OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Kelebihan Kekurangan Kia Picanto Bekas, Hati-hati Sebelum Beli
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan Kekurangan Kia Picanto Bekas, Hati-hati Sebelum Beli

Dilihat 5866
Arief Yuno
22 Okt 2020, 18:23
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 11

Kia Picanto

Otoloka.id – Saat ini Kia Picanto yang masuk ke Indonesia merupakan generasi ketiga. Model ini sangat berbeda dengan generasi pertama dan kedua Picanto. Citycar imut ini merupakan salah satu produk revolusi desain KIA, sejak pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut merekrut mantan desainer Audi, Peter Schreyer.

Perubahan pada mobil-mobil Korea Selatan pada tahun 2012, secara masif mengubah imej dari mobil yang tidak menarik dan murah, menjadi suatu mobil yang berkelas. Dengan nuansa desain, eksterior dan interior berkualitas serta kenyamanan mobil Eropa. Tangan dingin Peter Schreyer benar-benar brilian dan membuat penjualan KIA meningkat 300% di Eropa dan Amerika pada tahun 2012.

Kia Picanto adalah salah satu karya Peter Schreyer. Hatchback kecil super mini ini mendapat sambutan luar biasa di Eropa. Begitu pula di Indonesia, di tahun pertama peluncurannya, Kia Picanto langsung menjadi mobil KIA terlaris di Indonesia.

Untuk memberikan informasi bagi calon pembeli Kia Picanto, khususnya bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil bekas hatchback kecil KIA ini, Otoloka rangkum apa saja kelebihan dan kekurangan Kia Picanto, hal-hal apa saja yang menyenangkan dan menjadi keluhan bagi pengguna Kia Picanto 2012. - 2014. Berikut review Otoloka:

Kelebihan Kia Picanto

Eskterior Kia Picanto

Ada banyak fitur dan detail yang kami anggap keunggulan Kia Picanto dibandingkan kompetitornya di segmen hatchback kecil. Banyak pemilik Kia Picanto yang juga mengungkapkan hal-hal tersebut sebagai hal menyenangkan yang membuat mereka sangat puas memilih mobil imut ini.

Desain Eksterior yang Menarik

Banyak pengulas di seluruh dunia mengakui keanggunan desain Peter Schreyer. Salah satunya Fitra Eri, reviewer ternama sekaligus pembalap nasional yang sudah lama berkecimpung di dunia jurnalistik otomotif di Indonesia.

Secara keseluruhan, bentuk eksterior hatchback mungil KIA ini cukup proporsional, desain muka dan belakangnya kokoh dan rapi, enak dipandang dari segala sisi. Grill khas KIA dengan icon Tiger Nose dipadukan dengan headlamp besar dan bumper grille yang sejajar dengan fog light membuat wajah Kia Picanto lebih cantik dan modern dibanding versi sebelumnya. Tentu saat itu mengganggu kompetitornya, seperti Nissan March, lalu Mitsubishi Mirage, Toyota Etios, Honda Brio hingga Suzuki Splash.

Tampilan bokong dengan lekukan proporsional serta desain lampu yang simpel namun elegan mempercantik mobil ini. Dilihat dari samping, garis aerodinamis tepat di lekukan handel pintu menambah kesan futuristik pada mobil ini. Desain belakang Kia Picanto lebih cantik dari kompetitornya yang terlihat simpel, terutama Honda Brio yang mirip Mobilio dipotong rata di tengah.

Kualitas Eksterior Yang Sangat Baik

Material plat bodi yang tebal dan kokoh dari Kia Picanto memastikan bahwa mobil ini dirancang tidak sembarangan dan menjamin keawetan yang baik. Detail yang apik dan presisi pada setiap eksteriornya membuat mobil ini jauh dari kesan murahan, meski sebenarnya harganya cukup terjangkau dibandingkan kompetitornya. Mobil ini tidak cepat mengalami suara bising karena kualitas material eksteriornya yang sederhana, seperti yang terjadi pada mobil LCGC.

Kualitas Interior yang Premium

Dasboard Kia Picanto

Nuansa premium pada kabin Kia Picanto  membuat interior mobil ini semakin murah. Warna jok dan keseluruhan interior berbahan hitam memberikan kesan mewah, seperti: Garis-garis pada jok yang elegan, dashboard yang simpel, door trim yang berkelas. Material dashboard dan door trim terbuat dari plastik soft touch yang terasa empuk saat disentuh, jauh dari harga murah Nissan March dan Honda Brio. Berada di dalam kabin Kia Picanto serasa berada di dalam sedan berukuran sedang, tidak ada kesan mobil murah meriah yang didesain asal-asalan.

Tenaga Mesin Besar dan Transmisi Responsif

Kia Picanto

Kia Picanto dibekali mesin volume 1.250 cc, mesin yang cukup besar untuk sebuah hatchback kecil dengan ukuran supermini. Tenaga keluarannya 87 hp dan torsi 120 Nm pada 4000 rpm. Sehingga mobil ini dapat melaju dengan gesit dan mencapai kecepatan yang diinginkan pengemudi lebih cepat dari kompetitornya, seperti Nissan March dan Toyota Etios Valco. Performa Kia Picanto adalah 11,4 detik untuk mencapai kecepatan 100km / jam dari posisi diam.

Irit Bahan Bakar

Untuk pemakaian dalam kota, Kia Picanto mengkonsumsi bahan bakar antara 10 sampai 15 km / liter, sedangkan untuk kelancaran perjalanan luar kota, mobil mungil ini bisa sangat irit. Dari pengalaman pengujian berkendara Kia Picanto, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 18 hingga 25 km / liter, tentunya tergantung cara berkendara dan kelancaran jalan.

Kestabilan kabin Kia Picanto terhadap suara dari luar mobil dan suara mesin sangat bagus, kami cukup terkejut saat pertama kali mencoba mobil ini, terlebih pada kecepatan dibawah 2000 RPM mobil ini bergerak dengan mulus tanpa adanya suara bising dari mesin dan kendaraan lain di jalan.

Fitur “Eco Mode” dari Paca New Picanto sangat membantu pengemudi dalam menghemat bahan bakar, terutama pada tipe transmisi otomatis. Pada tipe manual, fitur eco mode ini membantu pengemudi dalam menghemat bahan bakar dengan memberikan petunjuk kapan waktu yang tepat untuk menaikkan atau menurunkan posisi transmisi, jika pengemudi mengikuti saran transfer transmisi pada MID maka akan didapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien. .

Kekurangan Kia Picanto

Belakang Kia Picanto

Pedal Kopling Keras

Beberapa pengguna New Picanto mengeluhkan pedal kopling Kia Picanto yang cukup keras dan sedikit kurang bersahabat dengan kaki pengemudi. Sehingga membuat para pengemudi lelah saat harus terjebak kemacetan.

Kopling Kia Picanto sudah pernah kita coba di showroom, ternyata koplingnya sangat empuk. Bisa saja hard coupling terjadi pada ANP bekas yang lama, jika komponen tertentu pada kopling diganti dengan yang baru kemungkinan akan terasa normal kembali.

Suara Ban Masuk Kabin

Jika peredaman suara mesin dan suara dari luar mobil sangat baik, ada satu hal yang kurang menyenangkan bagi pengguna New Picanto yaitu suara bising ban masih masuk ke dalam kabin sehingga memanjakan kenyamanan yang baik. Semoga KIA bisa memperbaiki masalah ini. Pada kecepatan rendah dan kondisi jalan mulus tidak ada suara bising dari ban. Namun pada kecepatan di atas 60 km / jam dan jika kondisi jalan tidak rata, seperti jalan beton, suara ban masuk ke dalam kabin sangat keras.

Head Unit Masih Single Din

Head unit single din pada Kia Picanto 2012 cukup merusak keindahan dashboard yang dibuat cukup menarik. Untungnya hal tersebut telah diperbaiki oleh KIA pada All New Picanto 2014 hingga sekarang. Namun jika anda membeli New Picanto bekas tahun 2012, maka kondisi head unitnya masih seperti masih seperti itu.

Kalau punya duit lebih baik ganti head unit dengan double din atau monitor layar sentuh.  Namun jika Anda tidak terlalu memperdulikan tampilan sistem audionya, tentunya hal ini tidak menjadi masalah.

Tidak Ada Penyesuaian Tinggi Kursi Pengemudi

Sebenarnya ini bukan masalah besar, karena Kia Picanto merupakan mobil mungil yang sudah memiliki fitur tilt steering. Namun, untuk orang dengan postur tubuh di bawah 155cm, mereka tidak dapat menambah tinggi tempat duduk tanpa pengatur kursi.

  • Suka 11
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Kia Picanto
    Kia Picanto
    Kia Picanto
    Angsuran mulai dari:Rp 3,02 Jt/Bln
  • Kia Picanto
    Kia Picanto
    Kia Picanto
    Angsuran mulai dari:Rp 3,02 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya