertinggi mencapai 220-230 km per jam. Untuk menembus kecepatan 0-100 km per jam butuh waktu 10 detik.

Desain Atraktif

performa kia carens otoloka

Desain eksterior Kia Carens patut mendapat apresiasi cukup tinggi lantaran memiliki karakter penuh gaya dibandingkan mobil-mobil sekelasnya pabrikan Asia. Hal ini bisa disimpulkan lantaran desain Kia Carens punya karakter mobil Eropa yang stylish juga sporty. Tak heran, mobil ini sangat cocok bagi mereka yang mengidamkan MPV anti mainstream yang keren.

Kualitas Material Interior yang Baik

interior kia carens otoloka

Kelebihan lain dari Kia Carens berada di sektor interiornya. Ya, Kia Carens kerap dipuji terkait material yang dipilihnya di dalam kabin. Hal ini tentu saja untuk menunjang kenyamanan terbaik yang notabene wajib dimiliki setiap mobil keluarga.

Bicara soal kenyamanan, selain karena pemilihan bahannya, Kia Carens juga patut dipuji lantaran 'selamat' dari cap mobil sempit. Carens mampu menampung 7 penumpang, dengan dua baris terdepan yang sangat nyaman. Tapi tidak untuk baris ketiga... kita bahas nanti di kekurangannya.

Mengantongi 5 Bintang EURO NCAP

Cukup bicara soal beberapa kelebihan tadi, Kia Carens rupanya punya catatan sangat mengesankan di sektor keselamatan. Seperti dilansir situs web resmi EURO NCAP, Kia Carens lansiran 2013 mengantongi 5 bintang. Ini artinya, mobil Carens sangat aman untuk digunakan terlebih saat mengalami kecelakaan.

Kekurangan Kia Carens

samping kia carens otoloka

Setelah mengulas kelebihan, Kia Carens juga punya beberapa kekurangan yang dinilai cukup vital sebagai sebuah mobil keluarga. Kekurangan Kia Carens ini meliputi akomodasi jok baris ketiga yang sempit, head unit kurang update, hingga performa pengereman yang kurang baik.

Jok Baris Ketiga Sempit

interior belakang kia carens otoloka

Seperti yang sempat disinggung di atas, kenyamanan dalam kabin Kia Carens harus terganggu karena jok baris ketiga terasa sempit. Ya, tidak sedikit yang mengeluhkan hal ini. Mekipun sebenarnya konfigurasi jok Carens bukan 7 penumpang melainkan 5+2, namun 2 jok di belakang masih kurang leluasa bagi penumpang anak-anak.

Head Unit Kurang Update

head unit kia carens otoloka

Meskipun muncul pada 2013, Kia Carens III diharapkan mampu menghadirkan head unit yang update juga saat itu. Namun justru banyak yang menyayangkannya. Head unit di dasbor Kia Carens berkonfigurasi 2 DIN keluaran aftermarket. 

Tak hanya itu, lebih luas lagi, fitur All New Carens yang dijual di Indonesia harus dipangkas. Ada kurang lebih 7 fitur yang absen, seperti Advanced AV Navigation System, paket fitur keselamatan dan keamanan, AC Dual Zone with Full Auto Climate Control, Panoramic Roof, Cruise Control, Idle Stop and Go System, dan Automatic Sensor.

Fitur Pengeraman Banyak Absen

kia carens otoloka 2020

Masih nyambung dengan pemangkasan fitur-fitur di atas, performa pengereman Kia Carens pun harus kena imbasnya. Ketidakhadiran fitur ABS, EBD, dan Brake Assist menjadi kekurangan Kia Carens paling vital. Ketambahan lagi, fitur keselamatan aktif yang dipangkas juga jadi masalah lainnya.

Kesimpulan

Kia Carens memang bisa menjadi salah satu opsi mobil keluarga yang cukup anti-mainstream, terutama bagi mereka yang ingin tampil beda. Performa mesin mumpuni juga didukung konsumsi bahan bakar yang tak tergolong boros, biasa-biasa saja. Namun banyaknya fitur keselamatan yang disunat patut menjadi sorotan lantaran ini menjadi fitur yang sangat vital saat berkendaraan.

  • Suka 5
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya