• Home>
  • Review>
  • Menakar Biaya Servis dan Perawatan Daihatsu Xenia, Benar Terjangkau?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Menakar Biaya Servis dan Perawatan Daihatsu Xenia, Benar Terjangkau?

Dilihat 5434
EKO
22 Okt 2021, 12:33
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

daihatsu xenia

Otoloka.id- Pada tahun 2004 silam, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek menghadirkan Daihatsu Xenia, untuk masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil keluarga dengan harga terjangkau.

Xenia hadir tidak sendirian, saudara satu platformnya Toyota Avanza juga hadir pada tahun tersebut. Dan akhirnya mereka berperang untuk mengisi segmen mobil di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).

Sejak hadir di Indonesia, Daihatsu Xenia sudah mencapai generasi kedua, dan beberapa kali facelift sudah dilakukan. Termasuk yang hadir pada saat ini merupakan Xenia yang sudah mengalami facelift kedua yang bernama Grand New Xenia.

Sebagai mobil keluarga, Daihatsu Xenia bersaing dengan banyak mobil low MPV lain, tak hanya dengan saudara kembarnya Toyota Avanza saja. Memang Toyota Avanza jauh lebih unggul dari sisi penjualan, namun peminat Daihatsu Xenia tetap masih ada.

Buktinya dari data penjualan yang dijabarkan oleh Gaikindo, bahwa Daihatsu Xenia selama bulan Januari sampai Agustus 2021 telah terjual sebanyak 6.514 unit.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Varian Daihatsu Xenia

Dibanding generasi terdahulu, jelas Daihatsu Xenia yang saat ini hadir dengan tampilan lebih modern. Penyematan lampu depan dua baris, desain bodi dengan aksen tegas, dan lampu belakang yang futuristik sekaligus manis.

Tak hanya itu sepaket fitur juga terbenam pada mobil keluarga ini, contohnya seperti penyematan lampu depan LED, lampu kabut, velg alloy 14 inci, dan antena shark fin.

Soal keamanan, sebagai mobil keluarga tentunya Grand New Xenia termasuk mumpuni, contohnya seperti penyematan dual SRS airbags, side impact beam, dan alat pemadam api ringan (apar) sebagai perangkat keamanan standar.

Daihatsu terkenal dengan banyaknya varian yang tersedia, pun dengan mobil keluarga ini yang pada saat ini menawarkan sebanyak 10 varian tipe yang dibagi atas dua tipe utama, yaitu X untuk tipe terendah, dan R sebagai tipe paling tinggi.

Di tiap tipe X dan R yang ditemukan pada Daihatsu Xenia, mempunyai varian yang lebih tinggi, yaitu varian Deluxe yang mempunyai fitur dan aksesoris penunjang lebih banyak, contohnya seperti penyematan aero kit pada bumper depan dan belakang.

Sebagai varian terendah, tipe X pada Daihatsu Xenia menawarkan empat varian yang beragam di kelas 1.3 liter, yang terbagi atas varian X standar, dan Deluxe. Keduanya juga dibagi menurut sistem transmisi yang tersedia, yaitu manual dan otomatis.

Hal yang sama berlaku juga pada varian R dengan jenis mesin 1.3 liter, yang dibagi menurut sistem transmisi yang ditawarkan. Di tiap varian R ini, ada varian tertinggi alias varian Deluxe.

Pada varian R, perbedaannya dengan varian X adalah penyematan tweeter, setir yang dapat diatur, serta penyematan eco indikator. Tak hanya itu, kunci immobilizer dan kamera parkir juga menjadi fitur standar bawaan tipe R.

Satu yang spesial adalah varian R juga terdapat di Daihatsu Xenia dengan mesin 1.5 liter. Pada varian ini yang tersedia juga hanya varian tertinggi saja, atau R Deluxe yang dibagi menurut sistem transmisinya saja.

Pada varian 1.5 liter, Daihatsu membekali sistem keselamatan yang lebih baik lagi, yaitu dengan penyematan sistem pengereman ABS dan EBD. Tentunya, hal tersebut dilakukan, karena pada varian mesin ini tenaga mesin yang dihasilkan lebih besar.

Baca juga: 10 Mobil MPV Favorit untuk Keluarga, Mana Pilihanmu?

Berikut tabel yang kami rangkum untuk menjelaskan terkait varian tipe pada Daihatsu Xenia berikut harganya,

Varian Daihatsu Xenia

Harga

Xenia 1.3 liter X M/T Standart

Rp 184.500.000,-

Xenia 1.3 liter X M/T Deluxe

Rp 196.500.000,-

Xenia 1.3 liter X A/T Standart

Rp 194.600.000,-

Xenia 1.3 liter X A/T Deluxe

Rp 207.500.000,-

Xenia 1.3 liter R M/T Standart

Rp 194.600.000,-

Xenia 1.3 liter R M/T Deluxe

Rp 206.900.000,-

Xenia 1.3 liter R A/T Standar

Rp 205.200.000,-

Xenia 1.3 liter R A/T Deluxe

Rp 217.100.000,-

Xenia 1.5 liter R M/T Deluxe

Rp 215.800.000,-

Xenia 1.5 liter R A/T Deluxe

Rp 225.900.000,-

Mesin Daihatsu Xenia

Sebagai mobil Low MPV yang bisa dibilang laris di pasaran, Daihatsu Xenia juga membenamkan mesin yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Saat ini, ada dua jenis mesin, yaitu 1.3 liter dan 1.5 liter.

Selain mesin yang digunakan ada dua jenis, pemilihan transmisinya pun ada dua, yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan. Lalu, tenaga dari mesin dan transmisi akan disalurkan pada penggerak roda belakang.

Pada mesin 1.3 liter, Daihatsu Xenia menggunakan mesin berkode 1NR-VE 1.329 cc DOHC Dual VVT-i. Mesin tersebut berkonfigurasi empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 PS di 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 122 Nm di 4.000 rpm.

Sementara untuk kubikasi lebih besar, Daihatsu Xenia memakai mesin 1.5 liter dengan kode 2NR-VE. Mesin tersebut berkubikasi 1.495 cc empat silinder segaris dengan teknologi DOHC Dual VVT-i, yang menghasilkan tenaga sebesar 104 PS di 6.000 rpm, dengan torsi torsi 141 Nm di 4.000 rpm.

Berbicara mengenai mesin, sudah pasti perangkat ini yang nantinya butuh perawatan dan servis secara berkala. Kami merangkum kisaran biaya servis dan perawatan pada Daihatsu Grand New Xenia.

 

Kisaran biaya servis dan perawatan Daihatsu Xenia

1. Estimasi biaya servis 10.000 km

Ketika mobil sudah mencapai 10.000 kilometer, memang sudah sepantasnya untuk membawa ke bengkel. Pada jarak tempuh ini, mobil akan diperiksa dan akan diganti beberapa suku cadangnya, yang meliputi kampas rem, filter oli, oli mesin, oli transmisi, filter udara, filter AC.

Karena lumayan banyak suku cadang yang diganti, maka pemilik Daihatsu Xenia harus mengeluarkan biaya dengan estimasi Rp1,2 juta. Untuk jasa bongkar dan pasang pada jarak ini pihak Daihatsu masih memberi pelayanan cuma-cuma alias gratis.

2. Estimasi biaya servis 30.000 km

Saat Daihatsu Xenia telah menempuh jarak 30.000 kilometer, beberapa suku cadangnya juga diganti, contohnya seperti filter udara, filter AC, dan filter oli. Komponen lain juga diganti seperti oli mesin, dan oli transmisi.

pada jarak 30.000 kilometer, estimasi biaya yang dikeluarkan untuk servis sekitar Rp612 ribu. Servis di jarak 30.000 kilometer akan sama perlakuaan dan biayanya ketika Daihatsu Xenia telah menempuh jarak 50.000 kilometer.

3. Estimasi biaya servis 40.000 kilometer

Pada saat Daihatsu Xenia menempuh jarak 40.000 kilometer, yang dilakukan bukan hanya penggantian oli-oli saja, tetapi juga melakukan pemeriksaan lain, seperti pemeriksaan kaki-kaki, kampas rem, minyak rem, V-belt, filter udara, filter AC, dan filter oli.

Pada jarak ini, bagian transmisi pada Daihatsu Xenia juga akan dicek, dan pada transmisi manual akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp152 ribu, dibanding biaya pengecekan transmisi otomatis.

4. Estimasi biaya servis 70.000 kilometer

Pada jarak ini, sebenarnya pengecekan dan penggantian suku cadang sama ketika mobil mencapai jarak 50.000 kilometer, yaitu mengganti komponen filter udara, filter AC, filter oli, dan penggantian oli mesin. Biaya yang dibebankan sedikit bertambah, yaitu sebesar Rp631 ribu.

5. Estimasi biaya servis 80.000 kilometer

Ketika menempuh jarak 80.000 kilometer, Daihatsu Xenia akan membutuhkan lebih banyak biaya. Biaya tersebut meliputi penggantian suku cadang dan pengecekan beberapa bagian mesin. Untuk estimasi biaya yang dikeluarkan pada jarak ini adalah sekitar Rp1.8 juta untuk transmisi manual.

Sementara biaya lebih besar dikenakan untuk Xenia dengan transmisi otomatis, yaitu sekitar Rp2,1 juta. Lebih mahalnya biaya servis Xenia transmisi otomatis untuk penggantian oli transmisi yang jumlahnya delapan buah.

6. Estimasi biaya servis 90.000 kilometer

Pada jarak ini, biaya yang dikeluarkan sama seperti Daihatsu Xenia menempuh jarak 70.000 kilometer. Dan nantinya ketika mobil tersebut sudah menempuh jarak 10.000 kilometer, biaya yang dibebankan juga sama dengan jarak ini, yaitu Rp631 ribu.

Kesimpulan

Biaya servis pada Daihatsu Xenia tentunya hanya perkiraan atau estimasi saja, pada kenyataannya bisa saja berbeda dikarenakan kondisi mobil yang berbeda-beda akibat cara pemakaian tiap pemilik.

Selain itu, biaya yang disebutkan di atas juga kemungkinan berbeda dengan saat di bengkel, ini karena mungkin saja terjadi kenaikan harga suku cadang. 

Dengan biaya sebesar urutan di atas, bagaimana menurut Anda, apakah biaya perawatan Daihatsu Xenia ini benar-benar terjangkau? 

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya