• Home>
  • Review>
  • Masih Ragu? Simak Spesifikasi Daihatsu Ayla
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Masih Ragu? Simak Spesifikasi Daihatsu Ayla

Dilihat 4844
EKO
15 Okt 2021, 11:04
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

spesifikasi daihatsu ayla

Otoloka.id- Demi menjawab regulasi pemerintah terkait mobil murah dan irit bahan bakar, PT Astra Daihatsu Motor menghadirkan Daihatsu Ayla pada tahun 2012 silam, yang berbagi platform dengan Toyota Agya.

Hadir dengan model hatchback, tak heran, kalau mobil ini terbilang mungil. Daihatsu Ayla punya dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm dengan ground clearance sebesar 180 mm. Namun, dengan ukuran tersebut, Ayla mampu menampung lima orang penumpang.

Sejak kemunculannya sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu Ayla hadir dengan pilihan dua jenis mesin. 

Pemerintah memang memberikan spesifikasi mengenai batasan mesin mobil LCGC yang dimulai dari kubikasi 998 cc, sampai 1.200 cc.

Pada varian mesin 1.0 liter Daihatsu Ayla, menggunakan mesin berkode 1KR-DE. Dengan spesifikasi, DOHC 998 cc tiga silinder VVT-i yang menghasilkan tenaga sebesar 65 PS, dengan torsi mencapai 86 Nm.

Sementara pada mesin 1.2 liter, Daihatsu Ayla menggunakan mesin DOHC 1.197 cc empat silinder VVT-i, yang menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi yang mencapai 108 Nm. Kode mesin ini 3NR-VE.

Selain dua pilihan mesin, Daihatsu Ayla yang sejatinya berpenggerak roda depan juga memberikan dua pilihan transmisi, yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Selang lima tahun semenjak kemunculannya, Daihatsu melakukan penyegaran tampilan pada Ayla yang diikuti juga dengan pesaing satu platform, yaitu Toyota Agya.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Agya 2021, Berapa DP dan Angsurannya?

Dilakukannya penyegaran tampilan, berarti mobil murah dan ramah lingkungan tesebut laris di pasar Indonesia. Hal itu terbukti dari total penjualan yang mencapai 13.030 unit selama Januari sampai Agustus 2021.

Terdapat tujuh pilihan warna pada Daihatsu Ayla, yaitu Yellow Metallic, Glittering Silver, Icy White Solid, Red Solid, Orange Metallic, Dark Grey Metallic, dan Ultra Black Solid.

Selain warna yang beragam, Daihatsu juga menawarkan berbagai fitur dan tampilan yang beragam melalui 12 varian. Apa saja itu?

interior daihatsu ayla

1. Daihatsu Ayla 1.0 D

Varian ini merupakan yang paling rendah dari semua varian Daihatsu Ayla. Mengadopsi mesin 1.0 liter dengan transmisi manual lima percepatan.


Untuk fitur juga terbatas, tidak ada pendingin udara dan juga head unit sebagai hiburan. Sabuk pengaman, side impact beam, dan tabung apar menjadi perangkat keamanan di varian ini, tanpa airbag.


Ayla 1.0 D juga mengadopsi velg kaleng 13 inci tanpa dop. Bumper, spion, dan handle pintu dikelir dengan warna senada bodi. Daihatsu Ayla 1.0 D M/T dijual seharga Rp103,3 juta.

2. Daihatsu Ayla 1.0 D+

Setingkat di atas varian D, sudah banyak fitur-fitur standar. Contohnya seperti disematkan pendingin udara, head unit, pengaturan jendela elektrik, dan setir yang sudah power steering. Namun, transmisi yang tersedia hanya manual lima percepatan.

Standar keselamatan bawaan juga sama dengan varian D, terdapat seatbelt di setiap kursi, side impact beam, dan tabung apar berbentuk bubuk.

Bagian eksteriornya juga mengalami perubahan, yaitu dengan disematkannya velg kaleng 13 inci, dengan dop penutup. Daihatsu Ayla 1.0 D+ M/T dibanderol seharga Rp115,5 juta. 

3. Daihatsu Ayla 1.0 X

Terdapat banyak penyempurnaan fitur pada varian X ini, seperti alarm, sensor belakang, steering assist, serta stabilizer bagian depan. Head rest di kursi penumpang juga tersedia pada tipe ini.

Head unit dua din dengan empat speaker jelas menambah hiburan, apalagi di bagian dashboard terdapat tachometer, dan eco indikator yang dibalut ornamen chrome yang mengesankan mobil ini lebih mewah.  

Bagian eksteriornya sudah terbenam lampu kabut, velg aluminium 14 inci, dan spion yang dapat dibuka secara elektrik.

Daihatsu Ayla 1.0 X dibanderol seharga Rp126,3 juta untuk transmisi manual, dan perlu merogoh kocek sebesar Rp135,35 juta untuk menebus varian yang bertransmisi otomatis.

Baca juga : Toyota Agya Menggoda dengan 7 Pilihan Warna, Apa Warna Favoritmu?


 spesifikasi daihatsu ayla

4. Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe

Varian ini merupakan yang paling tertinggi di kelas 1.0 liter, karena sudah terbenam aero kit di bagian depan dan belakang mobil.

Pelindung samping juga terbenam di varian ini, serta dibenamkan juga aksesoris berupa pipa knalpot chrome.

Bagian interiornya juga diberi aksen berwarna hitam, dengan beberapa tempat untuk menaruh barang. Karena edisi mewah, karpet pijakannya juga diberi aksen Deluxe.

Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe dijual seharga Rp133,65 juta untuk transmisi manual, sementara yang menggunakan transmisi otomatis dijual seharga Rp142,7 juta.

5. Daihatsu Ayla 1.2 X

Di kelas 1.2 liter, varian X merupakan yang paling rendah. Fitur-fiturnya setara dengan varian X di kelas 1.0 liter.

Namun, ada beberapa peningkatan dibanding varian yang sama, namun beda kelas. Contohnya terdapat penyematan assist grip di bagian depan dan belakang.

Di bagian dashboard, terdapat sun visor bagi pengemudi dan penumpang depan. Pembenaman dual SRS airbag juga menambah keamanan penumpang baris depan. Pengaturan pendingin udaranya pun sudah digital.

Untuk keamanan mobil, selain fitur power lock, dan alarm, kunci mobilnya juga model immobilizer. Selain itu, tabung apar juga tersedia di Daihatsu Ayla 1.2 X.

Lampu depan pada varian ini sudah dibekali dengan LED dan proyektor. Velg yang dipakai pada varian ini sudah aluminium alloy 14 inci dengan warna gunmetal.

Daihatsu Ayla 1.2 X M/T dijual seharga Rp137,6 juta, kalau A/T harganya Rp147,6 juta.

6. Daihatsu Ayla 1.2 R

Varian R setingkat lebih tinggi dibanding X, hal tersebut terbukti dari makin lengkapnya fitur yang terbenam.

Contohnya seperti di bagian eksterior, yang dibenamkan ornamen berbalut chrome di lampu kabut, dan knalpot. Pada varian ini velgnya tetap berukuran 14 inci aluminium alloy, namun dipoles atau polished.

Di bagian interiornya, spion dapat diatur buka tutupnya secara elektrik, head unit dua din dengan layar sentuh, dan audio steering switch.

Bagian belakang mobil ini terdapat kamera untuk parkir, selain itu juga ada wiper belakang.

Varian R merupakan kelas menengah dari Daihatsu Ayla, untuk tipe bertransmisi manual, harganya Rp144,55 juta.

Sementara untuk transmisi otomatis dijual seharga Rp157,05 juta, hal tersebut lantaran dibenamkannya fitur ABS dan EBD.

7. Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe

Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe merupakan varian tertinggi sekaligus terkencang, karena menggunakan mesin 1.2 liter.

Selain lebih bertenaga, fitur yang terbenam pada varian ini terbilang paling lengkap. Mulai dari lampu LED dengan proyektor, aero kit depan dan belakang, spoiler belakang, wiper belakang, dan velg 14 inci alloy polished.

Bagian interiornya juga lengkap, sama seperti yang terdapat di varian R. Ada audio steering switch, dan head unit dengan layar sentuh yang terintegrasi dengan kamera parkir.

Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe dijual seharga Rp148,55 juta untuk transmisi manual.

      Lagi-lagi, pada pilihan transmisi otomatis terdapat tambahan fitur ABS dan EBD yang membuat harganya naik menjadi Rp161,05 juta.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Angsuran mulai dari:Rp 2,74 Jt/Bln
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
    Angsuran mulai dari:Rp 1,87 Jt/Bln
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
    Toyota Agya
    Angsuran mulai dari:Rp 2,63 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya