• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Yamaha X-Ride, Skuter Matik Anti Mainstream
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha X-Ride, Skuter Matik Anti Mainstream

Dilihat 491
Eza Fadil
29 Sep 2020, 09:08
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0


Otoloka.id - Pasar penjualan scooter matic alias skutik di Indonesia sampai hari ini belum menemui kata lesu. Dimulai dari awal tahun 2000-an an skutik tadinya dianggap sebelah mata karena awal kemunculannya skutik lebih menyasar ke segmen wanita.  Ditambah lagi dengan penggunaan bahan bakar yang cukup boros dan balutan mesin yang kurang bertenaga, semakin membuat skutik kurang diminati.

Pasar skutik di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 80-an yang dipelopori oleh Vespa  Corsa 125. Lalu Yamaha di awal tahun 2000-an mulai memperkenalkan produk skutik mereka dua diantaranya adalah Yamaha Majesty 125 dan Yamaha Glide 100. Di tahun itu pun produk KTM, Kymco juga sudah mulai masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Xabre, Naked Sport Andalan Tapi Kurang Sorotan

Barulah pada tahun 2002 Yamaha mengeluarkan produk terbarunya lagi, yaitu Yamaha Nouvo. Nouvo lumayan memberikan gairah pasar skutik yang sebelumnya belum banyak diminati. Tahun berikutnya Yamaha benar-benar menyasar ke pasar wanita dengan mengeluarkan produk terbarunya yaitu Yamaha Mio. 

Tanpa diduga-duga ternyata Mio justru malah lebih banyak diminati oleh laki-laki.  pasar penjualan skutik ke wanita saat itu memang belum terlalu bergairah, dan kaum Adam terutama yang tinggal di ibukota melihat Mio bisa dipakai untuk menembus jalan yang macet di ibukota.

Baca Juga: Yamaha Aerox 155 Motor Matic Sporty Saingan Honda Vario 150 eSP

 Tahun-tahun berikutnya tanya Yamaha yang terus mengembangkan skutik mereka tapi pabrikan Jepang lainnya seperti Honda dan Suzuki juga Mulai mengeluarkan kan produk skutik mereka diantaranya adalah Vario dan spin pada tahun 2006.

Yamaha X-Ride

Yamaha sebagai salah satu pelopor berkembangnya pasar skutik di Indonesia setiap tahunnya terus berinovasi mengeluarkan produk terbaiknya. Beberapa nama produk terbaik dari Yamaha sampai hari ini masih menjadi buruan bahkan Mio keluaran pertama juga masih diminati oleh masyarakat.

Yamaha X-Ride yang pertama kali dirilis tahun 2013 mengusung konsep yang sedikit berbeda dari skutik lainnya yang pernah diproduksi. Produk yang satu ini memberikan kesan yang lebih sporty daripada yang sebelum-sebelumnya.

X-Ride dihadirkan untuk para peminat yang ingin mencoba pengalaman baru dengan konsep motor matic bergaya offroad. Xtreme dan Xciting adalah arti dibalik nama produk pabrikan garpu tala ini. Sejak rilisan pertamanya X-Ride langsung menjadi incaran masyarakat yang ingin mencoba sensasi baru pada skutik. 

Pengembangan terus dilakukan dan di tahun 2017, X-Ride diperbaharui dengan hadirnya All New X-Ride 125 berkonsep petualang. Bahkan di tahun ini Yamaha siap merilis X-Ride seri terbaru mereka dengan konsep yang lebih stylish dari sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha X-Ride

Setelah ulasan tadi rasanya kurang pas jika kita tidak membahas kelebihan dan kekurangan yang ada pada Yamaha X-Ride. Oleh karena itu, kita akan bahas beberapa fakta yang ada pada Yamaha X-Ride. 

Kelebihan Yamaha X-Ride

Kelebihan yang ada pada Yamaha X-Ride yang pertama adalah selain menjadi pelopor skuter matik (skutik) pertama bergaya offroad, desain yang ditampilkan memang sangat berkarakter.  Rancangan bodi yang dibuat berkonsep multilayer dan tampilan yang aerodinamis semakin memperkuat karakter ekstrem dan jiwa petualang pada motor ini.

Performa mesin pun dibuat lebih tangguh dari skutik lainnya. Ditambah lagi sistem pembakaran full injection yang terkenal membuat kendaraan menjadi lebih irit juga sudah ditanamkan pada Yamaha X-Ride. 

Pada bagian rangka tentunya berbeda dengan skutik lainnya. Rangka yang ditanamkan pada X-Ride menggunakan rangka baja atau underbone. Sedangkan pada suspensi X-Ride juga sudah menggunakan suspensi depan berbasis teleskopik dan suspensi belakang menggunakan unit swing atau suspensi tunggal. 

Kelebihan lainnya yang ada pada Yamaha X-Ride adalah mudahnya untuk dimodifikasi menjadi lebih ekstrim dari sebelumnya untuk mencoba medan-medan yang biasa dilalui oleh motor cross. 

Kekurangan Yamaha X-Ride

Untuk kekurangan yang ada pada Yamaha X-Ride lebih besar kepada Kebutuhan individu masing-masing, karena jika anda ingin menggunakan Yamaha X-Ride untuk merabas jalan-jalan ekstrim maka mesin yang ada sekarang yang dinilai masih kurang bertenaga.

Tak hanya di bagian mesin pada ban Yamaha X-Ride lagi-lagi Jika anda ingin menggunakan skutik ini untuk offroad maka ban standar yang ada sangat tidak cocok. Mengganti ban Yamaha X-Ride dengan ban offroad dengan kembang yang lebih besar sangat mungkin dilakukan.

Kekurangan lainnya adalah tidak adanya kantong depan pada dashboard. Ini dinilai cukup penting karena pada dasarnya X-Ride adalah bagian dari skuter matic dan kantong depan ini merupakan salah satu ciri dari motor matic.

Spesifikasi Yamaha X-Ride

  • Mesin: 125 cc, Cylinder Tunggal, 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Angin, Bluecore

  • Performa: 7,0 Kw / 8000 rpm (tenaga), 9,6 N.m / 5500 rpm (torsi)

  • Dimensi: 1860 mm (panjang), 740 mm (lebar), 1070 mm (tinggi), 1260 mm (jarak sumbu roda)

  • Rangka: Underbone

  • Suspensi: Teleskopik (depan), Unit Swing (belakang)

  • Ban: 80/80-14M/C 43P Tubeless (depan), 100/70-14M/C 51P Tubeless (belakang)

  • Rem: Disc (depan), Drum (belakang)

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya