• Home>
  • Review>
  • Kelebihan Toyota Kijang Krista, Pernah Jadi Salah Satu yang Termewah
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan Toyota Kijang Krista, Pernah Jadi Salah Satu yang Termewah

Dilihat 17438
Amanda
10 Nov 2021, 16:50
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 32

Otoloka.id - Sama seperti mobil pada umumnya, beberapa kelebihan yang dimiliki Toyota Kijang Krista merupakan alasan mengapa mobil yang satu ini begitu populer di masanya. Bagi yang masih awam, Toyota Kijang Krista ini merupakan varian tertinggi dari Kijang Kapsul.

Kijang Kapsul sendiri merupakan Kijang generasi keempat yang ada di Indonesia. Berbeda dengan Kijang Kapsul standar, Toyota Kijang krista ini memiliki tampilan yang lebih mewah, baik di luar maupun di dalam kabinnya.

Pada bagian eksteriornya, bumper depan dan belakang mobil ini dibuat lebih membulat serta mendapatkan side moulding dan over fender. Bukan itu saja, Kijang Krista juga mendapatkan aksen chrome pada bagian eksteriornya sehingga terlihat lebih mewah.

Bagian interior Kijang Krista juga tidak kalah mewah dengan adanya penyematan wood panel pada area dasbor dan baris kedua. Mobil ini juga memiliki interior dengan warna hitam dan krem, serta menggunakan material bludru halus pada bagian door trim-nya.

Di Indonesia, Toyota Kijang Krista diproduksi mulai tahun 1997 hingga tahun 2004. Saat ini, mobil bekasnya dibanderol dengan kisaran harga Rp50 jutaan hingga Rp110 jutaan.

Kali ini, kita akan membahas tentang kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Toyota Kijang Krista. Tidak hanya itu, kita juga akan membahas sedikit kekurangannya.

Kelebihan Toyota Kijang Krista

1. Sasis Panjang dan Kokoh

Kelebihan pertama yang dimiliki Toyota Kijang Krista ini terletak pada bagian sasisnya. Berbeda dengan Kijang Kapsul yang hanya memiliki pilihan sasis pendek, mobil ini hadir dengan sasis yang lebih panjang.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Kijang Krista memiliki dimensi panjang 4.245 mm, lebar 1.670 mm, dan tinggi 1.770 mm. Selain panjang, sasisnya juga dikenal kokoh.

Sasis yang digunakan Kijang Krista ini diketahui menggunakan konstruksi rangka ladder frame. Sasis model tangga ini dinilai kuat dan lentur sehingga jarang ditemui masalah pada sasis Kijang Krista.

2. Suspensi Empuk

Kelebihan lainnya yang dimiliki Toyota Kijang Krista ini adalah pada suspensinya yang berkualitas. Mobil ini dikenal memiliki suspensi yang empuk sehingga nyaman dibawa berkendara, bahkan ketika melewati jalan yang bergelombang.

Untuk suspensi depannya, mobil ini mengandalkan suspensi Double Wishbone. Sementara itu, sebagai suspensi belakangnya, mobil ini mengandalkan suspensi Rigid-Axle Iso Clamp.

3. Tampilan Klasik Yang Timeless

Soal tampilan mobil memang selera, tetapi perlu diakui bahwa tampilan eksteriornya menjadi salah satu kelebihan dari Toyota Kijang Krista. Mobil ini bisa dibilang memiliki tampilan yang klasik dan timeless, bahkan masih keren untuk dibawa berkendara di zaman sekarang.

Mobil ini juga memiliki sisi aerodinamis yang cukup baik berkat bodinya yang membulat, sehingga masih stabil dibawa berkendara dengan kecepatan tinggi sekalipun. Tidak heran jika mobil ini sangat populer pada masanya.

4. Mesin Andal dan Tangguh

Mesin merupakan salah satu kelebihan dari Toyota Kijang Krista yang tidak boleh terlewat untuk dibahas. Pasalnya, mesin merupakan salah satu alasan mengapa mobil ini banyak digemari.

Toyota Kijang Krista memiliki tiga jenis mesin, yaitu mesin dengan kapasitas 1,8 liter, 2,0 liter, dan 2,4 liter. Namun yang paling populer adalah varian mesin 1,8 liter dan 2,4 liter.

Baca juga: Apa Perbedaan Mobil MPV dan SUV? Yuk, Ketahui Sebelum Beli

Mesin dengan kapasitas 1,8 liter yang digendong Kijang Krista ini merupakan mesin Toyota 7K. Mesin yang satu ini dikenal cukup tangguh, bertenaga, dan memiliki ketahanan yang cukup baik.

Di atas kertas, mesinnya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 92 HP pada putaran mesin 5.000 rpm. Torsinya sendiri bisa mencapai 155 Nm pada putaran 3.200 rpm.

Kemudian, mesin 2,0 liternya merupakan mesin berkode 1RZ-2 Injection. Mesin yang satu ini memiliki tenaga yang paling besar, yaitu 100 HP pada putaran 5.000 rpm dengan torsi 160 Nm pada putaran 3.200 rpm.

Beralih ke mesin 2,4 liternya, mesin ini merupakan mesin diesel yang tidak kalah tangguh. Varian mesin diesel ini memang seringkali digunakan untuk berkendara di medan yang lebih sulit.

Mesin diesel Toyota Kijang Krista bisa mengeluarkan tenaga sebesar 86 HP pada putaran 5.000 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 165 Nm pada putaran 3.200 rpm.

Tidak hanya itu, mesin Kijang Krista ini juga sudah dipadukan dengan dua jenis transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan serta transmisi otomatis 4 percepatan. 

Penggunaan transmisi otomatis ini dinilai akan membuat pengemudi tidak cepat merasa lelah ketika harus berkendara di tengah kemacetan.

Baca juga: Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?

5. Kabin Luas

Adanya sasis yang panjang ternyata berpengaruh pada ukuran kabin mobil Kijang Krista. Pasalnya, kabin yang luas merupakan salah satu kelebihan lainnya dari Toyota Kijang Krista.

Berkat penggunaan sasis yang panjang, kabin yang dimiliki mobil ini pun menjadi lebih lapang, bisa menampung hingga 8 orang penumpang di dalamnya. Karena itu, mobil ini pun andal digunakan sebagai mobil keluarga.

6. Spare Part Mudah Ditemukan

Rasanya kelebihan yang satu ini bukan hanya dimiliki oleh Toyota Kijang Krista, tetapi semua mobil Toyota. Mobil-mobil Toyota memang terkenal memiliki spare part yang cukup mudah ditemukan di bengkel resmi maupun umum.

Tetapi mengingat statusnya sebagai mobil yang sudah berhenti produksi, banyak konsumen yang khawatir akan kesulitan untuk menemukan spare part dari Kijang Krista. Untungnya, spare part mobil ini sangat mudah dicari dan harganya pun bisa dibilang sangat terjangkau.

Kekurangan Toyota Kijang Krista

1. Suara-suara Dari Luar Bocor Ke Dalam Kabin

Sekarang kita akan bahas sedikit mengenai beberapa kekurangan yang juga dimiliki oleh Toyota Kijang Krista. Kekurangan yang paling terasa dari mobil ini adalah kabinnya yang kurang kedap suara, sehingga bisa mengurangi kenyamanan penumpangnya.

Hal ini membuat suara yang dibuat mesin ketika kita memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi terdengar hingga ke dalam kabin, meskipun jendela sudah ditutup rapat. Bahkan pada varian mesin diesel, suara mesin ini juga masih terdengar meskipun kita berkendara dalam kecepatan rendah.

Selain suara mesin, terdengar juga suara decitan pada kaki-kaki depannya akibat keringnya komponen swing arm. Untuk mengatasi hal ini, pemilik mobil bisa menambahkan pelumas pada bagian tersebut.

2. Mesin 2,0 Liternya Boros BBM

Ternyata ada alasan dibalik mengapa varian mesin 2,0 liter yang ditawarkan Kijang Krista kurang diminati. Kendati merupakan varian mesin yang paling bertenaga, mesin yang satu ini ternyata paling boros BBM.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Untuk penggunaan di dalam kota, mesin ini mencatatkan angka konsumsi sebesar 6-7 km/liter saja. Sedangkan varian 1,8 liternya memiliki angka konsumsi sebesar 7-8 km/liter pada penggunaan di dalam kota, serta 10 km/liter untuk penggunaan di luar kota.

3. Fitur Keselamatan Sangat Minim

Kekurangan terakhir yang kita temukan pada Toyota Kijang Krista adalah minimnya fitur keselamatan pada mobil ini. Mengingat statusnya sebagai mobil lama yang belum dilengkapi fitur keselamatan canggih, mengendarai mobil ini memang harus berhati-hati karena mobil ini hanya dibekali dengan sabuk pengaman.

  • Suka 32
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya