• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize, SUV Kompak Layak Jadi Mobil Kedua
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize, SUV Kompak Layak Jadi Mobil Kedua

Dilihat 4162
Amanda
29 Sep 2021, 14:11
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Toyota Raize merupakan salah satu model mobil yang mengisi segmen Sport Utility Vehicle (SUV) kompak di pasar otomotif Indonesia dengan ragam kelebihan dan kekurangan. Toyota tak sendirian, bersama Daihatsu mereka melahirkan duet Raize Rocky.

Toyota raize biruSejak pertama kali diluncurkannya, Toyota Raize memang sudah mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari pecinta otomotif Tanah Air. Bukan hal yang mengherankan, mengingat model mobil SUV kompak memang sedang sangat diminati di Indonesia.

Raize sendiri sudah dibekali dengan berbagai teknologi dan fitur canggih demi memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi para konsumennya. 

Kendati demikian, bukan berarti mobil ini lepas dari beberapa kekurangannya. 

Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli mobil ini, mari kita simak dulu kelebihan dan kekurangan Toyota Raize berikut!

Kelebihan Toyota Raize

Fitur Keselamatan Aktif Mutakhir

Toyota Raize memang sudah digadang-gadang akan dibekali dengan berbagai fitur keselamatan yang cukup mutakhir, bahkan sebelum mobil ini diluncurkan. Hal ini pun terbukti dengan disematkannya fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada mobil SUV kompak satu ini.

Sebagai informasi, Toyota Safety Sense ini sendiri merupakan teknologi canggih yang dikembangkan Toyota sebagai usaha untuk mengurangi potensi bahaya bagi pengemudi dan penumpang saat berkendara. 

Fitur yang satu ini sudah lengkap dengan teknologi kamera dan sensor laser dengan 4 sistem kerja.

Fitur Toyota Safety Sense ini terdiri atas pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert with steering control, rear cross traffic alert, blind spot monitor, dan pedal misoperation control. 

Fitur-fitur tersebut menjadi kelebihan Raize karena pada umumnya hanya bisa ditemukan pada mobil-mobil kelas menengah ke atas.

Memiliki Adaptive Cruise Control

Adaptive Cruise Control pada Toyota Raize ini merupakan salah satu fitur yang masuk ke dalam rangkaian fitur Toyota Safety Sense. 

Raize bisa dibilang sebagai model mobil pertama yang menggunakan fitur ini untuk mobil di bawah Rp300 jutaan. 

Memang, pada beberapa kompetitor Raize seperti Kia Sonet dan Nissan Magnite pun sudah disematkan fitur Cruise Control. Tetapi fitur tersebut belum menggunakan tipe Adaptive.

Toyota raize biru test drivePerlu diketahui bahwa Adaptive Cruise Control ini merupakan pengembangan dari fitur Cruise Control yang sudah lebih dahulu dikenal. Fitur yang satu ini berfungsi untuk mengatur jarak aman dengan membaca keberadaan kendaraan di depannya.

Adaptive Cruise Control yang dimiliki Raize sendiri baru bisa bekerja pada kecepatan 30 km/jam. Sayangnya, fitur ini kurang efektif pada kondisi lalu lintas yang padat maupun cuaca berkabut. 

Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kemampuan sensor kamera yang ada pada mobil ini.

Ground Clearance Cukup Tinggi

Sebagai mobil SUV kompak, tentu Toyota Raize diharapkan untuk tetap andal digunakan di jalan rata maupun bergelombang. Hal ini pun tidak menjadi masalah, karena mobil yang satu ini diketahui memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 200 mm.

Jika kita bandingkan dengan ground clearance Nissan Magnite yang menjadi kompetitornya di segmen yang sama, Toyota Raize masih lebih unggul karena ground clearance Magnite hanya 186 mm.

Kapasitas Bagasi Luas dan Fleksibel

Karena statusnya sebagai SUV kompak, dimensi bodi Toyota Raize ini tentu tidak akan sebesar SUV pada umumnya. Tetapi nyatanya pihak Toyota berhasil membuat desain interior mobil yang menunjukkan efisiensi ruang yang baik.

Hal ini terbukti dengan adanya ruang bagasi yang cukup luas. Bagasi yang dimiliki Raize ini bisa menampung barang hingga 369 liter.

Bukan itu saja, bagasi Toyota Raize ini juga memiliki fleksibilitas yang baik, berkat adanya deck board dengan dua pengaturan ketinggian, yaitu upper rack dan lower rack. Jika dirasa masih kurang, kursi barisan belakang pun bisa dilipat hingga nyaris rata dengan lantai.

Pelek Lebih besar

Salah satu kelebihan lainnya yang bisa kita temukan pada Toyota Raize adalah penggunaan pelek berukuran 17 inci. Hal ini menjadi kelebihan Raize karena jika kita lihat pada mobil kompetitornya, kebanyakan masih menggunakan pelek berukuran 16 inci. 

Penggunaan pelek yang lebih besar ini menjadikan tampilan keseluruhan Toyota Raize lebih sporty dan gagah.

Pelek Ban Cadangan Sama Persis

Saat membeli mobil, tentu kita akan mendapatkan ban cadangan yang disimpan di bawah lantai bagasi. 

Tetapi bukan hanya dibekali pelek yang lebih besar dibandingkan dengan para kompetitornya, Toyota Raize juga memiliki ban cadangan yang berukuran full size, serta pelek yang sama persis dengan keempat roda yang digunakannya.

toyota raize tampak sampingHal ini menjadi kelebihan tersendiri dari Toyota Raize karena jika melihat kompetitornya, seperti Nissan Magnite dan Kia Sonet, ban cadangannya menggunakan pelek kaleng, alih-alih pelek alloy yang sama dengan ban lainnya.

Kursi Barisan Belakang Tengah Dilengkapi Headrest

Soal kenyamanan, Toyota Raize juga patut diacungi jempol. Bukan hanya dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, Raize juga diketahui telah menyematkan headrest pada kursi tengah di barisan belakang. Fitur yang satu ini memang belum tentu ditemukan pada mobil kompetitornya.

Kekurangan Toyota Raize

Toyota Safety Sense Belum Tersedia di Semua Varian

Meskipun fitur Toyota Safety Sense (TSS) menjadi salah satu fitur keselamatan unggulan dari Toyota Raize, sayangnya fitur yang satu ini belum tersedia pada semua varian. Saat ini, kita hanya bisa menikmati fitur TSS pada varian tertinggi Raize saja.

Keluaran Tenaga Standar

Toyota Raize menawarkan dua pilihan mesin, yakni 1,0 L dan 1,2 L. Mesin pertamanya berupa mesin 3 silinder segaris berkapasitas 998 cc atau setara 1,0 liter dengan turbocharger. Sedangkan untuk mesin dengan kapasitas 1,2 liternya belum dibekali dengan turbocharger.

Di atas kertas, mesin yang digendong Toyota Raize ini bisa menghasilkan tenaga puncak sebesar 96,6 HP dan torsi 140 Nm. Keluaran tenaganya ini memang cukup baik, tetapi tidak bisa dibilang mengesankan.

mesin toyota raizeJika kita bandingkan dengan salah satu kompetitornya, sebut saja Nissan Magnite, dengan mesin yang kurang lebih sama, mobil ini bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Mesin Magnite bisa menghasilkan tenaga sebesar 98,6 HP dan torsi mencapai 152 Nm.

Selain itu, tenaga maksimal juga bisa diraih Nissan Magnite pada putaran mesin 5.000 rpm. Sedangkan Toyota Raize baru bisa mencapai tenaga puncak pada putaran mesin 6.000 rpm.

Belum Memiliki Tyre Pressure Monitor System

Dewasa ini, sudah banyak kita temukan mobil-mobil yang memiliki fitur Tyre Pressure Monitor System. Bagi yang belum tahu, Tyre Pressure Monitor System ini merupakan fitur yang bisa memantau tekanan dan suhu ban yang digunakan pada mobil sehingga pengemudi bisa mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada ban.

Sayang, fitur yang satu ini masih belum bisa kita temukan pada Toyota Raize. Padahal, kompetitornya yang lain seperti Kia Sonet dan Nissan Magnite sudah dibekali dengan fitur ini.

Belum Ada Ventilasi AC Belakang dan Armrest

Meskipun ruang kabin yang dimiliki Toyota Raize ini cukup nyaman, tetapi masih ada kekurangan yang bisa kita temukan pada bagian kabinnya ini. Di kabin belakangnya, belum ada ventilasi AC belakang. Hal ini tentu akan mengurangi kesejukan di dalam kabin ketika mobil penuh dengan penumpang.

Selain itu, pada kursi barisan belakang Raize juga belum dilengkapi dengan Armrest. Baik ventilasi AC belakang maupun Armrest, kedua fitur ini sudah ditemukan pada Kia Sonet dan Nissan Magnite.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Toyota Raize. Secara keseluruhan, mobil ini memang merupakan mobil yang sudah cukup baik, mengingat aspek kenyamanan, keselamatan, dan performanya sudah mumpuni. 

Tetapi tentu kelebihan dan kekurangan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing konsumen.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya