• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Kia Carnival, Mobil Keluarga Spesialis Liburan Jarak Jauh
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Kia Carnival, Mobil Keluarga Spesialis Liburan Jarak Jauh

Dilihat 6782
Arief Yuno
3 Des 2020, 14:28
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 10

kia carnival otoloka

Otoloka.id - Kia Carnival adalah sebuah mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang kemudian dikenal sebagai Sedona. Kia Carnival pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan 2000. 

Saat itu, Carnival pun langsung menjadi penantang serius Honda Odyssey, Nissan Serena, dan Hyundai Trajet. Berikut ini adalah ulasan kelebihan dan kekurangan Kia Carnival selengkapnya.

Sejarah Kia Carnival

eksterior kia carnival otolokaKia Carnival pertama kali muncul di pasar global pada tahun 1998. Di Indonesia sendiri, MPV ini baru muncul pada pertengahan tahun 2000 dan dipasarkan secara resmi oleh Kia Mobil Indonesia.

Di awal peredarannya, Kia Carnival ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.5 liter V6 24 katup dan mesin diesel 2.9 liter 4 silinder 16 katup. Kedua mesin tersebut hanya tersedia transmisi otomatis 4 percepatan saja. 

Jejak eksistensi Carnival pun berlanjut hingga pada 2002, Kia meluncurkan versi facelift-nya. Saat itu, Kia Carnival mendapat beberapa ubahan seperti desain lampu depan, gril lebih lebar, bumper depan dan belakang, serta ubahan desain lampu belakang juga tak ketinggalan.

Saat itu juga dipasarkan Kia Sedona dengan pilihan mesin bensin dan diesel juga. Sedangkan Carnival tetap ada namun hanya tersedia pilihan mesin diesel saja. 

Penjualan Kia Carnival pun harus berhenti saat menginjak tahun 2004. Namun dengan begitu bukan berarti Kia tanpa model MPV, karena masih ada Sedona yang bertahan hingga 2007 di Indonesia.

Meskipun sejak tahun tersebut model ini masih diproduksi untuk pasar global, namun model terbarunya tidak pernah masuk Indonesia.

Masuk ke tahun 2016, tepatnya saat perhelatan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, Kia Carnival generasi ketiga resmi diniagakan dengan nama Kia Grand Sedona. Nama ini pun kemudian bertahan hingga sekarang.

Saat itu, kebangkitan MPV unggulan Kia tersebut ditandai dengan bekalan mesin bensin 3.3 liter V6 24 katup yang disandingkan transmisi otomatis 6-percepatan.

Kelebihan Kia Carnival

depan kia carnival otoloka

Jika perlu memaparkan kelebihan dan kekurangan Kia Carnival, ada beberapa poin saja yang patut jadi sorotan. Misalnya, diawali dengan kelebihan Kia Carnival seputar desain, dimensi, performa mesin diesel, hingga tingkat kenyamanan dalam kabin.

Dimensi Bodi Besar dan Mewah

Kelebihan pertama dari Kia Carnival adalah dimensinya yang besar. Memang, aspek ini mungkin akan ada pro dan kontra. Namun bodi bongsor Carnival dibarengi dengan karakter mewah nan elegan, terutama pada masanya.

Oleh karena itu, bodi bongsor Kia Carnival lebih cenderung dinilai sebagai sebuah kelebihan. Apalagi, dengan ukuran dimensi yang besar membuat kabinnya pun menjadi luas khas mobil keluarga mewah.

Mesin Kuat

mesin kia carnival otoloka

Kedua mesin Kia Carnival (generasi pertama) maupun mesin generasi terakhir di Indonesia dinilai punya performa yang tergolong kuat. 

Sebut saja misalnya mesin tipe KV6 berkapasitas 2.5 liter V6 DOHC. Mesin ini mengantongi standar EURO 2 dan tersedia opsi transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. 

Berkat mesin ini, Kia Carnival mampu menghasilkan kekuatan hingga 162 Hp pada 6.500 rpm, dan torsi puncak mencapai 250 Nm pada putaran 4.000 rpm. 

Mesin Diesel Irit

Selain tergolong kuat, ternyata mesin Kia Carnival punya kelebihan lain lagi, terutama jenis diesel. Pasalnya, mesin diesel Kia Carnival diklaim oleh pabrikan dan beberapa pengujian awak media mampu menghasilkan angka konsumsi solar yang bersahabat di kantong.

Dari hasil pengujian dan klaim pabrikan, Kia Carnival mencetak angka konsumsi BBM sebesar 8,1 km /liter (dalam kota), 13,9 km /liter (luar kota), dan 11 km /liter (kombinasi).

Interior Luas dan Nyaman

interior kia carnival otoloka

Dimensi Kia Carnival yang dinilai besar membawa dampak pada interiornya. Ya, kabin mobil ini dikenal sangat luas untuk ukuran sebuah mobil keluarga. Dengan kelapangan kabin ini membuat tingkat kenyamanan penumpang dalam mobil juga jadi semakin baik. 

Tak heran, Kia Carnival sempat jadi buruan publik baik untuk kebutuhan keluarga maupun kendaraan traveling sewaan.

Kekurangan Kia Carnival

Setelah mengulas beberapa kelebihan, kini saatnya membahas beberapa kekurangan penting yang harus diperhatikan pada mobil Kia Carnival. Beberapa di antaranya adalah peredaman suara di dalam kabin, mesin bensin, hinga radius putar yang besar.

Radius Putar Sangat Besar

indonesia kia carnival otoloka

Kekurangan pertama dan paling mencolok adalah radius putarnya yang sangat besar. Radius putar Kia Carnival tercatat mencapai 13 meter!

Dengan radius putar segitu, mobil ini akan sangat kesulitan jika digunakan di jalan sempit. Apalagi untuk memutar berbalik arah. Hmmm... kalau pakai mobil ini, jangan sampai salah arah, deh. Pasti bikin repot.

Radius putar mobil ini pun diperparah dengan kualitas handling yang biasa aja. Jadi, sangat perlu dipertimbangkan kalau hendak meminang Kia Carnival mengingat radius putar yang besar hingga merepotkan. 

Kabin Kurang Kedap

kabin kia carnival otoloka

Kualitas material interior dan kelapangan kabin rupanya tidak didukung dengan kekedapan suara yang mumpuni. Salah satu kekurangan Kia Carnival yang kerap dikeluhkan para penggunanya adalah kabin yang kurang kedap.

Hal itu membuat suara dari luar maupun suara mesin masih terdengar dan mengganggu kenyamanan orang dalam kabin saat perjalanan.

Mesin Bensin Boros

Kekurangan Kia Carnival lainnya adalah konsumsi bahan bakar mesin bensinnya yang tergolong boros. Ya, ini memang berbanding terbalik dengan performa mesin dieselnya.

Di atas kertas, Kia Carnival mesin bensin mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 6,5 km /liter (dalam kota), 11,2 km /liter (luar kota), dan 8,8 km /liter (kombinasi).Jika dibandingkan dengan para kompetitor terdekatnya ini jelas sebuah kelemahan yang mencolok.

Kesimpulan

samping kia carnival otolokaKia Carnival bisa dijadikan sebagai salah satu rekomendasi mobil keluarga bekas. Desain, dimensi, dan kelapangan dalam kabin bisa jadi bahan dipertimbangkan positif. Terlebih lagi, pilihlah Kia Carnival mesin diesel. Kalau memang suara mesinnya mengganggu hingga dalam kabin, terpaksa Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memasang peredam tambahan. 

Kia Carnival sendiri kurang disarankan sebagai kendaraan sehari-hari. Mobil ini lebih cocok sebagai spesialis mobil liburan keluarga dengan jarak perjalanan yang jauh.

  • Suka 10
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya