• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Kia Sonet, Cek Harganya juga!

Kelebihan dan Kekurangan Kia Sonet, Cek Harganya juga!

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Ismet
4 Des 2021, 17:04
  • Suka 0

Otoloka.id- PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek (APM) Kia di Indonesia menyodorkan Sonet sebagai SUV compact yang menawarkan desain terkini dan sejumlah fitur menarik.

Kehadiran Sonet menyusul Seltos yang sebelumnya lebih dulu hadir di awal tahun 2020. Di awal Kia menghadirkan Sonet 5-seater dan akhirnya Sonet konfigurasi 7-seater juga ikut dijual untuk melengkapi line up Kia di Indonesia.

Perbedaan Kia Sonet 5-Seater dan Sonet 7-Seater

Marketing and Development Division Head PT KIA Ario Soerjo menjelaskan, pada dasarnya perubahannya tidak besar, hanya dibuat 7-Seater. “Memang secara ukurang tidak tambah panjang. Ini kelebihan mobil ini,” ujar dia dalam acara virtual, Kamis, 8 April 2021.

Ia menambahkan bahwa Kia Sonet 7-Seater merupakan mobil yang dire-engineer di bagian lantai bawah mobil. Lantainya diturunkan dan ban cadangannya dipindahkan.

Baca juga : Kia Goda Pengunjung GIIAS 2021 dengan Tiga Mobil Baru

Jadi, secara dimensi Sonet 7-Seater tak mengalami ubahan yang sangat signifikan. Jika dibandingkan dengan kompetitor, dimensi mungilnya ini menjadi perbedaan tersendiri karena menjadi yang terkecil diantara low SUV lainnya.

Dengan ukuran Panjang x Lebar x Tinggi = 4.120 x 1.790 x 1.615 mm, Kia Sonet tetap memiliki whellbase yang panjang, yaitu 2.500 mm berkat overhang depan dan belakang yang pendek. Hal tersebut membuat Sonet akan lebih lincah menempuh jalanan perkotaan, jalanan yang bergelombang atau off-road sekalipun.

Untuk ringkasan gambaran tentang Kia Sonet, berikut ini 3 kelebihan dan 3 kekurangan Sonet yang bisa dijadikan acuan.

Kelebihan Kia Sonet

1. Kia Sonet Dibekali Desain Menarik yang Tangguh

Saat pertama kali melihat wujudnya, Kia Sonet memiliki kesan SUV kecil namun tangguh. Layaknya SUV modern, Kia Sonet juga telah dibekali sejumlah fitur pendukung.

Tampilannya terasa modern berkat penggunaan lampu LED yang dipadukan dengan DRL. Tersemat juga lampu kabut projector halogen. Pada bagian belakangnya, juga dibekali dengan lampu DRL dengan desain yang memanjang.

2. Interior Kia Sonet Punya Daya Tarik Tersendiri

Kia Sonet dibekali dengan peranti hiburan berupa head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Penyematan head unit ini, rasanya membuat Kia patut diacungi jempol.

Konektivitas dapat terhubung secara nirkabel alias wireless. Dukungan gawai pun semakin komprehensif lewat wireless charger. Belum lagi perangkat hiburan dipadukan dengan sound system Bose dengan empat speaker, dua tweeter, dan satu subwoofer.

Fitur lain yang tersedia di dalam kabin, Kia Sonet sudah dilengkapi dengan pengaturan AC digital. Lalu tersedia juga ventilated seat, yang memungkinkan udara segar mengalir lewat serangkaian lubang tipis di sandaran punggung dan bokong.

Selain itu, pada varian tertinggi yakni Premiere juga dipersenjatai dengan bangku electrik dan juga cruise control. Seluruh kursi, lingkar kemudi dan tuas transmisi juga sudah dibalut dengan bahan kulit sintetis bertekstur.

3. Kia Sonet Dibekali Fitur Cukup Lengkap 

Kia Sonet sudah memiliki fitur yang cukup lengkap, mulai dari ABS+EBD, Electronic Stability Control (ESC), hingga Hill Assist Control (HAC). Guna memudahkan pengemudi ketika memarkirkan kendaraan, mobil ini sudah dibekali dengan kamera parkir belakang.

Soal dapur pacu, Sonet memiliki mesin 1.5L tersebut mampu menghasilkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm dengan torsi puncak 144 Nm di 4.500 rpm. Cukup bertenaga untuk pemacu sebesar itu.

Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT Intelligent Variable Transmission dengan simulasi delapan percepatan ke penggerak roda depan. Menariknya, karakter berkendara dapat disesuaikan dengan seleksi mode berkendara dan traksi.

Kekurangan Kia Sonet

1. Kabin Belakang Terasa Sempit

Jangan terlalu berharap lebih pada kabin belakang Sonet, pasalnya, dengan wheelbase 2500mm, penumpang belakang dengan postur di atas 175cm ke atas akan terasa sedikit kurang nyaman.

2. Material Interior Terasa Keras

Pada bagian kabin Sonet, sebagian besar bahan interior masih merupakan plastik keras, misalnya pada doortrim dan dashboard.

Untungnya penampakan plastik keras tersebut tetap terlihat premium solid dan tidak nampak murahan seperti pada beberapa mobil Jepang.

Baca juga : 6 Mobil yang Pakai Sunroof di bawah Rp 500 juta, Apa Saja?

Dengan memandangnya, interior Kia Sonet terlihat mewah, hanya saja jangan disentuh, karena lamunan akan kemewahan itu akan ambyar seketika, jika beberapa bagian disentuh.

3. Bagasi Kia Sonet Tidak Rata Lantai

Jika Anda harus menggunakan fitur bagasi untuk mengangkut barang, Anda akan melihat lantai jadi bertingkat dengan selisih ketinggian cukup signifikan.

Akibat lantai bagasi yang tidak rata tersebut tentunya, akan sedikit menyulitkan saat membawa barang besar. Hal ini terjadi mungkin karena pabrikan Kia memang sengaja lebih mengutamakan kenyamanan penumpang baris kedua agar tetap bisa berdiri tegak. 

Harga Kia Sonet 5-Seater

Varian

Kia Sonet 7-Seater

Kia Sonet 5-Seater

Standard MT

Rp 199,5 juta (OTR Jakarta)

Rp 193 juta (OTR Jakarta)

Active MT

Rp 204,5 juta (OTR Jakarta)

Smart MT

Rp 245,5 juta (OTR Jakarta)

Rp 238,5 juta (OTR Jakarta)

Smart iVT

Rp 258,5 juta (OTR Jakarta)

Rp 251,5 juta (OTR Jakarta)

Dynamic iVT

Rp 272 juta (OTR Jakarta)

Rp 265 juta (OTR Jakarta)

Premiere iVT

Rp 296 juta (OTR Jakarta)

Rp 289 juta (OTR Jakarta)

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan