• Home>
  • Review>
  • Mengenal Tiga Generasi dari Honda Jazz
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mengenal Tiga Generasi dari Honda Jazz

Dilihat 4989
EKO
26 Okt 2021, 17:26
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

tiga generasi honda jazz

Otoloka.id- Untuk mengisi segmen mobil mungil yang cocok untuk mobilitas dalam kota, Honda Prospect Motor menghadirkan Honda Jazz ke Indonesia pada 2003 silam.

Sebelumnya, mobil tersebut sudah hadir duluan di Jepang pada 2001 silam dengan nama Honda Fit.

Mobil tersebut menggunakan platform Honda Global Small Car yang membuat model ini dijual ke berbagai belahan dunia dengan bentuk yang sama.

Yang memakai platform tersebut ternyata bukan hanya Honda Jazz saja, tetapi HR-VMobilio, Freed, dan City yang sekarang menjadi suksesor dari Honda Jazz.

Honda Fit (Jazz) bisa dibilang menjadi model hatchback yang laris di seluruh dunia. Bayangkan saja, model ini diproduksi di sepuluh pabrik Honda di delapan negara.

Selama kehadirannya sampai 2013, model ini telah terjual sebanyak lima juta unit. Gokil!

Termasuk di Indonesia, Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merk menjadikan pabrik di Karawang, Jawa Barat menjadi pabrik perakitan model ini.

Ada alasan kenapa Honda Jazz menjadi model yang laku di Indonesia, yaitu modelnya yang manis, ukuran mobil yang pas, dan tentunya punya kapabilitas yang baik dalam memanfaatkan ruang di dalam kabin.

Namun, saat ini Honda Jazz sudah tidak lagi mengisi pasar kendaraan di Indonesia. Perannya digantikan oleh Honda City Hatchback.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Honda Jazz, Termasuk Murahkah?

Bisa dibilang Jazz sudah puas hadir di Indonesia, karena model tersebut sudah menjadi teman perjalanan selama lebih dari 16 tahun.

Dan selama perjalanannya, Honda Jazz sudah hadir sampai tiga generasi di Indonesia.

Berikut kami hadirkan Honda Jazz dari tiap generasi.

honda jazz generasi pertama

Honda Jazz Generasi Pertama

Seperti yang disinggung di atas, Honda Jazz hadir di Indonesia pada 2003 silam, tepatnya di akhir tahun. Saat itu, Honda Prospect Motor menghadirkan mobil in dalam bentuk CBU yang didatangkan dari Thailand.

Salah satu hal yang sempat heboh adalah, seringnya melihat emblem Honda Jazz yang sudah hilang titiknya. Memang, saat itu titik pada huruf J di badge Honda Jazz banyak yang mencuri lantaran konon, materialnya yang terbuat dari emas putih.

Honda Jazz generasi pertama ini menggunakan platform Honda Global Small Car, yang dijual dengan dua pilihan mesin, yaitu i-DSI dan VTEC sebagai varian tertinggi. Mesin yang digunakan model ini berkode L15A dengan kubikasi 1.500 cc.

Pada mesin L15A berteknologi i-DSI, tenaga yang dikeluarkan sebesar 87 PS DI 5.500 rpm, dengan torsi sebesar 128 Nm di 2.700 rpm.

Sementara untuk tipe tertinggi yang menggunakan teknologi VTEC, tenaga yang dihasilkan mencapai 110 PS di 5.800 rpm, dengan torsi yang mencapai 143 Nm di 4.800 rpm.

Hadir di tahun 2003, Honda Jazz termasuk mobil yang canggih pada saat itu. Pasalnya, sistem transmisi otomatis pada mobil ini sudah mengadopsi CVT tujuh percepatan. Terdapat juga transmisi manual lima percepatan sebagai opsi.

Honda Jazz generasi pertama juga sudah dibenamkan teknologi kemanan yang mumpuni. Terbukti dari disematkannya sistem pengereman ABS, EBD, dan BA pada varian tertinggi. Selain itu, sebagai pelengkap juga disematkan pula SRS airbag pada mobil ini.

Baca juga : Jangan Bingung, Ini Dia Beberapa Pilihan Warna Honda Jazz yang Atraktif

Mobil yang punya kode bodi GD3 ini, memiliki dimensi panjang 3.830 mm, lebar 1.693 mm, dan tinggi 1.485 mm. Meski terbilang berdimensi kecil, namun Honda Jazz terkenal akan akomodasi yang luas, yang dinamakan Ultra Seat.

Kursi yang ada pada Honda Jazz dapat dilipat dan mampu membawa muatan dengan panjang 2,4 meter, dan muatan dengan tinggi maksimal 1,3 meter. Luasnya kabin mobil ini karena penempatan tangki bahan bakar yang letaknya berada di bawah kursi penumpang.

 honda jazz generasi kedua

Honda Jazz Generasi Kedua

Honda Jazz generasi kedua dikenalkan pada tahun 2007 di ajang Tokyo Motor Show, sebagai pengganti geneasi pertama. Model ini punya kode bodi GE8.

Dibanding dengan generasi terdahulu, pada generasi ini punya ukuran yang lebih lebar dan panjang, yaitu berdimensi panjang 3.900 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1,525 mm. Sumbu rodanya saja lebih panjang menjadi 2.500 mm

Khusus untuk Indonesia, yang mesin ditawarkan hanya satu saja, yaitu Mesin berkode L15A berteknologi i-VTEC. Mesin ini berkubikasi 1.500 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi yang mencapai 145 Nm pada 4.800 rpm.

Pada generasi kedua ini, Honda Prospect Motor memberikan tiga tipe varian Honda Jazz, yaitu A, S, dan RS sebagai varian tertinggi.

Sama seperti pendahulunya, sistem keselamatan berupa SRS airbags juga tersedia pada model ini. ABS, EBD, dan BA juga menjadi sistem keselamatan pada varian tertinggi.

Baca juga: Jangan Bingung, Ini Dia Beberapa Pilihan Warna Honda Jazz yang Atraktif

Pada model ini juga tersedia dua pilihan transmisi, yaitu manual lima percepatan dan otomatis CVT dengan tujuh percepatan.

Sistem akomodasi muatan bawaan juga masih tersedia pada Honda Jazz generasi kedua ini, di mana kursinya dapat dilipat dan diatur.

Tangki bahan bakarnya juga masih berada di bawah kursi penumpang.

Di Jepang, Honda Jazz generasi kedua ini menyabet penghargaan Car Of The Year di tahun 2007.

 

Honda Jazz Generasi Ketiga

Honda Jazz generasi ketiga ini, sudah dibenamkan banyak peningkatan. Contohnya seperti dimensi yang makin besar dengan panjang 3.955 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.525 mm. Jarak sumbu rodanya juga lebih panjang 30 mm dibanding edisi terdahulu.

Pada generasi yang hadir pada tahun 2014 ini, beberapa fitur seperti Ultra Seat dan tangki bahan bakar yang berada di bawah kursi penumpang juga tetap dipertahankan.

Honda Jazz generasi terbaru dengan kode bodi GK5 ini juga masih mengadopsi platform Honda Global Small Car, yang lebih ditingkatkan dalam hal keleluasaan penumpang.

Kali ini, mesin yang dibenamkan pada Honda Jazz merupakan mesin dengan generasi terbaru yang berkode L15Z. Mesin tersebut juga berkubikasi 1.5 liter atau 1.500 cc dengan konfigurasi empat silinder segaris yang sudah berteknologi i-VTEC.

Meski beda kode mesin, namun tenaga yang dikeluarkan tetap sama dengan generasi terdahulu, yaitu keluaran tenaga sebesar 120 PS di 6.600 rpm, dengan torsi mencapai 145 Nm di 4.800 rpm.

Baca juga: Penjualan Honda City Hatchback Di Bawah 1.000 Unit Perbulan

Terdapat penambahan varian pada Jazz generasi ketiga ini, yaitu A, S, dan RS yang menjadi varian tertinggi.

Di tahun 2016, Honda Jazz mengalami facelift berikut penambahan fitur berupa head unit floating atau mengambang.

Bagian keselamatannya ditambah dengan penyematan airbag di bagian penumpang. Setahun berselang, pada Honda Jazz varian RS, dibekali dengan lampu depan LED proyektor dengan DRL.

Setelah 2017 mengalami facelift, Honda Jazz terus bertahan sampai akhirnya disuntik mati pada Maret 2021, dan digantikan oleh model satu platformnya, yaitu Honda City Hatchback.

Namun, di beberapa negara Honda Jazz (Fit) masih dipasarkan dengan generasi terbarunya, yaitu generasi keempat yang punya tampilan membulat seperti generasi awal.

 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda HRV
    Honda HRV
    Honda HRV
    Angsuran mulai dari:Rp 5,68 Jt/Bln
  • Honda City
    Honda City
    Honda City
    Angsuran mulai dari:Rp 6,50 Jt/Bln
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Angsuran mulai dari:Rp 3,58 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya