• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Carry Futura, Van Jadul yang Tetap Populer
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Carry Futura, Van Jadul yang Tetap Populer

Dilihat 3522
Amanda
9 Nov 2021, 20:15
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry Futura memang merupakan topik yang sering menjadi perbincangan bagi para pemilik mobil yang populer di tahun 90-an ini. Suzuki Carry Futura pertama kali hadir di pasar otomotif Indonesia pada tahun 1991 silam.

suzuki carry futura

Pada saat itu, kendaraan dengan model minibus seperti Carry Futura ini memang mulai banyak disukai oleh para konsumen di Tanah Air. Tidak heran, karena mobil seperti ini memang multifungsi dan bisa digunakan sehari-hari.

Suzuki Carry Futura ketika itu dihadirkan untuk bersaing dengan Toyota Kijang dan Daihatsu Zebra yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Mobil ini kemudian mendapatkan facelift pertamanya pada tahun 1997.

Facelift terakhir dilakukan Suzuki untuk Carry Futura pada tahun 2017 lalu. Kemudian pada tahun 2019, mobil ini pun resmi berhenti produksi.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry Futura memang bisa menjadi pertimbangan bagi konsumen yang tertarik untuk membelinya. Langsung saja kita simak informasinya berikut ini!

Kelebihan Suzuki Carry Futura

Kabin Luas

Kelebihan pertama yang akan kita bahas pada ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry Futura ini adalah ruang kabinnya yang luas.

Baca juga: Apa Perbedaan Mobil MPV dan SUV? Yuk, Ketahui Sebelum Beli

Seperti yang kita tahu, Suzuki Carry Futura Carry ini memiliki desain bodi yang mengotak, memungkinkan mobil ini untuk menghadirkan ruang kabin yang lebih besar untuk para penumpangnya. Dimensi mobil ini memiliki panjang 3.575 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.800 mm.

Memiliki AC Double Blower

Pada beberapa tipenya, yakni pada varian GRV dan GX, Suzuki Carry Futura memang sudah menawarkan AC Double Blower. Adanya AC Double Blower ini tentu bisa meningkatkan kenyamanan karena penumpang akan merasakan sejuknya kabin hingga ke barisan belakang.

Mesin Bandel dan Bertenaga

Meskipun mobil ini sudah lama berkiprah di Indonesia, tapi performa mobil ini masih tidak kalah dengan kebanyakan mobil yang ada sekarang. Mesin yang digendong oleh Suzuki Carry Futura ini diketahui cukup bandel dan bertenaga.

Jika kita lihat pada salah satu varian mesinnya, yakni varian 1.5 dengan mesin G15A 4 silinder segaris 16 katup SOHC, tenaga dan torsi yang dihasilkan cukup besar. Mesinnya ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 85 HP pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi mencapai 122 Nm pada putaran mesin 3.000 rpm.

Mesinnya ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan yang cukup responsif. Konfigurasi mesinnya ini membuat Carry Futura andal dibawa berkendara.

Irit BBM

Salah satu kelebihan lainnya dari Suzuki Carry Futura adalah konsumsi bahan bakarnya yang cukup efisien. Tidak heran jika mobil ini banyak diubah menjadi angkutan umum di beberapa kota besar.

Untuk penggunaan di dalam kota, mobil ini memiliki tingkat konsumsi BBM 12 km/liter. Sememntara itu, untuk penggunaan di luar kota, mobil ini diklaim memiliki tingkat konsumsi BBM 15 km/liter.

Spare Part Murah dan Mudah Dicari

Ketersediaan spare part atau suku cadang memang menjadi hal yang penting untuk diketahui sebelum membeli mobil. Bagi konsumen yang ingin memiliki Suzuki Carry Futura ini, tidak perlu bingung soal spare part.

Baca juga: Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?

Spare part Suzuki Carry Futura ini sangat mudah ditemukan di bengkel manapun. Selain itu, harga spare part mobil ini pun cukup terjangkau.

Harga Jual Kembali Stabil

Saat ini, mobil bekas Suzuki Carry Futura ditawarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp30 jutaan. Selain harga yang terjangkau, ternyata harga jual kembalinya pun cukup stabil sehingga konsumen tidak akan rugi besar ketika harus menjual kembali mobil ini.

Kekurangan Suzuki Carry Futura

Fitur Keselamatan Minim

Kekurangan pertama dan yang paling utama dari Suzuki Carry Futura ini adalah minimnya fitur keselamatan. Seperti yang kita tahu, fitur keselamatan ini merupakan fitur yang paling penting dari sebuah mobil.

Sebagai fitur keselamatannya, Carry Futura memang hanya menyediakan sabuk pengaman untuk para penumpangnya. Fitur standar seperti airbags bahkan belum dimiliki oleh mobil ini.

Lantai Kabin Terasa Panas

Mesin Suzuki Carry Futura diketahui diletakkan dibawah jok penumpang dan pengemudi baris pertama hingga di bawah pijakan kaki penumpang baris kedua. Peletakkan mesin yang berada di tengah mobil ini membuat suhu di dalam kabin menjadi panas, terlebih jika peredam panasnya sudah tidak bisa menahan suhu panas dari mesin.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Hal ini tentu dapat mengurangi kenyamanan para penumpangnya. selain itu, penempatan mesin di bawah mobil ini juga bisa membuat mobil mogok ketika melewati genangan air yang cukup tinggi.

Kurang Stabil Dalam Kecepatan Tinggi

Meskipun bentuk bodi yang mengotak bisa membuat kabin Suzuki Carry Futura menjadi leluasa, tetapi bodinya yang cukup tinggi ini justru menjadi kekurangan ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi. Hal ini mengakibatkan mobil menjadi tidak stabil, sehingga akan berbahaya jika dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Suspensi Keras

Suzuki Carry Futura diketahui mengandalkan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Leaf Spring di bagian belakang. Suspensi depannya ini tentu sudah cukup berkualitas, tetapi suspensi belakangnya dinilai kurang baik.

Penggunaan suspensi Leaf Spring pada bagian belakang dinilai membuat bantingannya terasa keras. Hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan para penumpangnya ketika berkendara.

Kesimpulan

Setelah membahas berbagai kelebihan dan kekurangan dari Suzuki Carry Futura, bisa kita lihat bahwa mobil ini memiliki banyak kelebihan. Selain memiliki kabin yang luas, mobil ini juga dilengkapi dengan AC Double Blower untuk menambah kenyamanan penumpang.

Mesin yang digendong Carry Futura juga bandel dan bertenaga. Tidak hanya itu, mesinnya ini juga irit BBM sehingga konsumen tidak perlu khawatir harus menghabiskan uang untuk membeli bensin.

Salah satu kelebihan yang membuat mobil ini populer adalah harga jual kembalinya yang stabil. Bukan itu saja, spare part dari mobil yang satu ini juga murah dan mudah dicari.

Tetapi seperti kebanyakan mobil, Carry Futura juga memiliki kekurangannya sendiri. Mobil ini sangat minim fitur keselamatan sehingga kurang aman dibawa berkendara. Selain itu, penempatan mesin di bawah mobil membuat lantai kabinnya terasa panas.

Suzuki Carry Futura juga diketahui kurang stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Suspensi belakangnya yang keras juga bisa mengurangi kenyamanan penumpangnya.

Secara keseluruhan, kelebihannya memang lebih banyak dari kekurangan yang dimiliki Suzuki Carry Futura. Bagi konsumen yang berniat membeli mobil ini, sebaiknya hal ini dijadikan pertimbangan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Spesifikasi Suzuki Carry Futura

Mesin

G15A 4 silinder segaris 16 katup SOHC

Kapasitas

1.487 cc

Tenaga

85 hp / 6.000 rpm

Torsi

122 Nm / 3.000 rpm

Transmisi

Manual 5-percepatan

Sistem penggerak

Rear wheel drive

P x L x T (mm)

4.453 mm x 1.735 mm x 1.666 mm

Suspensi Depan/Belakang

MacPherson Strut / Leaf Spring

Rem Depan/Belakang

Ventilated Disc / Drum


  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya