• Home>
  • Review>
  • KIA Seltos Crossover Asal Negeri Ginseng Cari Peruntungan di Indonesia
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

KIA Seltos Crossover Asal Negeri Ginseng Cari Peruntungan di Indonesia

Dilihat 175
Guntur Hanggara
26 Jul 2020, 21:55
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Awal tahun 2020 disambut dengan diperkenalkannya crossover dari Negara Bagian Ginseng, Korea Selatan. Crossover dengan nama Seltos ini cukup dinanti oleh para penggemar otomotif. Selain mesin 1.400 cc turbo yang bikin heboh, transmisi yang tertanam tak kalah menarik, yaitu Dual Clutch Transmission (DCT) yang umumnya digunakan di mobil premium atau mobil Eropa seperti VW Golf.

Menurut Otoloka memasuki segmen crossover, KIA Seltos akan bersaing dengan Chevrolet Trax, Hyundai Kona, Mitsubishi Outlander Sport, Honda HR-V, Nissan Juke, dan Toyota C-HR yang harganya jauh terpaut. Dengan semua yang ditawarkan, KIA Seltos memiliki potensi untuk menggeser saingan terdekatnya, Chevrolet Trax yang sama-sama mengusung mesin 1.4L Turbo.


Eksterior KIA Seltos

Sebagai pemain baru, KIA Seltos cukup berani dengan desain eksterior yang sangat agresif dan sporty. Desainnya cukup menarik dengan garis-garis tajam di seluruh bodinya yang ringkas. Ciri khas gril hidung harimau masih disertai dengan lampu LED di semua bagian mulai dari lampu depan baik balok tinggi maupun balok rendah, foglamp, DRL, hingga sinyal belok.

Meski modern, desain muka dan kap mesin yang cukup boxy tetap mengesankan aura berotot untuk sebuah SUV kecil atau crossover.

Spesifikasi KIA Seltos

Beralih ke samping, Anda juga disuguhkan nuansa desain yang sama, berotot, namun tetap agresif dan sporty. Atap tinggi sedikit miring ke belakang. Dilengkapi dengan overfender dan cetakan bodi samping di bagian bawah pintu. Velg 17 inci yang dibalut ban 215/50 R17 menghasilkan ground clearance 190 mm yang cukup tinggi untuk melewati berbagai medan.

Terus ke belakang, rasa agresif KIA Seltos terasa paling kuat di sini. Kurva yang sangat tajam berkumpul di pintu bagasi. Bukan hal yang buruk, tapi mungkin tidak semua orang menyukai, terutama penggemar mobil Eropa yang desainnya ramping dan sederhana. Mirip dengan bagian depan, semua lampu yang sering digunakan sudah menggunakan LED. 

Ada garis krom panjang yang menghubungkan lampu belakang belakang dengan sisi kanan. Di bagian bawah ada garis perak yang menghubungkan knalpot garnish dari muffler palsu yang sayangnya juga banyak digunakan pada mobil Mercedes-Benz.

Spesifikasi Dimensi KIA Seltos

Panjang: 4315 mm

Lebar: 1800 mm

Tinggi: 1645 mm

Wheelbase: 2610 mm

Front Tread: 1560 mm

Rear Tread: 1583 mm

Front Overhang: 865 mm

Rear Overhang: 840 mm

Ground Clearance: 190 mm

Radius Putar: 5.3 meter


Interior KIA Seltos

Memasuki ruang kabin, Anda akan merasakan betapa KIA Seltos "penuh" dengan aura modern. Memang, bahan dasbornya masih menggunakan plastik keras, tapi tetap terasa kokoh. Di kelasnya, KIA Seltos dilengkapi dengan fitur yang berlimpah dan canggih. Sebut saja unit kepala mengambang modern dan MID yang menampilkan informasi yang sangat lengkap (bahkan dapat menampilkan jumlah torsi dan dorongan turbo hingga suhu transmisi).

Pengaturan AC bersifat digital dengan mode otomatis dan pemanas, meskipun masih zona tunggal. Sunroof di atap depan juga tersedia. Yang unik, ada pengaturan pemilih traksi yang bisa dipilih sesuai medan yang dilalui. Fitur ini biasanya hanya tersedia di mobil roda empat. Pengaturan mode mengemudi juga tersedia dengan opsi eko, normal dan olahraga. Fitur keselamatan juga tidak dilupakan, mulai dari ABS, EBD, kontrol traksi, kontrol stabilitas, bantuan mulai bukit, hingga 6 kantung udara.

Untuk masalah akomodasi, KIA Seltos bisa dibilang cukup bagus baik di baris pertama maupun kedua. Ruang kaki dan ruang kepala masih memenuhi syarat untuk orang dewasa. Bagasi juga cukup besar dengan banyak area penyimpanan kecil mulai dari tas pintu, glovebox, hingga konsol tengah yang juga digunakan sebagai sandaran tangan.

Berbicara tentang posisi mengemudi, KIA Seltos cukup ergonomis dan fleksibel dengan pengaturan kursi geser, berbaring dan pengatur ketinggian untuk pengemudi tetapi masih manual. Setir juga bisa disetel miring dan teleskopik. Posisi duduk memang agak tinggi, tetapi masih masuk akal seperti crossover di kelasnya.

Kinerja KIA Seltos

KIA Seltos dilengkapi dengan mesin 1.4V DOHC DCVVT turbocharged dengan sistem injeksi langsung bensin yang mampu memuntahkan tenaga maksimum 140 PS pada putaran mesin 6000 rpm dengan torsi puncak 242 Nm pada putaran mesin 1500 hingga 3200 rpm. Torsi dan torsi ini didistribusikan ke dua roda depan melalui transmisi kopling kering tipe A / T Dual-speed 7-percepatan.

Mesin 1.4L Turbo KIA Seltos memiliki torsi paling besar di kelasnya. Transmisi DCT juga cepat dalam memindahkan gigi tetapi tetap halus dan tidak merasakan pulsa kecepatan rendah. Kombinasi mesin dan transmisi menghasilkan performa luar biasa dengan laju akselerasi 0-100 km / jam yang dapat dicapai dalam waktu kurang dari 9 detik.

Selain itu, perpindahan mesin yang relatif kecil membuat crossover ini cukup ekonomis. Dibandingkan dengan Chevrolet Trax, KIA Seltos masih terasa lebih efisien dalam penggunaan sehari-hari.

Spesifikasi Mesin dan Transmisi

Mesin: 1.4L Kappa III Dual CVVT DOHC T-GDI

Konfigurasi: 4 silinder segaris, 16 katup

Kubikasi: 1353 cc

Tenaga Maks: 140 PS / 6000 rpm (103 kW)

Torsi Maks: 242 Nm / 1500-3200 rpm (24.7 kg.m)

Bahan Bakar: Bensin

Sistem Bahan Bakar: Gasoline Direct Injection (GDI), Turbocharged

Konsumsi BBM: 8-12 km/l (dalkot), 11-18 km/l (lukot)

Kapasitas Tangki BBM: 50 liter

Steering: Rack & Pinion

Transmisi: 7-Speed A/T DCT (Dual Clutch Transmission) Dry Clutch

Drive System: Penggerak Roda Depan (FWD)


Handling dan Kenyamanan KIA Seltos

KIA Seltos dilengkapi dengan karakter suspensi yang cukup kaku tetapi masih nyaman. Kemampuan menyerap guncangan cukup baik ketika melewati jalan yang tidak rata atau mempercepat gundukan tanpa memberi guncangan berlebihan dan tidak berayun. Memang, goncangan masih agak terasa saat melewati lubang yang cukup dalam dengan kecepatan sedang, tetapi masih bisa diterima.

Dengan suspensi kaku dan dikombinasikan dengan sasis yang kaku, KIA Seltos sangat lincah untuk bermanuver dan sangat stabil saat dikendarai dengan kecepatan tinggi. Penanganannya hampir sama dengan Hyundai Kona, sedikit lebih kaku dan bisa dibilang salah satu yang terbaik di kelasnya. Penanganan yang akurat dikombinasikan dengan mesin yang responsif membuat KIA Seltos sangat keren untuk dikendarai sendirian.


Kesimpulan KIA Seltos

Sebagai pendatang baru, KIA Seltos cukup berani untuk menawarkan desain yang agresif, fitur lengkap dan canggih, mesin turbo, dan transmisi DCT yang biasanya hadir pada mobil mahal dengan harga kompetitif. KIA Seltos sangat keren untuk mengendarainya dengan menangani penanganan dan kinerja responsif. Gejala keluhan dari Ford Ecosport DCT tidak terasa di mobil ini.

Di segmen crossover, KIA Seltos sangat direkomendasikan bagi Anda yang suka mengemudi sendiri, selain menyenangkan untuk dikendarai dan ganas, ukurannya yang ringkas membuat mobil ini sangat mudah digunakan setiap hari bahkan pada kepadatan ibukota.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Kia Seltos
    Kia Seltos
    Kia Seltos
    Angsuran mulai dari:Rp 6,00 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya