• Home>
  • Review>
  • Komparasi Honda Civic dan Honda City, Kapan Menjadi Mobil Murah ?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Komparasi Honda Civic dan Honda City, Kapan Menjadi Mobil Murah ?

Dilihat 1875
Arief Yuno
16 Feb 2021, 14:32
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

honda civic otoloka

Otoloka.id - Spesies sedan dari tahun ke tahun semakin tersisihkan dengan serbuan masif MPV, SUV, dan belakangan crossover yang menyuguhkan konsep gado-gado dari beberapa jenis kendaraan ke dalam satu platform.

Tren tersebut memang terjadi secara global namun penjualan sedan di Indonesia yang terus menurun juga tidak bisa lepas dari beban pajak yang terlalu tinggi. Sedan selama ini dikenai PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) sebesar 30 persen sementara kelas MPV hanya sebesar 10 hingga 20 persen.

Hal ini tidak hanya membuat harga sedan di tanah air begitu mahal tetapi konsumen harus menerima sedan down grade dengan fitur lebih minim atau pilihan mesin terbatas.

honda city

Revisi pajak sedan ini telah menjadi wacana dalam beberapa tahun terakhir dan dalam waktu dekat akan diterapkan pembebasan pajak mobil baru (yang berlaku sementara) untuk menggairahkan kembali industri otomotif di Indonesia akibat terdampak pandemi COVID-19.

Ah, betapa indahnya jika Honda Civic Turbo seharga Toyota Innova atau setidaknya Honda City terbaru kembali menjadi sedan laris seperti era City Type Z.

Yuk mari kita intip spek kedua sedan tersebut sambil menunggu era Make The Sedan Great Again datang.

Overview Honda Civic Turbo

honda civic otoloka putih

Honda Civic Turbo varian sedan memulai debutnya di Indonesia tahun 2016. PT Honda Prospect Motor mengimpor Civic generasi kesepuluh ini secara utuh dari Thailand.

Model berkode FC ini adalah Civic terbongsor yang pernah ada. Panjangnya mencapai 4.630 mm, lebar 2.705 mm, tinggi 1.416 mm, dan wheelbase 2.700 mm.

Dimensinya yang banyak memakan jalan saja sudah cukup kuat untuk menarik perhatian, masih ditambah lagi dengan desainnya yang futuristis. Mungkin tim desainernya adalah penggemar berat robot Gundam RX-78.

Sedan bergaya coupe ini juga menawarkan kabin yang mewah dan super lega. Dominasi warna hitam di dalam interiornya tidak berhasil memberikan kesan sempit.

Panel kontrol AC-nya terlihat mewah dengan layar sentuh digital. Saat mesin mati, layarnya terlihat sama dengan warna piano black yang melapisi konsol tengah. Kekurangannya adalah pengemudi harus mengalihkan pandangan ke panel ini untuk mengatur AC karena tidak adanya tombol fisik yang dapat dikenali dengan rabaan tangan.

Fitur Honda Civic Turbo

transmisi honda civic otoloka

Beragam fitur canggih telah menjadi perlengkapan standar. Mulai dari teknologi SmartEntry untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handel pintu, pengatur elektrik delapan arah di jok pengemudi, onepushignitionsystem, wiper dan lampu dengan sensor otomatis, hingga cruisecontrol.

Anda juga dapat menurunkan kaca pintu hingga menyalakan mesin dan AC dari jarak jauh dengan kunci remote. Sehingga udara dalam kabin sudah dingin ketika Anda masuk.

Fitur keselamatannya juga sangat lengkap dengan enam kantung udara, Hill Start Assist, Vehicle Stabillity Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.

keyless honda civic otoloka

Sebagai penggerak, Civic ini ditenagai mesin L15B7. Mesin ini sama sekali berbeda dengan yang diusung Honda City meski sama-sama berkonfigurasi 4 silinder 1,5 liter i-VTEC.

Dengan tambahan turbocharger, tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 170 hp di 5.500 rpm dan momen puntir tertinggi sebesar 220 Nm yang sudah diraih di 1.700 rpm dan terus bertahan hingga 5.500 rpm.

Transmisi yang ditawarkan untuk pasar Indonesia hanya transmisi otomatis CVT. Mesin ini memang memberikan akselerasi yang halus namun bagi para pemuja kecepatan dianggap memberikan respon yang kurang natural.

Kecepatan terus meningkat sementara putaran mesin cenderung ditahan. Untungnya Honda masih memberikan mode manual 7 percepatan yang dapat dimainkan dengan paddle shift di belakang setir.

Performa Honda Civic Turbo

interior honda civic otoloka

Akselerasi 0 – 100 km/liter dapat diraih di bawah 10 detik dan jarak 402 meter dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 detik saja. Hebatnya lagi konsumsi bahan bakarnya boleh bersaing dengan kendaraan mungil LCGC.

Konsumsi BBM rata-rata di kota masih bisa mencapai 10 km/liter lebih sementara di jalan bebas hambatan bukan hal yang sulit untuk mencatatkan angka 17 km/liter.

Sejak pertama kali diluncurkan, Honda Civic Turbo baru sekali mendapatkan penyegaran ringan di tahun 2019.

Penyegaran pada eksterior terlihat dari spoiler depan yang lebih aerodinamis, penambahan aksen krom di sekitar lampu kabut dan bumper belakang, serta velg 17 inci baru dengan kombinasi dua warna.

Pengatur jok elektrik kini tidak hanya dinikmati pengemudi tetapi juga penumpang depan. Hanya saja terbatas dengan empat tingkat pengaturan.

Honda Civic Turbo Hatchback kemudian menyusul di pasarkan tahun 2017. Ada dua varian yang ditawarkan yaitu tipe S dan E.

Eksterior Honda Civic Turbo

eksterior honda civic otoloka

Dari eksterior, tipe E sebagai varian termahal telah menggunakan lampu LED untuk lampu utama dan lampu kabut sementara tipe S masih menggunakan model projector lamp. Vel yang digunakan sama-sama berukuran 17 inci, hanya desainnya saja yang berbeda.

Perbedaan lebih banyak ditemui di kabinnya. Tipe S masih menggunakan jok berbahan fabrik sementara tipe S telah dilapisi kulit pada jok, setir, konsol tengah, dan tuas transmisi.

Fitur yang melengkapi tipe E juga lebih berlimpah. Jok pengemudi dilengkapi pengatur elektrik dengan delapan posisi sementara jok penumpang depan dengan empat posisi pengaturan. Wiper belakang dilengkapi auto rain sensing wiper.

Fitur keselamatan tipe E juga lebih lengkap. Sementara tipe S hanya dilengkapi sepasang kantung udara, tipe E dilengkapi enam kantung udara.

Dari segi dimensi Civic hatchback lebih pendek 129 mm dibandingkan sedan namun bobotnya justru lebih berat 13 kg. Kaca belakang hatchback cukup besar karena itu konstruksi di bagian buritan perlu diperkuat.

Tambahan berat ini tidak memperlambat akselerasinya bahkankarakter mobil sportnya justru malah lebih menonjol dibandingkan versi sedan. Bagian belakang yang lebih berat membuatnya cenderung oversteer sehingga lebih menyenangkan saat setir ditekuk tajam. Tentu saja jika Anda bukan pengemudi yang terlatih jangan matikan Vehicle Stability Assist (VSA)jika tidak ingin kehilangan kendali.

Bantuan VSA saja tidak cukup untuk mengoptimalkan traksinya khususnya saat menikung dalam kecepatan tinggi.Honda menyeting ulang suspensi dan kemudinya serta ground clearance-nya dibuat lebih rendah 5 mm.

Honda Civic Hatchback RS kemudian diluncurkan tahun 2019 tanpa ada lagi tipe S dan E. Penyegaran yang diberikan tidak drastis namun memberikan kesan lebih elegan.

Bumper depan tampil lebih tegas tanpa motif sarang lebah. Bumper belakang dilengkapi aksen sirip dan knalpot ganda di bagian tengah.

Pada bagian interior, jok yang semula berwarna hitam polos mendapat tambahan aksen jahitan berwarna merah.

Honda Civic Hatchback RS mendapatkan seluruh fitur yang sebelumnya ada di tipe E. Sementara untuk mesin, transmisi, hingga suspensinya masih sama.

Saat ini sedan Honda Civic Turbo dipasarkan dengan harga Rp533.000.000 dan Honda Civic Hatchback RS ditawarkan dengan harga Rp499.000.000.

Overview Honda City

Honda City Otoloka

Honda City generasi ketiga di Indonesia (generasi keenam dalam lingkup global) ini usianya telah memasuki tahun ketujuh dan baru mendapatkan penyegaran di tahun 2017.

Sedan dengan platform yang sama dengan Honda jazz ini tidak lagi terlihat kecil jika dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Panjangnya mencapai 4.442 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.477 mm.

Desain eksteriornya terlihat lebih “dewasa” jika dibandingkan dengan Honda Civic Turbo yang terlihat intimidatif. Bagian depannya senada dengan Civic tanpa terjebak sebagai miniatur Civic.

pelek Honda City Otoloka

Sisi sampingnya tidak terlihat kosong dengan tonjolan garis yang memberikan kesan kokoh dan seperti sedang membelah angin walaupun dalam keadaan diam.Begitu pula dengan bagian buritan tampil bersih dengan mika lampu memanjang mengikuti lekukan bodi. Keempat rodanya dibalut ban berukuran 185/55 R16 dengan velg alloy 16 inci.

Meski platformnya serupa, wheelbase City memiliki panjang 2.600 mm atau lebih panjang 70 mm dari Jazz. Ground clearance-nya sama persis dengan tinggi 165 mm. Itu artinya City tidak perlu khawatir kolongnya nyangkut di jalan yang masih bisa dilintasi Jazz dengan aman. Efek dimensinya yang panjang memang secara visual terlihat lebih rendah.

Interior Honda City

interior Honda City Otoloka

Beralih ke interiornya, desain dashboard Honda City lebih mendekati Civic daripada Jazz. Sayangnya material plastik yang terkesan murah rasanya tidak sebanding dengan harganya yang sudah diatas tiga ratus juta rupiah. Apalagi sejumlah low MPV dengan harga jauh di bawahnya kini berani menawarkan material yang lebih premium.

Untungnya kekurangan tersebut segera terbayar dengan kenyamanan dan kelegaan kabinnya. Tidak ada ruang kepala dan kaki yang dikorbankan berkat dimensinya yang panjang. Bagasinya juga cukup besar dengan kapasitas 485 liter dan masih dapat ditingkatkan jika tempat duduk belakang dilipat. Sayangnya jok belakang ini hanya bisa dilipat dengan menarik tuas di bagasi.

Fitur Honda City

setir Honda City Otoloka

Fitur-fitur standar yang ditawarkan juga menjadi nilai lebih.  Mulai dari keyless entry dengan push-start ignition dan setir multi-fungsi dengan paddle shifter, cruise control, tombol kontrol audio dan telepon hands-free.

Selain kantung udara, fitur keselamatan standarnya juga ada rem ABS + EBD + BA, VSA kontrol stabilitas, Hill Start Assist, sinyal lampu rem berhenti darurat.

ac Honda City Otoloka

Seperti pada Civic, City telah dilengkapi dengan panel AC digital. Head unitnya menggunakan layar sentuh berukuran 7 inci yang menyembul keluar. Maksudnya mungkin ingin terlihat mengapung seperti sedan premium Jerman namun malah terlihat kurang rapi.

Mesin Honda City

kursi Honda City Otoloka

Serupa dengan Jazz, Honda City didukung mesin L15Z1. Mesin empat silinder 1,5 liter i-VTEC ini memiliki tenaga maksimal 118 hp di 6.000 rpm dan torsi maksimal 145 Nm di 4.500 rpm. Saat ini hanya tersisa transmisi otomatis CVT dengan mode manual 7 percepatan untuk meneruskan daya mesin ke roda depan.

Setingan suspensinya agak keras untuk meningkatkan stabilitas namun tidak sepeuhnya menghilangkan kenyamanan khas sedan antara lain berkat wheelbase yang panjang. Karakter setirnya juga lebih komunikatif saat diajak bermain-main dibandingkan rival sekelasnya.

Saat pertama kali diluncurkan, Honda City generasi terakhir ini ditawarkan dalam tiga varian yaitu S, E, dan ES serta pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Honda City Otoloka samping

Di tahun 2017, Honda City mendapatkan facelift pertamanya. Perubahan besar terlihat dari aplikasi lampu LED untuk headlamp, lampu kabut, hingga lampu seinnya.

Tipe ES sebagai varian tertinggi telah dilengkapi dengan enam kantung udara. Inilah varian Honda City yang paling dicari karena fiturnya paling lengkap dan populasinya tidak terlalu banyak. Saat ini hnaya ada Honda City tipe Eyang ditawarkan dengan dua kantung udara depan dan hanya ditawarkan dengan transmisi otomatis.

Honda City saat ini dipasarkan dengan harga Rp352.600.000. Harga yang cukup tinggi untuk sebuah sedan kelas entry level.

Kesimpulan

Mari kita renungkan sejenak. Bagi Anda yang memiliki atau berminat dengan MPV, seberapa sering jok baris ketiga diduduki penumpang ? Sebera perlu kabin yang dapat memuat bathtub ? Kondisi jalan seberat apa yang Anda temui sehari-hari sehingga membutuhkan kendaraan dengan ground clearance lebih tinggi dari sedan ?

Rasanya terlalu berlebihan jika memvonis sedan-sedan plus hatchback menyenangkan seperti Honda Civic Turbo dan Honda City tidak bisa diandalkan sebagai kendaraan sehari-hari. Musuh kita bersama memang pajak yang tidak “berperikemobilan”.Ah jangan-jangan ada konspirasi jahat yang mencegah sedan menjadi mobil rakyat.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Civic
    Honda Civic
    Honda Civic
    Angsuran mulai dari:Rp 10,80 Jt/Bln
  • Honda City
    Honda City
    Honda City
    Angsuran mulai dari:Rp 6,50 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya