OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Kenali Spesifikasi Aprilia Tuono 660, Naked Bike Eksotis dari Italia
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kenali Spesifikasi Aprilia Tuono 660, Naked Bike Eksotis dari Italia

Dilihat 980
Ismet
14 Sep 2021, 21:08
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id- PT Piaggio Indonesia resmi meniagakan Aprilia Tuono 660 untuk pasar otomotif roda dua Tanah Air. Tuono 660 masuk ke dalam jajaran motor gede (moge) kelas menengah dengan desain naked bike yang cukup memikat.

Naked bike ini mengambil konsep yang diusung Tuono V4 1100 yang sangat legendaries dari Aprilia. Motor ini pun penggabungan yang mengambil dari basis Aprilia RS 660 dengan teknologi terbaru.

Perbedaannya, Tuono 660 menawarkan gaya berkendara yang lebih santai dengan RS 660 karena menggunakan setang yang lebih tinggi. Dengan begitu, Tuono 660 lebih cocok untuk digunakan berkendara sehari-maupun touring jarak jauh. Sementara RS 660 mengarah pada konsep kecepatan dengan bodi full fairing dan gaya berkendara lebih sporty.

Aprilia Tuono 660 merupakan motor sport kelas menengah yang lincah, gesit di berbagai kondisi, mudah dikendarai, baik di sirkuit, di dalam kota, maupun saat touring.

Baca juga : Piaggio Indonesia Resmi Luncurkan 4 Motor Baru Sekaligus, Ini Harganya!

"Keluarga Aprilia 660 membuka kemungkinan tak terbatas bagi para jiwa pembalap dengan memberikan keseimbangan sempurna dari segi tenaga dan kepraktisan dalam mewujudkan pengalaman yang luar biasa,” ujar President Director PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, dalam keterangan resminya.

Performa Mesin

Aprilia Tuono 660 dibekali mesin 650 cc 2 silinder segaris berpendingin radiator dan oil cooler, DOHC 4 klep per silinder, dan 6 percepatan. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 95 tk pada 10.500 rpm dan torsi 67 Nm pada 8.500 rpm.

Bobotnya hanya 183 kg. Untuk menunjang kenyamanan berkendara dan saat bermanuver, Tuono 660 dibekali suspensi depan upside down dari Kayaba dengan diameter as 41 mm. Sementara untuk suspensi belakang, mengandalkan monosok yang menempel pada asymmetric aluminium swing arm.

Di sektor pengereman, sudah menggunakan cakram 320 mm ganda dengan kaliper Brembo 4 piston radial. Rem belakang pakai cakram 320 mm dengan kaliper Brembo 2 piston. Tentunya, sudah memiliki fitur Anti-lock Braking System (ABS). 

Keunggulan lain dari Tuono 660 ini juga Aprilia banyak menggunakan material aluminium pada mesinnya. Sehingga, mesinnya memiliki bobot yang cukup ringan, tapi performanya tetap maksimal.

Fitur Canggih Aprilia Tuono 660

Fitur pendukung Aprilia Tuono 660 cukup menggoda dengan kontrol traksi, quickshifter, engine braking system, wheelie control, dan cruise control. Selain itu, ada juga 5 mode berkendara, tiga untuk jalan raya dan dua untuk di sirkuit. Sementara untuk memudahkan inofrmasi, instrumen cluster memakai TFT 5-inci full color yang dapat terhubung dengan ponsel pintar untuk navigasi.

Baca juga : KTM RC 8C Resmi Dirilis, 128 HP dengan Bobot Enteng 140 kg!

Aprilia Tuono 660 hadir dengan dua pilihan warna, yakni Concept Black dan Iridium Grey. Motor naked ini dibanderol Rp 630 juta (OTR Jakarta).

Data Spesifikasi Aprilia Tuono 660:

Mesin: Aprilia forward-facing parallel twin, four stroke, liquid-cooled with radiator and water-oil heat exchanger, DOHC with silent chain on the right side, four valves per cylinder Kapasitas mesin: 659 cc
Tenaga maksimal: 95 tk @10.500 rpm
Torsi maksimal: 67 Nm @8.500 rpm
Rangka: Aluminium dual beam chassis with removable seat-supporting subframe
Throttle body: Two 48 mm throttle bodies, Ride-by-wire management
Transmisi: 6 gears
Suspensi depan: Kayaba 41 mm upside down fork with top out spring, Aluminium pins to fasten radial callipers. Adjustable extension and spring pre-load 110 mm wheel travel Suspensi belakang: Asymmetrical aluminium swingarm. Single shock and top out spring with adjustable extension and spring pre-load
Rem depan: 320 mm diameter double disc. Brembo radial callipers with 4 horizontally opposed 32 mm pistons. Radial pump master cylinder and metal braided brake hose
Rem belakang: 220 mm diameter disc: Brembo radial callipers with two 34 mm separate pistons.
Roda depan: 3.5”X17” rims in aluminium alloy - Tubeless radial tyre, 120/70 ZR 17
Roda belakang: 5.5”X17” rims in aluminium alloy - Tubeless radial tyre, 180/55 ZR 17 Tinggi jok: 820 mm
Kapasitas tangki bensin: 15 L (1 L cadangan)
Berat kosong: 183 kg
Perangkat elektronik: APRC suite includes ATC (traction control), AWC (wheelie control), AEB (engine brake) AEM (engine mapping), ACC (cruise control), 5 Riding modes (Road and Track, 3 pre-set and 2 customisable)

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan
      Kendaraan Terbaru
      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya