OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • KIA Seltos, Pemain Baru di Kelas SUV Yang Harus Diwaspadai
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

KIA Seltos, Pemain Baru di Kelas SUV Yang Harus Diwaspadai

Dilihat 177
Guntur Hanggara
20 Ags 2020, 13:52
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Indomobil Group sebagai perusahaan yang menaungi PT. Kreta Indo Artha, distributor produk KIA Motors memang sudah meluncurkan KIA Seltos sejak Januari 2020 lalu. Dan, sejak resmi mengaspal di Indonesia,KIA Seltos menjadi pemain baru di kelas SUV yang harus diwaspadai. 

Desain mobilnya yang sporty, kekinian dan macho menjadikan Seltos layak bersaing dengan para rival di kelas small SUV. Merk mobil asal negeri ginseng ini menawarkan tiga varian untuk konsumen di Indonesia. Dibuka dengan tipe E yang dibanderol 295 juta, lalu tipe EX dengan harga 320 juta, kemudian EXP sebagai varian pamungkas senilai 355 juta. 

Nah, dengan harga yang ditawarkan, apa kira-kira yang bisa didapat konsumen? Di sini Otoloka akan mencoba merangkum kelebihan KIA Seltos.

Spesifikasi dan Mesin KIA Seltos

Tersedia dalam pilihan mesin bensin berkapasitas 1353 cc, SUV baru dari KIA ini hadir dalam 6 varian warna yaitu Aurora Black Pearl, Intense Red, Punchy Orange, Steel Sliver, Glacier White Pearl and Intelligency Blue. KIA Seltos juga merupakan SUV 5 seater dengan panjang 4315 mm, lebar 1800 mm, wheelbase 2610 mm. Untuk Sistem keamanannya, mobil ini menggunakan Central Locking & Power Door Locks.

Kalau soal mesin, jangan remehkan crossover Korea ini. Dia memakai mesin Kappa empat silinder berkapasitas 1,4 liter dorongan turbo dengan tenaga maksimal 138 dk. Apalagi KIA mengolaborasikan jantung Kappa dengan transmisi canggih DCT (Dual Clutch Transmission) 7 speed otomatis dan memiliki indikator temperatur di MID-nya. Istimewanya, transmisi DCT biasanya hanya ada di kelas mobil premium dengan harga selangit tapi dengan harga lebih bersahabat kita bisa menemukannya di KIA Seltos.

Memang sih, kapasitas mesin tidak besar, akan tetapi output 140 PS dapat disetarakan dengan unit 2.0L pabrikan lain. Apalagi dukungan torsi puncak 242 Nm, paling unggul di kelasnya. Hal ini dijamin bisa memanaskan pertarungan segmen small SUV.

Performa KIA Seltos

Transmisi canggih DCT yang dipakai Seltos secara umum menjanjikan kenyamanan seperti CVT dimana saat perpindahan gigi terasa halus dibanding matik biasa. Adanya kopling tambahan memungkinkan perpindahan secepat kilat dan mendukung performa sekaligus menawarkan kenyamanan saat digunakan sehari-hari baik untuk jalanan ibu kota yang macet maupun perjalanan luar kota. 

Belum lagi torsi berlimpah seakan menjanjikan akselerasi maksimal. Kemampuan ini dilengkapi seleksi mode berkendara seperti Sport, Eco, Normal, Snow, Mud dan Sand, menjadi tuntunan saat pengemudi berkendara sesuai jalan yang dilewati.

Fitur KIA Seltos

Sentuhan kemewahan dapat dilihat dari adanya sunroof meski itu hanya ada di varian EX+. Kaca di kabin bisa dibuka dengan cara digeser atau menukik yang dioperasikan secara elektrik. Fitur mewah dan futuristik dari Seltos terdapat pada wireless charging untuk mengisi baterai gadget tanpa mencolokkan kabel. Hanya memerlukan Bluetooth maka perangkat otomatis akan terhubung dengan head unit. Bisa dibilang ini sangat game charger.

Seltos dilengkapi dengan entertainment monitor 8 inch dan instrument semi digital di dashbor yang terintegrasi dengan mobil. Pada instrument cluster, juga disediakan monitor Supervision 7-inci dan dua buah dial analog, bisa dibilang tampilannya mirip Audi. Fitur ini ditemukan di dua varian atas EX+ dan EX tapi tidak di tipe E yang hanya disediakan LCD 3.5 inci. Pengoperasian head unit dilakukan melalui touchscreen atau tombol di area bingkai. Beruntungnya dua varian teratas Seltos disenjatai konektivitas lengkap.

Tidak hanya itu saja, Kia juga melengkapi sarana infotainment dengan bluetooth voice recognition, USB, AUX, Android Auto dan Apple CarPlay. Tidak lupa juga ada kamera mundur sebagai alat bantu mengemudi.

Urusan safety juga sangat dipikirkan. Untuk tipe menengah dan atas sudah mendapatkan kantung udara enam titik, dua di dasbor, samping bangku depan, serta muncul dari tirai kaca. Sedangkan untuk varian E hanya ada dua airbag di bagian depan. Khusus varian tertinggi juga dilengkapi Cruise Control yang menyuguhkan kenyamanan untuk perjalanan di jalan bebas hambatan.

Empat cakram yang didukung ABS diandalkan untuk pengereman. Sistem ABS juga dibantu kontrol stabilitas elektronik untuk mempertahankan posisi mobil saat menikung. Selain itu, Seltos turut membantu pengemudi saat menghadapi tanjakan dengan Hill Assist Control.

Interior KIA Seltos

Citarasa tinggi dengan sentuhan teknologi modern sangat nyata terlihat begitu kita memasuki Seltos. Setirnya bisa disetel miring dan teleskopik demi kenyamanan pengendara. Melalui setir pula kontrol audio dapat dilancarkan. Sedangkan untuk AC menggunakan panel digital dengan fitur otomatis. Terdapat keyless entry dan tombol start dan stop button sebagai akses utama pengoperasian kendaraan. 

Menengok jok mobil, kita akan mendapati bahan kulit dengan motif jahitan sporty dan terasa tahan lama. Selain itu bentuknya sangat suportif serta menopang tubuh dengan baik dan paling penting masih ada ruang antara kaki dengan kursi depan juga di atas kepala yang menjamin kenyamanan.

Dibandingkan rival di kelasnya kapasitas bagasi Seltos tak jauh berbeda, sekitar 400-an liter. Akan tetapi ketika kursi belakang dilipat, maka kapasitasnya naik tiga kali lipat. Desain lantai bagasi dibuat datar karena dibagian bawahnya terdapat ban serep full size. Ini jelas memudahkan saat kita menarik koper karena lantainya sejajar dengan bibir bagasi.

Eksterior KIA Seltos

Kesan pertama saat melihat bodi KIA Seltos adalah setiap sudutnya terlihat sangat menarik. Desainnya sporty, futuristik juga macho sekaligus. Penggunaan lampu depan dan fog lamp sudah menggunakan teknologi LED dengan DRL untuk varian EXP. Sedangkan untuk dua tipe di bawahnya masih menggunakan bohlam biasa. Menariknya, DRL tidak hanya di atas head lamp tapi membentang dari sisi mobil hingga ke tengah. Untuk grille, KIA tak meninggalkan ciri khas tiger nose-nya walau memang tak begitu kentara di Seltos ini.

Beralih ke bagian belakang, ornamen bumpernya mencerminkan kendaraan offroad. Walau memang ini tipe bumper yang tidak dicat jadi ketika kena gores akan susah dicat ulang. Akan tetapi desain bumper ini menambahkan kesan elegan dari mobil ini. Satu lagi yang menarik dari Seltos, roof rack tidak hanya memikirkan fungsinya untuk menaruh barang di atas kabin, tapi dirancang dengan detil, sangat keren dan stylis.

Kalau menengok pada ban mobil, kita akan menemukan motif cantik dengan nuansa merah ditengah pelek. Peleknya sendiri berukuran 17 inci dengan ban 215/60 R17. Bannya sendiri memiliki grill yang bagus dan offset 50.

Kesimpulan dari penelusuran Otoloka, jika Anda mencari mobil dengan desain menarik, mesin dan transmisi canggih juga fitur melimpah namun harganya sangat bersahabat, maka KIA Seltos jawabannya. Karena mau diakui atau tidak, apa yang ditawarkan Seltos jauh di atas harga jual.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Kia Seltos
    Kia Seltos
    Kia Seltos
    Angsuran mulai dari:Rp 5,79 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya