• Home>
  • Review>
  • Komparasi Toyota Fortuner vs Honda CR-V, Kemewahan Sekelas Beda Karakter
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Komparasi Toyota Fortuner vs Honda CR-V, Kemewahan Sekelas Beda Karakter

Dilihat 3785
Arief Yuno
8 Mar 2021, 16:05
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

toyota fortuner otoloka

Otoloka.id - Meski sama-sama bermain di segmen SUV dengan harga Rp500 jutaan, Toyota Fortuner dan Honda CR-V adalah dua SUV dengan karakter yang berbeda.

Fortuner berbasis kendaraan medan berat dengan ladder frame sementara CR-V berbasis sedan Honda Civic dengan platform monokok. Hal ini memberikan karakter dan kenyamanan yang berbeda walaupun keduanya kini sama-sama menawarkan kabin yang mewah dan beragam fitur canggih.

Toyota Fortuner

SUV full size berkapasitas tujuh penumpang ini baru saja mendapatkan penyegaran pada bulan Oktober tahun lalu. Penyegaran pada eksterior paling terlihat di bagian depan dengan desain lampu baru dan DRL, aksen krom di atas lampu, bumper baru dengan kesan lebih kotak, dan lampu sein depan yang diletakkan di bawah lampu kabut.

depan toyota fortuner otoloka

Pada varian VRZ TRD Sportivo terlihat lebih sporty dengan tidak banyak mengumbar aksen krom. Seperti terlihat dari rumah spion berwarna hitam, grille dominan hitam, garnish berkrom gelapdi pintu bagasi, lampu sein belakang LED.

interior toyota fortuner otoloka

Jika interior model sebelumnya berwarna hitam dengan kombinasi coklat, model facelift ini lebih didominasi warna hitam. Hanya bagian pilar dan plafon yang tetap berwarna abu-abu. Perubahan lainnya juga terlihat dari lampu kabinnya yang sekarang  menggunakan LED berwarna putih.

Tidak ada perubahan dari tempat duduknya. Posisi duduknya tinggi khas SUV ladder frame. Pada varian tertinggi, jok pengemudi dan penumpang depan telah dilengkapi pengatur elektris 8 arah.

Saat ini Toyota Fortuner 2.4 VRZ TRD dan 2.7 SRZ TRD adalah varian dengan fitur terlengkap. Kamera 360 derajat mampu menyajikan kondisi di sekeliling mobil melalui layar head unit. Tidak hanya tampilan 2 dimensi tetapi juga tampilan 3 dimensi. Kehadiran kamera ini sangat membantu pengemudi saat parkir maupun saat melintasi jalanan yang sempit.

Head unit dengan layar sentuh 9 inci ini juga dilengkapi fungsi NFC (Near Field Communication), cukup tempelkan kartu uang elektronik Anda di layar dan saldo di dalamnya akan tertera. Untuk mengisi ulang baterai ponsel tidak hanya dari power outlet USB tetapi juga tersedia pengisian nirkabel di konsol tengah.

Pada varian VRZ, SRZ, TRD Sportivo juga dilengkapi dengan layar hiburan dengan ukuran yang lebih besar dari layar di dashboard yang terlipat rapi di plafon baris kedua.

Dengan ban besar berukuran 265/60 R18, diperlukan beberapa kali putaran agar ban kembali ke posisi lurus. Hal sepele ini kadang merepotkan pengemudi yang belum terbiasa saat parkir. Kini pada layar MID (Multi Information Display) dapat ditampilkan posisi roda depan dalam visual animasi.

Pada varian tertinggi juga telah dilengkapi dengan sensor kaki untuk membuka pintu bagasi. Sayangnya posisi sensor ini sedikit susah ditemukan dan kaki perlu ditahan beberapa saat hingga pintunya terbuka. Proses membuka-tutup pintu elektris ini juga masih tergolong lambat. Mungkin motor listriknya bekerja keras untuk mendorong pintunya yang besar dan berat.

Sebanyak tujuh kantung udara telah menjadi fitur keselamatan pasif standar. Sementara fitur keselamatan aktif yang meliputi Hill Start Assist, Emergency Brake Signal, Trailer Sway Control, Automatic Traction Control, dan Vehicle Stability Control ada di semua varian Fortuner.

Sebagai pembangkit tenaga, Fortuner ditawarkan dengan mesin diesel common rail 4 silinder 2,4 liter dengan VNT (Variable Nozzle Turbo) yang dilengkapi dengan intercooler. Tenaga maksimal yang dihasilkan mesin berkode 2GD-FTV ini sebesar 147 hp di 3.400 rpm. Sementara torsi dahsyat sebesar 400 Nm sudah dicapai sejak putaran 1.600 rpm hingga 2.000 rpm.

Varian bermesin bensin juga masih ditawarkan dengan mesin 4 silinder 2,7 liter Dual VVT-i. Mesin berkode 2TR-FE ini menghasilkan tenaga maksimal 161 hp di 3.400 rpm dan torsi puncak 242 Nm di 4.000 rpm.

Transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic dan transmisi manual 6 percepatan ditawarkan untuk varian bermesin diesel. Sementara varian bermesin bensin hanya dilengkapi transmisi otomatis.

Fortuner tetap menggunakan power steering dengan pompa hidrolik untuk meringankan putaran setir. Hanya saja kini telah dilengkapi dengan Variable Fluid Control untuk menyesuaiak berat-ringan kemudi sesuai kecepatan kendaraan.

Dengan panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, Fortuner cukup memakan jalan jika dibandingkan dengan Honda CR-V. Bodinya yang tinggi harus dikompensasi dengan suspensi yang tergolong keras agar tidak limbung pada kecepatan tinggi.

Torsi besar di putaran bawa, visibilitas yang lega, dan kolong yang tinggi memberikan rasa percaya diri di berbagai kondisi jalan yang tidak selalu bersahabat. Pengendaraannya terasa tidak ada yang spesial jika hanya diajak berputar-putar di kota. Semakin jauh dan semakin lama dikendarai, Toyota Fortuner baru semakin menyenangkan apalagi dengan kabin terisi penuh.

Saat ini ada tujuh varian Toyota Fortuner yang dipasarkan di Indonesia. Varian bermesin diesel 2.4 G MT ditawarkan dengan harga Rp512 juta, 2.4 G AT Rp529,7 juta, 2.4 VRZ AT Rp560,5 juta, 2.4 G AT 4x4 Rp637,7 juta, 2.4 VRZ 4x4 Rp711,6 juta, 2.4 VRZ TRD AT Rp575,1 juta. Sementara varian bermesin bensin hanya ada model 2.7 SRZ TRD AT dengan harga Rp599,1 juta.

Honda CR-V

Pada pertengahan Februari tahun ini, Honda CR-V generasi kelima untuk pasar Indonesia akhirnya mendapatkan penyegaran yang cukup signifikan. Tidak hanya penyegaran pada desain tetapi juga penambahan sejumlah fitur menarik termasuk untuk pertama kalinya mendapatkan system keselamatan Honda Sensing.

honda sensing

Dimensinya sedikit lebih panjang dan lebih rendah dibandingkan model sebelumnya. Kini panjangnya mencapai 4.623 mm atau bertambah panjang 39 mm, lebar tetap 1.855 mm, dan tinggi 1.657 mm atau lebih rendah 22 mm.

honda crv otoloka

Tampilan lebih segar pada eksteriornya terlihat dari desain bumper depan baru yang terlihat lebih tegas. Grille-nya juga sekarang lebih dominan dengan warna hitam. Lampu utama tetap menggunakan LED model reflektor (sekarang dengan kemampuan auto leveling di semua varian) dan Day Time Running Light. Yang membuat berbeda adalah kehadiran lampu sein baru LED yang menyala secara sekuensial yang berkedip dari arah dalam ke luar.

Perubahan di bagian belakangnya tidak terlalu banyak. Hanya desain bumper baru dan knalpot dengan model lebih pipih. Desain knalpot ini sepertinya untuk mengimbangi ketinggian kendaraan yang sekarang sedikit lebih rendah. Sementara pada keempat rodanya menggunakan velg 18 inci baru dengan bentuk seperti bunga. Hmm … kenapa kami malah teringat jajanan Betawi kembang goyang ya ?

interior honda crv otoloka

Sementara di bagian interior, penyegaran signifikan terlihat dari panel meter (termasuk speedometer) yang menggunakan layar monitor TFT berukuran 5 inci. Head unitnya menggunakan layar sentuh berdiameter 7 inci yang dapat diatur melalui switch di setir. Perangkat audionya didukung dengan delapan pengeras suara. Sayangnya opsi tempat duduk baris ketiga masih tetap hanya ditawarkan untuk varian bermesin 1,5 liter turbo saja.

Untuk varian teratas Prestige kini juga dilengkapi beberapa fitur baru. Anda dapat menghidupkan mesin dan AC dari jauh dengan Remote Engine Start seperti pada Honda Civic terbaru. Honda telah memikirkan faktor keamanan di mana fitur ini hanya dapat diaktifkan dalam kondisi pintu terkunci.

Akhirnya Honda CR-V dilengkapi dengan Hands-Free Access Power Tailgate seperti sejumlah SUV yang telah lebih dulu menggunakannya. Cukup ayunkan kaki di bawah bumper belakang dan pintu bagasi akan terbuka. Kemampuan sensor mendeteksi dan kecepatan membuka-tutup pintunya ini tergolong lebih cepat dibandingkan Toyota Fortuner.

Masih ada lagi fitur Walk Away Auto Lock yang secara otomatis akan mengunci seluruh pintu begitu orang yang membawa kunci remote berjalan menjauhi kendaraan.

Fitur yang paling diunggulkan dari Honda CR-V terbaru ini adalah sistem canggih Honda Sensing yang membantu pengemudi dalam meminimalkan risiko kecelakaan. Fitur-fitur yang ditawarkan meliputi:

Collision Mitigation Brake System (CMBSTM) : Sistem ini akan mendeteksi dan memberikan peringatan jika ada kemungkinan terjadi benturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki di depan. Sistem ini secara otomatis akan membantu pengereman jika pengemudi mengabaikan peringatan yang diberikan.

 Lane Keeping Assist System (LKAS) : Sistem yang didukung kamera ini akan memberikan peringatan dengan getaran pada setir dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur semestinya. Pengemudi masih harus mengendalikan kendaraan secara penuh. Efektifitas LKAS ini juga tergantung dari kualitas marka jalan.

-  Auto High Beam (AHB) : Saat Anda berkendara di atas 40 km/jam di malam hari dan tuas lampi di posisi AUTO, lampu jauh akan menyala dan otomatis beralih ke lampu dekat jika terdeteksi ada kendaraan lain dari arah berlawanan.

-  Road Departure Mitigation (RDM) : Sistem ini akan memberikan peringatan dan jika dalam kondisi yang dianggap membahayakan dapat mengoreksi secara otomatis roda kemudi jika terdeteksi kendaraan akan keluar dari jalan secara tidak wajar.

-  Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow : Kendali jelajah ini tidak hanya dapat mempertahankan kecepatan kendaraan sesuai yang diseting pengemudi tetapi juga menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan dengan penegereman otomatis. Fitur ini hanya dapat digunakan pada kecepatan minimal 40 km/jam.

Selain tambahan Honda Sensing, Honda CR-V juga tetap dibekali fitur keselamatan standar untuk semua varian. Fitur-fiturnya cukup lengkap dengan enam kantung udara, sistem rem ABS+EBD+BA, Hill Start Assist, Auto Brake Hold, Vehicle Stability Assist, Emergency Stop Signal, Brake Override System.

Untuk mesin dan transmisi yang digunakan tidak ada perubahan. CR-V varian terendah masih dibekali dapur pacu 4 silinder 2,0 liter bertenaga maksimal 152 hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 189 Nm di 4.300 rpm.

Varian 1.5L Turbo dan 1.5L Turbo Prestige tetap mengusung mesin 4 silinder 1,5 liter dengan turbocharger. Mesin berkode L15B7 ini lebih unggul dengan tenaga 187 hp pada 5.600 rpm. Yang paling menarik adalah torsinya yang mencapai 240 Nm sejak putaran 2.000 rpm hingga 5.000 rpm.

SUV berpenggerak roda depan ini hingga sekarang hanya ditawarkan dengan transmisi otomatis CVT. Mode manual dapat diakses dengan memainkan paddle shifter di belakang kemudi. Mode ECON dapat dipilih untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.


Secara dimensi yang tidak sebongsor Fortuner, Honda CR-V lebih praktis dan lebih lincah bergerak di perkotaan. Suspensi independen di kaki-kaki depan dan belakang juga lebih fleksibel mengikuti kontur jalan. Ground clearance-nya yang rendah juga meningkatkan stabilitasnya pada kecepatan tinggi tapi sekaligus membatasi arena bermainnya.

Harga jual Honda CR-v terbaru ini juga mengalami kenaikan harga yang lumayan. Varian CR-V 2.0L ditawarkan dengan harga Rp489.000.000, model 1.5L TURBO Rp522.500.000, sementara 1.5L TURBO Prestige mencapai Rp577.000.000. Model sebelum facelift harganya “hanya” Rp470.000.000 hingga Rp545.000.000.

Kesimpulan

Jika Anda mencari SUV canggih, pengendalian yang lincah, dan kenyamanan ala sedan, Honda CR-V masih menjadi pilihan yang lebih menarik. Hanya saja Anda harus menyadari ground clearance-nya yang tidak terlalu tinggi membatasi arena bermainnya.

Sementara kekuatan sebenarnya pada Toyota Fortuner tetap bukan pada seberapa banyak fitur canggih yang diusungnya. Durabilitas khas kendaraan segala medan Toyota membuatnya tidak mudah putar balik saat jalan kurang bersahabat. SUV ini memang lebih nikmat sebagai untuk kendaraan penjelajah jarak jauh daripada sekedar pamer otot di tengah kota.

Nah, sekarang SUV mana yang lebih sesuai dengan selera Anda ?

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya