• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush, Andalan SUV Terjangkau
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush, Andalan SUV Terjangkau

Dilihat 2032
Amanda
10 Okt 2021, 12:26
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Toyota Rushmerupakan hal yang wajib kita ketahui sebelum membeli mobil ini. Rush sendiri merupakan model mobil SUV andalan Toyota yang sudah cukup lama berkiprah di dunia otomotif Indonesia.

kelebihan dan kekurangan toyota rush

Sejak pertama kali mengaspal di Indonesia, Toyota Rush ini sudah menyedot banyak perhatian penggemar otomotif di Tanah Air. Mobil yang satu ini merupakan produk hasil kerja sama Toyota dan Daihatsu yang menjadi kembaran Terios.

Seiring berjalannya waktu, Rush terus mendapatkan penyegaran yang membuatnya terus populer. 

Generasi terbarunya ini memiliki tampilan sangat berbeda dari generasi sebelumnya tapi tongkrongannya tetap gagah khas mobil SUV.

Tetapi tentu saja, seperti mobil lain, Toyota Rush juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. 

Mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil ini akan membantu untuk mempertimbangkan apakah Toyota Rush ini layak untuk dibeli atau tidak.

Baca juga: Ketahui Perbandingan Dimensi dan Mesin Honda BR-V Dengan Toyota Rush

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Rush? Daripada penasaran, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan Toyota Rush

Desain Sporty dan Atraktif

Perlu diakui bahwa desain merupakan salah satu kelebihan dari Toyota Rush. Perubahan desain yang terlihat dari generasi pertama ke generasi sekarang membuat desain Rush terbaru menjadi lebih menarik.

toyota rush 2021

Dari sisi eksteriornya bisa kita lihat bahwa Toyota Rush menggunakan bahasa desain yang sporty dan gagah. Hal ini bisa terlihat dari desain grilnya yang dipadukan dengan foglamp alias lampu kabut yang gagah.

Selain itu, pada bagian belakang mobilnya bisa kita lihat adanya penyematan lampu belakang yang berdesain mewah. Bukan itu saja, ban cadangan yang tadinya menempel pada bagian belakang kini hilang serta desain bumper baru yang gagah tetap membuat citra sebuah SUV pada mobil yang satu ini.

Fitur Keselamatan Lengkap

Fitur keselamatan bisa dibilang sebagai salah satu fitur yang paling penting dari sebuah mobil. Untungnya, fitur keselamatan ini menjadi salah satu kelebihan dari Toyota Rush.

Toyota Rush diklaim pabrikannya memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap. Mobil ini dilengkapi dengan enam buah SRS Airbags untuk para penumpang dan pengemudinya.

Bukan itu saja, pada Rush juga sudah disematkan fitur Vehicle Stability Control. Fitur yang satu ini berfungsi untuk menjaga stabilitas laju mobil sesuai dengan medan jalannya.

Baca juga: 10 Mobil SUV Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan lainnya, sebut saja 7 seatbelt, anti-lock Braking System (ABS), dan Hill-Start Assist (HSA).

Harga Terjangkau

Salah satu kelebihan lain dari Toyota Rush yang tidak boleh sampai terlewat adalah banderol harganya. Toyota Rush ini memang diketahui memiliki banderol harga yang cukup terjangkau di kelasnya.

Saat mendengar model mobil SUV, kebanyakan orang pasti akan membayangkan banderol harga yang tinggi. Tetapi Rush sendiri dipasarkan dengan harga mulai dari Rp245,5 jutaan hingga Rp266,2 jutaan.

Bagasi Luas

Sebagai mobil SUV kompak, Rush tidak hanya diharapkan untuk andal dibawa ke segala medan, tetapi juga bisa menampung penumpang dan barang dengan jumlah yang banyak.

Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena kapasitas bagasi ternyata menjadi salah satu kelebihan lainnya dari toyota Rush. 

Mobil SUV ini sudah dilengkapi dengan kapasitas bagasi yang cukup luas sehingga konsumen tidak akan kesulitan membawa barang yang banyak.

Spare Part Mudah Dicari

Masalah spare part seringkali menjadi pertimbangan sebelum kita membeli sebuah mobil. Spare part alias suku cadang yang sulit dicari akan membuat konsumen kesulitan di kemudian hari saat terjadi kerusakan pada mobil.

Beruntungnya, spare part Toyota Rush ini cukup mudah dicari. Baik di bengkel resmi maupun bengkel umum, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai spare part untuk mobil ini.

Baca juga: Fitur Canggih Daihatsu Terios, Bikin Konsumsi BBM Irit

Menariknya lagi, Toyota Rush juga bisa menggunakan beberapa spare part dari mobil merek lain. Sehingga jika terjadi keadaan darurat dan spare part mobil ini tidak tersedia, mobil ini tetap bisa diperbaiki menggunakan spare part dengan merek yang lain.

Kekurangan Toyota Rush

Ruang Kabin Tidak Begitu Luas

Meskipun memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar, sayangnya Rush ternyata memiliki kabin yang kurang leluasa. Hal ini bisa terlihat jika kita membandingkan ukuran dimensi mobil ini dengan salah satu pesaingnya, Mitsubishi Xpander Cross.

Menurut data, Toyota Rush memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.706 mm. Sementara itu, Mitsubishi Xpander Cross memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.750 mm.

Dari sini bisa kita lihat bahwa mobil ini memang memiliki ukuran kabin yang lebih kecil. Selain itu, penggunaan penggerak roda belakang juga menjadi salah satu faktor lain mengapa ruang kabin Toyota Rush terasa lebih sempit.

Material Interior Kurang Berkualitas

Jika kita lihat dari tampilan eksteriornya, perlu diakui bahwa Toyota Rush memiliki tampilan yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mobil ini tampak lebih gagah dan sporty.

Hal ini juga tampak pada bagian interiornya. Sekilas, bagian interior Rush tampak nyaman dan ergonomis.

Baca juga: Harga Toyota Raize dan Toyota Rush Beda Tipis, Mending Mana?

Tetapi ketika kita berada di dalamnya dan meraba material interiornya, kita akan mengetahui bahwa interiornya banyak menggunakan material plastik yang kurang berkualitas. Hal ini tentu dapat mengurangi kenyamanan pada mobil ini.

Mesin Kurang Bertenaga

Selain mendapat pembaruan dari segi tampilan, Toyota Rush juga diketahui mendapatkan mesin baru. Mesin barunya ini merupakan mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc.

Sayangnya, ternyata mesin barunya ini menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya. Mesin barunya ini hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Sementara itu, jika kita bandingkan dengan mesin sebelumnya, yaitu mesin 3SZ-VE 1.5L dengan 4 silinder 16 Valve DOHC dengan VVT-i, tenaga yang dihasilkan masih lebih besar. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Transmisi Otomatis Kurang Responsif

Satu lagi kekurangan dari Toyota Rush, yaitu transmisi otomatisnya. Alih-alih menggunakan transmisi otomatis CVT seperti kebanyakan mobil di zaman sekarang, Rush masih mempertahankan tansmisi otomatis konvensional 4 percepatan.

Transmisi ini diketahui kurang nyaman digunakan saat berkendara dan kurang responsif. Selain itu, hentakan dari perpindahan giginya pun dirasa kurang halus.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Toyota Rush. Mobil SUV satu ini memiliki desain yang menawan dan fitur yang mumpuni.

Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan kapasitas bagasi yang luas dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Dan yang paling penting, konsumen tidak akan kesulitan mencari spare part untuk mobil ini.

Sayangnya, mobil ini juga masih memiliki beberapa kekurangan. Ruang kabinnya kurang leluasa dan interiornya masih menggunakan material yang kurang berkualitas, sehingga mengurangi kenyamanan penumpang.

Selain itu, mesin yang digendong Toyota Rush ini juga masih kurang bertenaga. Transmisi otomatisnya yang belum menggunakan CVT juga membuatnya kurang responsif.


  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya