OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Mengulik Kelebihan dan Kekurangan Honda Genio, Skutiknya Generasi Milenial
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mengulik Kelebihan dan Kekurangan Honda Genio, Skutiknya Generasi Milenial

Dilihat 682
Dian
27 Ags 2020, 17:37
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Generasi Milenial Indonesia wajib berbahagia. Pasalnya, PT. Astra Honda Motor pada bulan Juni 2019 lalu mengeluarkan Honda Genio, skutik fashionable dan casual yang didesain khusus untuk mereka. Tidak mengherankan jika tampilan motor ini lebih bergaya dan juga hemat bahan bakar. 

Honda Genio digadang-gadang menjadi salah satu produk unggulan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini, yaitu kendaraan roda dua yang mudah dikendalikan dan memiliki body yang cantik serta desain yang sederhana.

Honda Genio hadir dengan dimensi panjang 1.869 mm, lebar 692 mm, dan tinggi 1.061 mm. Jarak sumbu rodanya 1.256 mm. Pas dengan postur tubuh orang Indonesia yang rata-rata memiliki tinggi 160 hingga 170 cm.

Harga Honda Genio 110 Terbaru 2019, Spesifikasi dan Fitur ...

Selain desainnya yang cantik, Honda Genio dibekali dengan mesin generasi terbaru eSP 110cc yang hemat bahan bakar. Hal ini didukung penggunaan rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), teknologi frame terbaru dari Honda yang diimplementasikan pertama kali di Indonesia. Ini membuat Honda Genio lebih ringan, lincah, dan nyaman saat dikendarai. Teknologi ini membuat bobotnya terpangkas hingga hanya 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg untuk tipe CBS-ISS.

Skutik kasual ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu CBS dan CBS-ISS dengan 11 varian warna yang bisa jadi pilihan. Tipe CBS hadir dengan lima warna, yaitu Smart White, Smart Black, Smart Red, Smart Black Red, dan Smart Silver. Sedangkan CBS-ISS  diluncurkan dalam enam varian warna, yaitu Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black yang spesial. 

Fitur yang dibekalkan pada kedua varian ini sama, di antaranya ACG Starter, combi-brake system, headlight LED bertingkat, dan panel meter digital. Selain itu, Honda Genio juga dibekali dengan soket gawai di bawah jok dan dua laci kompartemen di balik shield. 

Baca Juga: Yamaha X-Max 250 Motor Gagah Harga Istimewa

Skutik yang dibanderol dengan harga Rp17,2 hingga  Rp17,7  juta ini sangat nyaman dikendarai. Tak berbeda jauh dengan pendahulunya si Scoopy dalam hal posisi duduk, baik setang, posisi jok, hingga pijakan kaki. 

Joknya yang hanya 740 mm dari permukaan tanah membuat pengendara dengan tinggi 160 cm dijamin dengan mudah dapat menaikinya. Busa jok Honda Genio ini juga sangat empuk dengan permukaan yang lebar.

Masih sama seperti pendahulunya, Scoopy dan Beat, posisi aki Honda Genio juga berada di bawah dek pijakan kaki. Hal ini membuat lutut pengendara menekuk hingga hampir 90 derajat. Sedikit mengganggu untuk mereka yang memiliki tubuh jangkung ketika harus berkendara dalam waktu lama.

Mari kita bahas lebih dalam lagi kelebihan dan Kekurangan Honda Genio sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan Honda Genio

Seperti dijelaskan sebelumnya, Honda Genio didesain untuk menjawab keinginan masyarakat terhadap skutik yang cantik dan mudah dikendarai. Ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki Honda Genio jika dibandingkan dengan skutik lain. Kelebihan lain dari skutik kasual dan fashionable ini bisa Anda simak sebagai berikut.

Desain yang Keren 

Ini adalah salah satu kelebihan paling mencolok yang dimiliki oleh Honda Genio. Sekilas, bentuknya memang mirip dengan SCOOPY, tetapi terdapat perbedaan pada desain lampu. Honda Genio memiliki desain lampu datar jenis LED, sedangkan Scoopy memiliki lampu bulat. 

Fitur Futuristik

Fitur ini hadir pada bagian panel meter digital yang memuat informasi kecepatan, kapasitas BBM, dan kelengkapan ECO Indicator yang memberikan panduan terhadap pengendara agar lebih efisien.

Kunci Pengaman

Anda tidak perlu khawatir Honda Genio bisa terbobol dengan mudah karena sudah dilengkapi pengaman di bagian rumah kuncinya. Skutik ini juga dilengkapi dengan tombol pembuka bagasi. Di bawahnya terdapat dua ruang penyimpanan yang cukup luas, mencapai 14 liter. Anda bisa menyimpan jaket, tas, dan benda lain di sana.

Port Charging

Generasi millenial dikenal tak dapat lepas dari gawainya. Inilah mengapa Honda Genio dilengkapi dengan socket power outlet untuk mengisi ulang daya baterai pada gawai. Port ini diklaim aman untuk mengisi daya gawai selama berkendara. Namun, pengendara tetap butuh konektor tambahan karena soket penghubung belum USB.

Teknologi eSAF

Teknologi yang baru diterapkan pada HONDA GENIO ini menawarkan banyak sekali kemudahan. Bodi yang makin ringan menjadikan skutik ini makin lincah dalam berbelok dan melakukan akselerasi. 

Ditambah kombinasi bentuk jok, stang, dan pijakan yang pas menjadikan kendaraan ini semakin nyaman bagi pasar Indonesia.

Irit Bahan Bakar 

Apalagi yang jadi pertimbangan ketika membeli motor, kalau bukan penggunaan bahan bakar yang irit. Skutik ini cukup menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 51,3 km. Honda Genio juga dilengkapi dengan IDLING STOP SYSTEM yang menjadikannya irit bahan bakar karena dapat mematikan mesin saat berhenti sesaat. 

C:\Users\Perindu Surga\Downloads\4039721242.jpg

Kekurangan Honda Genio

Setiap hal diciptakan lengkap dengan kelebihan dan Kekurangan di dalamnya, begitu juga dengan Honda Genio. Di balik semua kelebihan di atas, terselip beberapa kekurangan yang menyertai. Apa saja kekurangan tersebut?

Kunci Pengaman Rem

Seperti halnya para pendahulunya, Honda Genio juga dilengkapi dengan tuas pengunci rem di sebelah kiri yang seharusnya bisa dimanfaatkan ketika berhenti di tanjakan. Namun, pada kenyataannya, pengoperasian tuas ini baru bisa optimal jika dilakukan dengan dua tangan. 

Rem Belakang Tromol

Karena masih menggunakan rem tromol, rem belakang tidak dapat bekerja maksimal sehingga perlu bantuan rem depan. Namun, untuk dikendarai di jalanan rata-rata, hal ini tidak terlalu mengganggu.

Performa Mesin Kurang

Honda Genio hanya dibekali mesin dengan kapasitas 110cc. Ini membuat performa mesinnya dirasa kurang jika dibandingkan dengan skuter matik lain yang ada di pasaran.

Velg Kurang Cocok

Dimensi velg yang dipasangkan pada Honda Genio berukuran 14 inci. Hal ini dirasa kurang cocok dengan tampilan bodinya. Seharusnya, velg dengan ukuran 12 inci akan lebih pas dan membuat tampilannya lebih menarik.

Belum Keyless

Sistem penguncian Honda Genio masih menggunakan sistem lama dan belum memakai teknologi Keyless. Kalau saja sudah menggunakan sistem penguncian Keyless, dijamin skutik ini akan lebih menarik dan aman.

Kurang Responsif

Dibandingkan dengan Beat, Honda Genio dinilai kurang responsif. Padahal keduanya dilengkapi dengan mesin jenis overstroke dengan langkah piston lebih besar dari diameternya. Rentang antara bore dengan stroke yang cukup jauh membuatnya kurang agresif menghadapi lalu lintas yang stop and go.

Baca Juga: Berkendara Lebih Tenang Saat Off- Road dengan Yamaha X-Ride Terbaru 2020

Mungkin itulah sebabnya, Honda Genio menyasar konsumen di pasar pemula. Harganya murah, tetapi konsumen mendapatkan fitur yang cukup. Dilengkapi teknologi eSAF dan eSP membuat Honda Genio memiliki karakter lincah dan ringan. Konsumsi bahan bakar juga relatif irit. Masih masuk akal dengan banderol harga di angka Rp 17 jutaan. Semoga paparan di atas dapat Anda jadikan pertimbangan untuk memiliki skutik ini. Stay safe, salam satu aspal.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Genio
    Honda Genio
    Honda Genio
    Angsuran mulai dari:Rp 0,47 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya