• Home>
  • Review>
  • Mazda3 Hatchback Kelas Menengah Dibangun Dari Basis Platform Ford Focus
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mazda3 Hatchback Kelas Menengah Dibangun Dari Basis Platform Ford Focus

Dilihat 274
Guntur Hanggara
3 Ags 2020, 13:26
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id -Mazda3 adalah hatchback kelas menengah yang cukup jarang terlihat di jalanan. Mazda3 generasi ketiga diluncurkan sejak 2014 dan dianggap langka untuk hatchback di Indonesia. Mazda3 tidak dapat disandingkan dengan Jazz, Yaris, atau hatchback kompak lainnya.

Dengan dimensi dan perpindahan mesinnya, Mazda3 bersaing dengan Toyota Corolla Altis (sayangnya belum ada versi hatchback di Indonesia), Honda Civic Hatchback, dan Ford Focus. Mazda3 sebenarnya dibangun dari basis platform yang sama dengan Ford Focus, seperti halnya Mazda2 yang dibangun dari platform Ford Fiesta. Perbedaannya terletak pada pengaturan suspensi.

Jadi bagaimana reviewnya? Simak ulasan Otoloka berikut ini.

Eksterior Mazda3


Mazda3 mengusung desain yang berbeda dari saudaranya yang hatchback, Mazda2. Di Mazda3, desain lampu depan dan belakang terlihat lebih sempit. Secara dimensi, Mazda3 cukup panjang untuk hatchback. Panjang keseluruhan mencapai hampir 4,5 meter dengan jarak sumbu roda 2,7 meter.

Bonet depan dari Mazda3 terlihat sangat panjang dibandingkan dengan ukuran bodi yang sebenarnya terlihat lebih cocok untuk bonet sedan. Gril depan mengusung desain khas Mazda, desain berbentuk berlian KODO.

Headlamp sudah menggunakan proyektor LED dengan auto-leveling dan auto on / off dan dilengkapi dengan DRL LED. Lampu kabut depan telah menjadi standar hatchback ini dan telah mengadopsi lampu LED.

Mazda3 dilengkapi dengan velg 18 inci yang dibalut ban 215/45 R18. Ground clearance sangat rendah, hanya 95 mm. Ini tentu sangat merepotkan untuk penggunaan sehari-hari di jalanan Indonesia.

Dari tampilan belakang, New Mazda2 terlihat berbeda dan cukup mudah dibedakan dari Mazda2. Selain lampu belakang yang berbeda, Mazda3 juga terlihat lebih rendah (baik atap dan ground clearance) dan lebih lebar. Cluster lampu belakang sudah menggunakan LED.

Eksterior dan Dimensi Mazda3

Panjang: 4475 mm

Lebar: 1795 mm

Tinggi: 1465 mm

Wheelbase: 2700

Front Tread: 1555 mm

Rear Tread: 1560 mm

Ground Clearance: 95 mm

Min. Turning Radius: 5.3 meter

Curb Weight: 1370

Velg: 18" Alumunium Alloy

Ban: 215/45 R18

Interior Mazda3


Mazda3 menghadirkan aura modern dan sporty di interior yang hadir dengan dominasi warna hitam. Desainnya juga sedikit mobil Eropa. Salah satunya adalah bentuk head unit yang menyerupai BMW (dan juga Mazda lainnya). Head unit dapat dikontrol dari tombol bulat di konsol tengah, mirip dengan i-drive pada BMW.

Bisa juga dikendalikan dari setir. Di belakang kemudi juga tertanam paddle shift untuk mengganti persneling secara manual. Untuk mendinginkan kabin, Mazda3 menggunakan AC digital dengan zona ganda. Bagian lain yang terlihat modern terletak pada instrumen meteran. 

Instrumen meter dalam bentuk lingkaran dengan penambahan layar kanan-kiri sehingga memberikan kesan kombinasi analog dan digital. Untuk fitur keselamatan, Mazda3 dilengkapi dengan airbag depan, airbag samping, airbag tirai samping, ABS, EBD, BA, Kontrol Traksi, Kontrol Stabilitas, dan banyak lainnya.

Dengan dimensi besar tetapi bonet panjang, Mazda3 menyediakan akomodasi yang memadai, lebih luas dari Mazda2, tetapi kurang lebih sama dengan Yaris Lele (Gen 2). Ruang kaki dan ruang kepala cukup luas, tetapi tidak berlebihan. Ruang bagasi juga cukup memadai, jauh lebih besar dari Mazda2.

Untuk kepraktisan, Mazda3 menyediakan beberapa penyimpanan kecil, tetapi tidak terlalu banyak. Posisi mengemudi Mazda3 sangat ergonomis dan tampak sporty dengan posisi duduk tinggi. Kursi pengemudi dapat diatur secara elektrik ke berbagai arah. Dukungan lumbar juga dapat diatur. Untuk penumpang depan, masih menggunakan pengaturan mekanis.

Kelengkapan Fitur, Keselamatan, dan Keamanan


- Head Unit Entertainment System with MZD Connect

- Navigation

- Steering Wheel Audio Control

- Commander Control

- Paddle Shift

- Cruise Control

- Instrument Meter with Analog Tachometer and Digital Instruments

- Dual Zone Digital Climate Control AC

- Active Driving Display (HUD/Head Up Display)

- Auto Dimmer Center Mirror

- Leather Seats and Steering Wheel

- Electric Seat with Lumbar Support Adjustment

- Electric Parking Brake

- Sports Mode

- Electric Sunroof

- LED Headlights with Auto-leveling and Auto on/off

- LED Foglamps

- LED Rear Combination Lamps

- Auto Wiper

- Intermittent wiper with Timing Adjustable

- Shark Fin Antenna

- i-Stop

- i-ELOOP

- Front SRS Airbags

- Side SRS Airbags

- Side Curtain SRS Airbags

- ABS

- EBD

- Brake Assist

- Traction Control System

- Dynamic Stability Control

- Blind Spot Monitoring

- Rear Cross Traffic Alert

- 4-points Rear Parking Sensors

- Keyless Entry

- Engine Immoblizer

- Alarm System

Performa Mesin dan Impresi Mengemudi Mazda3


Mazda3 dilengkapi dengan mesin 2.000 cc SKYACTIVE-G DOHC 4 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 165 PS pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi puncak 210 Nm pada putaran mesin 4000 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi SKYACTIVE-DRIVE otomatis 6 kecepatan elektronik yang dapat dikontrol secara manual dari paddle shift.

Pada generasi ketiga ini, hanya mesin 2.000 cc yang tersedia, sedangkan untuk mesin 1.600 cc pada generasi sebelumnya yang dikenal lambat tidak tersedia. Performa mesin Mazda3 cukup baik, dipadukan dengan transmisi elektronik otomatis yang cukup gesit namun mulus meski belum mengadopsi dual-clutch. Untuk ukuran mesin 2.000 cc, Mazda3 cukup irit dengan konsumsi bahan bakar rata-rata dalam penggunaan di kota Jakarta mulai dari 8 hingga 9 km / l.

Untuk penanganan, Mazda3 memiliki karakter kontrol yang akurat dan tepat. Penanganan yang baik ini berkat ground clearance yang rendah, bobot yang tepat, dan karakter suspensi yang kaku. Karakter suspensi stiffnya masih cukup nyaman dan lebih empuk dibandingkan dengan Mazda2. Meskipun ukurannya, Mazda3 sangat agresif dan lincah saat bermanuver. Hanya saja Anda perlu memperhatikan ground clearance. Melewati gundukan cepat atau jalan menanjak dan menurun di mal harus berhati-hati agar tidak macet.

Spesifikasi Mesin, Transmisi dan Suspensi


Engine: 2.0L SKYACTIV-G DOHC

Konfigurasi: 4 in-line cylinder, 16 valve

Displacement: 1998 cc

Rasio Kompresi: 14:1

Bore x Stroke: 83.5 x 91.2 mm

Fuel: Unleaded Gasoline (RON 95 recommended)

Fuel System: EFI Direct Injection

Tenaga Maks: 165 PS / 6000 rpm

Torsi Maks: 210 Nm / 4000 rpm

Konsumsi BBM: 8-9 km/l (dalkot), 10-14 km/l (lukot)

Kapasitas Tangki BBM: 51 liter

Steering: Rack & Pinion with EPS

Transmisi: SKYACTIVE-DRIVE 6-speed A/T

Drive System: Front Wheel Drive (FWD)

Suspensi Depan: MacPherson Strut

Suspensi Belakang: Multi-link

Rem Depan: Ventilated Disc

Rem Belakang: Solid Disc

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya