• Home>
  • Review>
  • Keluar Suara Tak Nyaman, Cek Kaki-Kaki Mobil Supaya Kembali Senyap
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Keluar Suara Tak Nyaman, Cek Kaki-Kaki Mobil Supaya Kembali Senyap

Dilihat 6816
EKO
2 Nov 2021, 17:32
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

kaki-kaki mobil

Otoloka.id- Selain mesin, bagian pada mobil yang perlu dilakukan pengecekan rutin adalah kaki-kaki. Bagian tersebut memang rawan terjadi kerusakan, pasalnya kaki-kaki merupakan pertahanan pertama untuk meredam guncangan di jalan.

Jika kaki-kaki sudah ada yang aus atau rusak, pasti akan menimbulkan suara-suara aneh seperti ‘gluduk-gluduk’. Belum lagi, bagian kemudi juga merasakan imbasnya karena untuk pengendalian kendaraan akan berbeda, yang pada akhirnya akan mengganggu kenyamanan didalamnya.

Idealnya untuk melakukan pengecekan kaki-kaki sebagai tindakan preventif dari kerusakan lebih parah, adalah ketika mobil sudah menginjak usia enam bulan dalam pemakaian normal.

Atau jika mobil sering dipakai melalui medan berat dan ekstrim, tentunya pengecekan dilakukan dengan rentang waktu yang lebih singkat lagi.

Hal ini bertujuan supaya mobil yang dikendarai tetap dalam kondisi prima, dan yang berada didalamnya selalu merasa nyaman.

Selain nyaman, tentunya kondisi kaki-kaki yang prima dan senyap juga menambah keamanan dalam berkendara.

Berikut bagian yang perlu dicek dan (jika perlu) diganti supaya kaki-kaki mobil selalu senyap.

bushing di kaki-kaki

1. Long Tie Rod

Komponen long tie rod terdiri dari tie rod, ball joint, dan rack end. Gabungan ketiga bagian ini berfungsi untuk melakukan sinergi antara roda dengan setir.

Long tie rod dalam kinerjanya juga menerima beban berat ketika melewati jalanan rusak, yang akibatnya antar komponen dapat beradu dan aus. Jika sudah aus, maka akan menimbulkan suara tidak nyaman.

Ausnya komponen long tie rod terbukti dari setelannya yang longgar, dan berpengaruh pada setir yang menjadi berat.

2. Bushing Arm

Untuk menahan getaran dari roda dan mesin mobil, terdapat komponen bernama bushing arm. Komponen ini punya bentuk seperti botol dengan pipa besi yang di dalamnya dilapisi karet.

Dalam masa waktu pemakaian mobil, komponen ini akan aus, terbukti dengan menipisnya karet yang menjadi pelapis, dan akan menghasilkan suara tidak menyenangkan.

Supaya kembali senyap, bushing arm yang biasanya berjumlah delapan dalam satu mobil ini, akan diganti dengan yang baru, supaya kaki-kaki menjadi senyap.

Baca juga: Biaya Servis Kaki-kaki Toyota Vios, Catat Biar Tak Terlewat!

3. Bushing Stabilizer

Bushing stabilizer merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan getaran dari link stabilizer supaya tidak merambat ke sasis mobil. Ketika komponen ini termakan usia, maka yang terjadi adalah longgar, tipis, bahkan rusak.

Komponen yang berbahan karet ini juga punya peran penting, jika aus, maka akan merembet pada link stabilizer yang nantinya akan longgar. Jika sudah terjadi keausan, maka yang sebaiknya dilakukan adalah mengganti komponen tersebut.

Namun perlu diingat. Saat mengganti komponen ini baut pengikat harus dipasang dengan kencang, agar bushing stabilizer tidak menjadi longgar.

4. Shockbreaker

Ternyata, shockbreaker atau peredam kejut juga dapat menghasilkan bunyi tidak menyenangkan, lho. Selain mengeluarkan suara tidak enak, shockbreaker juga berpotensi aus atau rusak, hal itu terbukti dari peredaman guncangan yang tidak maksimal.

Tentunya shockbreaker yang sudah aus atau rusak akan terasa tidak enak ketika mobil melewati jalanan rusak. Hal tersebut pula yang menjadi indikator pengecekan apakah komponen tersebut perlu diganti atau tidak.

Shockbreaker dapat diservis, tetapi hasilnya tidak akan seenak dengan penggantian komponen baru. Apalagi shockbreaker dalam kendaraan posisinya lumayan vital untuk kenyamanan.

5. Support Shockbreaker

Jika tadi yang perlu dicek adalah shockbreaker, nah, kali ini adalah karet support shockbreakernya. Posisinya memang tidak jauh dengan shockbreaker, yaitu terletak di atas peredam kejut tersebut.

Komponen ini berfungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan dari roda mobil supaya tidak merambat ke bodi mobil. ketika komponen ini aus atau rusak, maka juga akan terdengar suara tidak nyaman seperti ‘gluduk-gluduk’ ketika melewati jalanan tidak rata atau rusak.

Untuk komponen ini, sebaiknya dicek terlebih dahulu. Apakah bunyi yang dihasilkan karena komponen sudah aus, atau baut penyetelannya longgar.

Baca juga: Biaya Servis Toyota Corolla Altis, Masuk Segmen Premium Apa Tetap Mahal?

6. Bearing

Bagian ini ternyata juga penting demi kesenyapan kaki-kaki. Ketika bearing sudah aus, biasanya akan menimbulkan suara, dan lebih parahnya roda akan menjadi oblak karena butiran logam didalamnya pecah atau terkikis.

Bearing berfungsi untuk menjaga perputaran roda aga selalu lancar. Namun, ketika melewati lubang atau jalanan rusak, komponen ini juga akan rusak yang. Jika perputaran roda sudah tidak nyaman segera lakukan pengecekan pada komponen ini, dan ganti apabila rusak.

7. Ban

Ternyata, ban juga pengaruh terhadap kesenyapan kaki-kaki. Komponen ini memang vital karena yang paling pertama bergesek dengan permukaan jalan. Ban yang terkena jalanan tidak rata juga berpotensi untuk rusak.

Oleh karena itu, ban juga perlu dicek, apakah sudah ada yang botak atau terjadi kerusakan seperti sobek ketika melewati medan tertentu. Jika memang ada kerusakan tentu saja yang perlu dilakukan adalah menggantinya.

mekanik lagi cek kaki-kaki

Kesimpulan

Untuk menjadikan menjadikan kaki-kaki mobil kembali senyap, ternyata ada beberapa komponen yang perlu diganti.

Komponen tersebut kebanyakan berbahan baku karet yang fungsinya untuk meredam setiap getaran, yang terjadi ketika mobil melewati jalanan rusak dan berlubang.

Ketika mengecek kelayakan komponen pada kaki-kaki, yang dilakukan bengkel biasanya adalah spooring dan balancing. selain itu, mekanik bengkel juga akan melakukan test dengan cara mengemudikan apakah ada komponen lain yang rusak.

Biasanya, biaya yang dihabiskan untuk mengecek komponen kaki-kaki di satu titik roda berkisar Rp150 ribu sampai Rp650 ribu, tentunya jika dilakukan ke semua roda akan lebih murah.

Namun perlu diingat, biaya tersebut hanya untuk pengecekan saja, jika ada komponen yang perlu diganti, maka biayanya akan bertambah.

Oleh karena itu, perlunya kesadaran tiap pengemudi untuk selalu menjaga kondisi kaki-kaki agar tetap prima. Cara mengemudi juga perlu diperhatikan supaya komponen kaki-kaki punya masa pakai lebih awet dan senyap.

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya