• Home>
  • Review>
  • Mari Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Dari Mazda 3 Sedan!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mari Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Dari Mazda 3 Sedan!

Dilihat 2347
Amanda
19 Nov 2021, 13:44
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Banyak pecinta mobil Indonesia yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Mazda 3 Sedan. Pasalnya, mobil sedan yang satu ini memang cukup banyak diminati berkat desainnya yang unik.

Di Jepang sendiri, mobil ini dipasarkan dengan nama Mazda Axela. Mazda 3 Sedan diluncurkan untuk mengganti model Mazda Astina, Interplay, Familia, Lantis, dan Protege yang legendaris.

review mazda 3 sedan

Mazda 3 Sedan ini dibangun di atas platform yang sama dengan Ford Focus. Di Indonesia sendiri, mobil ini masuk ke dalam golongan sedan premium.

Mazda 3 Sedan ini hanya ditawarkan dalam satu varian saja. Banderol harganya berada di kisaran angka Rp561,1 jutaan.

Generasi terbaru Mazda 3 Sedan yang sudah masuk ke Indonesia memang menjadi banyak incaran. Mobil ini bukan hanya memiliki desain yang menawan, tetapi juga beragam fitur yang canggih.

Bagi konsumen yang berminat membelinya, sebaiknya cari tahu dulu kelebihan dan kekurangannya. Maka itu, kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki Mazda 3 Sedan.

Kelebihan Mazda 3 Sedan

1. Desain Eksterior Menawan

Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Mazda 3 Sedan ini kita mulai dengan membahas kelebihannya terlebih dahulu. Kelebihan dari mobil ini yang paling terlihat tentu ada pada bagian desainnya.

Baca juga: Isuzu D-Max 2022, Sekarang Hanya Tersedia Penggerak 4WD

Desain eksterior Mazda 3 Sedan mengusung konsep desain elegan khas mobil sedan. Selain itu, pada bagian eksteriornya ini juga bisa kita lihat adanya bahasa desain KODO khas Mazda yang unik.

Sebagai informasi, bodi Mazda 3 Sedan ini memiliki ukuran panjang 4.662 mm, lebar 2.028 mm, dan tinggi 1.445 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya memiliki ukuran yang sama dengan model hatchback-nya, yaitu 2.726 mm.

2. Interior Mewah dan Nyaman

Masih senada dengan bagian eksteriornya, bagian interior Mazda 3 Sedan pun memiliki desain yang elegan dan minimalis. Alih-alih menampilkan kesan mobil Jepang yang fungsional, bagian kabin mobil ini justru memiliki karakter yang lebih mirip mobil Eropa.

Kesan mewah terasa kental pada bagian kabin Mazda 3 Sedan ini berkat dominasi warna hitam. Kursi pengemudi pun sudah bisa diatur secara elektrik, dan setirnya pun sudah dilengkapi fitur Tilt & Telescopic sehingga bisa diatur posisinya sesuai postur tubuh pengemudi.

Baca juga: Pesona Audi Q8 RS Look di GIIAS 2021, Jadi SUV Termahal

3. Fitur Lengkap

Fitur bisa dibilang merupakan kelebihan utama dari Mazda 3 Sedan ini. Pasalnya, sedan premium ini sudah dibekali dengan berbagai fitur kenyamanan maupun keselamatan yang canggih.

Sebagai fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dibekali fitur Anti-lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Hill Launch Assist, serta Dynamic Stability Control. Untuk memudahkan proses parkir, mobil ini juga dilengkapi Rearview Camera dan Parking Sensor.

Beralih ke keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan Dual Front Airbags, Curtain and Side Airbags, Driver's Knee Airbags, Seatbelts with High Adjuster, serta pengaturan kursi ISOFIX. 

Sementara untuk keamanannya, mobil ini memiliki fitur Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan Burglar Alarm.

Sebagai fitur infotainment-nya, Mazda 3 Sedan mengandalkan Wide TFT Color Display 8,8 inci yang dilengkapi fungsi MZD Connect. Selain fitur-fitur tersebut, ada pula beberapa fitur canggih lainnya, sebut saja Mazda Radar Cruise Control, Smart City Brake Support, Driver Attention Alert, Emergency Stop Signal, Lane Keep Assist System, Lane Departure Warning System, Blind Spot Monitoring, dan masih banyak lagi.

4. Handling Mantap dan Nyaman Dikendarai

Pengalaman berkendara ternyata merupakan salah satu hal yang cukup diperhatikan Mazda untuk model Mazda 3 Sedan ini. Terbukti, mobil ini diklaim memiliki kemampuan handling yang mantap dan responsif.

Baca juga: Review Toyota All New Avanza dan All New Veloz, Bukan Avanza yang Dulu Kita Kenal!

Handling yang mantap ini didukung dengan banyaknya fitur pengendaraan canggih yang sudah disematkan pada mobil ini. Selain itu, kenyamanan berkendaranya pun terjamin berkat digunakannya suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang Torsion Beam Axle.

Kekurangan Mazda 3 Sedan

1. Biaya Perawatan Mahal

Setelah membahas kelebihannya, kini kita beralih ke kekurangan yang dimiliki Mazda 3 Sedan. Seperti yang kita tahu, mobil sedan yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Hal ini juga berpengaruh terhadap biaya perawatannya. Biaya perawatan yang dibutuhkan oleh Mazda 3 Sedan ini bisa dibilang cukup mahal.

Mobil ini membutuhkan biaya perawatan yang berkisar di antara Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan untuk setiap servis berkalanya. Biayanya bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung dengan keadaan mobil dan harga spare partnya.

2. Bagasi Tidak Terlalu Luas

Mengingat statusnya sebagai mobil sedan, ruang di dalam Mazda 3 Sedan ini memang tidak bisa seluas mobil SUV. Terlebih dimensinya yang rendah juga pasti akan mengurangi ruang di dalamnya.

Hal ini berpengaruh terhadap ruang bagasinya. Meskipun ruang kabin memiliki leg room dan head room yang cukup leluasa, tetapi ruang kabinnya tidak bisa digunakan untuk mengangkut terlalu banyak barang.

3. Ground Clearance Rendah

Mazda 3 Sedan memang diciptakan khusus untuk digunakan di perkotaan. Karena itu, mobil ini memiliki ground clearance yang cukup rendah.

Meskipun bukan kekurangan yang terlalu signifikan, ground clearance yang rendah ini bisa menghambat pengemudi ketika berkendara. Hal ini akan menyulitkan pengemudi ketika harus melewati jalan yang bergelombang maupun polisi tidur yang agak tinggi.

 

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Mazda 3 sedan. Bisa kita lihat bahwa sama seperti mobil pada umumnya, Mazda 3 Sedan juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Mobil ini memang dilengkapi dengan desain eksterior yang menawan dan interior yang mewah. Selain itu, fiturnya yang lengkap juga menjadi daya tarik tersendiri dari sedan pabrikan Jepang ini.

Tidak hanya itu, Mazda 3 sedan juga diketahui memiliki kemampuan handling yang mantap. Hal ini akan memudahkan pengemudi ketika bermanuver di jalan raya.

Sayangnya, ada beberapa kekurangan yang masih kita temukan pada Mazda 3 Sedan. Biaya perawatannya yang mahal masih menjadi salah satu kekurangan utama dari mobil ini.

Selain itu, ruang bagasinya tidak terlalu luas, dan ground clearance-nya pun tidak terlalu tinggi. Hal ini akan menyulitkan konsumen ketika ingin membawa banyak barang atau melewati jalan yang bergelombang.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Mazda 3 Sedan ini, kita hendaknya bisa menggunakannya sebagai acuan sebelum membeli mobil tersebut. 

Sebelum membeli mobil, kita memang harus dengan cermat melakukan segala pertimbangan agar mobil yang dibeli sesuai dengan selera dan kebutuhan kita.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya