• Home>
  • Review>
  • Mengupas Tuntas Toyota Agya Facelift, Apakah Affordable?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mengupas Tuntas Toyota Agya Facelift, Apakah Affordable?

Dilihat 4311
EKO
4 Nov 2021, 21:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

toyota agya facelift

Otoloka.id- Toyota Agya hadir sebagai jawaban dari PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia, terhadap regulasi mobil Low Cost Green Car (LCGC). Mobil tersebut memang berdimensi mungil, yang mengambil basis dari Toyota Pixis Epoch.

Kehadiran mobil ini disambut baik oleh pasar Indonesia, yang memang membutuhkan mobil untuk mobilitas dengan harga yang terjangkau. 

Benar saja, Toyota Agya menjadi mobil LCGC yang paling laris di Indonesia, terbukti dari penjualan sebanyak 841.572 unit pada periode 2013 sampai 2020.

Selama perjalanannya, Toyota Agya saat ini sudah mengalami facelift sebanyak dua kali pada tahun 2017 dan tahun 2020 kemarin. Pada perubahan minor tahun 2020, sudah banyak fitur-fitur terkini yang disematkan sebagai pelengkap pada mobil tersebut.

Fitur Toyota Agya Facelift

1. Eksterior Toyota Agya

Pada versi facelift keduanya, tidak ada perubahan pada ukuran Toyota Agya. Dimensi mobil hatchback tersebut masih memiliki dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm.

Sementara bagian eksterior lain juga mendapat penyegaran. Terbukti dari bagian grill depan yang tidak lagi beraksen chrome. Bagian grill bawah juga didesain ulang menjadi lebih besar yang sarat akan tampilan sporty.

Tiap lekukan bumper depan juga berubah. Satu yang mencolok adalah bagian lampu kabut yang mengikuti garis grill bawah. 

Ada spoiler depan juga yang makin membuat Toyota Agya makin sporty. Lampu yang dibenamkan pada Toyota Agya sudah menggunakan LED, dan proyektor.

Bagian lampu belakang juga didesain ulang, terdapat komposisi LED pada lampu rem, namun sein dan lampu mundur tetap menggunakan bohlam biasa. Menambah kesan sporty, dibenamkan spoiler belakang dengan lampu rem. Bumper belakang juga diberikan sentuhan berlekuk dengan kisi-kisi.

Selain itu, ada juga penyegaran pada bagian kaki-kaki Toyota Agya. Penyegaran tersebut berupa desain velg baru, yang juga tersedia pada tipe terendah.

Pada Toyota Agya, terdapat tujuh pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan kepribadian. Pilihan warna tersebut yakni; Red, Orange Metallic, Yellow, White, Silver Metallic, Gray Metallic, dan Black.

2. Interior Toyota Agya

Pada bagian interior Toyota Agya, sudah dibenamkan banyak fitur terkini, yang tak mengesankan kalau mobil tersebut merupakan bagian dari LCGC. Contohnya seperti bagian dashboard yang dipenuhi aksen kulit berwarna hitam yang elegan.

Di antara  dashboard, Agya menyematkan head unit sebagai pelengkap fitur hiburan. Tak jauh dari situ ada combination meter yang beraksen warna merah. Mengesankan keberanian dan tentu saja sporty.

Pada bagian kemudi, semua tipe Toyota Agya dibekali dengan setir dengan pengaturan audio. Jadi aman banget untuk mengganti lagu kesayangan atau mengatur volume saat mengemudi.

Seperangkat fitur keamanan untuk pengemudi dan penumpang juga terdapat pada Toyota Agya, seperti adanya fitur Dual SRS Airbags, dan Side Impact Beam.

Fitur pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) juga tersedia pada Toyota Agya, yang berfungsi untuk mengurangi mobil tergelincir akibat pengereman mendadak.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Agya Facelift

Mengacu pada konsumsi bahan bakar Toyota Agya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu perihal mesin yang dibenamkan. Tiap pilihan mesin yang tersedia pada Toyota Agya, pasti punya konsumsi bahan bakar yang berbeda pula.

Saat ini, Toyota Agya memberikan pilihan dua mesin, yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter. Kedua mesin tersebut, punya keunggulannya masing-masing.

Mesin 1.0 liter Toyota Agya

Untuk varian 1.0 liter, mesin yang dibenamkan adalah mesin tiga silinder DOHC VVT-i 12-katup. Tenaga yang dihasilkan sebesar bertenaga 67 PS per 6.000 rpm dan torsi 9,1 Kgm di 4.400 rpm. Khusus untuk varian mesin 1.0 liter, tidak ada pilihan transmisi lain selain manual lima percepatan.

Sesuai hasil uji atau tes bahan bakar yang pernah dilakukan, konsumsi bahan bakar Toyota Agya mesin 1.0 liter bisa dibilang sangat irit, yaitu mencapai 22 km/liter dengan kecepatan konstan.

Angka tersebut didapat karena Toyota Agya sudah mengadopsi sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Apabila fitur ECO dihidupkan, konsumsi bahan bakar mobil ini akan lebih efisien.

Untuk perawatan juga lebih murah, pasalnya mesin Toyota Agya 1.0 liter membutuhkan penggantian suku cadang lebih sedikit dibanding mesin 1.2 liter. Contohnya seperti busi, piston, dan suku cadang lain seperti oli.

Mesin 1.2 liter Toyota Agya

Pada varian 1.2 liter, Toyota Agya menggunakan mesin empat silinder DOHC Dual VVT-i 16-katup 1.197cc. Bertenaga 88 PS per 6.000 rpm dengan torsi 11 Kgm di 4.200 rpm.

Konsumsi BBM Toyota Agya 1.2 liter mencapai 20 km/liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan. Jika menggunakan fitur ECO, konsumsi bahan bakar pada Toyota Agya 1.2 liter akan lebih irit lagi.

Khusus untuk mesin 1.2 liter, terdapat dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan, dan otomatis empat percepatan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Pada mesin ini, memang biaya perawatannya lebih mahal. Hal tersebut lantaran pada mesin 1.2 liter Toyota Agya menggunakan empat silinder yang pastinya punya lebih banyak komponen. Namun yang didapat adalah, mobil dengan tenaga yang lebih responsif ketimbang varian mesin 1.0 liter.

Harga Toyota Agya Facelift

Harga yang dipasarkan pada Toyota Agya, mengacu pada fitur dan aksesoris yang dibenamkan. Nah, Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek, memberikan tingkatan fitur dan aksesoris melalui varian tipe Toyota Agya.

Toyota Agya saat ini memberikan tawaran berupa dua varian tipe, yaitu G dan GR Sport yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kedua tipe tersebut dibagi lagi menurut kapasitas mesin dan transmisi yang dipakai.

Untuk tipe G bermesin 1.0 liter merupakan varian dari Toyota Agya yang paling dasar, karena punya kubikasi mesin paling buncit. Tetapi pada tipe ini, fitur hiburan dan kenyamanan sudah cukup mumpuni. Namun, fitur keselamatan seperti airbag belum disematkan.

Pada Toyota Agya G 1.2 liter merupakan tipe menengah, yang menawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual dan matic. Pengaturan pendingin udara secara digital, pengaturan spion elektrik menjadi pembeda dari Agya bermesin 1.0 liter. Sistem keselamatan berupa airbag sudah tersedia pada setiap tipe G 1.2 liter.

Fitur yang ditingkatkan berupa head unit dengan layar sentuh, pengaturan pendingin udara digital, dan tombol engine start/stop ada di varian Toyota Agya tipe GR Sport 1.2 liter. Pada varian ini juga disediakan dua pilihan transmisi.

Bagian aksesoris pendukung kesan sporty, juga dibenamkan pada tipe Toyota Agya GR Sport 1.2 liter ini. Contohnya seperti spoiler di bumper depan, side skirt, spoiler bumper belakang, dan spoiler belakang yang sudah dibenamkan high mount lamp.

Berikut tabel harga dari setiap tipe Toyota Agya Facelift.

Varian tipe Toyota Agya

Harga

Toyota Agya G 1.0 Liter M/T

Rp 144.900.000,-

Toyota Agya G 1.2 Liter M/T

Rp 149.200.000,-

Toyota Agya G 1.2 Liter A/T

Rp 162.740.000,-

Toyota Agya GR Sport 1.2 Liter M/T

Rp 154.545.000,-

Toyota Agya GR Sport 1.2 Liter A/T

Rp 170.390.000,-

 

Spesifikasi Toyota Agya

1. Spesifikasi Mesin Agya

Spesifikasi Mesin Toyota Agya 1.2L

Sistem Pemasukan Bahan BakarSistem Injeksi Elektronik / Electronic Fuel Injection
Tipe Mesin1.2L NR 4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i / 4 Cylinder in-line 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder1,197 cc
Diameter X Langkah72.5 x 72.5
Daya Maksimum88/6,000

Spesifikasi Mesin Toyota Agya 1.0L

Sistem Pemasukan Bahan BakarSistem Injeksi Elektronik / Electronic Fuel Injection
Tipe Mesin1.0L KR 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i / 3 Cylinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-i
Isi Silinder998 cc
Diameter X Langkah71.0 x 84.0
Daya Maksimum67/6,000

2. Spesifikasi Dimensi Agya

P x L x T3.660 x 1.600 x 1.520 mm
Wheelbase2.450 mm
Ground Clearance180 mm

3. Spesifikasi Kaki-kaki Mobil Agya

Suspensi DepanMacPherson Strut dengan Coil Spring
Suspensi BelakangSemi-independent torsion axle beam
Rem Depan/BelakangVentilated Disc dan Drum
VelgAlloy 14 inci
Tipe Ban175/65 R14

 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
    Angsuran mulai dari:Rp 1,87 Jt/Bln
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Angsuran mulai dari:Rp 2,74 Jt/Bln
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
    Toyota Agya
    Angsuran mulai dari:Rp 2,63 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya