• Home>
  • Review>
  • Mengupas Kelebihan Baojun 310 Sebagai Lawan Tangguh Honda Brio
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mengupas Kelebihan Baojun 310 Sebagai Lawan Tangguh Honda Brio

Dilihat 63
Eza Fadil
19 Ags 2020, 11:56
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Nama Wuling memang sudah dikenal sebagai brand dengan lini produk yang terjangkau, namun dengan teknologi dan fitur yang tidak kalah lengkap dengan brand lain. Beberapa tahun lalu, publik dunia dikejutkan dengan kehadiran Baojun 310. Pasalnya, Baojun 310 dari segmen city car memiliki keunggulan fitur yang lengkap namun ditawarkan di LCGC.

Mobil ini dirilis pada pertengahan tahun 2016 di China dan rumornya akan masuk ke Indonesia sekitar tahun 2018. Sayangnya, setelah dua tahun dari perkiraan waktu tersebut, Baojun 310 belum juga hadir di Indonesia. Lalu, kenapa mobil ini begitu fenomenal? Sebagai mobil penggerak roda depan ini sangat menggiurkan di kelas city car. Untuk ukuran mobil mulai dari Rp. 120 hingga 150 juta, tipe tertinggi Baojun 310 didukung layar LCD beresolusi tinggi 8 inci dengan sistem navigasi GPS dan Bluetooth.

Dari beberapa fiturnya bisa disamakan dengan Honda CR-V yang harganya beberapa kali lipat. Untuk versi wagon bahkan terdapat jok elektrik, cruise control dan keyless system beserta mesin start-stop. Dengan fitur-fitur mengesankan tersebut, Baojun 310 bahkan layak bersaing dengan city car seharga Rp 150 hingga 200 juta. Lantas, seberapa baik Baojun 310 jika dibandingkan dengan LCGC atau city car seperti Honda Brio atau Toyota Agya? Mari kita kaji lebih jauh keunggulan Baojun 310.

Apa Saja Kelebihan Baojun 310?

Kami tidak berharap Wuling menjual Baojun 310 dengan harga ini di Indonesia. Bahkan jika Anda masuk ke sini, pasti akan ada peningkatan harga. Tapi tetap saja jika dijual dengan harga Rp. 150 juta masih tergolong murah jika dibandingkan dengan produk sekelasnya. Di negara asalnya, mobil ini hanya dijual dengan harga antara RMB 36.800 (Rp73 juta) hingga RMB 49.800 (Rp 98 juta). Baojun 310 tersedia dalam empat tipe yaitu Value, Comfort, Fashion dan Luxury. Saat masuk ke Indonesia akan ada pajak, bea masuk, PPNBM, dan BBN-KB yang tentunya akan menaikkan harga Baojun 310.

Baca Juga: Resmi Diungkap, Ini Spesifikasi Lengkap All New KIA Grand Sedona

PT SGMW Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Wuling di Tanah Air bahkan menyatakan niatnya untuk bermain di segmen city car. Tapi itu belum tercapai sampai sekarang. Baojun 310 dilengkapi dengan keistimewaan dibandingkan dengan jajaran city car yang ada. Fitur keren pada mobil ini antara lain jok kulit, sunroof, Cruise Control, sistem infotainment dengan layar sentuh 8 inci, sistem navigasi, dan kamera mundur. Bahkan varian wagonnya pun dilengkapi jok elektrik.

Selain itu mobil ini juga telah didukung oleh beberapa fitur keselamatan modern seperti ABS, EBD dan 4 airbag. Dengan harga dibawah Rp. 200 juta sekarang, jelas mustahil menemukan city car dengan fitur sunroof dan cruise control. Meski fiturnya wah, mesin Baojun 310 tidak ada yang istimewa.

Spesifikasi Mesin Baojun 310

Sumber tenaga untuk Baojun 310 berasal dari mesin 1.2 liter yang disedot secara alami. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 81 hp dengan torsi 116 Nm pada 3.600 rpm, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 5,3 liter / 100 km. Sayangnya Baojun 310 hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan. Dalam nomenklatur atau klasifikasi model di grup besar General Motors, Baojun 310 menggunakan basis yang sama dengan Chevrolet Sail. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.032 mm, lebar 1.672 mm dan tinggi 1.440 mm serta jarak sumbu roda 2.550 mm.
Hatchback ini dikatakan memadukan gaya tradisional perusahaan dengan tampilan muda dan modern. Artinya, desain Baojun 310 memiliki ciri-ciri atap tinggi dan kaca lebar seperti mobil Baojun atau Wuling pada umumnya. Desainnya stylish dengan gril besar dan siluet headlamp bersudut tajam. Pada minor facelift tahun lalu, Baojun mempercantik 310 dengan aksen biru pada bumper. Sayangnya dengan dimensi yang begitu panjang, ukuran ban yang digunakan agak kecil, sehingga perbandingan dengan bodi terbilang kurang ideal.

Baca Juga: Inilah Spesifikasi MG HS Dengan Dua Tingkatan Trim

Dari segi konsep, mobil ini menyerupai dengan Wuling Confero yang bodinya bongsor tapi ban dan rodanya terlihat kecil. Secara dimensi, Baojun 310 memiliki jarak sumbu roda 2.550 mm. Artinya, city car ini digambarkan sebagai mobil hatchback terpanjang di antara mobil hatchback di kelasnya. Lantas, bagaimana jika dibandingkan dengan fitur-fitur city car LCGC terlaris di Indonesia yaitu Honda Brio Satya? Bagaimana LCGC terlaris ini mampu bertahan dari penetrasi pemain baru dengan harga yang sebanding?

Kelebihan Honda Brio Dibandingkan Baojun 310

Honda Brio sejak awal kali muncul di Indonesia memang langsung meraih volume penjualan yang sangat baik. Bahkan, belakangan ini Brio Satya menjadi model terlaris di segmen LCGC. Dengan spesifikasi dan segmen mesin yang hampir sama, bagaimana caranya agar Honda Brio bisa bertahan dari semua keunggulan Baojun 310?

Brio baru dikembangkan dengan konsep utama "Proud Over Class". Honda mengembangkannya sebagai mobil yang diposisikan satu tingkat di atas kelasnya. Brio memang mengalami penyempurnaan seperti memperluas jarak sumbu roda hingga 60 mm untuk menciptakan ruang jok belakang yang lebih besar. Ruang bagasi diperluas hingga 90 mm untuk memberikan kapasitas lebih.

All New Honda Brio tetap mempertahankan berbagai aspek yang menjadi kelebihannya, seperti mesin i-VTEC 1.2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya. Tenaga maksimum mesin i-VTEC 1.2L adalah 90 PS / 6000 dan torsi maksimumnya mencapai 110 Nm / 4.800 rpm. Melihat angka tersebut, Brio Satya berhasil meraih tekanan dan Baojun 310 meraih torsi.

Konsumsi bahan bakar Brio Satya jelas lebih unggul dari Baojun 310. Brio Satya mampu mencapai angka di atas 20 km / liter bahkan hingga 30 km / liter. Sementara Baojun 310 harus puas dengan rekor angka 18,8 km / liter. Karakter Baojun dengan torsi lebih besar cocok untuk para komuter perkotaan yang sering macet.

Fitur Baojun 310 Lebih Unggul dibandingkan Honda Brio

Jika diperhatikan lebih seksama, entah itu Satya maupun RS Brio harus mengakui keunggulan fitur Baojun 310 karena minimnya sunroof dan masih banyak lagi lainnya. Di fitur airbag, Brio baru juga punya dua poin di depan. Fitur hiburan di Brio Satya mengandalkan head unit 2DIN dengan Port USB, Radio AM / FM, Kompatibel dengan iPhone & iPod, CD-Player, Aux-in. Lalu, head unit ini canggih karena Kompatibel dengan steering switch (E grade), Bluetooth, Hands Free Telephone.

Bedanya dengan Brio RS tipe head unitnya sudah menggunakan layar sentuh 6,2 ”(Resistive) yang mendukung USB Port, AM / FM Radio, Compatible w / iPhone / iPod, Compatible w / RR Cam, CD & DVD Player Kompatibel dengan Saklar Kemudi, head unit di Brio RS mendukung AUX-IN, Bluetooth, dan Telepon Bebas Genggam.

Dan ternyata memang Wuling berhasil mengungguli Brio RS. Baojun 310 telah menggunakan sistem infotainment dengan layar sentuh 8 inci, sistem navigasi, dan kamera mundur. Bahkan Baojun 310 sudah memiliki sunroof, sesuatu yang biasa dimiliki oleh city car premium atau mobil premium dengan harga Rp. 300 juta ke atas.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya