• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sedan, Konsumen Mesti Tahu!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sedan, Konsumen Mesti Tahu!

Dilihat 5540
Amanda
1 Nov 2021, 18:06
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

Otoloka.id - Apa saja kelebihan dan kekurangan mobil sedan dibandingkan dengan mobil lain? Pertanyaan ini kerap kali muncul di benak konsumen saat akan membeli mobil sedan.

kelebihan dan kekurangan sedan

Mobil sedan memang merupakan salah satu model mobil yang cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia. Mobil ini cocok digunakan sebagai transportasi pribadi di daerah perkotaan.

Biasanya, mobil sedan memang memiliki desain yang lebih mewah dibanding mobil lainnya. Kendati demikian, mobil ini memang kurang cocok digunakan sebagai mobil keluarga karena memiliki ruang kabin dan kapasitas penumpang yang terbatas.

Bagi konsumen yang berniat membelinya, kelebihan dan kekurangan mobil sedan bisa jadi merupakan hal yang penting untuk dijadikan pertimbangan. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan mobil sedan.

Kelebihan Mobil Sedan

1. Citra Mobil Sedan yang Mewah dan Nyaman

Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan mobil sedan ini akan kita mulai dengan melihat kelebihannya terlebih dahulu. Kelebihan utama dari mobil sedan adalah citranya sebagai mobil yang mewah dan nyaman.

sedan toyota corolla altis

Selain karena dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, berbagai model sedan ini juga seringkali terlihat digunakan sebagai mobil dinas para eksekutif perusahaan. Bukan itu saja, para pejabat negara, hingga Presiden pun menggunakan mobil sedan sebagai mobil dinasnya.

2. Performa Tinggi

Selain memiliki citra yang identik dengan kemewahan, mobil sedan juga seringkali menawarkan performa mesin yang lebih tinggi dibanding mobil pada umumnya.

Baca juga: 10 Mobil Sedan Paling Irit BBM, Kala Elegansi Bertemu Kompromi

Performa mesin yang tinggi ini ternyata bukan hanya karena mesin berkapasitas besar, tetapi juga dipengaruhi oleh ground clearance-nya yang rendah. Hasilnya, mobil sedan memiliki titik pusat gravitasi yang lebih rendah dan mengurangi body roll sehingga mesin bisa bekerja optimal.

3. Kemampuan Akselerasi Lebih Baik

Kelebihan lainnya dari mobil sedan adalah kemampuan akselerasinya yang tinggi. Dengan adanya kombinasi antara bentuk bodi yang rendah dan performa mesin yang tinggi, secara otomatis kemampuan akselerasi mobil sedan pun menjadi lebih tinggi.

4. Aerodinamika Baik

Sebelumnya sudah disinggung bahwa ground clearance mobil sedan yang rendah memiliki pengaruh terhadap performa mesin dan akselerasinya. Kedua hal ini juga ternyata dipengaruhi oleh bentuk bodi mobil sedan secara keseluruhan.

Baca juga: Biaya Servis Kaki-kaki Toyota Vios, Catat Biar Tak Terlewat!

Bodi mobil sedan yang rendah membuat mobil ini memiliki aerodinamika yang lebih baik dibandingkan jenis mobil lainnya seperti MPV maupun SUV. Hal ini tentu saja akan meningkatkan tingkat akselerasi mobil tersebut, sehingga tidak heran jika mobil sedan terkenal gesit.

5. Handling Mantap

Satu lagi kelebihan yang akan kita bahas pada kelebihan dan kekurangan mobil sedan kali ini adalah pada segi handlingnya. Mobil sedan diketahui memiliki handling yang cukup baik sehingga pengemudi dapat berkendara dengan lebih ringan dan nyaman.

Kekurangan Mobil Sedan

1. Harga Yang Mahal dan Pajak Tinggi

Sekarang kita akan mulai bahas kekurangan dari mobil sedan. Yang pertama adalah harganya yang mahal.

Karena dilengkapi dengan berbagai fitur dan memiliki performa yang tinggi, tidak heran memang jika kemudian mobil sedan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Bukan itu saja, mobil sedan pun memiliki tarif pajak yang cukup tinggi. Hingga kini, PPnBM mobil sedan masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil jenis lain dengan kapasitas mesin yang sama.

Tapi sekarang ini, semua pajak mobil sudah diberlakukan pajak berdasarkan emisi. Jadi pajak mobil sedan pun sekarang bisa jadi tidak semahal dulu, apalagi untuk mobil sedan dengan teknologi hybrid. 

2. Ground Clearance Rendah

Meskipun ground clearance yang rendah bisa menjadi kelebihan karena mendukung performa mesin dan akselerasi, tetapi hal ini juga bisa disebut sebagai kekurangan. Ground clearance yang rendah membuat mobil sedan kurang andal digunakan di jalan bergelombang, sehingga hanya cocok digunakan di daerah perkotaan.

3. Boros BBM

Pada umumnya, demi memberikan performa mesin yang mumpuni, mobil sedan akan dibekali dengan mesin berkapasitas besar. Penggunaan mesin berkapasitas besar ini memang dapat memberikan tenaga yang lebih, tetapi hal ini berpengaruh terhadap konsumsi BBM-nya yang menjadi boros.

4. Kapasitas Kabin dan Bagasi Kecil

Kekurangan terakhir dan paling utama dari mobil sedan adalah kapasitas kabin dan bagasinya yang kecil.

Baca juga: Toyota New Camry Hybrid Meluncur Lebih Murah, Tapi Fitur Makin Canggih

Di Indonesia, rata-rata pemilik mobil memang menggunakan mobil sebagai alat transportasi keluarga di mana mereka juga membutuhkan tempat untuk menyimpan banyak barang. Dan karena alasan ini, mobil sedan tidak bisa digunakan sebagai mobil keluarga.

Kesimpulan

Kita akan menutup pembahasan kali ini dengan kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari mobil sedan. Bicara soal kelebihannya, mobil ini memang memiliki beberapa aspek yang membuatnya unggul dibanding model mobil lainnya.

Citra mobil sedan yang selalu terkesan mewah dan nyaman membuat siapapun yang mengendarainya akan terlihat berkelas. Selain itu, mobil sedan juga biasanya dibekali dengan performa mesin dan kemampuan akselerasi yang tinggi.

Bentuk bodi mobil sedan membuat mobil ini memiliki sisi aerodinamis yang tinggi, sehingga berpengaruh pada kemampuan akselerasinya. Selain itu, pengalaman berkendara yang lebih baik juga didukung dengan adanya kemampuan handling yang mantap.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Tetapi tentu saja, mobil ini juga masih memiliki beberapa kekurangan. Umumnya, mobil sedan dibanderol dengan harga yang mahal dan memiliki tarif pajak yang tinggi. Selain itu, ground clearance-nya yang rendah membuatnya kurang andal digunakan di jalan bergelombang.

Kapasitas mesin yang besar juga menjadi salah satu alasan banyak mobil sedan menjadi boros BBM. Mobil ini juga tidak cocok digunakan sebagai mobil keluarga karena memiliki kapasitas kabin dan bagasi yang kecil.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan mobil sedan. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan ini, konsumen tidak perlu lagi bingung jika akan membeli mobil sedan.

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya