• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Dilihat 11992
Amanda
27 Okt 2021, 11:26
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 15

Otoloka.id - Seperti mobil pada umumnya, kelebihan dan kekurangan bisa kita temukan pada mobil bermesin diesel. Kendati ada banyak mobil dengan mesin diesel di Indonesia, kebanyakan masyarakat masih enggan menggunakannya dan lebih memilih mobil bermesin bensin.

mesin diesel

Banyak konsumen yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan mobil diesel. Hal ini bukan hal yang mengherankan, mengingat ada cukup banyak stigma negatif yang beredar di masyarakat tentang mobil bermesin diesel jika dibandingkan dengan mesin bensin konvensional.

Seperti yang kita ketahui, mesin diesel memang menghasilkan suara mesin yang lebih keras dibanding mesin bensin dan asap knalpot yang tebal dan hitam. 

Kendati demikian, seiring berkembangnya zaman, mesin diesel kini diklaim sebagai mesin yang lebih efisien bahan bakar, dan banyak pabrikan yang berhasil menghadirkan mesin diesel yang suara mesinnya tidak terlalu berisik.

Tetapi bukan itu saja, masih banyak kelebihan dan kekurangan lainnya dari mobil bermesin diesel. Nah, daripada penasaran, langsung saja kita simak informasi tentang kelebihan dan kekurangan mobil diesel berikut ini.

Kelebihan Mobil Bermesin Diesel

1. Konsumsi Bahan Bakar Lebih Efisien

Bicara soal kelebihan mobil diesel, yang pertama adalah konsumsi bahan bakarnya yang efisien. Mobil diesel memang dikenal memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil bermesin bensin.

Efisiensi yang tinggi ini berkat tekanan atau kompresi mesin yang lebih tinggi pada mesin diesel. Kompresi yang lebih tinggi ini memungkinkan mesin diesel untuk menghasilkan panas yang lebih sedikit.

Hasilnya, untuk jarak tempuh yang lebih jauh, konsumsi bahan bakar mesin diesel lebih rendah dibandingkan mesin bensin. Mesin diesel juga menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, sehingga lebih tahan terhadap panas mesin yang tinggi.

Selain itu, penggunaan solar ini lebih aman karena tidak menghasilkan uap sebanyak bensin. Hal ini membuat kemungkinan mesin terbakar akibat panas yang tinggi pun bisa diminimalisir.

2. Torsi Lebih Besar

Selain memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi, mobil bermesin diesel juga dikenal memiliki torsi yang lebih besar pada rpm yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin bensin. Hal ini memungkinkan mobil lebih andal dibawa berkendara di jalan yang tidak mulus.

Baca juga: Komparasi Toyota Innova vs Isuzu Panther, Mobil Keluarga Bertenaga Diesel

Banyak pengguna mobil diesel yang mengklaim bahwa mesin mobil diesel andal saat dibawa melewati tanjakan maupun untuk menerjang banjir. Tidak heran jika banyak mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang mengandalkan mesin diesel sebagai jantung mekanisnya.

Selain itu, kemungkinan untuk terjadi adanya arus pendek listrik saat mesin terkena air pun hampir tidak ada. Hal ini disebabkan mesin diesel tidak memiliki komponen pengapian listrik seperti busi, berbeda dengan yang kita temukan pada mesin bensin.

3. Perawatan Mesin Lebih Mudah

Kelebihan lainnya dari mobil bermesin diesel ternyata terletak pada kemudahan perawatannya. Saat dilakukan perawatan atau servis secara berkala, mobil diesel hanya perlu diperiksa bagian filter bahan bakar, oli, dan radiator.

merawat mesin diesel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mesin diesel tidak memiliki sistem pengapian listrik, sehingga tidak banyak komponen yang perlu diperiksa maupun diganti secara rutin. 

Selain itu, biasanya perawatan mobil bermesin diesel ini juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

4. Mesin Lebih Tahan Lama

Satu lagi kelebihan dari mobil bermesin diesel yang tidak boleh ketinggalan, yaitu mesinnya yang tahan lama. 

Biasanya, mesin diesel ini memang dirancang dengan bahan yang lebih kuat, sehingga lebih tahan lama.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Mesin diesel dilengkapi dengan kompresi yang lebih tinggi dan memiliki suhu udara dalam ruang bakar yang lebih panas, sehingga digunakanlah bahan yang lebih kuat untuk mesinnya.

Kekurangan Mobil Bermesin Diesel

1. Harga Cenderung Lebih Mahal

Setelah membahas kelebihannya, mari kita bicara soal kekurangan dari mobil dengan mesin diesel. 

Kekurangan mesin diesel yang pertama adalah harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mesin bensin konvensional.

Beberapa kali telah disebutkan sebelumnya bahwa mesin diesel ini memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi. Karenanya, bahan atau material yang dibutuhkan untuk merakit mesin diesel ini juga dibuat dengan materi yang lebih kuat.

Penggunaan materi yang lebih kuat dibandingkan mesin bensin ini ternyata berpengaruh terhadap biaya produksinya secara keseluruhan. 

Tidak heran jika akhirnya mobil bermesin diesel dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil lainnya yang menggunakan mesin bensin.

2. Suara dan Getaran Mesin Lebih Kasar

Mobil dengan mesin diesel memang sudah terkenal memiliki suara dan getaran mesin yang lebih kasar dibandingkan dengan mesin bensin. Suara dan getaran yang seringkali masuk ke dalam kabin ini tentu akan mengurangi kenyamanan para penumpang ketika berkendara.

Hal ini akan sangat mengganggu penumpang, terlebih ketika mobil dibawa untuk perjalanan yang jauh. Meskipun dewasa ini sudah banyak mesin diesel yang suara bisingnya dapat diredam dan tidak terlalu terasa di dalam kabin, tetapi suaranya tetap lebih kasar dibandingkan dengan mesin bensin.

3. Akselerasi Lebih Lambat

Kekurangan lainnya dari mobil dengan mesin diesel adalah pada bagian akselerasinya. Mobil bermesin diesel diketahui memiliki kemampuan akselerasi yang lebih lambat dibandingkan dengan mesin bensin.

Baca juga: 10 Mobil Sedan Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

Jika putaran mesin masih rendah, mobil ini akan terasa sangat lambat dikendarai. Hal ini bisa jadi merupakan hal yang baik untuk pengemudi pemula, karena mesin tidak akan langsung melompat ketika pedal gas diinjak, tetapi untuk pengemudi yang sudah ahli, hal ini tentu bisa menghambat pengendaraan.

4. Emisi Lebih Besar Dibanding Mesin Bensin

Kekurangan terakhir dari mobil bermesin diesel yang kita bahas kali ini adalah emisinya. Mobil diesel diketahui menghasilkan emisi yang lebih besar.

Dibandingkan mesin bensin, emisi gas buang yang dihasilkan mesin diesel ini memang lebih besar. Hal ini bisa terlihat dari asap knalpot mobil bermesin diesel yang lebih pekat, terlebih jika perawatannya tidak dilakukan dengan tepat.

Kendati mesin diesel bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi, emisi gas buang yang lebih besar membuat mesin mobil ini tidak bisa dibilang ramah lingkungan.

Kesimpulan

Setelah membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari mobil bermesin diesel di atas, bisa kita lihat bahwa mesin diesel memang unggul dalam hal konsumsi bahan bakar, keamanan mesin, serta torsi yang dihasilkannya. 

Selain itu, mesin diesel juga terbilang lebih awet dibandingkan dengan mesin bensin dan perawatannya pun lebih mudah.

Kendati demikian, mobil bermesin diesel juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harganya yang lebih mahal, suara dan getaran mesin yang lebih kasar, dan akselerasinya yang lebih lambat. 

Bukan itu saja, mesin diesel ini juga menghasilkan emisi yang lebih besar dibanding mesin bensin.

Kelebihan dan kekurangan ini bisa menjadi pertimbangan bagi konsumen yang berniat untuk membeli mobil bermesin diesel dengan melihatnya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. 

Jadi, minat beli mobil dengan mesin diesel?

  • Suka 15
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya