• Home>
  • Review>
  • Ketika Suzuki SX4 S-Cross Vs Honda HR-V Saling Berebut Tahta
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ketika Suzuki SX4 S-Cross Vs Honda HR-V Saling Berebut Tahta

Dilihat 5172
Arief Yuno
11 Jan 2021, 21:19
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

suzuki sx4 s-cross otoloka

Otoloka.id - Hadirnya mobil segmen crossover yang menjadi salah satu tumpuan Suzuki, yakni SX4 S-Cross, cukup membuat irama permainan di kelas ini semakin bergairah.

Kilas sejarah Suzuki SX4, model ini digadang-gadang merupakan perintis di dunia crossover modern Tanah Air. Perlu diketahui, Suzuki SX4 pernah berkibar di Indonesia. Ketika pertama kali didatangkan langsung dari Jepang oleh Suzuki, sekitar tahun 2007. 

Seiring waktu berlalu, kurang lebih hampir 10 tahun berjalan, masih tetap penuh percaya diri, Suzuki SX4 generasi terbaru kembali menjamah Indonesia. Model ini pun lantas sedikit mengubah segmen, dan mendapat kode nama baru dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yakni S-Cross.
SX4 S-Cross yang baru datang terlihat tampil lebih segar. 

Bahkan penyegaran yang dilakukan Suzuki terhadap varian ini semakin memantapkan kiprahnya di segmen yang memiliki satu rival erat, yakni Honda HR-V. Dimana Honda HR-V cenderung terasa semakin mapan di segmennya. Terutama yang sama-sama melenggang dengan mesin 1.5 liternya.

Kendati begitu, Suzuki tetap mempersiapkan langkah awal untuk menghadapi Honda HR-V dalam pertarungan di segmen ini. Yaitu dengan berupaya menarik perhatian masyarakat Indonesia, yang mana satu diantaranya adalah berani bermain pada label harga yang sangat bersaing.

Pada permainan harga pasar, Suzuki SX4 S-Cross untuk tipe transmisi otomatis, dipatok harga yang lebih murah, sekitar Rp 302 - Rp 317 juta On The Road (OTR) Jabodetabek. Sedangkan Honda HR-V 1.5L E CVT, ditawarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan harga berkisar antara Rp 306 - Rp 427,5 juta. 

Namun selain harga, masih ada hal lain yang membuat persaingan antara SX4 S-Cross dan HR-V. Mulai dari desain, fitur, interior, dimensi dan performa mesin. Keduanya punya amunisi masing-masing yang ditonjolkan, dan dapat menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih.

Desain Suzuki SX4 S-Cross Vs Honda HR-V


Banyak yang mengatakan, Suzuki merasa berbangga diri kepada SX4 S-Cross. Karena secara desain, SX4 S-Cross mencoba pamer pamor, lewat sejumlah ubahan baru yang ditawarkan. Walaupun pada dasarnya, bicara desain merupakan bicara faktor subyektivitas, tergantung selera.

Kalau dinilai secara lebih general, melihat dari tampilan luar keseluruhan. Rasanya banyak suara yang akan menetapkan pilihan pada Honda HR-V. Apa yang diunggulkan dari desain Honda HR-V adalah ciri khas pahatan dinamis, dan sosok yang mirip dengan sebuah coupe.

Perwajahan SX4 S-Cross kini tampak menjadi lebih sangar. Tetapi, siluet Honda HR-V nan atletis sepertinya belum terkalahkan. Keduanya pun mulai sepakat, untuk mengambil karakter yang berbeda. Walaupun tak bisa dipungkiri, keduanya sama-sama crossover.

Masih seputar perwajahan, Suzuki SX4 S-Cross kian menonjolkan otot dan nilai kemewahan melalui aksen krom. Sementara sosok atletis dari Honda HR-V secara aerodinamis terlihat lebih familiar terhadap terpaan angin. Mengenai ciri istimewa di bagian gril, HR-V mengusung Solid Wing Face. Adapun S-Cross memboyong tampilan gril vertikal besar.

Oh iya, aksen krom pada Suzuki SX4 S-Cross juga memeriahkan di sejumlah titik eksteriornya. Lalu skid plate pada bagian depan, belakang dan samping. Tak luput pula, aksen hitam yang mewarnai sekujur bodi bagian bawah S-Cross, membuatnya terlihat jauh lebih tangguh.

Ketika mobil sudah menyandang predikat SUV, maka telah sewajarnya diikuti oleh ground clearance yang memadai. Demi mendukung aktivitas pengendaraan di trek yang kurang ramah untuk dilintasi. Atau sekadar melewati genangan air yang cukup dalam di musim hujan. 

Dimensi Suzuki SX4 S-Cross Vs Honda HR-V

suzuki sx4 s-cross otoloka eksterior

Pada sektor ground clearance, HR-V masih lebih tinggi dibanding S-Cross, yaitu berada di angka 185 mm. Sedangkan S-Cross diperkuat bekal ground clearance 180 mm. Untuk sisi roda, S-Cross menggunakan ring 16 inci, dan HR-V mengenakan ring 17 inci.

Sama-sama punya kemampuan angkut 5-penumpang, namun memiliki daya muat bagasi berbeda. Suzuki S-Cross selaku penantang telah diperkuat oleh bagasi dengan spasi, yang muatan total bagasi ini diklaim sanggup mencapai 430 liter. Salah satu jagoan Suzuki itu mengungguli HR-V yang hanya memiliki kapasitas bagasi 404 liter.

Mempunyai bekal dimensi yang nyaris sama, S-Cross sajikan angka 4.300 mm untuk urusan dimensi panjang. Dimensi lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.595 mm. Kalau dimensi panjang Honda HR-V berada di angka 4.295 mm, lebarnya 1.772 mm dan tinggi 1.580 mm.

Jarak wheelbase atau sumbu roda yang berbeda juga masih relatif layak untuk dipertarungkan. Dengan jarak sumbu roda SX4 S-Cross berada di angka 2.600 mm, adapun wheelbase Honda HR-V berada di 2.610 mm.

Fitur Suzuki SX4 S-Cross Vs Honda HR-V

fitur suzuki sx4 s-cross otoloka

Antara Suzuki SX4 S-Cross dan Honda HR-V, secara kelengkapan fitur pada masing-masing mobil cukup beragam. Standar fitur wajib yang selayaknya hadir di rentang harga masing-masing, juga telah tersedia. 

Seperti semula telah disampaikan, Suzuki SX4 S-Cross boleh saja menetapkan diri menjadi yang termurah. Tapi beragam fitur pendukung, baik untuk penopang kenyamanan, hiburan, dan keselamatan jelas tak lolos dari titik perhatian peminat keduanya.

Sebut saja Keyless entry dan tombol Start/Stop. Bagi pengemudi, fitur itu menjamin kemudahan akses. Ketersediaan Auto Headlamp, Auto Rain sensor serta sensor parkir belakang juga merupakan nilai tambah bagi S-Cross. Mirisnya, Honda HR-V ternyata tanpa dibekali kamera mundur, ataupun sensor parkir belakang. Padahal hal tersebut merupakan fitur standar.

Baik Suzuki S-Cross maupun HR-V, sama-sama menawarkan pengaturan posisi kemudi lengkap, dengan tilt & telescopic. Serta tersedia tombol untuk mengaktifkan fitur cruise control maupun kendali audio pada palang kemudi. Di belakang lingkar kemudi S-Cross yang bertransmisi otomatis, dan HR-V, telah tersemat paddle-shift untuk pengguna merasakan kenikmatan dan kemudahan mengemudi. 

Bagian interior didominasi warna hitam, bermaterial bangun yang mumpuni. Desain kabin Honda HR-V menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Menawarkan layout dashboard ala-ala mobil premium Eropa, membuatnya menjadi pemikat. Adapun SX4 S-Cross bermain dengan keeleganan aksen-aksen silver yang melekati beberapa bagian kabin.

Bagian meter cluster pada Suzuki S-Cross cukup sederhana. Memiliki dua counter analog dan MID digital di tengah-tengahnya. Sementara Honda HR-V menganut dua penunjuk analog dan MID di sebelah kanan.

Dukungan hiburan tergolong balance antara keduanya. Bagi S-Cross dan HR-V, masing-masing telah disematkan pusat hiburan. Yakni telah didukung sistem audio memadai dan penampang layar besar. S-Cross gunakan layar sentuh atau touch screen 7 inci, dan Honda HR-V memiliki layar sentuh 6,1 inci.

Bagaimana seputar fitur pendukung keselamatan? Suzuki S-Cross dan Honda HR-V masing-masing hanya menyediakan dua airbag untuk baris pertama saja. Terjadi pula pemilihan karakter dan fungsi, yang mana keduanya bisa dikomentari sama lengkap. 

Suzuki SX4 S-Cross tetap mengandalkan lampu projector HID, DRL LED, paddle shift, auto rain sensor, serta tilt dan telescopic steering. Meskipun Honda HR-V 1.5 lampunya masih halogen, tapi kelengkapan fitur lain ikut mendongkraknya. Misalnya Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Assist (VSA). Lalu electrik parking brake, dan AC otomatis layar sentuh.

bagasi honda hrv

Performa Mesin Suzuki SX4 S-Cross Vs Honda HR-V

mesin suzuki sx4 s-cross otoloka

Masuki urusan yang satu ini, mau tak mau Suzuki S-Cross memang harus melambaikan bendera putih. Wajar saja, karena bodi yang sedikit lebih boros, alhasil tenaga yang diperoleh dari kapasitas mesin menjadi sedikit lebih rendah dibanding SUV Honda HR-V.

Suzuki SX4 S-Cross dibenamkan mesin M15A VVT 1.5 liter. Mesin andalan pabrikan berlogo huruf S, yang mengaku juga pernah menggunakan mesin tersebut pada Swift Sport, Aerio, dan Baleno. Pada zamannya, mesin tadi diklaim kaya akan performa. 

Jantung mekanis S-Cross menghasilkan tenaga optimum sebesar 109 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi puncaknya mencapai 138 Nm pada 4.400 rpm, didistribusikan oleh transmisi otomatis 6-speed.

Penyokongan mesin multiplatform Honda HR-V, seperti yang digunakan banyak saudaranya, yakni mesin 1.5 liter SOHC. Tenaga maksimum 120 PS pada 6.600 rpm, semburan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Dengan kata lain, HR-V memiliki tenaga lebih besar dari S-Cross. Tetapi di lain sisi, HR-V juga sempat diunggulkan. Lewat transmisi CVT yang populer, halus dan kabarnya lebih efisien.

honda hrv

Kesimpulan

Honda HRV otoloka eksterior

Sebenarnya Suzuki SX4 S-Cross kalau di atas kertas, bisa bicara lebih banyak, melalui sejumlah kebaruan dan keunggulannya. Bahkan Suzuki S-Cross rasanya sanggup mengusik pasar mini SUV di Indonesia. Sebagai pilihan yang baik ditinjau dari sudut value for money.
Apalagi kalau PT SIS sebagai agen pemegang merek Suzuki di Indonesia bisa menyajikan dalam versi impor CKD. Soalnya saat ini S-Cross masih merupakan CBU dari India. 

Bila impor CKD, mungkin bisa menekan harga jual Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia. Hanya saja, fakta juga berbicara. Walaupun harga Honda HR-V masih lebih tinggi, tapi di Tanah Air namanya sebagai crossover kompak terlanjur melekat.

Mau dapat penawaran harga promosi Suzuki SX4 S-Cross dan Honda HR-V? 

Klik di sini: 

Promo Mobil Suzuki

Promo Mobil Honda

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya