OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Keluaran Baru Yamaha XSR155 Menjadi Idola Generasi Muda
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Keluaran Baru Yamaha XSR155 Menjadi Idola Generasi Muda

Dilihat 290
Guntur Hanggara
10 Sep 2020, 12:48
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Sahabat Otomotif, tahukah kalian bahwa Pabrikan Motor Yamaha merilis baru-baru ini sebuah karya uniknya yaitu Yamaha XSR155. Mengapa dinamakan XSR155 tentunya adalah untuk memudahkan kita mengingat bahwa motor ini dibekali dengan 155cc pada mesinnya. 

Namun demikian ada hal yang berbeda dengan jenis morot sport Yamaha lainnya. Apakah itu? Desain yang membedakan antara jenis yang satu ini dengan lainnya. Kali ini Yamaha menampilkan desain retro style dengan nuansa sporty yang sangat spesial.

Negara yang dijadikan tempat merilis pertama kalinya adalah Thailand. Kita semua berharap nantinya di Negara kita tercinta Indonesia ini akan dirilis juga Yamaha XSR155 ini untuk menambah jumlah motor sport pabrikan Yamaha di kelas 155cc. Coba bayangkan jika itu terjadi maka bisa menjadi saingan terberat bagi Kawasaki W175 yang sudah lama bertengger di pasaran Indonesia hingga saat ini.

Kita telah melihat betapa banyak kawula muda yang menyukai motor custom dewasa ini, nah untuk itulah Yamaha mempunyai target pasaran para pecinta motor-motor dengan gaya custom. Tentunya hal yang paling diinginkan oleh pecinta motor custom adalah bisa tidaknya sebuah motor dimodifikasi. 

Yamaha XSR155 ini tampaknya bisa menjawab keinginan dari pecinta motor tersebut yang mana nantinya bisa meraka ubah gaya motor Yamaha ini dengan berbagai macam gaya seperti Scramber, Tracker, bahkan Cafe Racer. Dengan spesifikasi ideal pasti akan membuat hati para pecinta motor terpuaskan karena adanya mesin yang serupa R15 dan MT-15.

Untuk kapasitas mesin yang diusung oleh Yamaha XSR155 ini dengan andalan 155cc saja, namun dibalut dengan teknologi VVA serta Assist dan Slipper Clutch. Bisa kalian bayangkan sensasi apa nanti saat mengendarai motor ini. 

Meskipun Yamaha sudah punya banyak sekali varian motor sport seperti Yamaha R15, Yamaha Vixion R, Yamaha Xabre, dan Yamaha MT-15, namun kehadiran XSR155 bakal melengkapi keistimewaan motor Yamaha di kelas 155cc. Dibekali fitur-fitur canggih dan desain yang mewah tentunya akan menambah kegagahan motor sport yang satu ini.

Pabrikan di jajaran lain seperti Kawasaki dan Honda harus menaruh perhatian khusus dengan motor ini, sebab bisa menjadi saingan yang tak terkalahkan jika mereka tak waspada. Bisa jadi pasar motor Indonesia akan kebanjiran pembeli terhadap motor sport retro ini di kemudian hari. Berbekal fitur-fitur modern dan canggih motor ini bakal menjadi idaman para pecinta motor. Fitur apa saja itu sahabat otomotif, simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini!

Performa Mesin Yamaha XSR155

Meskipun didahului oleh pesaingnya yaitu Kawasaki dan Honda yang keduanya telah merilis motor sport bernuansa retro di kelas 150cc yaitu Honda CB150R ExMotion, sedangkan untuk Kawasaki merilis W175, namun demikian motor retro Yamaha tetap dinantikan oleh pecinta otomotif tanah air. Pasalnya motor ini dilengkapi dengan mesin 155cc yang sangat bertenaga dan responsif berbalut fitur-fitur modern lainnya.

Mesinnya menggunakan konfigurasi dari mesin milik Yamaha R15 dan Yamaha MT-15. Untuk konfigurasinya memakai mesin 4 Tak 1 Silinder 4 Katup dengan cool system cairan. Mesin SOHC tersebut mempunyai kubikasi sebesar 155cc dengan tenaga maksimum mencapai 19 Horsepower pada 10.000 rpm dan torsi 14.7 Nm pada 8.500 rpm.

Selanjutnya tenaga dan torsinya akan diteruskan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan. Supaya perpindahan gigi lebih halus dan kopling semakin ringan, Yamaha sudah membenamkan fitur Assist & Slipper Clutch. Apa gak hebat sekali itu sobat otomotif?

Di era sekarang ini banyak sekali motor dengan sistem pembakaran fuel injection, begitu pula yang diusung oleh Yamaha XSR155 ini dengan sistem yang sama dan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) sehingga memaksimalkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor ini. 

Desain Body Yamaha XSR155

Penyematan lampu LED dan dilengkapi dengan DRL membuat gaya body motor ini terkesan retro, apalagi headlamp berbentuk bulat khas motor klasik namun tetap memiliki aura kemodernan yang istimewa.

Selain itu, Yamaha XSR155 bukan hanya dibekali lampu depan LED, namun lampu di bagian belakang juga menggunakan LED. Desain lampunya terlihat iconic dengan bentuk bulat layaknya motor custom. Jok klasik yang dipasangkan di motor ini bakal menambah kenyamanan kita saat berkendara. 

Yamaha XSR155 juga terlihat akrab dengan gaya tracker. Hal ini bisa kita amati dari bentuk ban yang digunakan. Motor ini menggunakan ban dual purpose yang dapat kita andalkan untuk melintasi bermacam-macam medan jalan. Dengan ukuran ban yang besar tentunya akan meningkatkan kestabilan dalam berkendara.

Tak berhenti sampai di situ, kehabatan fitur canggih lainnya ada pada speedometer full digital. Speedometer tersebut berbentuk bulat dan kita bakal dimanjakan dengan tampilan informasi yang akurat terkait Posisi Gear, Info Bahan bakar, Odo Meter, Trip Meter.

Dimensi Body Yamaha XSR155

Yamaha XSR155 ini didesain dengan tanki klasik yang memiliki kapasitas pengisian bahan bakar sekitar 10 Liter, sehingga kita tidak akan was-was dengan kehabisan bahan bakar saat melakukan touring bersama teman-teman lainnya. Adapun dimensi body dari motor ini adalah panjang 2.000 mm, lebar 805 mm, dan tingginya 1.080 mm.

Jarak bebas ke tanah motor ini mencapai 170 mm dan mempunyai tinggi tempat duduk 810 mm. Sumbu roda depan hingga belakang terpisah 1.330 mm. Untuk masalah bobot kendaraan ini bisa dibilang lebih berat 1 kg dari generasi Yamaha lainnya yaitu MT-15.

Suspensi & Pengereman Yamaha XSR155

Motor ini menggunakan suspensi depan Upside Down. Suspensi ini juga dipakai oleh Yamaha MT-15 & Yamaha R15. Dari bagian depan hingga bagian belakang sama persis semuanya menggunakan swingarm alumunium & monoshock.

Tidak dibekali teknologi ABS pada motor ini. Kekurangan tentunya akan menjadikan harga motor terjangkau dan bisa dibeli oleh para pecinta motor tanpa harus mengeluarkan budget besar. 

Adapun untuk stopping ride motor ini menggunakan rem depan dan belakang cakram dengan diameter piringan lumayan besar. Cukup disayangkan velgnya masih racing. Padahal jika memakai velg jari-jari maka akan lebih terkesan gaya klasik yang maksimal.
Spesifikasi lengkapnya 

Dimensi

● Panjang 2.000 mm
● Lebar 805 mm
● Tinggi 1.080 mm
● Wheelbase 1.330 mm
● Ground Clearance 170 mm
● Tinggi Tempat Duduk 810 mm
● Berat 134 kg
● Kapasitas Tangki 10 Liter

Performa

● Tipe Mesin Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
● Kapasitas Mesin 155 cc
● Tenaga 19 HP @ 10000 rpm
● Torsi 14,7 Nm @ 8500 rpm
● Sistem Pembakaran Fuel Injection
● Transmisi Manual 6 Percepatan
● Starter Electric
● Bore X Stroke 58,0 mm x 58,7 mm
● Rasio Kompresi 11.6:1
● Tipe Kopling Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch

Handling

● Rangka Deltabox
● Ban Depan Tubeless 110/70-R17 M/C 54S
● Ban Belakang Tubeless 140/70-R17 M/C 66S
● Suspensi Depan Upside Down
● Suspensi Belakang Monoshock

Pengereman

● Rem Depan Rem Cakram
● Rem Belakang Rem Cakram
Sesuai dengan spesifikasi lengkap di tampilan atas tadi tentunya Yamaha XSR155 bakal ramai pembeli di pasaran Indonesia. Motor dengan desain bergaya retro dan dilengkapi dengan fitur-fitur modern lainnya. 

Harga Yamaha XSR155

Penasaran dengan harga Motor ini sobat? Kabarnya di Negeri Gajah Putih harga Yamaha XSR155 dibuka degan harga sebesar 91.500 Baht atau Rp. 42 Jutaan. Itu artinya harga Yamaha XSR155 jauh lebih mahal dibandingkan harga Yamaha MT-15 di Indonesia yang dibanderol sebesar Rp37 jutaan.

Di Indonesia kalian bisa cek toko online untuk membandingkan harga di pasaran motor Indonesia. Semoga bermanfaat informasinya ya sahabat otomotif.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya