• Home>
  • Review>
  • Mau Mobil Elegan nan Premium? Suzuki Ertiga Pilihan Tepat
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mau Mobil Elegan nan Premium? Suzuki Ertiga Pilihan Tepat

Dilihat 382
Guntur Hanggara
11 Sep 2020, 12:55
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Suzuki Ertiga memang sangat mumpuni sekali dan top di kelasnya, bahkan tampilannya lebih keren dari generasi sebelumnya. Kita dapat lihat sendiri pada bagian depannya yang nampak terlihat lebih elegan dan juga premium, dengan balutan bumper depan yang dipadukan antara lampu utama dan lampu Fognya. Sehingga berkesan sangat stylish dan lebih berwarna.

Kehadiran Suzuki Ertiga baru dengan dengan ukuran yang cukup lapang sehingga menunjang kenyamanan, sehingga layaklah mobil ini dikategorikan sebagai mobil MPV. Dimensi dengan ukuran panjang 4,3 m x 1,7 m x 1,6 m dengan sumbu roda 2,7 m, tentu akan sangat cocok bagi pecinta mobil kelas ini. 

Spesifikasi Suzuki Ertiga

Mengingat kompetisi atau persaingan di segmen Low MPV Tanah Air semakin ketat. Sehingga wajar saja jika ada pembaruan pada Suzuki Ertiga sehingga tak menutup kemungkinan jika mobil ini nantinya akan mampu bersaing dengan ketat.

Apalagi, desain dan spesifikasi eksterior dengan aksen headlamp, front front grill dan fog lamp cukup modern yang memberi kesan fresh terutama bagi pecinta otomotif untuk kelas Suzuki.
Dengan modifikasi teranyar Suzuki, mobil ini mampu memberikan atmosfer modern kepada pengguna setianya. Menurut Otoloka, pembaruan minimalis yang terjadi ini memang cukup mempengaruhi harga Suzuki Ertiga di pasaran.

Selain sisi eksterior yang tampil lebih stylish, sektor interiornya pun juga tidak kalah cantik karena dilengkapi dengan teknologi terbaru lengkap dengan sistem hiburan yang akan memanjakan penumpangnya.

Belum lagi hadirnya mesin DOHC berkapasitas 1.5 liter tipe K15B DOHC VVT juga akan membuatnya semakin tangguh sebagai mobil yang pas buat keluarga. Seperti yang telah diulas dan disinggung di awal segmen tadi, harga Suzuki Ertiga ini memang mengalami perubahan, khusus untuk tipe GX dan GL.

Mesin Suzuki Ertiga

Saat ini, Suzuki Ertiga dibekali mesin berkapasitas 1.500cc, dengan kapasitas murni 1.491 cc 4 silinder. Mesin ini mampu memberikan tenaga 109 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Mesin M15A ini menggunakan bahan aluminium yang dapat menghasilkan torsi merata pada saat putaran mesin rendah. 

Dapur pacu All New Ertiga 2020 sama seperti pendahulunya, yakni dibekali empat silinder dengan kapasitas mesin 1.462 cc. Mesin ini dikombinasikan dengan lima percepatan manual dan empat percepatan otomatis. Teknologi Multi Point Injection (MPI) yang dirancang untuk mesin Ertiga membuatnya sangat hemat dalam konsumsi bahan bakar. Sementara dari sisi performance engine, Ertiga sangat bisa diandalkan di segala medan.

Performa Suzuki Ertiga

Saat ini mobil ini telah dilengkapi dengan mesin K15B yag merupakan pengganti dari mesin sebelumnya yakni K14B. Mesin K14B memiliki kapasitas 1.373 cc, sedangkan K15B berkapasitas 1.462 cc. 

Saat ini tenaga telah dinaikkan menjadi 103,2 Tk pada kecepatan 6.000 rpm dengan puncak torsi 138 Nm yang berputar pada kecepatan 4.400 rpm. Pada model sebelumnya yakni 93,6 TK dan berputa pada kecepatan 6.000 rpm, torsi puncak-nya 1390 Nm pada 4 ribu rpm.
Transmisi dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan.

Untuk menjaga benturan yang datangnya dari depan yang bisa mengancam keselamatan baik pengemudi maupun penumpang, maka mobil sudah dilengkapi dengan fitur canggih yakni SRS airbag tepat pada bagian depan mobil. 

Fitur lainnya yang tidak juga kalah menarik adalah adanya pengait kursi anak atau ISOFIX, ABS with EBD serta ESP ( Electronic Stability Program) Selain itu ada juga immobilizer untuk sistem keamanan. Dengan sistem ini, mesin tidak akan bisa dijalankan jika kunci dan ID kendaraan tidak sesuai.

Fitur Suzuki Ertiga

Sebagai mobil keluarga, All New Ertiga dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan kesan berkendara yang nyaman, tenang, sekaligus terasa mewah. Kualitas performance mesin yang handal dengan didukung pula desain yang sempurna, telah menjadikan All New Ertiga sebagai mobil primadona.

All New Ertiga hadir dalam empat varian, yakni GA (M/T), GL (M/T dan A/T), GX (M/T dan A/T) dan GX ESP (M/T dan A/T). Untuk ruang pacunya dibekali mesin berkode K15B standar EURO 4 dengan kapasitas 1.462 cc DOHC VVT. Tenaga maksimal yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 104,7 PS / 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm / 4.400 rpm.

Konsumsi bahan bakar terbilang irit, berkat adanya teknologi Multi Injection Point (MPI). Berdasarkan hasil dari uji coba Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tahun 2018, konsumsi bahan bakar All New Ertiga sebesar 16,73 kilometer per liter untuk transmisi otomatis dan 18,09 kilometer per liter untuk transmisi manual.

Semua kelengkapan yang ada pada All New Ertiga GA + Chrome Grille, Keyless Entry, Electric Mirror, Alloy Wheels, 2 Point Parking Sensor, Head Unit Touch Screen, AUX, Blutooth Phone Connection, Double Blower dan Power Outlet (2nd ROW).

Sekarang kita beralih pada kelengkapan yang ada pada All New Ertiga GL + LED Lampu Kombinasi Belakang dengan Pemandu Cahaya, Lampu Kabut, Pegangan Pintu Chrome, Roda Kemudi dengan Ornamen Kayu, Tombol Tekan Start / Stop, Pengatur Ketinggian Kursi Pengemudi, Dudukan Cangkir Berventilasi dan Jok berbahan kulit.

Interior Suzuki Ertiga

Desain dan kenyamanan yang ditawarkan oeh Suzuki Ertiga menguji varian GX otomatis, sehingga nuansa aksen kayu menghiasi bagian dasbor, lingkar kemudi, hingga trim pintu. Meski, aksen kayu tersebut hanya berada di baris pertama. Sedangkan penumpang baris kedua tidak bisa menikmatinya.

Lingkar kemudi terasa mantap digenggam. Pada bagian kiri disemati tombol untuk mengatur sistem hiburan dan smartphone Anda. Posisi lingkar kemudi dapat diatur dengan fitur tilt steering, namun belum ada pengaturan secara telescopic.

Suzuki menyematkan detail kecil yang menunjang kenyamanan, seperti ventilasi pendingin pada cup holder di konsol tengah.
Socket lighter juga tak lupa ditambahkan dalam mobil ini untuk kepentingan penumpang baris kedua. 

Hanya saja, nuansa modern tersebut akan sirna saat melihat pengaturan sistem pendingin yang masih menggunakan knop putar seperti kompor.
Model lama tersebut kemungkinan akan diganti jika Ertiga yang tipe facelift sudah dirilis di masa yang akan datang

Saat mencoba duduk di baris ketiga, tak ada yang terlalu istimewa. Jika ingin penumpang baris ketiga terasa sedikit memadai, maka posisi penumpang baris kedua harus digeser ke depan.
Pada baris ketiga jok, kemiringannya dapat diatur sehingga posisi duduk jauh lebih santai, ini adalah nilai tambah dari mobil versi ini. 

Eksterior Suzuki Ertiga

Secara exterior, All new Suzuki Ertiga memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1690 mm. Dimensi tersebut cukup berbeda dibanding pendahulunya dengan panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.685 mm. Ground clearance menjadi 180 mm, sedangkan pendahulunya 185 mm. Sumbu roda dan radius berputar mobil ini masih relative sama yakni 2.740 mm dan 5,2 meter. 

Selain dimensi, desainnya juga berubah dengan signifikan. Wajahnya kini terlihat lebih segar, berkat desain headlamp baru dan garis-garis di atas bonnet. Bagian buritan juga mendapatkan stoplamp berdesain baru. 

Suzuki Ertiga juga menggunakan platform Heartech baru, platform ini diklaim lebih kokoh dan ringan. Keuntungan lainnya adalah meminimalisir getaran dan kebisingan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya