• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Harusnya Bisa Jadi yang Terlaris
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Harusnya Bisa Jadi yang Terlaris

Dilihat 8141
Amanda
15 Okt 2021, 18:10
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertigamerupakan salah satu faktor yang penting untuk dijadikan pertimbangan para konsumen sebelum membeli mobil ini.

Seperti yang kita tahu, Ertiga merupakan salah satu Low MPV andalan Suzuki yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2010.

kelebihan dan kekuarangan suzuki ertiga

Saat pertama kali diperkenalkan, mobil ini langsung menjadi penantang dari Toyota Avanza. Di awal kehadirannya memang sempat mencatat penjualan yang cukup menggiurkan. 

Selang beberapa tahun, Ertiga mendapatkan facelift hingga generasi terbarunya pun hadir dengan wajah dan mesin anyar.

Tetapi tentu, seperti mobil pada umumnya, Ertiga pun memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. 

Dengan mengetahui hal ini, para konsumen pun akan dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing sebelum membeli Suzuki Ertiga.

Lalu kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki Suzuki Ertiga ini? Daripada penasaran, langsung saja kita lihat informasinya berikut ini.

Kelebihan Suzuki Ertiga

1. Desain Baru Suzuki Ertiga Lebih Sporty

Melihat dari bagian luarnya, Suzuki Ertiga generasi terbaru ini memiliki desain eksterior yang elegan dan tampak lebih sporty. Desainnya tidak lagi kaku seperti yang kita lihat pada versi-versi terdahulunya.

suzuki ertiga

Lampu depan Ertiga kini memiliki desain yang lebih pipih dan tajam. Sedangkan desain lampu belakangnya tampak memanjang vertikal tetapi masih dengan garis melebar dan tajam di bagian bawahnya.

2. Desain Interior Suzuki Ertiga Mewah

Pada bagian interiornya, Ertiga menghadirkan desain yang tidak kalah mewah. Interiornya menggunakan warna beige yang dipadukan dengan aksen kayu pada bagian dasbornya.

Selain itu, desain floating head unit dan AC panel digital yang disematkan pada mobil ini memberikan kesan yang lebih modern. Kursi-kursi yang dimiliki Ertiga juga tampak modern dan nyaman.

Baca juga: Fitur Ini Jadi Daya Pikat Suzuki XL7 untuk Dibeli

3. Fitur Suzuki Ertiga Mumpuni

Bukan hanya dibekali dengan desain eksterior dan interior yang menawan, Ertiga juga disebut telah dibekali dengan berbagai fitur canggih. 

Misalnya saja, untuk fitur keselamatannya, mobil ini sudah memiliki Dual SRS Airbags, serta sistem pengereman Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution.

Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur Brake Hold, Hill Hold Control, dan ESP. Selain itu, untuk keamanan penumpang anak-anak, mobil ini juga sudah memiliki fitur pengaturan kursi ISOFIX.

Untuk kemudahan penggunaannya, Suzuki juga menyematkan fitur steering audio and phone control, rear parking sensor, serta door open stoppers pada Ertiga ini.

4. Performa Mesin Baru Ertiga Lebih Baik

Selain tampilan baru, Suzuki Ertiga ini juga dibekali dengan mesin teranyar. Mesin yang dibenamkan di balik kap mobilnya ini merupakan mesin baru berkode K15B yang juga digunakan pada All New Suzuki Jimny dan All New Carry.

Suzuki Ertiga sebelumnya menggunakan mesin berkode K14B. Mesin ini diketahui mampu menghasilkan tenaga sebesar 94 HP dan torsi 130 Nm.

Baca juga: Ini 3 Mobil Suzuki Terlaris Akibat Kebijakan PPnBM

mesin suzuki ertiga

Mesin terbaru Ertiga ini memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 1,5 liter. Dengan kapasitas yang lebih besar, mesin ini diklaim dapat memberikan performa yang  lebih responsif.

Soal transmisinya sendiri, mesin ini dikawinkan dengan dua jenis transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai angka 138 Nm pada putaran 4.000 rpm.

5. Kabin Ertiga Senyap dan Nyaman

Bukan hanya memiliki desain yang mewah, ternyata kabin Ertiga generasi terbaru ini juga disebut lebih nyaman. Hal ini karena kabinnya didesain sedemikian rupa agar menjadi lebih senyap.

kabin ertiga yang nyaman

Selain itu, kenyamanan juga menjadi hal yang cukup diperhatikan oleh pabrikan mobil ini. 

Karena itu, selain menghadirkan kabin yang lebih senyap, Ertiga juga dibekali dengan suspensi yang berkualitas sehingga lebih nyaman dan stabil ketika dibawa bermanuver di tikungan maupun melewati jalan yang kurang rata.

Kekurangan Suzuki Ertiga

1. Desain AC Model Lama

Setelah membahas kelebihan, sekarang saatnya kita membahas kekurangan dari Suzuki Ertiga. Kekurangan kecil yang bisa kita temukan pada Ertiga generasi terbaru ini ada pada desain pengaturan AC-nya.

Pada bagian pengaturan AC-nya, mobil ini masih menggunakan model kenop. 

Hal ini mengurangi kesan modern yang ditampilkan oleh desain interiornya secara keseluruhan, dan banyak kompetitornya di luar sana yang sudah menggunakan pengaturan AC Digital.

2. Tidak Ada Headrest Tengah di Barisan Kedua

Jika kita lihat pada kebanyakan mobil di zaman sekarang, semua kursi sudah memiliki headrest-nya masing-masing. Tidak terkecuali untuk kursi tengah di barisan kedua.

interior suzuki ertiga

Sangat disayangkan memang, pada Suzuki Ertiga generasi kedua ini headrest alias sandaran kepala untuk kursi tengah di barisan kedua belum tersedia. 

Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan yang duduk di bagian tengah, terlebih jika harus berkendara dengan jarak yang jauh.

3. Tidak Ada Arm Rest

Salah satu hal yang menjadi kekurangan lain dari Suzuki Ertiga generasi terbaru ini adalah tidak adanya armrest di kursi baris kedua. 

Padahal pada generasi sebelumnya, fitur yang mendukung kenyamanan ini disematkan oleh pabrikannya.

Hilangnya fitur ini dari Ertiga generasi terbaru memang tidak terlalu berpengaruh pada kualitas mobil secara keseluruhan. 

Tetapi perlu diakui bahwa dihilangkannya armrest ini mengurangi kenyamanan penumpang di barisan kedua.

4. Minim Soket dan Tidak Ada Indikator ECO

Sebagai mobil yang masuk ke dalam kategori MPV, Suzuki Ertiga tentu akan banyak diincar oleh konsumen yang membutuhkan mobil keluarga. 

Dalam hal ini, biasanya ketersediaan soket untuk pengisian daya sangatlah penting, terlebih untuk perjalanan yang jauh.

Sayangnya, Suzuki Ertiga generasi baru minim soket pengisian daya. Pada mobil ini memang ada soket, tetapi jumlahnya terbatas.

Bukan itu saja, mobil ini juga masih belum memiliki indikator ECO. Padahal, dewasa ini indikator ECO menjadi fitur yang cukup penting karena bisa membantu pengemudi berkendara dengan lebih efisien bahan bakar.

Kesimpulan

Setelah melihat ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga, kita bisa melihat bahwa secara keseluruhan, mobil ini sudah cukup baik.

Bukan hanya memiliki desain eksterior dan interior yang atraktif, Ertiga juga dibekali dengan berbagai fitur mumpuni. Selain itu, dengan mesin barunya, mobil ini juga bisa memberikan performa yang lebih baik.

Kenyamanan penumpang juga diperhatikan dengan adanya kabin yang lebih senyap serta suspensi yang berkualitas.

Namun sayangnya, mobil ini juga tidak luput dari kekurangan. Desain AC-nya masih menggunakan model lama, sehingga mengurangi kesan modern dari interiornya secara keseluruhan.

Kenyamanan penumpang juga harus berkurang lantaran absennya headrest di kursi tengah barisan kedua dan arm rest di barisan kedua.

Terakhir, minimnya soket dan tidak adanya indikator ECO juga menjadi kekurangan lain dari Suzuki Ertiga.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari Suzuki Ertiga. Dengan mengetahuinya kita akan bisa melakukan pertimbangan yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan masing-masing sebelum membeli mobil ini.

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya