• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio, City Car Hatchback Modis yang Luput dari Sorotan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio, City Car Hatchback Modis yang Luput dari Sorotan

Dilihat 971
Arief Yuno
25 Nov 2020, 15:21
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

kia rio otoloka

Otoloka.id - Kia Rio bukan nama baru penghuni mobil model hatchback di Indonesia. PT KIA selaku agen pemegang merek (APM) Kia di Tanah Air terakhir kali melakukan penyegaran kepada Rio pada tahun 2017 bersamaan dengan event Indonesia International Motor Show (IIMS).

Namanya yang kurang menggema bukan berarti Kia Rio tak berkualitas. Berikut ini adalah uraian kelebihan dan kekurangan Kia Rio selengkapnya.

Sejarah Kia Rio

kia rio lama

Kia Rio merupakan mobil yang masuk ke dalam kategori subcompact dengan model hatchback. Mobil ini pun diproduksi pertama kali pada tahun 1999 untuk menjadi suksesor Kia Pride generasi pertama yang notabene hanya rebadge dari Ford Festiva dan Hyundai Avella.

Memasuki tahun 2005 generasi keduanya pun muncul pertama kali di Eropa. Mobil ini pun diketahui telah berbagi platform dengan Hyundai Accent sebagai perusahaan aliansi asal Korea Selatan. Di negara asalnya sendiri, mobil ini dijual sebagai Kia New Pride.

Hingga pada 2011, Kia Rio versi terbaru meluncur di Indonesia. Merunut sejarah Kia Rio ini merupakan generasi ketiga yang pertama diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show 2011. Pasca peluncurannya itu, Kia Rio mencatatkan penjualan yang sangat baik hingga menjadi model terlaris dari Kia secara global.

Tahun 2017 kemudian menjadi tahun bersejarah dalam rekam jejak Kia Rio di dunia otomotif Indonesia karena berhasil menginjak generasi keempat. Pada generasi ini Kia Rio mengedepankan desain yang lebih sporty dan dinamis. Tak heran, antusiasme publik Tanah Air cukup tinggi kala itu, terutama kalangan anak muda.

Tak hanya meneruskan generasinya, Kia Rio pun disebut oleh berbagai media bisa menjadi lawan tangguh Honda Jazz dan Toyota Yaris. Hal tersebut tak berlebihan mengingat perubahan pada Kia Rio bukan hanya pada desain saja, melainkan spesifikasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Kia Rio generasi keempat diklaim oleh pabrikan mengusung tema desain "Finde Your Groove" karya para insinyur Jerman dan California yang bermarkasi di Namyang, Korea Selatan.
Secara spesifikasi, terutama di sektor dapur pacu, Kia Rio generasi teranyar ini telah mengusung mesin baru berteknologi Mpi berkapasitas 1.400 cc yang disandingkan opsi transmisi manual dan otomatis. Kia mengklaim bahwa mesin ini lebih performatik dibandingkan generasi sebelumnya.

Kelebihan Kia Rio

desain kia rio

Sekarang kita bahas plus-minus mobil ini. Namun kita akan awali dari kelebihan yang kemudian membahasa beberapa kekurangan pada Kia Rio ini.

Desain Punya Gaya

Kelebihan pertama Kia Rio hadir pada desainnya yang bisa dibilang cukup unik. Meskipun merupakan hasil produksi pabrikan asal Korea Selatan, namun Rio punya karakter mobil Eropa yang cukup kuat. 

Seperti kita ketahui, bahasa desain mobil Eropa punya nilai estetika tersendiri dan cenderung futuristik. Selain itu, mobil-mobil Eropa lumayan jadi referensi desain mobil Asia bahkan Amerika.
Penilaian atas desain Kia Rio ini dirasa tak berlebihan mengingat mobil ini pernah diganjar penghargaan iF Design Awards pada tahun 2017.

Kenyamanan Kabin Sangat Baik

Desain yang baik pun tak hanya hadir pada eksteriornya saja, kabin Kia Rio pun dinilai punya desain sangat baik. Selain telah disematkan fitur-fitur modern, kabin pun terasa lega sehingga menambah kenyamanan selama berkendara dalam kondisi full penumpang sekalipun.
Kenyamanan dalam kabin Kia Rio pun kemudian didukung oleh penggunaan material jok fabric yang berkualitas. 

Bagasi Lapang

bagasi kia rio

Kelebihan lain dari Kia Rio adalah luas bagasi yang lapang. Memang kadang perihal bagasi suka luput dari perhatian. Namun kalau kita lihat lagi segmen Kia Rio yang bermain sebagai city car, tentu kapasitas bagasi patut jadi sorotan.

Pasalnya, sebagai kendaraan perkotaan harus mampu mengakomodir barang bawaan yang bisa saja banyak berhubung sang pemilik punya banyak aktivitas di jalanan. Kapasitas bagasi Kia Rio pantas diapresiasi mengingat bodinya yang kompak.

Handling Presisi

interior kia rio otoloka

Ya, banyak masyarakat Indonesia yang belum merasakan bagaimana impresi berkendara Kia Rio. Wajar saja, merek ini kalah pamor dengan model lain dari merek asal Jepang dan pendatang baru dari China.

Padahal, performa Kia Rio patut dibanggakan berkat bekalan mesin bertenaga 98 Hp dan torsi puncak mencapai 133 Nm. Bahkan, secara handling, setir Rio yang dibekali fitur tilt dan teleskopik dirasa sangat presisi dan lincah. 

Kekurangan Kia Rio

belakang kia rio otoloka

Setelah mengulas beberapa kelebihan penting, kini kita masuk ke pembahasan kekurangan Kia Rio. Ada beberapa kekurangan yang layak untuk dibahas. Poin-poin di bawah hanya yang dianggap vital.

Jaringan Purna Jual Kurang Luas

Salah satu kekurangan paling vital dari Rio adalah mereknya. Ya, suka tidak suka, ini harus disampaikan. Merek Kia kurang diminati masyarakat Indonesia karena jaringan purna jualnya (after sales) yang kurang luas.

Padahal eksistensi Kia di Tanah Air tidak bisa dibilang baru juga. Mobil-mobil Kia sudah beredar di jalanan kota-kota Indonesia sejak era 90an.

Tapi jaringan purna jual ini sepertinya memang sudah jadi perhatian pabrikan. Oleh karenanya, manuvering Kia kini tak hanya pada penambahan model baru saja, melainkan pembukaan diler-diler dan bengkel-bengkel resmi, baik di kota besar maupun daerah.

Suku Cadang Agak Sulit

mesin kia rio otoloka

Masih berhubungan dengan jaringan purna jual, kekurangan lain dari Kia Rio adalah ketersediaan sparepart atau suku cadang yang juga agak sulit didapat. Mungkin sekarang ini agak dipermudah oleh adanya forum komunitas Rio maupun platform marketplace yang kadang bisa ditemui suku cadangnya. Tapi tetap saja, hitungannya agak sulit didapat.

Fitur Keselamatan Kalah dengan Kompetitor

Kekurangan Kia Rio yang harus diperhatikan adalah fitur keselamatan pada mobil ini. Sekarang ini masyarakat Indonesia mulai melek fitur pendukung pada mobil, terutama soal keselamatan berkendara.

Kia Rio memang sudah dibekali panoramic sunroof, namun fitur keselamatannya masih kalah dengan para kompetitor sekelasnya. Sebagai contoh, fitur kontrol traksi (traction control) dan stability control absen di Kia Rio. Selain itu, Kia Rio hanya dibekali dua buah airbag di bagian depan.

Kesimpulan

kia rio 2020

Kia Rio sangat cocok untuk Anda yang sangat ingin tampil beda dengan kendaraan kompak dan harga bersaing. Kia Rio juga sangat cocok untuk menunjang mobilitas harian baik dalam kota maupun antar kota. 

Beberapa kekurangan yang ada, seperti spareparts dan jaringan bengkel resmi harus diperhitungkan matang. Perhatikan dulu apakah di daerah Anda ada bengkel resmi Kia atau tidak. Kalau ada maka spareparts bisa terjamin juga.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Kia Rio
    Kia Rio
    Kia Rio
    Angsuran mulai dari:Rp 5,35 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya