• Home>
  • Review>
  • Komparasi Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Terios, Pilih MPV atau SUV ?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Komparasi Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Terios, Pilih MPV atau SUV ?

Dilihat 3267
Arief Yuno
3 Mar 2021, 20:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

mitsubishi xpander

Otoloka.id - Membandingkan Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Terios mungkin sekilas bukan perbandingan apple to apple namun berada di segmen konsumen yang sama. Keduanya sama-sama kendaraan tujuh penumpang dengan harga di bawah Rp300 juta dengan fitur dan performa sekelas.

Dalam komparasi ini kami membandingkan dua varian teratas yaitu Mitsubishi Xpander Ultimate AT dan Daihatsu Terios R DLX. Mana yang lebih menarik ?

Eksterior Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Terios

Dari desain eksteriornya, kedua kendaraan ini sama-sama menawarkan desain yang terlihat agresif dengan didominasi garis-garis tegas. Mitsubishi Xpander tampil sebagai MPV mirip-mirip SUV dan sebaliknya Daihatsu Terios, apalagi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tak ubahnya SUV berbaju MPV modern.

daihatsu terios

Lampu utama Daihatsu Terios telah menggunakan LED sepenuhnya sementara lampu belakang menggunakan halogen dikombinasikan LED untuk lampu rem dan sein. Xpander sebelumnya masih menggunakan lampu depan halogen dan banyak yang mengeluhkan cahayanya kurang terang. Mitsubishi kemudian menggantinya dengan LED sejak tahun 2020 lalu.

Mitsubishi Xpander unggul secara dimensi, panjangnya mencapai 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm, wheelbase 2.775 mm. Sementara Daihatsu Terios dengan panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, dan wheelbase 2.685 mm.

Namun Terios dengan ground clearance 220 mm, setara dengan Toyota Fortuner, lebih unggul jika terpaksa harus melintasi genangan banjir atau medan non aspal. Ditambah lagi, saluran udara masuk di ruang mesinnya lebih tinggi dari lampu utama.

Ground clearance Xpander hanya 205 mm memang lebih rendah dari Terios namun tergolong tinggi dibandingkan low MPV lainnya. Sebetulnya jika Anda menginginkan kendaraan dengan kolong lebih tinggi masih ada Mitsubishi Xpander Cross dengan ground clearance mencapai 225 mm. Sayangnya harganya sudah mencapai Rp276,5 juta untuk varian terendah bertransmisi manual.

Jika Anda berniat ingin memasang roof rack, Terios telah dilengkapi dengan roof rail yang desainnya menjadi satu kesatuan dengan atapnya. Atap Xpander masih polos dan perlu dana ekstra untuk menambahkan roof rail atau cross bar after market.

Interior Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Terios

Mitsubishi Xpander menyajikan desain interior dan dashboard yang terlihat elegan bahkan terkesan lebih mahal dari harganya. Varian Ultimate telah dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. 

Pengaturan head unit ini juga dapat dilakukan melalui tombol di setir. Pengaturan AC-nya masih menggunakan tombol putar namun arah hembusan AC-nya lebih bervariasi, pada Rush arah hembusannya hanya ke arah penumpang.

Dashboard Daihatsu Terios memang terlihat sedikit lebih mewah dibandingkan model sebelumhya berkat layar sentuh berukuran 7 inci,panel tengah berwarna piano black, dan layar AC digital. Tetapi jika dicermati lebih dekat, material plastik dan finishing-nya masih belum serapi Xpander.

Layar MID (Multi Information Display) Xpander juga lebih menarik dengan layar TFT berwarna dan informasi yang lebih lengkap dibandingkan Terios. Tidak hanya informasi konsumsi BBM rata-rata, tapi juga menyajikan kecepatan rata-rata, pengingat waktu servis, dan pengingat waktu istirahat dengan interval waktu yang dapat diatur.

Posisi duduk pengemudi pada Xpander juga lebih nyaman dengan setir yang dapat diatur maju-mundur dan naik-turun. Sementara pada Rush memang unggul dalam visibilitas ke depan dengan posisi duduk yang tinggi tetapi sayangnya setirnya hanya dapat diatur naik-turun.

Saat posisi tangan sudah pas, bisa saja posisi kaki terlalu jauh atau sebaliknya. Desain jok Xpander juga lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Bisa dikatakan posisi mengemudi Terios tidak ada perbedaan signifikan dengan generasi sebelumnya.

Dalam hal kelegaan kabin, Xpander juaranya. Dengan dimensi yang lebih panjang, penumpang dewasa di jok baris ketiga masih nyaman dibandingkan MPV lain di kelasnya. Kelegaan kabin Terios juga tidak buruk. Jauh lebih lega dibandingkan Terios lawas tapi baris ketiganya masih terasa sempit.

Tingkat kebisingan kabin Xpander juga lebih baik dibandingkan dengan Terios. Kebisingan ban dan angin pada Terios generasi terakhir sudah lebih baik tapi raungan mesinnya pada putaran tinggi masih cukup kuat terdengar jika dibandingkan Xpander.

Ruang bagasi Terios cukup lega saat jok baris ketiga dilipat tapi sayangnya tidak sefleksibel Xpander. Jok baris ketiga dan kedua pada Xpander dapat dilipat rata sehingga mampu memuat barang bawaan lebih banyak atau berdimensi panjang.

Performa Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Terios

Karakter mesin kedua mobil ini cukup, tidak beringas tapi juga tidak under power. Sama-sama mengusung mesin 4 silinder 1,5 liter dan transmisi otomatis 4 kecepatan yang diseting untuk memberikan efisiensi bahan bakar terbaik, dapat diandalkan saat merayap di kemacetan maupun melesat di tol, dan masih menyimpan tenaga ekstra untuk mendahuli kendaraan atau mengarungi jalanan menanjak.

Mitsubishi Xpander didukung mesin 4A91 MIVEC bertenaga maksimal 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Sementara Terios diperkuat mesin Toyota 2NR-VE Dual VVTi bertenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Untuk mengimbangi titik beratnya yang tinggi, suspensi Daihatsu Terios diseting lebih keras agar stabil pada kecepatan tinggi. Gejala body roll sudah menjadi karakter kendaraan ber-chassis ladder frame tapi sudah jauh lebih berkurang dibandingkan Terios lawas.

Stabilitas, pengendalian, dan kenyamanan suspensi Xpander bisa dikatakan mendekati sedan berkat chassis monokok, wheelbase panjang, ground clearance lebih rendah, dan setingan suspensi yang pas. Inilah yang membuat Xpander terasa menyenangkan walaupun tidak dibekali mesin terkuat di kelasnya.

Fitur Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Terios

Fitur-fitur yang diusung Mitsubishi Xpander Ultimate dan Daihatsu Terios R DLX nyaris seimbang. Keyless entry, tombol start-stop mesin, tombol pengatur audio di setir. Masih ada beberapa fitur menarik yang menjadi andalan masing-masin merk ini.

Xpander mengunggulkan cruise control yang tidak dimiliki Terios. Fitur ini cukup membantu saat berselancar di jalan tol untuk sejenak mengistirahatkan kaki kanan dan menjaga kecepatan konstan. Masih ada lagi fitur power window timer yang memungkinkan kaca dinaik-turunkan selama 30 detik setelah mesin dimatikan, headlight auto off, dan auto door relock system.

Terios juga masih memiliki sejumlah fitur yang tidak ditemui di Xpander yaitu auto door lock dan lampu depan dapat menyala otomatis. Sebagai senjata pamungkas, Terios dilengkapi kamera 360 derajat yang sangat membantu memantau kondisi di sekeliling mobil dari layar monitor saat parkir. Xpander saja hanya dilengkapi kamera mundur tanpa sensor parkir.

Untuk fitur keselamatan, keduanya memiliki fitur yang sekelas mulai dari sepasang kantung udara depan, rem ABS + EBD, Hill Start Assist, lampu hazard menyala otomatis saat pengereman mendadak, dan kontrol stabilitas elektronik. Andai saja dilengkapi dengan tujuh kantung udara seperti kembarannya, Toyota Rush, tentu akan menambah keunggulan Terios.

Kesimpulan

Daihatsu Terios R DLX dengan desain agresif dan beragam fitur menarik khususnya kamera 360 derajat-nya sudah dapat ditebus dengan harga “hanya” Rp267.150.000. Sementara Mitsubishi Xpander Ultimate dijual dengan harga Rp278.900.000.

Jika ground clearance dan harganya yang lebih mahal tidak menjadi penghalang, Mitsubishi Xpander Ultimate menawarkan kenyamanan berkendara, kelegaan kabin, dan fleksibilitas ruang bagasi yang lebih baik dari Daihatsu Terios R DLX AT.

Masih tertarik dengan Xpander namun dengan anggaran tidak jauh dari Terios termahal ? Anda dapat mempertimbangkan Xpander Sport bertransmisi otomatis seharga Rp275.000.000. Fiturnya nyaris sekelas Ultimate hanya tidak ada head unit layar sentuh. Tampilan interiornya yang didominasi warna hitam juga membuatnya terlihat lebih sporty.

Ingin yang lebih murah dari Daihatsu Terios R DLX tapi tetap bertransmisi otomatis ? Mitsubishi Xpander Exceed AT dapat ditebus dengan harga Rp257.000.000. Varian ini menggunakan grille berwarna hitam, alternatif menarik jika Anda tidak terlalu menyukai banyak aksen krom.

Harga-harga tersebut akan mengalami penurunan jika kebijakan PPnBM nol persen diterapkan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya