• Home>
  • Review>
  • Komparasi SUV China Vs Jepang: Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto Vs Honda CR-V
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Komparasi SUV China Vs Jepang: Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto Vs Honda CR-V

Dilihat 11378
Indra Dinata
12 Okt 2020, 13:02
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto Vs Honda CR-V

Otoloka.id - Brand asal China makin berinovasi. Salah satunya kehadiran Wuling Almaz yang menarik perhatian pasar otomotif beberapa tahun kebelakang ini. Pasalnya pabrikan Negeri Tirai Bambu ini fokus pada pengembangan produk mereka sehingga mampu bersaing dengan mobil lain khususnya di segmen SUV. Terlebih lagi, Wuling menawarkan mobil cakap fitur dengan harga yang pastinya jauh lebih murah dari kompetitornya.

Bicara soal kompetitor, salah satu yang ramai dibandingkan dengan Wuling Almaz adalah Honda CR-V Turbo mengingat keduanya bermain di level yang sama baik dari segi performa sampai fitur-fiturnya. Dan tak ketinggalan ada DFSK Glory i-Auto yang merupakan saingan berat Wuling Almaz. Pertanyaan terbesar para penggemar otomotif: mana pilihan yang paling menguntungkan?

Baca Juga: Perbandingan DFSK Glory dan Wuling Almaz di Pasar SUV

Tak perlu bingung, mari bandingkan dulu Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto dan Honda CR-V dari sisi desain, fitur sampai mesin. Setelah mengetahui spesifikasinya lebih detail, para penggemar otomotif akan lebih mantap dalam membandingkan banderol harga kedua mobil.

Eksterior

Tentu saja menjadi hal wajib untuk membandingkan desain eksterior ketiga SUV ini. Soal tampilan, keduanya sama-sama oke bila melihat nuansa premium dan gaya modern yang dibawanya. Meski begitu, antara Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto dan Honda CR-V ini tetap punya perbedaan signifikan. Hal itu terlihat jelas pada Almaz aura kokohnya begitu terasa berkat desain bodi yang agak mengotak. Grille depan berbentuk berlian sangat cocok dipadukan dengan desain lampu sipit berteknologi LED. Bumper Almaz pun tak kalah dominan, terutama karena foglamp mirip intake pesawat jet. Tidak ketinggalan juga velg 17 inci dibalut ban 215/60 turut memberikan kesan futuristik pada SUV keluaran Wuling ini.

Wuling Almaz

Wuling Almaz dibekali panoramic sunroof (pada varian tertinggi) dan ada juga antena sirip hiu serta roof rail. Guratan bodinya dibuat bongsor dipadukan dengan lampu kombinasi bergaris tegas. Selanjutnya, bumper kontras meliputi seperempat bodi dihiasi garnish muffler ganda di dua ujungnya. Wuling Almaz disuguhkan dalam enam pilihan warna, yakni Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Starry Black, Burgundy Red dan terakhir Carnelian Red.DFSK Glory i-AutoSementara itu, Glory i-Auto mengedepankan nuansa elegan. Lampu utama tidak tipis namun dilengkapi LED yang dipartisi. Grille-nya menawan lantaran bukan berupa garis tetapi detail Infinite Starlight atau berupa titik-titik yang menyerupai pendaran cahaya. Meski elegan, bumpernya dibuat garang. Velg besarnya yang berukuran 18 inci menebarkan aura agresif dan sporty. Untuk pilihan warna, DFSK Glory i-Auto menawarkan empat warna, yakni Champagne Silver, Phantom Black, Glorious Metallic Red dan Elegant White.

Honda CR-V

Lain cerita pada desain eksterior Honda CR-V. SUV satu ini masih mengusung gaya tradisional yaitu masih dengan menyatukan headlamp, DRL dan sein memberikan kompak. Namun, foglamp pada CR-V sudah berteknologi LED yang tentunya ini akan dapat mampu menghasilkan cahaya lebih terang dan jelas. Meski begitu, tampilan belakang CR-V gayanya sangat kekinian, ditambah lagi dengan punya atmosfer gagah terasa kental. Sama seperti Wuling Almaz, Honda CR-V juga sudah dibekali sunroof untuk menambah kemewahannya. 

Interior

interior Almaz

Ruang interior Almaz didominasi warna hitam dan putih serta sentuhan aksen silver sehingga menghasilkan aura elegan. Pada sisi pengemudi, desain kemudinya berlapis kulit dengan sedikit flat bottom dan dilengkapi dengan berbagai tombol. Untuk bagian joknya, pengemudi bisa mengaturnya secara elektrik namun kursi lainnya sistemnya masih manual. Pada panel instrumennya, Almaz sudah dilengkapi Multi Information Display berwarna 7 inch. Tak hanya berfungsi memutar multimedia, tapi terdapat juga fitur untuk membuka sunroof, jendela dan AC. 

interior DFSK Glory i-Auto

Nuansa dan fitur demikian hampir sama terdapat pada interior DFSK Glory i-Auto. Namun bedanya, pada SUV yang satu ini diberi tambahan panel bermotif kayu mengkilap di dasbor. Kemudian, head unit ditempatkan di tengah seperti gaya mobil Eropa. Walau dapat mengontrol fungsi kendaraan, DFSK tetap memberikan tombol pengaturan pada perangkat tersebut. Setting jok penumpangnya pun sudah elektrik dengan empat arah dan bukan enam arah lagi.  

Interior Honda CR-V

CR-V juga menawarkan interior yang canggih dan mewah. Namun, daya angkut CR-V adalah tujuh penumpang berbeda dengan Almaz yang hanya lima penumpang. Uniknya lagi CR-V punya panel mirip kokpit pesawat luar angkasa dengan ukuran head unit 9 inci. SUV Honda ini memakai model analog dengan layar informasi digital dan tentunya desainnya begitu mewah. Selain itu pada semua joknya, CR-V dibuat ergonomic dan tak ketinggalan pengaturannya sudah elektrik.

Mesin

Masuk ke sektor dapur pacu. New Honda CR-V mengusung mesin 1.5 L 4 silinder segaris, berteknologi VTEC Turbo DOHC dengan 16 katup berkapasitas 1.498 cc. Spesifikasi mesinnya ini akan menghasilkan tenaga maksimal 190 ps/5.600 rpm dan torsi puncak di angka 240 Nm ada pada putaran 2.000-5.000 rpm.

Mesin Wuling Turbo

Mesin yang diusung Almaz mengandalkan DOHC DVVT dengan turbocharger kapasitas 1.451cc, tenaganya lebih kecil yakni 140 ps/5.200 rpm namun punya torsi lebih besar, 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. Sementara itu, Glory berkapasitas 1.498 cc 4 silinder dengan dukungan turbo. 

Mesin kompak ini menghasilkan daya 150 dk dengan torsi yang lebih kecil lagi, yaitu 220 Nm dan mampu menyembur sejak 1.800 hingga 4.000 rpm.

Fitur

Fitur Honda CRV

Membahas soal fitur keamanan, Honda CR-V memiliki rangka G-CON + ACE™ sehingga lebih kuat. Sementara fitur seperti ABS, EBD, Isofix, HSA sudah ada di mobil Almaz dan CR-V. Namun berbicara fitur hiburan, Wuling Almaz sedikit lebih unggul karena mampu mengoperasikan beragam pemutar media dan juga konektifitas lainnya.

Fitur DFSK Glory i-Auto

Untuk Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto terbilang cukup lengkap fiturnya. Glory i-Auto dibekali kamera 360 derajat demi kemudahan penggunanya ketika hendak parkir ataupun melewati jalan sempit. Ditambah lagi, mobil ini diperkuat sensor parkir di belakang. Tak ketinggalan pengendalian mobil ditopang Electronic Stability Program (ESP) sehingga tetap stabil serta sudah ditanamkan fitur ABS, EBD dan BA.

Saat melintasi jalan terjal atau menanjak, pengendara tak perlu cemas karena sudah dibekali fitur Hill Hold Control (HHC) agar membantu mobil tetap diam meski pedal rem tidak diinjak. Pada sistem keselamatan, disempurnakan lagi dengan tersedianya empat airbag serta Crash Auto Unlocking agar kunci terbuka otomatis. Keunggulan Glory i-Auto lainnya, mobil ini punya fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) yang mampu menginformasikan tekanan ban. 

Fitur keselamatan pada Wuling Almaz tak jauh berbeda, mobil SUV ini juga dilengkapi dengan ABS, EBD, BA, HHC, ESC dan tak ketinggalan Traction Control System. Pada interiornya pun Almaz sudah disematkan empat airbag. Selain itu, terdapat kamera 360 derajat dan TPMS serta Emergency Stop Signal yang berfungsi menyalakan hazard ketika mobil berhenti mendadak.

Baca Juga: Pesona Kelebihan Wuling Almaz SUV Asal China

Teknologi memang menjadi poin kuat pada ketiga mobil SUV ini. Misalnya pada DFSK Glory i-Auto punya voice command atau yang disebut i-Talk, sementara Wuling punya WIND atau Wuling Indonesian Command. Teknologi tersebut berfungsi mengaktifkan beragam fitur cukup lewat suara, mulai dari mengatur multimedia sampai membuka - tutup jendela dan sunroof. Perbedaannya hanya pada bahasa, yakni i-Talk perintahnya dalam Bahasa Inggris, sedangkan WIND dapat menggunakan Bahasa Indonesia. 

Harga

Saatnya masuk ke pembahasan harga. Soal harga, Honda CR-V Turbo dibanderol di angka Rp 478,5 juta dan tipenya yang Prestige Turbo Rp 518,5 juta. Sementara itu, Wuling Almaz dipasarkan dengan harga Rp 318,8 juta. Sedangkan untuk DFSK Glory i-Auto harganya dibanderol Rp 329,699 juta.

Perbandingan harga tiga SUV tersebut memang terpaut lumayan jauh, terutama Honda CR-V menempati harga termahal diantara ketiganya. Untuk soal preferensi banyak penggemar otomotif, Honda CR-V memang punya pamor yang baik di kelasnya dengan tampilan mewah dan sporty. 

Namun demikian, Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto patut diperhitungan. Selain karena harganya relatif lebih terjangkau, spesifikasi beserta fitur-fitur canggihnya pun sudah begitu mumpuni. Wajar saja kalau ketiga mobil ini kerap kali dibandingkan.

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya