• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Toyota Innova 2020
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Innova 2020

Dilihat 1488
Guntur Hanggara
8 Sep 2020, 12:55
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Kijang Innova

Otoloka.id - Seperti sudah diketahui bersama bahwa mobil keluarga legendaris di Indonesia yang telah eksis dengan nama Toyota Kijang sejak 1977. Kini, mobil Toyota Innova 2020 ditawarkan dengan harga mulai dari Rp323,5 hingga Rp426,2 jutaan. Ini adalah harga mobil Innova terbaru. 

Di sektor dapur pacu, Kijang Innova terbaru terbagi menjadi dua tipe mesin; bensin dan diesel. Sejarahnya di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) sudah tidak usah diragukan kembali mengingat penjualannya yang selalu laris manis. 

Hal tersebut ditandai dari perjalanan Innova yang telah memasuki generasi keenam. Total di atas kertas sampai Maret 2020 penjualan Toyota Innova dari generasi pertama sudah raih 1.926.462 unit. Walaupun demikian, Toyota dealer pantang menyerah untuk raih angka penjualan yang lebih tinggi. 

Pencapaian positif Toyota Innova ini tak lepas dari faktor keunggulannya. Di saat yang sama banyak persaingan dari kompetitor baru misal Wuling Cortez, Toyota Innova baru tetap menjadi pilihan utama pada umumnya. 

Meskipun banyak diminati oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, ternyata Toyota Kijang Innova 2020 tak lantas memiliki kesempurnaan yang tidak luput dari kekurangan. Sebut saja di antaranya bodi terlalu bongsor, masih terlampau boros bahan bakar untuk ukuran mobil keluarga, suara mesin kurang halus, dan harganya yang relatif tinggi.

Biar lebih jelasnya, ini adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang Innova 2020 versi Otoloka.

Kelebihan Toyota Kijang Innova

1. Model Teruji Lintas Generasi

Keunggulan Toyota Kijang Innova pertama adalah modelnya sendiri yang telah terbukti lintas generasi. Seperti yang dijabarkan sebelumnya, mobil ini sudah dipasarkan ke tengah keluarga Indonesia sejak 1977. Artinya, dengan penjualan yang tetap stabil, Kijang Innova senantiasa dipercaya kualitasnya dan mempunyai loyalisnya sendiri. Ya, meskipun sudah berubah nama dan naik kelas.

Baca Juga: Konsumsi BBM Toyota Kijang Super, MPV Lawas Cukup Irit Pada Zamannya

Pengembangan tipe dijalankan oleh Toyota sampai membawa Innova terakhir ke kasta lebih tinggi. Bahkan di samping Toyota Innova Reborn, Venturer sebagai varian tertingginya alias flagship yang sudah mempunyai nomenklatur sendiri senantiasa menjadi pilihan utama sebagai mobil keluarga orang Indonesia.

2. Fitur Terbaru dan Lengkap

Keunggulan seterusnya adalah fitur Toyota Kijang Innova paling baru banyak mengalami sebuah pembaruan. Fitur yang dibenamkan ke di dalam mobil keluarga ini mampu dibilang lengkap di kelasnya. Mulai dari fitur keselamatan, New Kijang Innova paling baru sudah dilengkapi Dual SRS airbags, Curtain Shield Airbags, Side Airbags, dan Knee Airbag. Dilengkapi juga fitur side impact beam, collapsible steering column, seat belt pretensioner dan force limiter.

Tidak hanya itu saja, tersedia juga ABS & EBD, Hill Assist Control dan Vehicle Stability Controls sebagai fitur berkendara standar yang disematkan di Toyota New Innova. Fitur hiburan terbaru juga telah dipasangkan ke New Kijang Innova terbaru. Salah satunya LCD 8 inci, seat back table untuk penumpang di baris kedua, dan socket daya untuk charge gawai (gadget) di jok baris penumpang. Demi menunjang kenyamanan penumpang anak-anak, disematkan fitur ISOFIX dan juga Smart Entry sebagai identitas mobil elegan.

3. Kabin Luas dan Nyaman

Kabin Innova

Dinobatkan sebagai mobil keluarga, pastinya ekspektasi kenyamanan dalam kabin jadi prioritas untuk seluruh penumpang. New Kijang Innova terbaru bisa merealisasikan kenyamanan ini. Pasalnya, kabin dirasa masih luas meski diisi 7-8 penumpang. Tak hanya luas, aksen panel kayu mengimbuhkan kesan premium dan kenyamanan yang lebih baik. Namun, aksen tersebut hanya disematkan pada varian jenis V. Jadi, mutu New Kijang Innova bukan hanya semata-mata gimmik brosur saja.

4. Sparepart dan Perawatan Mudah

Mesin Innova

Lahir dari sebuah brand otomotif terbesar, jaminan untuk menjual kembali Kijang Innova amat terjamin di semua wilayah Indonesia. Toyota dealer tersedia di beberapa wilayah Indonesia juga. Bukan cuma gampang menemukan bengkel resmi, perawatan New Kijang Innova terhitung diklaim menjadi salah satu mobil dengan perawatan yang termudah dan termurah. 

Kekurangan Toyota Kijang Innova

Innova

1. Bodi Terlalu Besar

Dengan dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.795 mm, New Kijang Innova paling baru dirasa terlampau besar. Hal ini tentunya menjadi konsekuensi dari mobil keluarga yang didesain dengan kabin yang luas dan nyaman untuk seluruh penumpang. 

Bodi yang terlalu besar dianggap tidak cukup nyaman untuk dikendarai sehari-hari melintasi kepadatan jalan kota besar. Bukan hanya bikin tidak cukup lincah waktu selap-selip di tengah kemacetan, mobil Toyota Inova termasuk diragukan bisa diajak masuk ke lokasi padat permukiman.

2. Boros Bahan Bakar untuk Mobil Keluarga

Tidak seperti mobil-mobil Jepang lainnya, Toyota Kijang Innova terbaru sering dikeluhkan keborosan bahan bakarnya. Keluhan sering dialamatkan kepada Innova versi mesin diesel. Kendati mesin baru bertipe 2GD lebih bertenaga daripada pendahulunya, tapi Toyota Innova ini mengonsumsi bahan bakar sangat boros. Menurut sebagian testimoni media otomotif di Indonesia, konsumsinya raih 8-10 km/liter. 

Meskipun boros bahan bakar, Toyota Innova memang mempunyai tenaga mesin yang mumpuni. Sayangnya pola kehematan adalah poin utama untuk menjadi sebuah mobil keluarga yang notabennya ingin berhemat-hemat.

3. Mesin Diesel Bising

Kijang Innova

Meskipun telah ditenagai mesin diesel baru, 2GD yang digadang mempunyai akselerasi yang lebih cepat dan kuat, namun selalu saja menaruh kekurangan di sana-sini. Lebih-lebih berhubungan dengan kenyamanan penumpang dan pengemudi di dalam kabin. Pasalnya, mesin diesel Toyota Kijang Innova teranyar masih termasuk bising sampai masuk ke di dalam kabin. 

4. Harga Tergolong Tinggi

Toyota Kijang boleh saja menguasai pasar MPV kelas mid-high sepanjang puluhan tahun dengan bandrol harga yang dianggap masuk akal. Mungkin pesaing terdekatnya sepanjang ini cuma Isuzu Panther yang kini diisukan akan setop produksi. 

Namun, beberapa tahun ke belakang, selagi kompetitor baru muncul Toyota dinilai mesti tahan nafas. Wuling, brand otomotif asal China yang baru keluar terhadap 2017 silam segera menghadirkan Cortez untuk menandingi bersama Kijang Innova.

Cek: Spesifikasi Toyota Innova | Gambar Innova

Bukan cuma perang performa dan fitur, tapi Wuling Cortez datang bersama harga yang lebih terjangkau. Cortez dibanderol dari harga Rp217,8 juta untuk varian terendah hingga Rp239,5 juta di varian tertinggi. Harga berikut pasti berbeda jauh bersama Toyota Kijang Innova. Dengan 10 varian berbeda, harga mobil Innova terbaru di mulai dari Rp323,55 juta sampai Rp426,25 juta.

Itulah ulasan singkat dari kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang Innova terbaru, semoga bermanfaat ya.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya