• Home>
  • Review>
  • Mengulik Toyota Supra yang Masih Bertahta di Deretan Mobil Mewah
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mengulik Toyota Supra yang Masih Bertahta di Deretan Mobil Mewah

Dilihat 261
Dian
29 Ags 2020, 10:59
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Toyota Supra pertama kali diperkenalkan pada tahun 1978 silam. Dahulunya mobil yang satu ini bermodelkan Mark I atau MK I, di Jepang. Kemudian, basis model Toyota Supra ini berevolusi menjadi Toyota GR Supra. Dengan pengembangan yang mengalami banyak perubahan. Mengingat zaman selalu berkembang. Akan tetapi, orang kerap menyebutnya dengan sebutan ‘Toyota Supra’. Tanpa embel-embel GR di tengahnya. Mungkin karena memang dari dulunya sudah dikenal dengan nama tersebut.

Kehadiran generasi pertama Toyota Supra ini ternyata masih satu keluarga dengan Toyota Celica—model mobil sport couple pada zamannya. Dahulunya Toyota Supra ini mempunyai empat jenis mesin berkode sasis A40, 4M-E 2.563 cc, 5M-E 2.759 cc, dan M-EU 1.998 cc. 

Keempatnya hadir dalam konfigurasi piston enam silinder segaris. Sejak tiga tahun lamanya Toyota Supra ini muncul. Toyota Supra selalu melakukan perubahan dan pengembangan kembali terhadap model Toyota Supra MK I. Hingga lahirlah Toyota Supra MK II Celica XX.

Eksterior Toyota Supra

Toyota Supra hadir dengan perubahan yang semakin baik dari zaman ke zaman. Mengikuti perkembangan yang semakin canggih. Mobil ini dihadirkan untuk mendapatkan performa yang canggih dan sporty dimata penggunanya. Untuk mendapatkan performa yang sempurna, Toyota Supra mengalami banyak perubahan. Terutama mulai dari wheelbase hingga Center of Gravity (CoG). Sedangkan untuk desainnya sendiri, Toyota Supra mengadopsi desain lekuk bodi dari konsep mobil Condensed Extreme L6 FR Toyota Sport.

Berikut ini merupakan perkembangan eksterior Toyota Supra:

Eksterior Depan Toyota Supra

Kini lampu depan Toyota Supra cenderung menjorok ke arah Bonnet. Hal tersebut membuat Toyota Supra semakin terlihat garang. Akhirnya, Fender menjadi lebih berisi sekaligus mengingatkan kita semua pada generasi yang sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun Toyota Supra mengalami banyak perubahan yang merujuk ke hal-hal kualitas baiknya. Mobil yang satu ini tetap tak kehilangan ciri khas dan model aslinya. Siluet Bonnet Toyota Supra ini dirancang dengan lekuk aerodinamis serta dihiasi logo kebanggan Toyota Supra di bagian tengahnya. Bemper depan Toyota Supra terbagi menjadi tiga ruang. Hal tersebut menciptakan tatanan agresif serta modern pada mobil yang satu ini. Para pesaing Toyota Supra lainnya mungkin tak memiliki unsur ikonik yang satu itu.

Eksterior Samping Toyota Supra

Guna merancang performa yang manuver, Toyota Supra ini memiliki ukuran Wheelbase 2.470 mm. Memang terbilang cukup pendek dibandingkan Toyota 86. Pada dasarnya hal tersebut memang disengaja agar performa manuver Supra menjadi lebih presisi. Distribusi bobot bodi depan dan belakang Toyota Supra menggunakan rasio 50:50. Sehingga Cornering juga menjadi lebih responsif. Maka tak salah jika banyak pihak yang mengklaim bahwa Toyota Supra ini memiliki performa yang OKE.

Eksterior Belakang Toyota Supra

Tampilan belakang Toyota Supra terasa sangat berisi. Guna mendapatkan fungsi aerodinamis yang lebih baik, pada bodi bagian belakangnya ini menampilkan beberapa tonjolan. Hal ini bisa anda amati dari lekukan Fender belakang yang nantinya membuat laju angin dapat disalurkan ke arah Spoiler. Atap bagian belakang Toyota Supra ini dibuat landai. Karena memang mobil yang satu ini menampilkan Sport tradisional Toyota seperti 2000GT. Desain yang landai tersebut dirasa mampu mengurangi gesekan udara. Sehingga performa akselerasi Toyota Supra menjadi semakin meningkat.

Interior Toyota Supra

Tak hanya eksterior saja yang terlihat mumpuni untuk dibanggakan dari mobil yang satu ini. Ternyata pada bagian interiornya juga tak mau kalah lhooo..

Berikut ini merupakan perubahan interior Toyota Supra yang semakin OKE untuk dibuat berkeliling kota.

Dashboard Toyota Supra

Unsur minimalist terasa kental. Dipadu dengan nuansa sporty yang membuat mobil ini semakin unik. Meski minimalis, tetap tak mengurangi desainnya yang terlihat sporty. Dibalut dengan bahan yang berkualitas. Dengan jahitan pada dashboard yang memberikan kesan premium sebuah mobil. Pengendara akan merasakan atmosfer kabin yang memacu adrenalin ketika melihat kabin Toyota Supra ini berwarna hitam-merah. Kombinasi yang pas untuk ukuran mobil premium sport yang juga elegan dipandang. Tombol-tombol pada dashboard pun dirasa cukup dapat terjangkau dengan mudah oleh tangan. Adapun beberapa tombol dashboardnya yaitu, AC, pengaturan audio, hingga Start/Stop Engine. Semua tombol-tombolnya sangat mudah untuk diaplikasikan karena petunjuk sangat jelas terlihat di sana.

Baca Juga: Kelebihan Honda HR-V Si Seksi Yang Merajai Pasar Crossover Indonesia

Konsep yang sangat kuat dirasakan pengendara saat menyetir adalah konsep Driver’s Oriented. Hal ini karena desainnya yang terlihat ala racing, kemudian dibalut dengan kombinasi warna hitam-merah. Ada juga kulit berwarna putih yang menghiasi sepanjang setirnya. Rancangan seperti itu akan membuat pengendara merasakan sensasi berkendara yang lebih berkelas. Serta meningkatkan kepercayaan diri anda tentunya.

Pada sisi kiri setir Toyota Supra ini menyajikan Cruise Control. Sementara pada bagian kanannya berisikan tombol pengatur audio dan konektivitas. Panel Multi Information Display (MID) menjadi salah satu hal yang menarik yang ada pada setir Toyota Supra ini. Desain MID dirancang dengan konfigurasi digital bergaya racing, ditambah dengan Paddle Shift sudah pasti akan membuat anda happy dan enjoy ketika berkendara.

Kursi Toyota Supra

Toyota Supra menerapkan dua kapasitas kursi. Satu untuk anda sedangkan satunya lagi untuk pasangan anda. Sajian yang cukup eksotis sepasang kekasih bukan? Tak hanya memberikan kesan yang eksotis, kursi Toyota Supra ini juga menyajikan kenyamanan serta kemewahan tersendiri untuk anda. Hal tersebut terlihat dari balutan kulit yang dipadukan dengan jahitan berwarna merah. Kontur kursi Toyota Supra ini dirancang untuk dapat menyanggah punggung anda dengan sempurna. Bukan hanya kemewahan saja yang anda dapatkan tatkala mengendarai Toyota Supra. Namun kenyamanan juga akan ikut anda rasakan. Sehingga hendak bepergian jauh kemanapun, anda akan tetap senang, santai, dan menikmati perjalanan anda.

Harga Toyota Supra

Dari segala pembahasan di atas anda tentunya telah menerka-nerka. Sebenarnya, berapa sih harga untuk mendapatkan mobil premium berupa Toyota Supra ini?

Pada pagelaran GIIAS 2019 lalu, PT. Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan secara resmi mobil produksinya ini di pasaran Indonesia. Namun, peluncuran tersebut masih belum diumumkan secara resmi mengenai harga-harganya. Rupanya mereka masih bungkam seolah masih hendak mempertunjukkan terlebih dahulu mobil mewah yang satu ini. 

Baca Juga: Spesifikasi Lexus RX, Crossover SUV Yang Mewah

Tetapi jangan khawatir, pihak Toyota Indonesia sendiri telah mengumumkan harga resmi sport car legendaris yang satu ini pada Juli 2020, kemarin. Toyota Supra dibandrol dengan harga Rp. 2.147.100.000 (OTR Jakarta). Memang harga yang cukup fantastis untuk mobil premium sport car legendaris keluaran Jepang itu. 

Harganya yang melangit sejatinya mencerminkan kualitasnya yang premium. Maka tak heran, mobil ini tetap menjadi incaran para pengendara roda empat di Indonesia. Buktinya, di jalanan raya mobil ini tetap eksis lho..

Kini anda sudah tahu bukan, mengapa Toyota Supra masih bertahta di deretan mobil OKE? Itu semua karena kualitas yang dimiliki mobil yang satu ini. Setiap perkembangan zaman yang semakin canggih, mobil ini pun juga tetap mengikuti kecanggihan zaman. Akan tetapi masih tetap memegang desain ciri khas Toyota Supra itu sendiri. Jadi, bagaimana? Sudah siapkah kantong anda mengeluarkan uang kurang lebih Rp.2 miliar-an? Jika sudah siap, segera berkunjung ke Showroom mobil yaaa...

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya