• Home>
  • Review>
  • Mengenal VW Caravelle, si Bongsor keluaran Volkswagen Kendaraan RI1
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mengenal VW Caravelle, si Bongsor keluaran Volkswagen Kendaraan RI1

Dilihat 326
Guntur Hanggara
24 Ags 2020, 10:45
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Pamor VW Combi di Indonesia menunjukkan kecakapan Volkswagen dalam memproduksi mobil keluarga yang nyaman. Kepiawaian itu dipertahankan pabrikan asal Jerman ini pada generasi Combi di era 90-an yang pada kemudian hari lebih dikenal sebagai VW Caravelle. 

Secara global Caravelle dikenal sebagai Volkswagen T6 dan masuk generasi Volkswagen Transporter. Memasuki era millennium, VW Caravelle berkembang menjadi kendaraan dagang dan ambulans di bawah nama VW Transporter. Simak paparan Otoloka ini.

Pasar Indonesia sendiri sejak dulu sebenarnya sudah sangat bersahabat dengan produk keluaran Volkswagen. Kepraktisan, desain dan performanya jelas jadi alasan utama. Akan tetapi VW Caravelle baru mulai menjadi perhatian publik ketika diboyong masuk tahun 1994 dalam rangka KTT Non-Blok. Sejak saat itu, Caravelle menjadi simbol MPV mewah di tanah air dan langsung menarik minat kalangan menengah atas. Namun kharismanya mulai meredup di tahun 2000an saat beberapa pabrikan Jepang menginvasi pasar dengan merilis MPV premium yang mengesankan nuansa mewah terbaik.

Para konsumen menyukai VW Caravelle dari segi fleksibilitas dan sejumlah mode konfigurasi tempat duduk yang tersedia. Mobil ini ternyata juga memiliki sistem penanganan dan kemudi memuaskan serta dibekali sejumlah fitur keselamatan dan kemudi 4Motion. Fitur-fitur yang dikemas di dalam Caravelle, menjadikannya kendaraan komersial ringan (light commercial vehicle) laris di kalangan konsumen yang sedang mencari mobil keluarga.

Karena performanya, pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, VW Caravelle juga diboyong masuk istana dan menjadi kendaraan operasional para pejabat negara.

Untuk saat ini, VW Caravelle yang masuk di segmen MPV premium dirilis dalam 8 varian berbeda. Hadir dengan 3 pilihan warna yaitu white, brown dan beige metallic, mobil bongsor ini dibanderol mulai dari 1,298 milyar hingga 1,835 milyar untuk varian tertinggi.

Nah, apakah Anda penasaran dengan spesifikasi VW Caravelle? Kali ini tim Otoloka mencoba merangkumnya untuk Anda.

Eksterior dan Dimensi VW Caravelle

Terkesan bongsor untuk kelasnya, sekilas penampilan VW Caravelle terlihat kurang estetis. Kesan menarik tercipta berkat beragam fitur yang disematkan pada bodi mobil. Salah satunya adalah penggunaan material aluminium pada kusen samping dan spoiler depan yang menjadikan tampilan eksterior VW Caravelle berkarakter modern. 

Aksen krom di grille dan foglamp juga makin memancarkan pesona mobil ini. Lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED daytime running light dan bi-xenon headlamp yang menjamin kenyamanan berkendara karena intensitas cahayanya tinggi sehingga dapat memperluas jarak pandang pengemudi.

Eksterior Keamanan

Adjustable Headlights Anti-theft Device
Kaca spion elektrik Alarm Mobil
Velg alloy Engine Immobilizer
Antenna elektrik
Grille krom
foglamp
Wiper Kaca Belakang

Seperti umumnya MPV Premium lainnya, Caravelle juga menggunakan sliding door yang memungkinkan penumpang untuk keluar dan masuk mobil dengan mudah meski di area parkir yang sempit. Desain kaca belakangnya unik dan dilengkapi electric tailgate and rear wingdoor. Pada bagian belakang mobil ini juga terdapat sensor parkir dan kamera mundur dengan resolusi terbaik untuk memudahkan parkir.

Secara keseluruhan dimensi VW Caravelle adalah 4892 mm untuk panjangnya, lebar 1904 mm, tinggi 1970 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 3000 mm. MPV ini dibekali pelek roda standar berukuran 17 inchi yang diduetkan dengan ban berukuran 235/55 R17.

Interior dan Fitur VW Caravelle

Kabin VW Caravelle yang luas tentu menjadi salah satu alasan kenyamanan. Mobil ini menawarkan ruang lapang yang mampu menampung penumpang lebih banyak dibanding MPV lain. Bahkan jok di baris kedua bisa diputar terpisah sedangkan jok di baris ketiga bisa direbahkan 180 derajat jika ingin mendapat ruang lebih besar lagi. Tata letak kursi dalam kabin memang sangat fleksibel dan dapat diubah sesuai preferensi pengguna.  

VW Caravelle juga didukung fitur infotainment modern seperti head unit double DIN yang terkoneksi Bluetooth, MID di speedometer, televisi juga setir dengan tombol multifungsi yang bisa diatur tilt dan telescopic. Fitur standar untuk mobil mewah seperti jendela elektrik, ECM, cruise control, sliding door elektrik, AC di tiap baris jok, heated seat dan fitur kenyamanan lain tentu juga ditanamkan di MPV ini.

Selain itu, MPV ini juga dibekali fitur-fitur kenyamanan dan kepraktisan demi kepuasan pengendara. Bahkan untuk menunjang aktifitas, tersedia juga meja kerja tersembunyi di baris jok kedua. Interior yang nyaman dan luas serta berbagai fitur penunjang menegaskan bahwa mobil ini bisa berubah fungsi sesuai keperluan. Tidak hanya sebagai alat transportasi semata tapi juga bisa dikonsep seperti kantor berjalan. Walau terlihat sederhana tapi harus diakui kabin VW Caravelle mengesankan kemewahan. 

Kenyamanan Keselamatan infotainment

AC Child Safety Locks Layar Sentuh
Vanity Mirror Brake Assist Radio AM/FM
Cruise control Engine Check Warning Sistem Navigasi
Power Outlet Kontrol Traksi Audio 2DIN
Spion Lipat Elektrik Anti-lock Braking System Pemutar CD
Adjustable Seats Vehicle Stability Control System Speaker depan-belakang
Automatic Climate Control Electronic Brake Distribution Soket USB

Sisi keselamatan tentu juga merupakan perhatian utama dari produk Volkswagen. Termasuk di dalamnya VW Caravelle yang dibekali beberapa fitur keselamatan seperti anti-lock braking system, electronic brake distribution, child safety locks, vehicle stability control system, airbag, dan brake assist yang meningkatkan stabilitas dan kontrol kendaraan. Ada juga sistem pemantau tekanan ban yang menyajikan informasi mengenai tekanan ban. 

Fitur keselamatan lain termasuk engine immobilizer, anti-theft device, anti-theft alarm, ISOFIX, dan sensor parkir yang mengoptimalkan baik keamanan kendaraan maupun penumpang. 

Mesin dan Performa VW Caravelle

Generasi terbaru VW Caravelle memiliki desain panjang dan melebar. Tentu kenyamanan berkendara dengan torsi besar menjadi semacam kewajiban. Untuk itu kendaraan ini menyajikan dua pilihan mesin yaitu mesin diesel TDI kapasitas 2.0 liter dan mesin bensin TSI 2.0 liter.

Varian mesin diesel 2.0 liter menghasilkan energi maksimal sebesar 140 PS pada 3500 rpm dan torsi puncak mencapai 340 Nm dalam rentang putaran 1750 hingga 2500 rpm. Lain halnya dengan mesin bensin TSI kapasitas 2.0 liter yang mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 204 PS dalam rentang putaran 4200 hingga 6000 rpm serta torsi puncak sebesar 350 Nm pada putaran 1500 hingga 4000 rpm. Mesin ini diduetkan dengan transmisi 7 percepatan dual clutch yang sanggup menembus kecepatan 100 km/jam dari titik nol dalam waktu 9,5 detik dan mencapai kecepatan maksimum sampai 200 km/jam.

Jika membandingkan tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar, tentu mesin diesel lebih unggul ketimbang varian bensin. Tercatat, mesin diesel lebih ekonomis karena hanya membutuhkan 7,2 liter saat menempuh jarak 100 km.

Tipe mesin 2,0 liter BiTDI
Jumlah silinder 4
Kapasitas silinder 1968 cc
Tenaga maksimal 180 hp @4000 rpm
Torsi maksimal 400 Nm @2000 rpm
Sistem transmisi 7 speed auto direct shift gearbox
akselerasi 0-100 km/jam:9,8 detik
Kecepatan maksimal 202 km/jam

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya