• Home>
  • Review>
  • Mengenal Fitur Electronic Brake Distribution di Mobil Modern
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Mengenal Fitur Electronic Brake Distribution di Mobil Modern

Yunita Efendi
5 Des 2021, 11:18
  • Dilihat 4840
  • Suka 0

Otoloka.id - Sebagai pecinta mobil kekinian, tidak ada salahnya jika kita mengenal fitur Electronic Brake Distribution. Fitur yang satu ini memang lazim digunakan pada banyak model mobil modern di zaman sekarang.

Fitur Electronic Brake Distribution ini termasuk pada fitur keselamatan aktif yang ada pada mobil. Biasanya, fitur ini melengkapi salah satu fitur pengereman lainnya, yaitu Anti-lock Braking System (ABS).

Anti-lock Braking System dan Electronic Braking Distribution ini memang biasanya menjadi satu kesatuan fitur keselamatan. Kedua fitur ini sudah umum kita temukan pada mobil-mobil keluaran terbaru, salah satunya adalah Toyota Avanza generasi terbaru.

Nah, kali ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang fitur Electronic Brake Distribution ini. Apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya, ya?

Sekilas Tentang Fitur Electronic Brake Distribution

Sebelum kita membahas lebih jauh dan mengenal Electronic Brake Distribution, mari kita lihat sekilas tentang fitur yang satu ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur Electronic Brake Distribution ini merupakan fitur yang biasanya disematkan dengan sistem ABS.

Sebagai informasi, Anti-lock Braking System merupakan fitur yang disematkan untuk mencegah ban mengunci di bidang jalan yang memiliki traksi rendah. Di saat yang sama, momentum pengereman hingga kendaraan benar-benar berhenti harus dimanfaatkan pengemudi.

Hal tersebut bertujuan agar kendaraan bisa bermanuver menghindari objek yang berada di depannya agar tidak terjadi tabrakan. Karena itu, biasanya dalam demo praktek fitur Anti-lock Braking System, mobil sebisa mungkin dibawa menghindari cone.

Baca juga: Cara Aman Hadapi Aquaplaning di Musim Hujan

Nah, sama seperti Anti-lock Braking System, fitur Electronic Brake Distribution ini juga bekerja pada mekanisme pengereman kendaraan. Tetapi berbeda dengan fitur tersebut, Electronic Brake Distribution ini berfungsi untuk mengatur penyebaran kekuatan rem.

Untuk mengenal lebih dalam tentang fitur Electronic Brake Distribution, mari kita simak informasi berikutnya.

Fungsi Electronic Brake Distribution

Apa fungsi dari Electronic Brake Distribution sebenarnya? Pada dasarnya, Electronic Brake Distribution ini merupakan fitur yang bekerja untuk mengatur distribusi tekanan rem di setiap roda sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam beberapa kondisi, kebutuhan tekanan rem pada satu roda bisa jadi berbeda dengan roda yang lainnya. Dengan kata lain, tidak semua roda membutuhkan gaya pengereman yang sama.

Ketika proses pengereman dilakukan, bobot kendaraan akan berpindah ke roda dan masing-masing roda tidak selalu menopang jumlah berat yang sama persis. Karena itulah, gaya tekanan yang diterapkan pada setiap roda harus berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing.

Biasanya, perbedaan bobot pengereman yang dibutuhkan ini bergantung pada banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah banyaknya barang yang dibawa di dalam mobil, kondisi permukaan jalan, kecepatan mobil, hingga momen menikung.

Dalam hal ini, Electronic Brake Distribution berfungsi untuk memaksimalkan efisiensi pengereman tanpa mengurangi kontrol kendaraan. Fitur ini juga akan melengkapi kerja fitur Anti-lock Braking System.

Baca juga : Tips menggunakan Ban Serep dengan Aman

Kedua fitur tersebut memang diketahui memiliki sistem kerja yang menggunakan komponen yang sama. Beberapa komponen tersebut antara lain sensor kecepatan, Electronic Control Unit, dan Brake Force Modulator.

Cara Kerja Electronic Brake Distribution

Sekarang mari kita mengenal bagaimana cara kerja fitur Electronic Brake Distribution ini. Cara kerja fitur Electronic Brake Distribution pada mobil ini sebenarnya cukup sederhana jika kita sudah mengerti konsepnya.

Ketika proses pengereman dilakukan, berat kendaraan akan berpindah pada keempat roda mobil. Jika pengereman yang dilakukan mendadak dan terlalu keras (dengan kata lain, hard braking), maka momentum pergerakan kendaraan hingga keadaan berhenti akan tetap membuatnya bergerak lebih cepat daripada putaran rodanya.

Hal inilah yang kemudian akan mengakibatkan ban selip atau kehilangan traksi. Dan jika dibiarkan, maka mobil bisa kehilangan kendali dan akan timbul resiko terjadinya kecelakaan.

Fitur Electronic Brake Distribution dihadirkan untuk menanggulangi masalah ini. Saat sensor kecepatan pada mobil mendeteksi adanya ban selip, sensor tersebut kemudian mengirim sinyal ke Electronic Control Unit.

Dari Electronic Control Unit, sinyal ini kemudian diteruskan dalam bentuk perintah ke Brake Force Modulator untuk melakukan distribusi tekanan rem sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan oleh masing-masing ban.

Secara sederhana, bisa dikatakan bahwa sistem Electronic Brake Distribution ini bekerja dengan mendeteksi beban yang dipikul masing-masing roda. Misalnya, ketika mobil diisi oleh dua penumpang, distribusi pengereman akan lebih besar di depan, karena bagian depanlah yang lebih banyak menopang beban.

Mobil yang dilengkapi dengan fitur Electronic Brake Distribution ini bisa melakukan deselerasi dan berhenti sesuai dengan timing yang dibutuhkan. Berbeda dengan Anti-lock Braking System yang aktif, kerja fitur Electronic Brake Distribution ini memang tidak akan terasa langsung oleh pengemudi.

Baca juga: Apa Itu Tune Up Mobil? Mari Kita Cari Tahu Lebih Jauh!

Tetapi dengan adanya fitur ini, jarak pengereman pun berkurang atau lebih pendek dibandingkan dengan mobil yang tidak dilengkapi fitur ini, dan karena itulah, fitur ini tergolong sebagai fitur keselamatan.

Mobil yang tidak dilengkapi dengan fitur Electronic Brake Distribution ini memiliki kemungkinan besar pengemudi akan kehilangan kendali kendaraan. Hal ini pun bisa mengakibatkan oversteer.

Dengan adanya fitur EBD tersebut, oversteer dapat dicegah dengan pengereman yang disalurkan ke masing-masing roda untuk memperlambat kendaraan.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan