• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Mazda BT-50, Mesin Halus dan Responsif Tapi Susah Servis
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Kelebihan dan Kekurangan Mazda BT-50, Mesin Halus dan Responsif Tapi Susah Servis

Ismet
2022-06-27 11:06:47
Ismet
loading...

Otoloka.id- Mazda BT-50 merupakan model pick-up yang memiliki desain kokoh dan jadi pesaing Ford Ranger sejak mulai kehadirannya yang sama-sama muncul di Indonesia pada tahun 2007. Mazda BT-50 juga dianggap memiliki desain menarik yang dan tak lekang oleh waktu.

Mazda BT-50 sendiri mulai berhenti dijual di Indonesia pada tahun 2019 dan ini menjadi kabar baik dan buruk. Kabar buruknya, para peminat mobil ini jadi kesulitan untuk mendapatkan unit barunya. Sedangkan untuk mereka yang sedang berburu mobil tersebut menjadi kabar baik karena itu artinya, harganya jadi lebih terjangkau.

Apalagi di tahun 2008-2009, Indonesia dibanjiri pilihan pick-up baru lainnya, seperti Toyota Hilux, Mitsubishi Strada Triton, Isuzu D-Max, dan Nissan Navara.

Mazda kemudian coba tambah energi dengan meluncurkan All New Mazda BT-50 Pro. Kali ini, tampilannya lebih modern dengan desain lekukan bodi yang lebih segar.

Secara desain, Mazda BT-50 lebih berotot karena menggunakan over-fender. Ciri khasnya juga bisa dijumpai di bagian lekukan bawah di kaca pintu kabin belakang. Lainnya adalah lampu depan yang membulat ciri khas Mazda pada era itu.

Masuk ke kabin, tampilannya bisa dibilang serupa dengan Ford Ranger. Sisi ergonomisnya ditunjukkan dengan penempatan area kontrol di tengah, head unit single DIN tapi dengan ruang double-DIN. Ruang area ini memang cukup besar termasuk adanya laci penyimpanan di bawahnya yang bisa untuk menempatkan handphone atau lainnya.

Kelebihan Mazda BT-50

Masuk ke bagian kabin akan terasa lega tetapi dengan postur duduk tegak. Sebab, BT-50 adalah mobil kru yang artinya tidak terlalu mempertimbangkan kebutuhan angkut perjalanan dalam kota.

Adanya bobot tersebut pula, bahan bakar pun mau tidak mau akan terasa boros. Lagi-lagi ini perlu dimaklumi bagi pengguna mobil segala medan. Konsumsi bahan bakarnya 6-8 km/liter (dalam kota) dan 9-12 km/liter (luar kota).

Tenaga Cukup Responsif

Meski mempunyai konsumsi bahan bakar boros, namun mobil ini terbilang responsif ketika pedal has diinjak. Makanya, sensasi berkendara mobil ini juga cukup menyenangkan pula untuk melaju di dalam kota.

Untuk lalu lintas perkotaan, mobil ini cenderung tidak terlalu nyaman. Dengan set suspensi independent double wishbone di depan dan di belakang menggunakan per daun, bantingannya cukup keras. Walau demikian, suspensi keras juga berarti lincah buat bermanuver.

Kekurangan Mazda BT-50

Secara spesifikasi, mesin Mazda BT-50 memiliki kode MZ-DE 2.500 cc turbodiesel dengan intercooler dan direct injection berdaya maksimum 109 hp pada 3.500 rpm dan torsi maks 257 Nm pada 2.000 rpm.

Memang mesinnya punya daya yang biasa saja, walau torsi lumayan untuk masuk-masuk jalan jelek. Tapi dengan injektor yang ternyata masih mekanikal, solar murah pun bisa masuk.

Kekurangannya? Harusnya dengan spesifikasi mesin yang ada, pemiliknya bisa maklum dengan daya larinya. Daya hanya 109 hp, dia harus menggendong bobot mobil yang sekitar 1,8 ton.

Purnajual Mazda BT-50 Susah

Sisi purnajual Mazda BT-50 juga jadi catatan khusus bagi pemiliknya. Pertama, Mazda hanya memelihara mobil ini selama lebih kurang 5 tahun untuk generasi pertamanya. Mazda sendiri bukan brand yang punya banyak workshop sehingga artinya suku cadangnya tidak semudah pick-up double cabin lainnya.

Tipe terendah Mazda BT-50 masih menggunakan engkol untuk membuka jendela. Jadi, kepraktisan penumpang saat membuka jendela tidak menemukan power window seperti pada double cabin kompetitor lain.Tapi jangan kecewa, untuk tipe menengah dan atas sudah tersedia power window.

Tapi jangan memandang sebelah mata tentang Mazda. Brand Jepang ini merupakan salah satu merek prestisius di Tanah Air. Kualitas fitur dan teknologinya bisa dibilang jempolan, termasuk suara mesin yang halus.

Kesimpulan

Bagi penggemar mobil bergaya segala medan, Mazda BT-50 bisa jadi salah satu pilihan menarik. Apalagi bagi mereka yang penyuka petualangan di trek non jalan raya. Diajak berpetualang ke pelosok yang memaksa mobil ini untuk menenggak solar kelas bawah pun diyakini masih mampu dijabani.

Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

  • Mazda 2
    Mazda 2
    Mazda 2
    DP Mulai Dari:Rp 5,59 Jt/Bln
  • Mazda CX-5
    Mazda CX-5
    Mazda CX-5
    DP Mulai Dari:Rp 12,04 Jt/Bln

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset