• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Sulit Ditolak Anak Muda
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Sulit Ditolak Anak Muda

Dilihat 2032
Amanda
10 Okt 2021, 12:54
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan dari Toyota Yaris merupakan topik yang menarik untuk dibahas. Mobil ini memang disebut sebagai hatchback-nya anak muda di Indonesia, berkat desainnya yang sporty dan atraktif.

kelebihan dan kekurangan toyota yaris

Toyota Yaris merupakan mobil hatchback yang cukup menjadi favorit di Indonesia. Mobil dengan mesin berkapasitas 1.5 liter ini memiliki beragam kelebihan yang menjadikannya unggul dibanding mobil lain di segmen yang sama.

Versi facelift dari generasi ketiga Toyota Yaris ini meluncur pada tahun 2018 lalu. Versi terbarunya ini bukan hanya mendapatkan desain baru, tetapi juga beragam fitur baru yang lebih canggih.

Tetapi sama seperti mobil yang lainnya, Yaris juga tentu memiliki kekurangannya sendiri. Kali ini, kita akan bahas bersama kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh Toyota Yaris. Berikut informasinya.

Kelebihan Toyota Yaris

Memiliki 7 Airbags

Kantung udara atau airbags merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki Toyota Yaris terbaru. Pasalnya, pada hatchback ini sudah disematkan 7 buah airbag yang tersebar di seluruh bagian bodi.

Ketujuh airbag tersebut terdiri atas perlindungan penumpang depan dan pengemudi bagian depan dan samping, curtain side airbags dan driver knee airbags. 

Menariknya lagi, semua varian Toyota Yaris sudah dilengkapi dengan ketujuh Airbags ini.

Baca juga: Toyota GR Yaris Meluncur, Pengundian Calon Pemilik Digelar Secara Virtual

Kendati demikian, Toyota juga menawarkan varian Yaris dengan 3 airbag. Di mana varian ini dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan varian 7 airbag-nya.

Fitur Keselamatan Lengkap

Dibandingkan dengan para kompetitornya, fitur keselamatan yang disematkan Toyota pada Yaris ini bisa dibilang cukup lengkap. Toyota Yaris terbaru sudah mendapatkan fitur STAR Safety System.

harga toyota yaris facelift

Bagi yang masih awam, STAR Safety System ini terdiri atas Vehicle Stability Control System, Traction Control, serta fitur Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, dan Brake Assist. Selain itu, pada mobil ini juga sudah disematkan fitur Hill Start Assist.

Sebagai informasi, Vehicle Stability Control System ini berguna untuk membuat manuver dan akselerasi menjadi lebih stabil. Handling di mobil ini pun akan menjadi lebih mudah.

Sudah Berstatus CKD

Generasi terbaru dari Yaris yang sudah dipasarkan di Indonesia ini merupakan produk yang sudah berstatus Completely Knocked Down (CKD). Artinya, mobil ini sudah diproduksi secara lokal di Indonesia.

Bukan hanya memproduksi Yaris untuk pasar Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga memproduksi mobil ini untuk keperluan ekspor.

Harga Bersaing

Soal harga rasanya tidak boleh luput untuk dibahas. Toyota Yaris memang disebut memiliki banderol harga yang cukup bersaing.

Di Indonesia, Toyota Yaris dipasarkan dengan harga mulai dari Rp248,3 jutaan hingga Rp284 jutaan. 

Fitur Hiburan Canggih

Bukan hanya unggul dalam hal fitur keselamatan, Toyota Yaris juga memiliki fitur hiburan yang mumpuni.

Baca juga: Ini Dia Julukan Toyota Yaris Berbagai Generasi, Lucu dan Unik Lho!

Generasi terbaru Yaris ini mengandalkan head unit layar sentuh 7 inci dengan HD display untuk memutar DVD, Radio FM/AM, SUV, Aux, dan Bluetooth. Khusus pada varian TRD Sportivo, mobil ini dilengkapi fitur iPod Ready, Miracast, Web link, dan remote apps melalui smartphone.

Transmisi CVT Membuat Pengendaraan Lebih Halus

Perlu diketahui bahwa Toyota Yaris ini sudah memiliki sistem transmisi CVT. Hal ini diklaim sebagai salah satu kelebihannya karena penggunaan transmisi CVT bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus.

toyota yaris 2021

Mesin 2NR-FE yang digendong Yaris disebut dapat menyalurkan tenaga yang halus serta getaran mesin yang lebih rendah dibandingkan mesin sebelumnya. 

Dikawinkan dengan transmisi CVT, rasa berkendara yang didapat konsumen akan menjadi semakin nyaman.

Kekurangan Toyota Yaris

Tenaga Standar

Mengingat mesin yang digunakan Toyota Yaris ini merupakan mesin dengan kapasitas 1,5 liter, tentu diharapkan mesin mobil ini bisa menghasilkan tenaga yang besar.

Sayangnya, ternyata keluaran tenaga yang dihasilkan Toyota Yaris masih standar. Padahal, mesinnya ini sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i.

review toyota yaris

Keluaran tenaga Toyota Yaris hanya sebesar 107 PS pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsinya hanya mencapai 140 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Kapasitas Bagasi Kecil dan Belum Rata Lantai

Meskipun memiliki dimensi yang cukup panjang, ruang bagasi yang dimiliki Yaris ini tidak terlalu besar. 

Tidak hanya itu, jika bangku belakang dilipat untuk menambah kapasitas, bagasinya memang belum rata dengan lantai.

Hanya Memiliki Tilt Steering

Pada kebanyakan mobil yang ada di zaman sekarang, fleksibilitas menjadi salah satu hal yang cukup penting. 

Pada bagian setir, misalnya, sudah banyak mobil yang menggunakan fitur Tilt and Telescopic Steering supaya posisi kemudi bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi.

Baca juga: Segini Biaya Servis Berkala Mobil Baru Toyota Di Bengkel Resmi Toyota

Sayangnya, pada Toyota Yaris, setirnya hanya memiliki fitur Tilt Steering. Artinya, setir ini hanya bisa disetel secara naik-turun saja.

Lampu Depan Belum LED

Satu lagi kekurangan yang ditemukan pada Toyota Yaris adalah pada bagian lampu depannya.

Kebanyakan mobil saat ini sudah menggunakan lampu LED. Sayangnya, pada Toyota Yaris tipe G lampu yang digunakan sebagai penerangan utamanya masih menggunakan bohlam halogen biasa dan belum LED.

Tidak Memiliki Rearview Camera

Rearview camera bisa dibilang sebagai salah satu fitur yang penting untuk memudahkan pengemudi melakukan proses parkir. 

Sangat disayangkan, pada Yaris generasi terbaru ini, hanya ada Parking Sensor dan belum tersedia rearview camera bahkan untuk varian tertingginya sekalipun.

Kesimpulan

Demikian kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Toyota Yaris. Dari ulasan di atas bisa kita lihat bahwa Toyota Yaris memiliki beragam fitur canggih yang menjadi kelebihannya.

Tidak hanya itu, mobil yang sudah berstatus CKD ini juga dibanderol dengan harga yang cukup bersaing. Transmisi CVT yang disematkan pada mobil ini juga membuat pengendaraan lebih nyaman.

Tetapi mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah pada bagian tenaganya yang masih standar. 

Selain itu ada beberapa fitur yang masih absen pada mobil ini, meskipun memang tidak menjadi kekurangan yang terlalu signifikan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya