OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home
  • Review
  • Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Satria FU, Ayago yang Beneran Jago
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Satria FU, Ayago yang Beneran Jago

Dilihat 1249
Arief Yuno
10 Nov 2020, 14:04
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Suzuki Satria Fu merupakan salah satu sepeda motor favorit masyarakat Indonesia terlebih dengan modelnya yang berkarakter ayam jago (ayago). Suksesor Suzuki Raider 125 di Indonesia ini pun sempat beken di awal kemunculannya pada 2004. Pada awal peluncurannya, motor ini langsung diserbu anak muda, terutama pecinta akselerasi. 

Memasuki 2016, setelah melewati berbagai perubahan dan pengembangan teknologi, Suzuki Satria FU Injeksi pun muncul ke permukaan. Pada model ini, Suzuki dinilai habis-habisan membangunnya.

Bicara kelebihan dan kekurangan Suzuki Satria Fu tentu akan sangat subjektif. Namun poin-poin di bawah ini mengambil opini terbanyak di berbagai media serta forum otomotif.

Tanpa panjang lebar ini dia kelebihan dan kekurangan Suzuki Satria Fu.

Kelebihan Suzuki Satria Fu

Sebagai salah satu pionir sepeda motor ayago, Suzuki Satria Fu memiliki beberapa kelebihan. Seperti di antaranya adalah performa mesin kencang, layak diberi dua jempol, bodi ramping nan sporty, hingga ragam fitur yang tak hanya canggih namun fungsional. 

Performa Kencang

Alasan pertama mengapa orang membeli Suzuki Satria Fu adalah karena performa motornya yang kencang. Kelebihan ini didapat Suzuki Satria Fu dari bekalan mesin 150 cc yang luar biasa impresif di kelasnya.

Seperti dilansir beberapa media, di atas kertas mesin Suzuki Satria Fu punya catatan mengejutkan. Sepeda motor ayago ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 18,2 hp pada 10.000 rpm dan torsi puncak hingga 13,8 Nm pada 8.500 rpm. 

Dari sini saja kita tahu bahwa sepeda motor Suzuki Satria Fu memang benar-benar kencang. Maka tak heran, kaum "hobi kami mahal" kerap menggunakannya untuk drag ilegal.

Karakter Sporty dan Ramping

Kelebihan lain yang membuat orang membeli Suzuki Satria Fu adalah lantaran bodinya yang sporty dan ramping. Ya, dari penglihatan sebentar saja kita sudah bisa menilai bahwa sepeda motor ini sangat ramping. Bahkan cenderung atletis.

Oleh karenanya, Suzuki Satria Fu juga kerap menjadi pilihan para bikers yang hobi selap-selip di kepadatan lalu lintas. Artinya, sepeda motor ayago ini sangat cocok di perkotaan padat.

Bentuk bodi yang sedemikian rupa sebenarnya bukan untuk keperluan selap-selip, melainkan untuk memberikan aerodinamika terbaik. Sehingga Suzuki Satria Fu benar-benar cocok untuk arena sirkuit balap.

Dasbor Digital

Usai memberikan apresiasi setinggi langit terhadap performa sepeda motor Suzuki Satria Fu, saatnya menilik kelebihan di sektor dasbornya. 

Dasbor milik Suzuki Satria Fu rasanya sangat layak untuk masuk ke daftar kelebihan. Pasalnya, spidometer ayago ini sudah full digital sehingga memberikan kesan canggih dan modern.

Jauh di luar itu, yang terpenting adalah akurasi penunjukan kecepatannya. Tapi tidak usah khawatir, digitalisasi spidometer Suzuki Satria Fu diklaim pabrikan sangat akurat.

Tak hanya itu, kelebihan lain pada spidometer Suzuki Satria Fu adalah tampilannya yang sangat informatif dan simpel.

Fitur Mumpuni

Bicara teknologi, maka tak afdol jika tak mengulas fitur-fitur pada Suzuki Satria Fu. Ragam fitur yang disematkan pada sepeda motor ini bisa dibilang cukup lengkap terutama di sektor keamanan.
Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, fitur keamanan Suzuki Satria Fu jauh lebih lengkap.

Motor ayago ini telah disematkan alarm anti maling sebagai antisipasi hal-hal yang tak diinginkan, semisal pencurian. Pengendalian (on - off) alarm cukup dioperasikan melalui sebuah remot saja. Menariknya lagi, remot ini tak hanya untuk mengaktifkan alarm saja, melainkan juga bisa untuk mematikan mesin sepeda motornya.

Selain sektor keamanan, fitur keselamatan pun jadi sorotan. Kali ini diwakilkan oleh penggunaan lampu Suzuki Satria Fu yang sudah LED. 

Berkat spesifikasi lampu ini maka visibilitas pengendara akan sangat terbantu terutama pada perjalanan malam hari. 

Selain membantu penglihatan dengan cahayanya yang terang, lampu LED pada Suzuki Satria Fu juga memberikan kelebihan lain, yaitu menambah kesan modern dan keren motor ini.

Kekurangan Suzuki Satria Fu

Setelah menjabarkan beberapa kelebihan, berikut ini adalah poin-poin kekurangan Suzuki Satria Fu yang berhasil dirangkum. Kekurangan ini seperti bentuk jok, penggunaan ukuran ban bawaan pabrikan yang kecil, suspensi depan, hingga posisi radiator yang dinilai rentan kemasukan objek asing.

Posisi Duduk Kurang Nyaman

Kekurangan pertama dari Suzuki Satria Fu adalah posisi jok untuk duduk yang dinilai kurang nyaman. Tak jarang para pemilik mengeluhkan hal ini. 

Jok bagian belakang Suzuki Satria Fu dirasa terlalu tinggi, sehingga saat mengerem posisi pengendara maupun yang dibonceng jadi merosot ke depan.

Namun ada beberapa cara yang kerap dilakukan untuk meminimalisir kekurangan Satria Fu ini. Solusi alternatifnya adalah dengan memapas jok hingga sesuai dengan kenyamanan pengendara dan yang diboncengnya.

Ukuran Ban Dinilai Kekecilan

Kekurangan lain dari Suzuki Satria Fu yang kerap dikeluhkan adalah ukuran ban yang kecil. Bisa dibilang ban kecil memang digunakan di semua generasi Satria Fu, ya.

Alhasil, Suzuki Satria Fu sangat tidak nyaman kala dibawa ke jalanan non-aspal yang cenderung tidak rata, bahkan berbatu.

Oleh karenanya, banyak di antara pemilik Suzuki Satria Fu mengganti ban bawaan pabrik dengan ukuran yang agak lebih besar.

Suspensi Depan Jadi Penyakit Khas

Ada penyakit khas Suzuki Satria Fu, namun tidak terlal fatal namun cukup mengganggu. Banyak di antara pemilik Satria Fu mengeluhkan suspensi depan motor ini kerap mengeluarkan bunyi. 

Namun tak perlu khawatir berlebihan, bunyi pada suspensinya memang sering muncul tapi tidak mengganggu kinerja komponen ini. Performa suspensi Suzuki Satria Fu masih terasa sangat baik.

Posisi Radiator Rentan

Kekurangan Suzuki Satria Fu terakhir adalah posisi radiator yang terlalu terbuka sehingga rentan terkena benturan atau kemasukan debu hingga kerikil saat melalui jalan non-aspal. 

Untuk mengantisipasinya, para pemilik Satria Fu biasanya berinisiatif dengan memberikan cover radiator untuk mencegah benda asing masuk.

Kesimpulan

Suzuki Satria Fu punya kelebihan dan kekurangan yang berimbang. Namun kabar baiknya, beberapa kekurangan tidak terlalu fatal dan beberapanya lagi bisa ditutupi dengan solusi alternatif.

Sepeda motor ini sangat cocok bagi Anda yang sangat mencintai kecepatan. Terlebih lagi, untuk Anda yang ingin tampil beda, model sepeda motor ayago bisa jadi opsi menarik. Hal ini mengingat bahwa sepeda motor yang tengah populer adalah skuter matik atau naked bike.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor

      Berita Terpopuler

      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya