• Home>
  • Review>
  • Komparasi Honda CR-V dengan Nissan X-Trail: Pertarungan Antara ‘Tua’ dan ‘Muda’
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Komparasi Honda CR-V dengan Nissan X-Trail: Pertarungan Antara ‘Tua’ dan ‘Muda’

Dilihat 4828
Arief Yuno
19 Jan 2021, 20:49
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

honda crv otoloka

Otoloka.id -  Apabila ada yang menganggap, bahwa mobil di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) sedang digemari di sejumlah negara, bisa jadi demikian adanya. Sebab, banyak pengguna yang menyukai kendaraan di segmen ini, karena dianggap ideal. Mobil SUV bisa diajak untuk menghadapi beragam jenis jalan. 

Sama halnya seperti di Indonesia, mobil SUV juga dinilai sesuai untuk digunakan di kontur jalanan di Tanah Air. Karenanya, sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) yang bermain di Indonesia menyiapkannya. Dari sekian banyaknya merek mobil SUV yang beredar di Indonesia, kiranya ada pertarungan seru, yaitu antara Honda CR-V dengan Nissan X-Trail.

Tak ayal, pertempuran memperebutkan pasar ini memang tergolong alot. Keduanya telah dipersiapkan para produsennya, melalui desain yang sangat berbeda. Baik CR-V maupun X-Trail selama ini telah memiliki penggemar loyal masing-masing. 

Nissan Xtrail Otoloka

Dimensi Honda CR-V dengan Nissan X-Trail

dimensi honda crv

Mari mengetes kejelian mata dalam melihat perbedaan antara Honda CR-V dan Nissan X-Trail. Kalau dilirik sekilas dari luar, bodi CR-V sedikit agak lebih panjang dibanding X-Trail. 

Tapi uniknya, bila membaca data spesifikasi resmi yang dikeluarkan pabrikan, ternyata Nissan X-Trail malah lebih panjang 56mm. Herannya, CR-V mampu menampung 7-penumpang, sedangkan X-Trail hanya 5-penumpang. Kok bisa?

Selidiki lebih jauh, proporsi keanehan penampakan ini diperoleh lantaran Nissan X-Trail mempunyai wheelbase yang lebih panjang 45mm. Kondisi tersebut pada akhirnya membuat moncong X-Trail tampak lebih pesek.

Secara detail, dimensi antara keduanya tidaklah jauh berbeda. Nissan X-Trail dilihat dari spesifikasinya tercatat lebih panjang 56mm, dan lebih tinggi 41mm dibanding Honda CR-V.
Dimana Nissan X-Trail tertulis memiliki dimensi panjang 4.640mm, lebar 1.820mm, serta tinggi 1.720mm (PxLxT). Sementara tercatat, Honda CR-V diperkuat dimensi panjang 4.584mm, lebar 1.855mm, dan tinggi 1.679mm (PxLxT). 

Sejak awal dijelaskan, dimensi dan jarak sumbu roda X-Trail lebih panjang dari CR-V. Ditambah lagi CR-V memiliki tiga baris kursi. Kalau sudah begini, pastilah kabin Nissan X-Trail lebih lapang.
Namun justru ternyata sebaliknya. Ruang kaki pada setiap baris penumpang Honda CR-V terasa lebih luas dibanding X-Trail. Lantaran setiap baris kursi CR-V memberikan posisi duduk yang fleksibilitasnya bisa diatur. 

Contoh saja pada posisi baris kedua, kursi X-Trail tak bisa digerakkan maju mundur. Sementara kursi CR-V bisa. Kursi baris kedua X-Trail, juga tak bisa diseting rebah untuk sudut kemiringannya.
Setali tiga uang dengan kursi baris ketiga CR-V. Kursi di posisi ini pun dapat diatur sudut kemiringan sandarannya. 

Dan pada versi hybrid, kursi baris ketiga Nissan X-Trail malah dengan berat hati harus dicopot, demi menampung baterai listrik, yang sengaja diletakkan di bagian lantai bagasi. Nah, kalau bicara perihal bagasi, baik CR-V maupun X-Trail sama-sama menawarkan ruang yang serupa. 

desain nissan xtrail

Desain & Fitur Eksterior Honda CR-V dengan Nissan X-Trail

eksterior honda crv

Boleh juga sih kalau Nissan X-Trail hybrid dijuluki ‘Tua-tua Keladi’, semakin tua semakin jadi. Artinya, walaupun faktor ‘U’ alias umur Nissan X-Trail hybrid lebih tua dari Honda CR-V Turbo, seelebat desain SUV andalan Nissan tersebut masih tampak berwibawa, dan tak terlihat out of date atau ketinggalan zaman.

Padahal kalau diintip-intip lagi ke belakang, generasi ketiga pada mobil X-Trail ini pertama kali dipertontonkan pada tahun 2013 di Negeri Sakura, Jepang. Sedangkan generasi Honda CR-V yang saat ini sudah memasuki generasi kelima, baru datang sekitar tahun 2017 lalu.

Lebih lanjut membandingkan antara fitur yang tersemat pada eksterior kedua mobil. Sepertinya memang tidaklah terlalu ada yang spesial. Sebut saja misalnya lampu depan yang mengusung teknologi DRL (Day-time Running Light). Teknologi yang belakangan ini sudah umum, ada pada hampir semua mobil baru yang dipasarkan di Indonesia. 

Lampu utama Nissan X-Trail juga sudah menggunakan teknologi proyektor. Sementara lampu utama Honda CR-V belum melakukan itu. Melainkan Honda CR-V justru menyisipkan lampu utama berjenis LED DRL dan LED Foglamp, yang diklaim relatif lebih ramah lingkungan.

Serupa tapi tak sama, terlihat dari konsep desain keseluruhan dari keduanya. Maunya terlihat macho sekaligus menawan. Akan tetapi Honda CR-V terlihat sedikit lebih kokoh dan berotot, dengan dilengkapi garis-garis tegas. Sedang penampakkan Nissan X-Trail terlihat lebih elegan. Mengapa demikian? Hal itu dapat dilihat dari cukup banyaknya lekukan tak bersudut.

eksterior nissan xtrail

Interior Honda CR-V dengan Nissan X-Trail

interior honda crv

Mengintip ruang dalam, fitur yang diboyong keduanya sudah cukup mumpuni untuk kategori SUV seharga nyaris setengah miliar. Honda CR-V diperkuat dual zone AC, cruise control, audio layar sentuh 9 inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone, dan dilengkapi navigasi, serta tombol start-stop. 

Mendongak ke bagian atas, atap Honda CR-V sudah memanfaatkan teknologi panoramic sunroof. Area kabin juga telah dilindungi oleh fasilitas teknologi Nanoe, yakni sebuah teknologi yang akan menghasilkan udara kabin selalu sehat.

Fitur keselamatan Honda CR-V dilengkapi brake override system, emergency stop signal, hill start assist, rem ABS, EBD+BA, electric parking brake dengan auto hold, serta vehicle stability assist dan 6 (enam) airbag.

Seperti CR-V, Nissan X-Trail juga melengkapi diri dengan tombol start-stop, dual zone AC, cruise control dan sistem audio dengan kamera parkir 360°. Namun atap X-Trail tak memasang panoramic sunroof, serta teknologi entertainmentnya tak sehebat CR-V. 

Selain itu fitur keselamatan X-Trail juga tak kalah dibanding CR-V. Mulai dari active ride control, active trace control, hill start assist, vehicle dynamic control, EBD+BA, active engine braking dan rem ABS. Untuk airbag, X-Trail hanya melengkapinya dengan 2 (dua) airbag.

interior nissan xtrail

Mesin Honda CR-V dengan Nissan X-Trail

mesin honda crv

Bicara dapur pacu, wilayah tersebut memang menjadi bagian yang paling asyik untuk dibahas. Perlu sama-sama kita ketahui, Honda CR-V mempunyai dua pilihan tipe mesin, Yaitu 1.5 liter DOHC 4-Silinder Turbo dan 2.0 liter SOHC 4-Silinder. 

Sementara pabrikan Nissan coba menawarkan tiga pilihan mesin, untuk sang X-Trail. Yakni tersedia mesin 2.5 liter, 2.0 liter dan varian hybrid, penggabungan antara mesin 2.0 liter, dengan penyematan satu unit motor listrik.

Lebih spesifik omongin soal mesin 2.0 liter CR-V dengan X-Trail, memang memiliki tipikal yang berbeda satu sama lain. Mesin 2.0 liter CR-V (154 PS) terasa jauh lebih bertenaga dibanding mesin 2.0 liter X-Trail (144 PS). Namun, secara torsi, antara yang dimiliki oleh mesin 2.0 liter Nissan X-Trail lebih menang dibanding mesin 2.0 liter Honda CR-V. 

Jadi ditinjau dari kondisi pilihan mesin 2.0 liter, baik CR-V maupun X-Trail juga sama-sama punya kelebihan dan kekurangan, apabila dilihat dari performa. Ditambah lagi, Nissan juga sudah menyiapkan pilihan varian bertansmisi manual 6-speed untuk model X-Trail 2.0. Sementara pabrikan Honda sama sekali tak menghadirkan pilihan transmisi manual untuk CR-V.

Oiya, untuk performa CR-V 1.5 liter turbo kiranya jauh lebih unggul ketimbang X-Trail 2.5 liter. Dengan kata lain, pengaplikasian teknologi turbo, membuat performa mesin CR-V sanggup menyisihkan para rivalnya, meski pesaing-pesaing tersebut memakai mesin berkapasitas jauh lebih besar. 

Belum lagi kalau dilihat dari efisiensi penggunaan bahan bakar. Jaminan konsumsi bahan bakar dari mesin CR-V turbo berkapasitas lebih kecil akan lebih baik, dibanding mesin X-Trail 2.5.

mesin nissan xtrail

Harga Honda CR-V dengan Nissan X-Trail

bagasi honda crv

Penasaran pastinya untuk mengetahui berapa harga kedua. Yup, Nissan X-Trail menjadi mobil yang dipatok harga termurah, sekaligus termahalnya. Kok bisa begitu? Ya bisa dong. Jadi X-trail 2.0 MT dijual dengan harga Rp 404,5 juta, sementara X-Trail varian hybrid dipasarkan dengan harga Rp 645,85 juta.

Sedangkan Honda membanderol harga Honda CR-V 2.0 CVT di angka Rp 432 juta, atau lebih mahal sekitar Rp 1,5 juta dari X-trail 2.0 CVT. Adapun Honda CR-V turbo dijual mulai dari harga Rp 466 juta, atau lebih mahal sekitar Rp 4 juta dari X-Trail 2.5 CVT. 

baris kedua nissan xtrail

Kesimpulan

Kemudian ending nya adalah timbul pertanyaan di benak calon pembeli, mana yang lebih baik untuk dipilih? Gampang saja, jika mencari perpaduan performa dengan tingkat efisiensi bahan bakar, Honda CR-V turbo jawabannya. 

Apalagi CR-V turbo juga dilengkapi panoramic sunroof, dan fitur yang lebih kekinian. Namun, kalau calon pembeli memiliki bujet cukup, Nissan X-Trail hybrid menjadi pilihan yang takkan membuat kecewa.

Pada dasarnya, baik Nissan X-Trail maupun Honda CR-V, sama-sama sebagai pelopor di kelasnya. Untuk Indonesia, di segmen ini X-Trail merupakan yang pertama bermesin hybrid. Sementara CR-V menjadi yang pertama sebagai mobil bermesin bensin, namun dengan induksi turbo. 

Kedua pabrikan sepertinya punya alasan tersendiri, dimana inovasi menyematkan teknologi hybrid dan turbo pada kedua varian ini, bertujuan untuk mewujudkan tingkat efisiensi yang lebih baik.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Nissan X Trail
    Nissan X Trail
    Nissan X Trail
    Angsuran mulai dari:Rp 11,60 Jt/Bln
  • Honda CRV
    Honda CRV
    Honda CRV
    Angsuran mulai dari:Rp 9,08 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya