• Home>
  • Review>
  • Kupas Tuntas All New Ertiga Suzuki Sport FF, Cuma 125 Unit
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kupas Tuntas All New Ertiga Suzuki Sport FF, Cuma 125 Unit

Dilihat 962
EKO
25 Nov 2021, 20:41
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id- Setiap pabrikan memang bebas untuk mengembangkan produk mereka menjadi beberapa tingkatan. Tentunya pengembangan tersebut dilakukan untuk memenuhi hasrat dari pelanggan yang memang menginginkan sesuatu yang lebih.

Salah satunya adalah Suzuki, pabrikan asal Jepang tersebut mengembangkan lini produk mereka yaitu All New Ertiga Sport yang dibuat dalam jumlah terbatas dengan pembenaman beberapa fitur terkini. Model tersebut adalah All New Ertiga Suzuki Sport Final Form (FF).

Seperti nama yang disematkan, yaitu Final Form yang berarti model tersebut merupakan model tertinggi. Bisa saja tidak akan dibuat dengan varian yang lebih tinggi lagi. All New Ertiga Suzuki Sport FF ini pun hanya tersedia sebanyak 125 unit saja.

All New Ertiga merupakan lini produk Suzuki yang bermain di segmen mobil keluarga kelas bawah. Mobil tersebut menjadi salah satu produk Suzuki yang laris di pasaran, karena punya fungsionalitas yang tinggi sebagai mobil Low MPV.

Dan hadirnya All New Ertiga Suzuki Spot FF yang hanya dijual di pasar domestik Indonesia tersebut, berusaha untuk menarik hati lebih banyak konsumen Indonesia dengan tambahan aksesoris bernuansa balap.

Nah, ingin tahu lebih detil mengenai mobil tersebut, simak artikel berikut ini.

Eksterior All New Ertiga Suzuki Sport FF

All New Ertiga sejatinya hadir dengan beberapa tampilan. Ada varian GA yang paling standar, ada juga tipe GL dan GX untuk kelas menengah yang punya tampilan sedikit lebih mewah. Serta ada juga Ertiga yang hadir dengan nuansa balap, yaitu Ertiga Suzuki Sport.

Karena mengadopsi platform yang sama yaitu Heartect, secara garis besar bentuk rangka dan eksterior dari Ertiga series memang sama. Cuma, bedanya hanya pada beberapa tambahan aksesoris pendukung saja.

Dari dimensi misalnya, mobil tersebut punya panjang sebesar 4.470 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Sementara pada generasi terbaru ini, mobil tersebut punya ground clearance yang terbilang rendah, yaitu hanya 180 mm saja.

Untuk All New Ertiga Suzuki Sport FF, terdapat beberapa ubahan tampilan berupa kelir yang dibuat dua warna, yaitu putih untuk keseluruhan bodi, dan balutan warna hitam pada bagian atap, spion, grill dan spoilernya. Aksen hitam juga menghiasi bagian garnish bumper depan dan belakang.

Baca juga: Kenapa Suzuki Ertiga Layak Dipilih Sebagai Mobil Keluarga, Ini Alasannya!

Selain itu, ada juga tambahan aksesoris berupa front spoiler di bagian depan, side skirt, dan bumper yang mengesankan aura balap. Beberapa bagian bodi tersebut juga diberikan sticker dan aksen berwarna merah sebagai penambah kesan sporty.

Pada bagian lampu-lampunya, All New Ertiga Suzuki Sport FF sudah dibekali dengan LED. Penyematan lampu tersebut diletakkan pada lampu depan, di bumper sebagai DRL, lampu belakang, dan juga spion.

Interior All New Ertiga Suzuki Sport FF

Sejatinya, All New Ertiga Suzuki Sport FF merupakan mobil keluarga yang di dalamnya mampu menampung sebanyak tujuh penumpang. Oleh karena itu, faktor kenyamanan menjadi sesuatu yang penting.

Contohnya seperti penyematan fitur pendingin udara otomatis yang diatur secara digital, yang juga tersedia di baris bagian kedua. Penyematan sistem pendingin udara tersebut tak hanya untuk menyejukkan saja, tetapi juga berfungsi sebagai penghangat kabin.

Bagian dashboard mobil tersebut juga diberi kelir berwarna hitam dengan aksen panel kayu yang mewah. Untuk pelapis kursinya, diberikan bahan kulit sintetis berwarna hitam, dengan aksen jahitan berwarna merah.

Ada juga penyematan Smart e-mirror pada spion tengah mobil tersebut, yang fungsinya untuk melihat ke belakang lebih jelas, walaupun di bagian dalam kabin terhalangi penumpang dan barang bawaan. Spion belakang tersebut juga menghindari visibilitas yang buruk akibat kotornya kaca belakang.

Baca juga : 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Sementara bagian keselamatan mobil ini juga mengalami peningkatan, contohnya seperti penyematan smart e-mirror yang membantu visibilitas pengemudi, ketika bagian kabin belakang dipenuhi barang atau kaca belakangnya tertutup kotoran. Reverse camera dan parking sensor juga tersedia.

Mesin All New Ertiga Suzuki Sport FF

Bagian mesin tak ada perubahan, seperti yang dibenamkan pada varian All New Ertiga lainnya, yaitu menggunakan mesin berkubikasi 1.462 cc DOHC empat silinder segaris dengan kode K15B. mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 104,7 PS di 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 138 Nm di 4.400 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut, disalurkan lagi ke sistem penggerak roda depan. Saat ini ada dua sistem transmisi pada All New Ertiga Suzuki Sport FF, yaitu manual lima percepatan, dan transmisi otomatis 4-AT konvensional.

Mobil keluarga tersebut punya kapasitas bahan bakar sebesar 45 liter. Jika dikawinkan dengan mesin K15B, maka konsumsi bahan bakar dari All New Ertiga Suzuki Sport FF adalah 16,73 km/liter untuk transmisi otomatis, dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual.

Fitur Keselamatan All New Ertiga Suzuki Sport FF

Bagi sebagian orang, keselamatan merupakan hal yang utama, yang juga harus disematkan pada mobil. All New Ertiga Suzuki Sport FF, juga menyematkan sistem keselamatan yang mumpuni sebagai mobil keluarga.

Baca juga: Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?

Hal itu terbukti dari adanya fitur Electronic Stability Programme (ESP), dual SRS airbags, pengereman ABS dan EBD. Hill Hold Control juga tersedia untuk varian yang menggunakan sistem transmisi otomatis.

Memang sih, fitur keselamatan pada All New Ertiga Suzuki Sport FF tak sebanyak yang disematkan pada mobil kompetitor, yang sudah menyematkan sistem keselamatan pengemudi aktif.

Harga All New Ertiga Suzuki Sport FF

Walaupun hadir dalam edisi terbatas, namun harga yang ditawarkan pada varian tertinggi ini tak terpaut jauh dengan varian lain di bawahnya. Mobil edisi terbatas tersebut, hanya punya selisih harga sebesar Rp13 jutaan saja dengan All New Ertiga Suzuki Sport.

Untuk yang bertransmisi manual, All New Ertiga Suzuki Sport FF tersebut dijual seharga Rp258,35 juta. Sementara untuk yang bertransmisi otomatis CVT, harganya Rp268,15 juta saja on the road.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Harusnya Bisa Jadi yang Terlaris

Oh iya, untuk Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport FF ini sudah habis terjual di ajang GIIAS 2021 kemarin. Tapi bagi yang ingin mengubah tampilan All New Ertiga menjadi seperti tipe FF ini bisa beli aksesorisnya secara terpisah.

Model

All New Ertiga Suzuki Sport FF

Harga On The Road

Rp 258.350.000,-

Rp 268.150.000,-

Dimensi PxLxT

4.470 mm x 1.735 mm x 1.690 mm

Ground Clearance

180 mm

Mesin

K15B, DOHC, VVT 1.462 cc

Tenaga Puncak dan Torsi

104,7 PS / 6.000 rpm dan 138 Nm / 4.400 rpm

Transmisi

Manual 5 Percepatan

Otomatis 4-speed

Konsumsi BBM km/liter

18,09 km/liter

16,73 km/liter

Sistem Penggerak Roda

Penggerak Roda Depan

Suspensi Depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

Torsion beam with coil spring

Pengereman Depan

Ventilated disc

Pengereman Belakang

Drum, leading and trailing

Ukuran Roda

185/65R15

Fitur Keselamatan

Dual SRS Airbags, ABS+EBD, dan Electronic Stability Programme

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya