• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Outlander Sport, Masih Dicari Walau Berhenti Produksi
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Outlander Sport, Masih Dicari Walau Berhenti Produksi

Dilihat 2336
Amanda
19 Nov 2021, 15:32
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Kendati sudah berhenti diproduksi, nyatanya kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Outlander Sport masih banyak dicari tahu. Mobil SUV pabrikan Jepang ini memang masih cukup diminati oleh para pecinta mobil.

Hal ini bukan hal yang mengherankan, Mitsubishi Outlander Sport ini memang memadukan ketangguhan SUV dengan kenyamanan setingkat mobil sedan, sehingga andal dikendarai di perkotaan maupun di medan off-road.

Di Indonesia, Mitsubishi Outlander Sport ini bersaing melawan beberapa nama besar lainnya. Sebut saja Honda CR-VMazda CX-5Nissan X-TrailHyundai Tucson, dan masih banyak lagi.

Bagi konsumen yang ingin membeli mobil ini, informasi tentang kelebihan dan kekurangan mobil ini tentu sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari Mitsubishi Outlander Sport.

Kelebihan Mitsubishi Outlander Sport

1. Performa Mesin Andal

Pada pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Outlander Sport ini, kita akan membahas tentang kelebihannya terlebih dahulu. Kelebihan pertama dari mobil ini terletak pada mesinnya yang andal.

Sebagai mobil crossover SUV, sudah sewajarnya mobil ini dibekali dengan mesin yang bertenaga dan tangguh. Mitsubishi pun menawarkan mesin yang mumpuni untuk mobil ini.

Mitsubishi Outlander Sport dibekali dengan mesin 4B11 4 silinder 16 katup DOHC MIVEC. Mesin dengan kubikasi 1.998 cc atau sekitar 2.0 liter ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT INVECS III with Sport Mode.

Dengan konfigurasi mesinnya ini, tenaga yang dihasilkan mobil ini bisa mencapai 148 HP pada putaran 6.000 rpm. Sementara itu, torsi puncaknya bisa mencapai 197 Nm pada putaran 4.200 rpm.

2. Konsumsi Bahan Bakar Irit

Ternyata, mesin yang digendong Mitsubishi Outlander Sport ini bukan hanya bertenaga, tetapi juga memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. 

Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri karena pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk mengisi bahan bakar ketika berkendara.

Pada penggunaan di dalam kota Outlander Sport mencatatkan tingkat konsumsi 11,4 km/liter. Sementara itu, untuk penggunaan di luar kota atau rute tol, mobil ini mencatatkan tingkat konsumsi 16,8 km/liter.

3. Desain Eksterior Sporty

Desain eksterior Mitsubishi Outlander Sport ini mengadopsi desain dari Concept-cx Prototype. Mobil konsep tersebut pertama kali diperkenalkan dalam ajang Frankfurt Motor Show ke-62 yang digelar pada bulan Juli 2007 lalu.

Pada generasi terbarunya, Mitsubishi Outlander Sport ini memiliki tampilan yang lebih agresif berkat bentuk lampu utama yang baru. Kendati fascia depannya masih menggunakan basis desain yang sama dengan versi sebelumnya, ada sentuhan baru pada bagian gril yang menggunakan model Jet Fighter Nose, membuatnya tampak lebih sporty.

4. Interior Nyaman dan Mewah

Jika kesan sporty terasa kental dari bagian eksteriornya, maka pada bagian interior Mitsubishi Outlander Sport ini terlihat perpaduan kesan sporty, modern, dan mewah. Penggunaan material semi kulit bukan hanya menambah kemewahan pada bagian kabinnya, tetapi juga memberikan kenyamanan lebih bagi para penumpangnya.

Selain itu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pabrikan mengklaim bahwa mobil ini menawarkan kenyamanan setingkat mobil sedan. Karena itu, pada bagian kabinnya bisa kita lihat kursi-kursinya diatur sedemikian rupa agar sudut kemiringannya bisa terasa nyaman.

5. Fitur Lengkap

Fitur yang lengkap merupakan salah satu kelebihan lainnya dari Mitsubishi Outlander Sport. Mobil ini memang mengedepankan kenyamanan dan keselamatan penumpang dengan menghadirkan berbagai fitur yang canggih.

Sebagai fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Sedangkan untuk fitur keamanannya, mobil ini dilengkapi dengan Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan Security Alarm.

Beralih ke fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dibekali dengan sistem SRS Airbags dan sabuk pengaman. Untuk keselamatan penumpang anak-anak, fitur pengaturan kursi ISOFIX dan Child Safety Locks pun turut disematkan.

Kemudian untuk fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dibekali dengan fitur Anti-lock Braking System, Brake Assist, dan electronic Brake Distribution. Dan untuk memudahkan pengemudi dalam melakukan parkir, mobil ini juga dilengkapi dengan Parking Sensor dan Rearview Camera.

6. Menawarkan Enam Varian Warna Menarik

Di Indonesia, ada 4 varian Mitsubishi Outlander Sport yang dipasarkan. Keempat varian ini dibanderol dengan harga yang berkisar mulai Rp338 jutaan hingga Rp383,5 jutaan.

Untuk memenuhi selera pasar, keempat varian Mitsubishi Outlander Sport ini juga ditawarkan dalam enam varian warna menarik. Ada Black Mica, Cool Silver Metallic, Copper Metallic, Red Metallic, Titanium Gray, dan White Pearl.

Kekurangan Mitsubishi Outlander Sport

1. Suara Bising Mesin Terdengar Pada Putaran Mesin Tinggi

Sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai kekurangan dari Mitsubishi Outlander Sport. Mobil ini diketahui memiliki kekedapan kabin yang cukup baik.

Tetapi sayangnya, ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, suara mesinnya ini masih terdengar hingga ke dalam kabin. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan para penumpangnya ketika berkendara.

2. Kabin Bagian Belakang Agak Sempit

Bukan hanya suara bising mesin yang terdengar ke dalam kabin, kenyamanan penumpang di barisan kedua pun harus berkurang karena ruangan di barisan belakang ini agak sempit. Meski memiliki kabin yang cukup besar secara keseluruhan, namun leg room yang ada di barisan kedua ini agak sempit sehingga kurang nyaman jika berkendara dalam waktu yang lama.

3. Handling Kurang Mantap

Meskipun andal dibawa berkendara bahkan di medan off-road sekalipun, ternyata handling yang dimiliki Mitsubishi Outlander Sport ini masih dinilai kurang mantap. Hal ini juga ditambah dengan tidak adanya fitur Hill Assist Control dan Active Stability Control yang bisa memberikan handling yang lebih baik ketika mobil dikendarai melewati jalan bergelombang maupun tanjakan.

 

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Outlander Sport

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Outlander Sport. Mobil ini diketahui memiliki mesin yang andal serta konsumsi BBM yang efisien.

Tidak hanya itu, mobil ini juga memiliki desain eksterior yang sporty. Sedangkan interiornya memiliki desain yang nyaman dan mewah.

Fitur yang lengkap juga menjadi kelebihan tersendiri dari mobil ini. Pabrikan juga menawarkan lima varian warna menarik sehingga konsumen bisa memilihnya sesuai selera.

Tetapi mobil ini juga rupanya tidak luput dari beberapa kekurangan. Salah satu yang paling terasa adalah suara bising mesin yang masih terdengar ketika mobil dipacu dalam kecepatan yang tinggi.

Selain itu, kabin belakangnya juga memiliki ruang yang tidak seluas barisan depannya. Kemampuan handling mobil yang satu ini pun dinilai kurang mantap.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Outlander Sport ini, konsumen bisa mempertimbangkan apakah mobil ini sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka. Jangan lupa untuk teliti sebelum membeli!

Spesifikasi Mitsubishi Outlander Sport

Mesin

 

Tipe

4B11, 4 silinder segaris 2.0L, 16 Katup, DOHC, MIVEC

Isi Silinder

1.998 cc

Tenaga Maksimum

148 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

197 Nm @ 4.200 rpm

Transmisi

 Manual 5 percepatan/Otomatis CVT INVECS III dengan Mode Sport

 Sistem Penggerak

 Penggerak Depan

 

Konsumsi BBM

 12 km/liter (kota)/16,8 km/liter (tol)

 

Kapasitas Tangki BBM

 63 liter

 

Dimensi

 

P x L x T

 4.300 x 1.800 x 1.625 mm

Jarak Poros Roda

 2.670 mm

Jarak Terendah

 195 mm

Radius Putar

 5,3 m

Berat Kosong

 1.435 kg (PX)

Kaki-Kaki dan Suspensi

Rem Depan/Belakang

 Cakram berventilasi/cakram

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Multi link dengan Per Keong dan Stabilizer Bar

Velg/Ban

 Alloy 17 inci / 215/60 R17

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya