• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022, Konsumen Baru Wajib Baca!

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022, Konsumen Baru Wajib Baca!

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
29 Nov 2021, 15:46
  • Suka 1

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan oleh konsumen yang akan membeli mobil, tidak terkecuali untuk Toyota Avanza generasi terbaru. Model teranyar dari MPV sejuta umat ini baru saja diluncurkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Avanza sendiri memang sudah cukup lama menjadi salah satu model teratas di segmen MPV di Indonesia. Dengan diluncurkannya generasi terbaru dari mobil ini, tentu ekspektasi konsumen menjadi lebih tinggi.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Toyota Avanza generasi terbaru ini? Daripada semakin penasaran langsung saja kita simak informasinya berikut ini!

Kelebihan Toyota Avanza 2022

1. Dimensi Kompak

Meskipun memiliki bodi yang besar, tetapi dimensi yang dimiliki Toyota Avanza 2022 ini bisa dibilang cukup kompak. Mobil ini memiliki panjang dimensi 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm.

Dengan dimensinya yang kompak ini, Toyota Avanza dinilai sangat cocok difungsikan sebagai alat transportasi harian keluarga di Indonesia, terlebih di daerah perkotaan. Tidak heran jika mobil ini menjadi sangat populer dan banyak diminati.

2. Wajah Baru Lebih Stylish

Bagian wajah dari Toyota Avanza ini sudah mendapatkan pembaruan. Adanya New Bold Front Bumper Design dengan New Sharp LED Headlamp membuat tampilan mobil ini menjadi lebih maskulin dan mewah.

Khusus untuk varian tertingginya, bisa kita lihat adanya pembaruan pada bagian fog lamp atau lampu kabut.

Baca juga: Review Toyota Avanza, Apa Yang Baru Dari MPV Sejuta Umat Ini?

Pembaruan bukan hanya bisa kita lihat pada bagian depannya Avanza baru ini. Bagian samping dan belakang interiornya ini juga tidak luput dari penyegaran.

Pada bagian samping, Toyota sudah menyematkan New Auto Retractable Mirror. Sementara pada bagian belakangnya, perubahan desain bisa terlihat dengan adanya New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp.

Bukan itu saja, kini peleknya juga terdiri atas dua jenis. Ada pelek New Dashing Two Tone Alloy Wheel berukuran 16 inci untuk tipe 1.5 G, dan New Dashing Alloy Wheel Design berukuran 15 inci untuk varian lainnya.

Beragam pilihan warna pun sudah dihadirkan pabrikan untuk menyesuaikan selera konsumen di Indonesia. Beberapa warna yang ditawarkan untuk Toyota Avanza generasi terbaru ini antara lain Purplish Silver, Gray Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic dan White.

Interior Luas dan Nyaman

Toyota Avanza diketahui memiliki interior alias kabin yang cukup leluasa. Hal ini tidak terlepas dari ukuran wheelbase alias jarak sumbu rodanya yang cukup besar, yakni 2.750 mm.

Baca juga: Bingung Pilih All New Avanza atau All New Veloz? Ini 7 Perbedaannya!

Bukan hanya memiliki kabin dengan ruang yang luas, Avanza terbaru ini juga diketahui memiliki interior yang cukup nyaman. Sama seperti bagian eksteriornya, pembaruan juga bisa kita lihat pada bagian interiornya.

Pada generasi terbaru Toyota Avanza telah disematkan New Comfortable 7 Seater berdesain modern dan nyaman. Selain itu, kabinnya ini juga diklaim lebih kedap suara, sehingga suara bising dari luar kendaraan tidak akan bocor masuk ke dalam kabin.

Baca juga: Kehadiran Avanza dan Veloz Baru Belum Bisa Goyahkan Mitsubishi Xpander

3. Fitur Lebih Canggih

Fitur memang menjadi salah satu daya tarik terbesar dari Toyota Avanza 2022. Mobil ini sudah dibekali dengan beragam fitur termutakhir oleh pabrikannya.

Mobil ini sudah mendapatkan fitur baru berupa New 4’2 TFT MID, New Illuminating Start/Stop Button, serta New Tilt & Telescopic Steering with Audio & Mit Switch. 

Sebagai fitur hiburannya, mobil ini juga dibekali fitur multimedia berupa New Dynamic Head Unit Display berukuran 9 inci yang dilengkapi dengan New USB Port dan Power Slot.

Menariknya, pada Toyota Avanza generasi terbaru ini sudah ada fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada varian tertingginya. Fitur ini merupakan fitur keselamatan berkendara yang paling mutakhir dari Toyota saat ini.

Bagi yang masih awam, Toyota Safety Sense ini merupakan rangkaian fitur keselamatan dan keamanan berteknologi tinggi. Rangkaian fitur tersebut terdiri dari Pre-Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, hingga T-Intouch.

Kekurangan Toyota Avanza 2022

1. Desain Dasbor Standar

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bagian interior dari Toyota Avanza teranyar ini sudah mendapatkan banyak pembaruan. Bahkan ada banyak fitur baru yang bisa kita temukan pada bagian interiornya.

Namun sayang, terlepas dari banyaknya pembaruan pada bagian interior mobil ini, desain dasbor yang dimilikinya masih standar dan terlalu sederhana. Hal ini membuat tampilan kabinnya secara keseluruhan menjadi kurang mewah.

2. Mesin Masih Sama Dengan Versi Sebelumnya

Meskipun mendapatkan banyak peningkatan dari segi fitur, bagian paling penting, yakni mesin dari Toyota Avanza ini justru tidak mendapatkan pembaruan. Mesin yang digendong Toyota Avanza 2022 ini masih sama dengan yang dimiliki model sebelumnya.

Mobil ini masih mengandalkan mesin 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini ditawarkan dalam dua jenis, yaitu mesin dengan kapasitas 1.3 L dan 1.5 L.

Masing-masing mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 96 HP dan 104 HP. Keluaran tenaganya memang tidak buruk, tetapi konsumen mengharapkan performa yang lebih baik pada generasi terbaru Avanza ini.

KETERANGAN

SPESIFIKASI MESIN 1.3 L

SPESIFIKASI MESIN 1.3 L

Mesin

1NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

2NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC with Dual VVT-i

Kapasitas

1.3 L (1.329 cc)

1.5 L (1.496 cc)

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Manual 5 Percepatan / CVT / CVT with TSS

Tenaga

96 HP @ 6.000 rpm

104 HP @ 6.000 rpm

Torsi

121 Nm @ 4.200 rpm

137 Nm @ 4.200 rpm

Kapasitas Tangki BBM

43 liter

43 liter

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

Front Wheel Drive (FWD)

Sistem Pembakaran

Electronic Fuel Injection

Electronic Fuel Injection

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza 2022. Kendati memiliki beberapa kelebihan yang menjadi daya tariknya tersendiri, mobil MPV pabrikan Toyota ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Toyota Avanza memiliki dimensi yang kompak sehingga cocok digunakan sebagai alat transportasi keluarga di perkotaan. Selain itu, interiornya yang luas dan nyaman pun membuat pengemudi dan penumpang bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Generasi terbaru dari Toyota Avanza ini juga memiliki desain wajah baru yang lebih bergaya. Bukan hanya itu, mobil ini pun sudah dibekali dengan berbagai fitur yang canggih.

Sayangnya, desain dasbor yang dimiliki mobil pabrikan Jepang ini standar dan tidak mendapat pembaruan. Selain itu, mesin yang digendongnya pun masih sama dengan model sebelumnya.

Bagi konsumen yang berniat membeli, kelebihan dan kekurangan Toyota All New Avanza 2022 ini bisa menjadi bahan pertimbangan. Sebelum membeli, konsumen memang harus jeli untuk mempertimbangkan hal-hal tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan