• Home>
  • Review>
  • Kupas 7 Kecanggihan Toyota Safety Sense, Bikin Pengemudi tak Cepat Lelah
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Kupas 7 Kecanggihan Toyota Safety Sense, Bikin Pengemudi tak Cepat Lelah

Ismet
2022-06-07 16:51:06
Ismet
loading...

Otoloka.id- Toyota Safety Sense (TSS) merupakan teknologi yang dimiliki Toyota yang disematkan pada sejumlah mobil unggulannya. Rancang bangun dari sebuah mobil Toyota pun dengan teknologi tersebut diyakini mampu membuat mobil tersebut lebih aman dan nyaman saat dikendarai.

Seperti dikutip dari situs resmi Toyota, Toyota Safety Sense dirancang untuk membantu melindungi pengemudi dan penumpang. Dengan fitur TSS, Toyota mencoba untuk mengurangi potensi bahaya dalam berkendara baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Jadi, TSS merupakan paket fitur keselamatan aktif yang dimiliki Toyota. Paket ini terdiri dari beberapa fitur keselamatan, yakni Pre-collision Warning, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, dan Pedal Missoperation Control.

Fitur Safety Sense Toyota ini dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser. Pada prinsipnya, fungsi Toyota Safety Sense ini dirancang untuk mengurangi bahaya saat berkendara.

Teknologi Canggih Toyota Safety Sense

Sebagai gambaran ringkasnya, kecanggihan teknologi sistem ini bekerja dengan mengandalkan bantuan kamera serta teknologi radar. Kamera dipakai untuk memantau lingkungan sekitar termasuk di antaranya marka dan rambu lalu lintas.

Sementara gelombang radar berguna untuk mendeteksi jarak material, baik yang ada di depan maupun belakang mobil.

Terdapat perbedaan pula antara Toyota Safety Sense 2.0 dan Toyota Safety Sense generasi terbaru (3.0) yang diklaim memiliki performa sensor dan kemampuan deteksi yang lebih baik.

Berikut ini sejumlah fitur yang ada pada Toyota Safety Sense:

1. Pre-Collision System

Sistem peringatan dini ini mampu member tahu pengemudi tentang potensi kecelakaan yang akan terjadi. Agar kecelakaan dapat dicegah atau tak terjadi, peringatan yang diberikan oleh fitur ini bisa berupa petunjuk di layar panel instrumen maupun berupa bunyi alarm agar pengemudi sadar akan bahaya.

Peringatan yang bekerja melalui sensor ini tidak hanya pada satu momen berbahaya, tetapi juga misalnya mobil dari arah berlawanan yang berbahaya atau bahkan hingga pejalan kaki yang menyeberang.

Adanya sistem peringatan seperti ini, pengemudi diharapkan bisa lebih waspada dan cepat bertindak untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

2. Lane Departure Alert

Kecanggihan teknologi fitur ini mampu membantu pengemudi agar menjaga mobil tetap di jalur yang benar. Fitur ini mampu memindai garis marka jalan melalui sensor laser.

Pengemudi akan diberi peringatan bila tidak sengaja keluar dari jalurnya. Jika ingin berpindah jalur maka pengemudi harus menyalakan lampu sein terlebih dahulu.

Teknologi ini bisa membaca pergerakan mobil yang tidak wajar untuk kemudian mengaktifkan peringatan ke pengemudi. Jika pengemudi tak melakukan tindakan otomatis fitur tersebut akan mengoreksi arah mobil ke arah yang seharusnya.

3. Automatic High-beam

Fitur ini membuat pengendara lain dari lawan arah tidak merasa silau akibat pancaran cahaya lampu dari mobil Toyota. Jadi, fitur ini hanya bekerja pada malam hari dan cara kerjanya sangat canggih dengan sensor laser yang mampu membaca kualitas pencahayaan.

Visibilitas pengemudi akan tetap terjaga berkat sistem akan mengubah pencahayaan dari low beam (lampu dekat) ke high beam (lampu jauh) sesuai kebutuhan pencahayaan di area depan mobil.

Selain itu, fitur ini juga mampu memindai kendaraan dari lawan arah. Kalau ada mobil dari arah berlawanan dan mobil sedang menggunakan high-beam, pastinya berbahaya untuk mobil lain karena bikin silau pengendara dari arah berlawanan.

Untuk itu, sensor pada Toyota Safety Sense akan secara otomatis berpindah ke low beam. Dengan begitu, mobil lain tetap bisa berkendara lebih aman tidak khawatir silau dari cahaya mobil yang menggunakan fitur ini.

4. Road Sign Assist

Fitur Road Sign Assist mampu membaca rambu lalu lintas dengan menggunakan sensor laser dan mampu menampilkan rambu lalu lintas tertentu pada layar MID di panel instrumen.

Jika pengemudi tidak melihat, fitur ini memberi peringatan akan adanya larangan atau batas kecepatan di jalan. Dengan begitu, fitur ini bisa membuat pengemudi lebih patuh terhadap rambu lalu lintas selama perjalanan.

5. Adaptive Cruise Control

Mobil bisa ngegas sendiri tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas. Tak hanya menentukan kecepatan mobil, fitur ini juga mengikuti dan menjaga jarak dengan kendaraan di depan tanpa harus menginjak pedal gas atau rem. Otomatis jarak aman antara mobil di depan pun akan tetap terjaga dengan batas jarak yang aman.

Adanya fitur ini membantu mengurangi rasa lelah saat berkendara yang dialami pengemudi. Jadi, pengemudi bisa melepaskan pedal akselerasi maupun rem, saat melaju di jalur bebas hambatan.

Prinsipnya fitur ini memang memiliki fitur cruise control pada umumnya, tetapi lebih canggih karena mendapatkan fitur tambahan, yakni dapat menjaga jarak aman dengan mobil lain pada kecepatan di atas 50 kilometer/jam.

6. Rear Cross Traffic Alert

Teknologi TSS juga dibekali fitur Rear Cross Traffic Alert. Fitur ini dapat mendeteksi adanya kendaraan yang mendekat di belakang ketika mobil tengah mundur keluar dari area parkir.

Ditambah lagi ada Blind Spot Monitor yang mengidentifikasi setiap objek di area blind spot mobil menggunakan radar.

7. Pedal Misoperation Control

Terakhir, ada fitur Pedal Misoperation Control yang sangat berguna untuk mencegah tabrakan depan ketika parkir saat pengemudi salah menginjak pedal gas yang seharusnya menginjak rem.

Mobil Toyota yang Dilengkapi Fitur Toyota Safety Sense

Pengembangan dari Toyota Safety Sense 2.0, ini berlanjut untuk penyempurnaan dengan Toyota Safety Sense 3.0. Teknologi tersebut diklaim mampu memberikan sensasi berkendara yang lebih fun dan rasa aman.

Berikut ini jenis mobil Toyota yang sudah dilengkapi dengan fitur teknologi Toyota Safety Sense:
• Toyota Avanza G CVT TSS
• Toyota Veloz Q CVT TSS
• All New Voxy
• Toyota Alphard
• Toyota Camry
• New Corolla Altis
• Toyota Raize
• Toyota C-HR
• Toyota Land Cruiser


Tonton juga:



Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset