OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Mazda Cronos, Sedan Konfigurasi V6 Terhebat di Zamannya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Mazda Cronos, Sedan Konfigurasi V6 Terhebat di Zamannya

Dilihat 8841
Arief Yuno
17 Des 2020, 11:47
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 9

mazda cronos otoloka

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Mazda Cronos, akan dibahas oleh Otoloka dalam artikel ini. Tapi sebelumnya mari kita sekilas sejarah sedan fenomenal ini. Pada Mazda Capella generasi ke-5 ini, 

Mazda melakukan sedikit perubahan pada tipe Mazda Capella yang dijualnya. Capella pada generasi ini dibedakan untuk versi sedan JDM dengan versi internasionalnya.

Ada juga versi hatchback, meski hanya dijual melalui merek mewah Mazda, MS-6. Meski Indonesia belum mendapatkan varian hatchback seperti generasi sebelumnya, setidaknya versi sedan bernama Mazda Cronos masuk ke Indonesia pada 1993.

Sejarah Mazda Cronos

samping mazda cronos otoloka

Pada generasi GE ini, model Mazda Cronos dengan Ford Telstar Brilliant dibuat lebih menyerupai bodi bulat dan lampu depan miring tahun 90-an. Sekilas, hanya bagian belakang yang membedakan Cronos dari Telstar Brilliant dimana Telstar memiliki tambahan garnish belakang sedangkan Cronos tidak.

Mazda Cronos dijual dalam 2 varian yaitu 2000cc dan 2500cc. Perbedaan antara keduanya dalam hal asesoris dan bentuk sebenarnya hampir tidak ada. Yang paling mencolok mungkin hanya foglampnya saja yang tidak tersedia pada varian 2000cc. Selain fog lamp, versi V6 juga mendapatkan headlamp proyektor yang membuatnya tampil lebih elegan dengan pencahayaan yang terang dan terfokus.

Pilihan Mesin Mazda Cronos

mazda cronos otoloka depan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Mazda Cronos di Indonesia dijual dalam 2 pilihan mesin yaitu mesin 2000cc 4 silinder dan mesin 2500cc V6. Versi termurah dan terpopuler adalah Cronos bermesin Mazda FS-DE yang memiliki konfigurasi injeksi 4 silinder segaris DOHC 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga 130Hp dan torsi 183Nm.

Varian termahal Mazda Cronos menggunakan mesin Mazda KZ-DE dengan konfigurasi 24 valve DOHC 6 silinder V6 berkapasitas hingga 2500cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 165Hp. Mesin V6 ini bisa dibilang V6 tercepat di Indonesia tahun 90-an karena satu-satunya yang memiliki konfigurasi DOHC 24 katup berkapasitas 2.500cc. Untuk menggerakkan roda depan digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Fitur Mazda Cronos

fitur mazda cronos otoloka

Terlahir di era Indonesia yang uangnya masih banyak, fitur-fitur yang ditanamkan pada sedan besar ini sudah cukup lengkap dan canggih di masanya. Memang Mazda Cronos agak kalah canggih dari kembarannya, Ford Telstar Brilliant, yang sudah menyediakan cruise control dan suspensi aktif.

Meski begitu Mazda Cronos ini dilengkapi dengan ABS dan AC swing yang membuat gril AC bergerak ke kiri dan ke kanan secara otomatis sehingga tidak membuat wajah kaku karena terlalu lama terpapar udara, selain itu juga hadir. fitur umum seperti power window, power steering, spion elektrik, central lock dan lain sebagainya.

Populasi Mazda Cronos tergolong langka karena selain kurang laris, Mazda di Indonesia saat itu juga dikenakan aturan dimana kuota impor kit CKD untuk rakitan Mazda CKD dibatasi sesuai dengan jumlah penjualan Ford di Indonesia di tahun sebelumnya.

Kenapa kuota Mazda dibatasi mungkin ada kaitannya agar dari sisi penjualan, Ford dan Mazda di Indonesia bisa saling berbagi dan tidak saling memakan pangsa pasar yang sama-sama mirip. Kebijakan ini juga dimungkinkan karena pada saat itu Ford merupakan perusahaan yang menguasai sebagian besar Mazda.

Kelebihan Mazda Cronos

eks mazda cronos otoloka

Keunggulan Mazda Cronos ada pada mesin V6-nya yang tergolong sangat cepat di Indonesia. Mesin ini bahkan lebih cepat dari musuh terdekatnya, Mitsubishi Galant V6 yang menggunakan mesin 2.500cc V6 SOHC.

Bentuk mobil ini juga cenderung elegan, minimalis, sehingga terkesan tak lekang oleh waktu. Harga mobil ini juga tergolong murah dibandingkan dengan mobil bermesin V6 lainnya di Indonesia. Untuk konsumsi bahan bakarnya cenderung irit untuk kelas 2500cc. Dalam kondisi mesin yang sehat, angka 1:10 untuk rute luar kota sangat luar biasa untuk sebuah sedan berat bermesin 6 silinder.

·         Nyaman.

·         Penanganan yang baik.

·         Tenaga dan akselerasi bagus.

·         Kabinnya luas.

·         Banyak sekali fitur listrik.

·         Perawatannya mudah karena belum diinjeksi.

·         Pajak murah, 500 ribu / tahun.

·         Kemudi sangat ringan.

Kelemahan Mazda Cronos

belakang mazda cronos otoloka

Kelemahan Mazda Cronos ada pada handling yang dirasa kurang cocok untuk mesin V6 dimana pada kecepatan 140Km / jam sampai 160km / jam keatas mulai bergetar padahal sebenarnya dipacu hingga 200km / jam dengan sangat ringan.

Untuk versi 2000cc mungkin karena terlalu menyiksa untuk membawa bodi yang berat membuat traksi kurang kencang dibanding versi V6. Harga sparepart sebenarnya biasa saja untuk kelas V6, sayangnya bagi sebagian orang part Mazda ini terbilang cukup mahal.

·         Boros.

·         Suku cadang terbatas di daerah terpencil.

·         Sistem elektronik mudah rusak karena usia.

·         Harga jual kembali rendah.

·         Sulit untuk menemukan unit dengan kondisi yang baik.

Spesifikasi Mazda 626 Cronos (Capella) GE

Mesin Mazda Cronos

Tipe Mesin

FS-DE DOHC 2000cc

KL-DE DOHC V6 2500cc

Sistem Suplai Bensin

Fuel Injection

Kapasitas Silinder

83.0 X 92.0 mm (FS-DE)

84.5 X 72.4 mm (KL-DE)

Tenaga Maksimal

107 HP @5.300 RPM

Torsi Maksimal

164 Nm @3.300 RPM

Transmisi

manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan (langka)

Bahan Bakar

Bensin

Dimensi Mazda Cronos

Panjang

4.670 mm

Lebar

1.750 mm

Tinggi

1.400 mm

Wheelbase

2.610 mm

Kesimpulan

sedan mazda cronos otoloka

Setelah dijual selama 4 tahun, Mazda Capella pensiun pada tahun 1992 dan kemudian digantikan oleh Mazda Cronos dengan perubahan besar di semua sektor. Sekilas pun Mazda Cronos sudah mendapatkan lompatan generasi karena sama sekali tidak ada jejak desain dari Mazda 626 Capella ini.

Itulah beberapa informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan Mazda Cronos di Indonesia yang dijual sejak 1988 hingga 1992. Sedikit tambahan, pilih model hatchback karena di Indonesia jumlahnya cukup banyak jika dibandingkan model sedan. 

  • Suka 9
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Mazda 2
    Mazda 2
    Mazda 2
    Angsuran mulai dari:Rp 5,59 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya