• Home>
  • Review>
  • Konsumsi BBM Isuzu Panther Irit di Kelasnya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Konsumsi BBM Isuzu Panther Irit di Kelasnya

Dilihat 1675
Arief Yuno
24 Nov 2020, 11:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

isuzu panther otoloka

Otoloka.id - Jika berbicara tentang mobil diesel di Indonesia, mungkin sebagian orang langsung tertarik dengan produk otomotif Jepang yaitu Isuzu. Pasalnya, sebelum segmen SUV bermesin diesel sepopuler saat ini, Isuzu Panther mendapat julukan "Raja Diesel" di pasar otomotif Indonesia.

Bukan karena didukung mesin yang mumpuni, tapi juga fitur dan daya dukung yang banyak membuat model ini diminati konsumen Isuzu Panther Indonesia. Selain itu, mobil bernama Isuzu Panther ini juga, dikatakan memiliki tingkat efisiensi BBM yang irit di kelasnya.

Mobil Isuzu Panther 2019 memiliki kesan tangguh dan modern untuk jenis mobil MPV yang satu ini. Harga mobil Isuzu Panther 2020 berkisar antara Rp288 juta hingga Rp344 juta. Harga mobil buatan pabrikan Isuzu Astra ini terbilang lumayan terjangkau, apalagi jika dilihat dari spesifikasi yang diberikan pada mobil ini.

Sejarah Mesin Isuzu Panther

isuzu panther otoloka 2

Isuzu Panther Indonesia mengadopsi mesin empat silinder dengan kode 4JA1. Mesin ini merupakan penerus dari kode mesin sebelumnya C223 yang memiliki kapasitas mesin lebih rendah. Di atas kertas, mesin C223 adalah mesin empat silinder segaris 2.238cc yang menghasilkan tenaga 73 PS dan torsi 140 Nm.

Berbeda dengan mesin penerusnya, 4AJ1. Pada mesin ini, spesifikasi Isuzu Panther Indonesia juga mengalami peningkatan menjadi 2.500 cc dengan tenaga sebesar 80 PS dan torsi 170 Nm. Artinya dengan meningkatnya semburan tenaga dan torsi itu menjadi lebih melimpah.

Namun hal tersebut tidak membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi boros. Pada mesin terbaru ini Isuzu Indonesia telah menyematkan teknologi Overhead Valve Engine Direct Injection. Rahasia inilah yang membuat Isuzu Panther Indonesia tetap irit meski memiliki semburan tenaganya yang besar.

Dasar lain yang menjadi bukti efisiensi bahan bakar mesin diesel pada mobil Isuzu Panther adalah karena mesin diesel mempunyai karakter kompresi yang tinggi. Dengan demikian tenaga atau tenaga yang dihasilkan juga lebih besar per CC bahan bakar.

Bahkan tidak hanya itu, fakta lain juga menyatakan bahwa per liter solar dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar, hal inilah yang membuat mesin diesel lebih irit.

Konsumsi BBM Isuzu Panther

isuzu panther otoloka 3

Untuk konsumsi bahan bakar mobil jenis MPV ini, berkendara di dalam kota bisa capai efiensi 12 kilometer per liter. Angka tersebut jauh lebih irit dibanding mesin sebelumnya yang hanya mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 9-10 kilometer per liter.

Angka tersebut tentunya tidak mutlak, tergantung dari karakter pengemudi saat mengemudikan mobil tersebut. Mobil Isuzu Panther terbaru dengan mesin dieselnya yang irit bahan bakar, bisa menjadi pilihan para penggemar mobil jenis MPV. Apalagi tampilan mobil Isuzu Panther ini terlihat begitu gagah.

Mobil buatan Jepang berbasis Multi Purpose Vehicle (MPV) yaitu Isuzu Panther merupakan salah satu mobil paling legendaris di Tanah Air. Bagaimana tidak, hampir tiga dekade Isuzu Panther menemani keluarga Nusantara dalam mobilitas.

Cikal Bakal Isuzu Panther di Indonesia

eksterior isuzu panther otoloka

Melihat cikal bakal Isuzu Panther, mobil ini pertama kali dihadirkan pada 1991, yang kemudian mendapat penyegaran pada 1996. Pada generasi pertama hingga kedua, Isuzu Panther Indonesia masih menggunakan bodi boxy. Memasuki tahun 2000-an, Isuzu mengubah desain seluruh bodi Panther dengan bentuk yang lebih membulat.

Meski minim fitur, mobil Isuzu Panther masih sering terlihat hingga saat ini. Pasalnya Panther memiliki mesin 2.500 cc dengan tingkat ketahanan yang tinggi, dan selain itu spare part mobil ini mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau.

Fitur Isuzu Panther

Penasaran dengan fitur Isuzu Panther yang terlihat simpel namun tetap fungsional? Berikut ulasannya.

Sejak mendapatkan model kapsul, Isuzu Panther Indonesia memang tidak banyak mengalami perubahan terutama pada sektor interior hingga model terakhir. Terlihat tampilan di Dashboard masih terlihat sama.

Namun pada Panther generasi terakhir, Isuzu memberikan sentuhan kombinasi warna beige dan hitam. Kombinasi warna ini setidaknya menambah kesan mewah pada Panther.

Secara fungsional, dibandingkan kompetitornya yaitu Toyota Innova yang telah banyak mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi, Isuzu Panther terlihat sangat simpel. Sistem hiburan Isuzu Panther Indonesia sendiri hanya bisa menggunakan audio berjenis Single-Din serta pengaturan sistem AC yang masih bergeser.

Agar terlihat lebih modern dan mewah, tampilan Backgorund pada spidometer Isuzu Panther Indonesia diubah menjadi bentuk yang terkesan lebih mewah dan modern. Meski begitu, informasi layoutnya terlihat sama dengan generasi sebelumnya.

Transmisi Otomatis Isuzu Panther Tidak Tersedia

Banyak yang menginginkan mobil bermesin diesel dengan transmisi otomatis. Namun berbeda dengan mobil Isuzu Panther. Isuzu sebenarnya menghadirkan transmisi matik Panther sejak kapsul pertama, yang hadir pada 2000 hingga facelift pertama hingga 2009.

Setelah itu, hingga generasi terakhir, seluruh varian Isuzu Panther Indonesia hanya ditawarkan pilihan tipe transmisi yaitu manual. Pasalnya, varian transmisi otomatis kurang diminati karena minimnya daya tanggap meski sudah digerakkan turbo.

Kesimpulan

Meski fitur yang dimilikinya termasuk dalam kategori yang sangat sederhana, namun Isuzu Panther nyatanya masih banyak diminati. Pasalnya, Isuzu Panther Indonesia memiliki mesin dengan tingkat durabilitas tinggi berkode 4Ja1-L, 2.500 cc yang menghasilkan tenaga 80 PS @ 3500 Rpm dengan torsi 192 Nm (19,5 Kgm) @ 1800 Rpm.

Memiliki tingkat keawetan yang tinggi, perawatan mesin ini sangat mudah. Selain itu, mesin ini tidak menggunakan teknologi Common Rail, sehingga penggunaan bahan bakar Bio Solar dengan kandungan B30 tidak akan merusak mesin.

Mesin Isuzu Panther 2020

Tipe Mesin

4JA1L Turbocharger2.499 cc80 PS @ 3.500 rpm192 Nm @ 1.800 rpm

Kapasitas Silinder

2.499 cc

Tenaga Maksimal

80 PS @ 3.500 rpm

Torsi Maksimal

192 Nm @ 1.800 rpm

Sistem

Common rail

Kapasitas Tangki

55 L

Jenis Bahan Bakar

Diesel

 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya