• Home>
  • Review>
  • Komparasi Toyota Voxy dan Nissan Serena, MPV Premium Lebih Murah dari Alphard
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Komparasi Toyota Voxy dan Nissan Serena, MPV Premium Lebih Murah dari Alphard

Dilihat 2990
Arief Yuno
3 Mar 2021, 16:57
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

nissan serena otoloka

Otoloka.id - Kelas mid-size premium MPV di Indonesia saat ini bisa dikatakan hanya menyisakan dua pemain yang masih eksis yaitu Toyota Voxy dan Nissan Serena. Sebelumnya sempat ada Mazda Biante dan Mitsubishi Delica yang tidak pernah mendapatkan penyegaran berarti sebelum dihentikan penjualannya.

eksterior toyota voxy

Dengan tampilan serta fitur mewah dan harga di kisaran Rp500 jutaan atau hanya separuh dari harga Toyota Alphard, Voxy dan Serena adalah MPV yang pas untuk memanjakan seluruh anggota keluarga. Lantas mana yang lebih unggul ?

Eksterior Toyota Voxy dan Nissan Serena

belakang toyota voxy

Toyota Voxy pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2017 untuk menggantikan NAV1. MPV yang diposisikan di antara Innova Venturer dan Alphard ini diimpor utuh dari Jepang.

Seperti Vellfire dengan Alphard, Voxy adalah Toyota Noah dengan tampilan lebih sporty. Jika NAV1 berbasis Noah generasi kedua, Voxy berbasis Noah generasi ketiga.

samping toyota voxy

MPV yang mendapat julukan “Baby Vellfire” ini sempat sukses membuat Nissan Serena generasi C26 terlihat tua di awal kemunculannya. Nissan kemudian melakukan serangan balas dengan meluncurkan Serena C27 Completely Built Up di Indonesia pada awal 2019.

Kedua MPV boxy ini menepis kesan kaku dengan resep yang mirip yaitu grille besar menyatu dengan bumper dan lampu depan dua tingkat. Spesifikasi dan fitur keduanya juga nyaris tidak banyak berbeda dengan versi domestik Jepang.

Toyota Voxy memiliki panjang 4.710, lebar 1.735 mm, tinggi 1.835 mm, wheelbase 2.850 mm, dan ground clearance 165 mm. Nissan Serena panjangnya 4.770 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.865 mm, wheelbase 2.860 mm, dan ground clearance 160 mm.

Nissan Serena ditawarkan dengan dua varian yaitu X-Grade dan Highway Star. Sementara Voxy hanya ada satu varian saja.

Interior Toyota Voxy dan Nissan Serena

Tidak hanya eksterior yang sekelas, kemewahan kabin Toyota Voxy dan Serena juga berimbang meski tentu saja levelnya masih sedikit di bawah Toyota Alphard maupun Nissan Elgrand. Dashboardnya dilapisi dengan lapisan kulit dengan jahitan yang rapi.Masih terlihat material plastik tapi tidak terlihat murahan.

Keduanya sama-sama menawarkan visibilitas ke depan yang super luas dan kaca super lebar dari depan, samping, hingga belakang, atap ekstra tinggi, dan akomodasi yang nyaman untuk enam penumpang dewasa.

Sayangya sama sekali belum ada tombol pengatur elektrik untuk mengatur posisi duduk di kedua MPV ini. Pengaturan setirnya sama-sama dilengkapi tilt & telescopic steering. Untuk speedometer, Voxy masih mengusung model analog. Sementara Serena sudah menggunakan speedometer digital yang ditampilkan di layar di atas dashboard.

Di bagian konsol tengahnya, baik Voxy maupun Serena terlihat menggunakan layar sentuh generik yang ditemui di beberapa mobil Toyota maupun Nissan di Indonesia.

Sensor parkir dan kamera mundur menjadi fitur standar Voxy dan Serena X-Grade. Sementara Nissan Serena Highway Star dilengkapi Intelligent Arround View Monitor (I-AVM) dengan kamera 360 derajat dan Moving Object Detection yang akan memberikan peringatan suara jika ada objek bergerak di belakang Serena.

Sayangnya pandangan I-AVM tersebut ditampilkan di layar Multi Information Display di dekat speedometer yang berukuran kecil dan jauh dari pengemudi. Akan lebih baik jika tampilan dari kamera 360 derajat tersebut dipindahkan ke layar head unit yang lebih besar.

Nissan lebih murah hati dengan menyediakan USB power outlet di setiap baris tempat duduk, total ada tujuh power outlet. Sementara pada Voxy hanya tersedia sepasang USB power outlet dan satu lighter power outlet di baris depan. Andai saja Toyota mau menambahkan power inverter untuk mengubah arus DC menjadi AC, minimnya power outlet tersebut bisa diabaikan.

Selain cup holder berlimpah, Serena juga dilengkapi empat meja lipat di belakang jok depan dan baris kedua. Pada Voxy hanya tersedia satu meja lipat di belakang jok penumpang depan.

Voxy dilengkapi dengan sunroof manual yang hanya dapat terangkat sedikit di atap baris pertama dan moonroof untuk penumpang baris kedua. Di balik kemewahannya, moonroof perlu perawatan yang baik agar tidak macet.

Nissan lebih fokus pada fitur hiburan daripada menambahkan atap kaca pada Serena. Penumpang Serena dimanjakan dengan monitor berukuran 11 inci yang dipasang di plafon baris kedua. Hanya saja layar ini tidak dilengkapi DVD player yang terpisah dari head unit di depan.

safety nissan serena otoloka

Fleksibilitas bagasi dan konfigurasi tempat duduk Voxy dan Serena sama-sama bagus. Lantainya benar-benar rata, kedua captain seat-nya di baris kedua tidak hanya dapat dimundurkan hingga ke belakang tetapi juga dapat digeser, tetapi tidak dapat lagi diputar 180 derajat menghadap belakang seperti pada Nav1 dan Serena generasi C24. Sementara jok baris ketiganya sama-sama dapat dilipat ke samping.

Pintu bagasi keduanya yang sama-sama berukuran besar dan lantai yang rendah sangat membantu saat mengangkut muatan berukuran ekstra. Sepasang sepeda gunung dapat tersimpan rapi tanpa perlu melepas rodanya. Sayangnya pintu bagasi keduanya masih belum dilengkapi power liftgate jadi perlu sedikit berolahraga untuk menutupnya.

Tapi setidaknya Serena masih lebih unggul dengan dual backdoor. Pintu bagasi ini terdiri dari dua bagian. Jika area di belakang kendaraan tidak terlalu luas atau hanya perlu menaruh-mengambil barang yang tidak terlalu besar, cukup buka pintu bagian atas saja.

Pada Nissan Serena Highway Star, pintu bagasi maupun pintu gesernya telah dilengkapi sensor kaki. Cukup ayunkan kaki ke sensor yang berada di bagian bawah, pintunya akan membuka secara otomatis. Fitur ini sangat membantu ketika kedua tangan kita sedang membawa barang bawaan.

Performa Toyota Voxy dan Nissan Serena

mesin nissan serena otoloka

Nissan Serena dan Toyota Voxy sama-sama memilih mesin bensin 4 silinder 2,0 liter dan transmisi otomatis CVT untuk menggerakkan roda depan. Voxy masih ditenagai mesin 3ZR-FAE Valvematic yang sebelumnya telah digunakan Toyota NAV1. Tenaganya sebesar 150 hp dan torsinya mencapai 193 Nm (lebih rendah 5 hp dan 3 Nm dibandingkan NAV1).

Walaupun serupa dengan mesin NAV1, dapur pacu Voxy ini telah diracik ulang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan tingkat emisi. Rasio mesin yang sebelumnya 10,0 : 1 meningkat menjadi 11,0 : 1.

Mesin Nissan Serena generasi C27 juga masih menggunakan mesin MR20DD seperti yang digunakan generasi C26. Namun seluruh komponen mesinnya telah disempurnakan untuk memenuhi standar emisi Euro IV.

Tenaga maksimalnya sebesar 145 hp masih sama dengan C26 namun torsinya berkurang 5 Nm menjadi 200 Nm. Kompresi mesinnya yang dahulu 10,0 : 1 meningkat menjadi 12,5 : 1. Dengan kompresi yang lebih tinggi ini, Serena sudah kurang sesuai jika masih mengonsumsi bensin beroktan 92 seperti Pertamax. Setidaknya menggunakan bensin beroktan 95 seperti Shell V-Power atau lebih baik lagi jika menggunakan Pertamax Turbo beroktan 98.

Keluaran mesin keduanya yang sedikit berkurang tidak banyak berpengaruh signifikan terhadap performa MPV yang memang untuk mengejar kenyamanan daripada adu kencang. Pemilihan transmisi CVT adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan efisiensi terbaik tanpa membuat tarikan mesin terasa underpower.

Akselerasinya memang di setting halus dan minim hentakan demi kenyamanan penumpang. Tenaganya masih terus tersedia jika dibutuhkan walaupun bukan yang tercepat. Suspensi yang lembut di tambah bodi yang tinggi menjadi pengingat bahwa kedua MPV ini bukan kendaraan yang tepat untuk bermanuver agresif.

Tetapi jika sesekali menginginkan sensasi lebih sporty, transmisi CVT Voxy dilengkapi mode manual (virtual) 7 percepatan. Hanya saja tidak ada paddle shifter di belakang setir. Tangan kiri harus memainkan tuas transmisi di konsol tengah untuk memindahkan “gear”-nya.

CVT Serena tidak dilengkapi mode manual tetapi ada mode Sport yang membuat tarikannya sedikit lebih pedas. Nissan juga melengkapi transmisi ini dengan sistem pintar Adaptive Shift Control (ASC). Komputer akan mempelajari gaya berkendara pengemudi apakah lebih suka dengan akselerasi lembut atau agresif. Ini yang akan membuat masing-masing Serena seolah-olah performanya berbeda-beda tergantung kebiasaan berkendara pengemudinya.

Fitur Keselamatan Toyota Voxy dan Nissan Serena

mesin toyota voxy

Sistem pengereman ABS + EBD + BA, Hill Start Assist, kontrol stabilitas, kontrol traksi telah menjadi fitur keselamatan aktif standar baik di Voxy maupun Serena. Voxy dilengkapi dengan tujuh kantung udara sementara Serena dengan enam kantung udara.

Kesimpulan

safety toyota voxy

Dari kemewahan, kenyamanan penumpang, fleksibilitas bagasi, hingga karakter mesin Toyota Voxy dan Nissan Serena bisa dikatakan berimbang. Medan pertempuran sesungguhnya justru pada harga dan kelengkapan fitur yang ditawarkan.

Toyota Voxy dengan fitur lebih terbatas dijual dengan harga Rp506.750.000. Sementara Nissan Serena ditawarkan dengan harga Rp465.150.000 untuk varian X-Grade dan Rp490.750.000 untuk Highway Star.

Nissan jelas unggul dengan fitur lebih lengkap dengan harga lebih murah. Namun Anda harus memperhitungkan kebutuhan BBM-nya saat bepergian ke luar kota. Tidak semua SPBU menyediakan bensin beroktan 95 ke atas.

Sementara mesin Voxy dengan kompresi mesin lebih rendah masih cukup dengan bensin beroktan 92 yang lebih mudah didapatkan di setiap SPBU.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya