• Home>
  • Review>
  • Komparasi Low SUV 7 Penumpang, Toyota Rush, Honda BR-V dan DFSK Glory 560
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Komparasi Low SUV 7 Penumpang, Toyota Rush, Honda BR-V dan DFSK Glory 560

Dilihat 384
Guntur Hanggara
23 Jun 2020, 15:27
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Kelas SUV akhir-akhir ini memang banyak digemari oleh konsumen Indonesia. Alasannya selain ingin tampil beda dengan mobil versi MPV, sekarang ini juga banyak model SUV yang dijual dengan harga yang cukup kompetitif dengan mobil keluarga.

Segmen itu dinamai low SUV. Uniknya lagi menyadari karakteristik orang Indonesia yang suka dengan mobil yang mampu menampung banyak penumpang, kin banyak merek yang menawarkan low SUV dengan 7 penumpang.

Berikut Otoloka akan membandingkan 3 low SUV yang memiliki kemampuan membawa 7 penumpang. Tiga model itu antara lain Toyota Rush, Honda BR-V dan DFSK Glory 560. Apa saja kelebihan dan kekurangan tiga model tersebut? Simak ulasannya.

Toyota Rush


Kelebihan yang paling menonjol dari Toyota Rush, dibandingkan Honda BR-V dan DFSK Glory 560 adalah sektor pencahayaan yang sudah memakai LED. Lampu jenis itu dipakai di depan kiri-kanan, hngga bagian lampu depan-belakang. Sementara di Honda BR-V dan DFSK Glory 560 tidak punya selengkap Rush.

 Kemudian dari sisi keamanan, fitur kantung udara (airbag), Toyota Rush sudah ada 6 airbag. Itu jadi terbanyak di antara Honda BR-V dan DFSK Glory 560. Kelebihan lainnya adalah sebagai mobil jenis SUV, Toyota Rush paling lengkap karena pakai teknologi ladder frame, Rear Wheel Drive (RWD),dan ground clearance paling tinggi yakni, 220mm. Namun sagat disayangkan Toyota Rush masih pakai rem belakang jenis tromol.

Interior Toyota Rush


Selanjutnya dari sisi interior, Toyota Rush terbaru secara kasat mata terlihat seperti tidak melakukan perubahan yang signifikan selama 10 tahun terakhir. Material di dalam kabin masih ramai dengan plastic yang dilapisi kulit. Kemudian speedometer pun terlihat sangat biasa.

Setir sudah telescopic tapi tidak ada fungsi tilt steering.Tersedia kamera belakang dan sensor parkir. Dimana hal tersebut tidak dimiliki oleh Honda BR-V.

Performa Toyota Rush

Dari sisi performa, suspensi Toyota Rush cukup nyaman. Lalu, ini merupakan low SUV satu-satunya yang pakai RWD. Bermesin dengan kode 2NR-VE. Spesifikasinya 4 silinder, 16 katup, DOHC (Double Over Head Camshaft) berteknologi Dual VVT-i.

Ruang pembakarannya berkubikasi 1.496cc dengan diameter langkah 73,5 x 90,6 mm. Untuk dibawa berkendara putaran mesin juga tidak meledak-leda k di semua tingkatan (bawah, tengah, dan atas).

Bodi roll Toyota Rush juga masih oke. Dibandingkan dengan Toyota Rush generasi sebelumnya. Karena ladder frame sangat mumpuni untuk diajak ke jalan yang rusak dan untuk menanjak pengendara juga masih bisa percaya diri.

Konsumsi BBM juga relatif irit, dengan catatan 1 Liter (L) bisa capai 11 hingga 12 Kilometer (Km) untuk rute dalam kota. Sementara untuk di jalan tol itu berkisar 1:14.

Honda BR-V


Dari sisi eksterior, postur Honda BR-V masih terlihat seperti MPV. Mengapa? Ya, karena mengambil basis dari Honda Mobilio. Para penggemar SUV bisa berharap apa. Berlanjut ke sisi interior, Honda BR-V juga memiliki kesamaan dengan interior Honda Brio dan Mobilio.

Suara yang dihasilkan dari system entertainment, seperti head unitnya masih lumayan. Arah pendingin udara dalam kabin (AC) bisa disesuaikan tidak seperti Toyota Rush. Tapi tidak tersedia arm rest untuk pengendara.

Keunggulan Honda BR-V adalah dicbaris ketiga yang paling besar. Ruang kepala dan kaki masih nyaman untuk penumpang hingga baris ketiga. Speedometer dan setir Honda BR-V juga paling bagus dari sisi desainnya.


Performa Honda BR-V

Suspensinya Honda BR-V terbilang keras, lebih keras dari DFSK Glory 560 dan Toyota Rush. Dampaknya ternyata bisa membuat pengendara merasakan membawa mobil. Namun saying, peredam suara kabin Honda BR-V tidak terlalu bagus.

Honda BR-V ini mengusung mesin i-VTEC 1,5 liter yang terdiri dari 4 silinder model DOHC 16 katup. Kekuatan maksimal pada mesin kendaraan ini mencapai 120 HP pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimal hingga 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Alhasil responnya cepat, dan keunggulan yang utama adalah konsumsi bensin lebh irit dibandingkan  DFSK Glory 560 dan Toyota Rush.

DFSK Glory 560


Dari sisi desain eksterior, DFSK Glory 560 terlihat kotak dan kaku. Lampu masih halogen. Frame jendela sangat tebal. Interior terlihat keren tapi setelah headunit nyala tampil sederhana. Dibanding kan Toyota Rush dan Honda BR-V yang desain interiornya lebih bagus.

Sisi fitur keamanan, DFSK Glory 560 hanya ada 2 airbag. Parkir sudah pakai Electric Parking Brake, dimana fitur ini tidak ada di Toyota Rush. Punya model tiptronic. Speedometer ada digitalnya, tapi kualitas suaranya kurang bersih.

Sisi akomodasi terbilang cukup, rata lantai dan dimensi lebar. Sayangnya baris ketiga tidak cocok untuk orang dewasa. Dan juga tidak ada AC double blower. Tapi kabin DFSK Glory 560 kedap.

Performa DFSK Glory 560


DFSK Glory 560, satu-satunyalow SUV yang pakai Turbo dan tenaganya paling besar. Mesin Glory 560 mampu mengeluarkan tenaga hingga 148 hp dengan torsi 230 Nm. Sistem penggerak masih roda depan. Paling empuk suspensinya. Respon setir telat, karena ringan. Pas kencang semakin ringan tidak semakin berat. Dan membuat pengendara sangat tidak nyaman.

Respon mesin lumayan cepat naik, karena Turbo dan pakai CVT. Remnya cakram depan belakang. Pedal rem agak dalam.

Kekurangan DFSK Glory 560 lainnya adalah, konsumsi BBM agak boros, yakni 1:7. Tingkat konsumsi BBM itu hampir sama dengan Toyota Innova yang bermesin 2.000cc.

Kesimpulannya

Jika Anda mencari mobil dengan pilihan low SUV, maka yang paling masuk akal untuk dipilih adalah Toyota Rush. Meskipun secara keseluruhan masih biasa-biasa saja, menjadikan mobil ini cukup beralasan untuk dimiliki. Dalam artian sisi kekurangannya tidak sebanyak Honda BR-V dan DFSK Glory 560.

Sementara jika Anda suka berkendara, maka pilihlah Honda BR-V.  Para pemilik Honda pasti sudah mengerti bagaimana rasa nyaman dalam berkendara dengan mobil Honda. Ditambah efisiensi BBM paling terbaik di kelasnya.

Terakhir kesimpulan untuk DFSK  Glory 560, mobil ini sebenarnya sangat nyaman bagi penumpang bukan buat pengendara. Perlu banyak peningkatan di beberapa sisi penunjang suatu mobil. Tapi jika Anda ingin tampil beda dan merasakan turbonya, boleh dipilih.

 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • DFSK Glory 560
    DFSK Glory 560
    DFSK Glory 560
    Angsuran mulai dari:Rp 3,91 Jt/Bln
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 5,32 Jt/Bln
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya