• Home>
  • Review>
  • Menilik Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT Sebagai Varian Tertinggi, Affordable?
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Menilik Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT Sebagai Varian Tertinggi, Affordable?

EKO
17 Jan 2022, 20:34

Otoloka.id- Daihatsu Ayla merupakan mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang diminati di Indonesia. Pasalnya, mobil berjenis hatchback tersebut memiliki harga yang terjangkau, lincah dikendarai, dan murah dalam perawatan.

Selain itu, Daihatsu Astra Motor selaku agen pemegang merek memberikan pilihan dari Daihatsu Ayla sebanyak 12 varian tipe, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Nah, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT sebagai varian tertinggi, menawarkan banyak kelebihan yang dapat mengakomodir kebutuhan konsumen di daerah perkotaan, apa saja itu? Simak terus.

Eksterior Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

Daihatsu Ayla memang diplot sebagai mobil dengan harga terjangkau yang cocok untuk dipakai anak muda. Mobil ini juga lincah untuk digunakan di perkotaan, karena memiliki dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm.

Dimensi tersebut memang lebih besar ketimbang varian tipe Daihatsu Ayla di bawahnya, yang terdiri dari pemasangan beberapa aksesoris pendukung. Oleh karena itu, pada varian tertinggi ini, telah dibenamkan banyak fitur yang tak hanya fungsional saja, tetapi juga tampil dengan memikat.

Dari tampilan eksteriornya, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT menjadi yang paling lengkap menggunakan aksesoris pendukung. Contohnya mulai dari penyematan ornamen chrome di area lampu kabut, dan penyematan garnish di grill depan yang berwarna hitam.

Sementara untuk lampu depannya, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT sudah mengadopsi lampu utama proyektor dan LED untuk lampu posisinya. Perpaduan tersebut, menjadikan tampilan hatchback tersebut makin sporty dan modern.

Tak hanya itu, bagian sampingnya sudah dibekali dengan side stone guard, yang tampil sporty bersamaan dengan velg alloy polished berukuran 14 inci, yang tidak ditemui pada varian lain. Di bagian atasnya, terdapat spion retractable yang jadi fitur mobil kelas atas.

Yang menjadi pembeda antara Deluxe dengan varian standar adalah, terdapatnya beberapa emblem dan sticker yang menghias sekujur bodi. Aksen-aksen tersebut dapat ditemukan di grill depan, dan sticker di dekat spion.

Lanjut ke bagian belakang, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT sudah dibekali juga dengan wiper belakang, penyematan spoiler belakang dengan high mount stop, dan lampu belakang LED kombinasi berikut pemasangan garnish yang sangat atraktif.

Di bagian bawah, bumper belakang terlihat makin sporty dengan adanya ornamen yang ditengahnya dibenamkan reflektor. Tak jauh dari situ, terdapat aerokit dan muffler cutter berwarna chrome yang menjadikan mobil ini makin sporty.

Interior Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

Ketika pintu dibuka, maka kita disuguhkan oleh bagian dalam kabin yang lebih mewah ketimbang varian Daihatsu Ayla tipe di bawahnya. Contoh yang jelas terlihat adalah penggunaan material fabric pada setiap kursinya. Di bagian depan, kursi Ayla varian tertinggi berbentuk semi bucket yang membuatnya makin sporty.

Bagian dashboard berwarna hitam dengan material plastik. Karena diposisikan sebagai varian tertinggi, disematkan juga garnish berwarna silver yang menghiasi cluster depan, bagian setir, dan panel pintu agar tampilannya makin manis.

Sementara aksen chrome, menghiasi handle pintu dalam, tuas persneling, dan lubang sirkulasi pendingin udara. Mengenai pendingin udara, Daihatsu Ayla tipe tertinggi ini sudah menyematkan pengaturan AC secara digital yang tampil makin kekinian.

Di atas cluster AC, terdapat head unit dua din yang didalamnya sudah disematkan layar sentuh yang dapat mengakomodir radio, CD, USB, dan Bluetooth. Layar tersebut juga berfungsi sebagai penampil gambar dari kamera parkir, yang dipasang di bagian belakang mobil.

Selain terintegrasi dengan kamera belakang, layar head unit tersebut juga terhubung dengan setir, yang disisinya terdapat tombol pengaturan audio. Namun sayang, setir tersebut sudah baku, alias tak bisa diatur tinggi atau rendahnya secara tilting maupun teleskopik.

Masuk ke panel instrumennya, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT sudah menampilkan Multi Instrument Display (MID) yang sangat atraktif nan komplit. Di dalamnya sudah ada tripmeter, speedometer, tachometer, sampai indikator bensin. Informasi seperti eco indikator, rem parkir, dan informasi lain juga tersedia di dalamnya.

Performa Mesin Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

Mengenai jantung pacunya, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 1.197 cc empat silinder segaris. Mesin tersebut sudah berteknologi dual VVT-I yang memiliki kode 3NR-VE.

Soal keluaran tenaganya, Daihatsu Ayla tipe tertinggi ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm, dengan torsi yang mencapai 108 Nm di 4.200 rpm. Lalu, tenaga mesin yang dihasilkan tersebut, akan disalurkan melalui sistem transmisi otomatis empat percepatan, yang disalurkan lagi melalui penggerak roda depan.

Mobil dengan penggerak roda depan, sudah terkenal akan efisiensinya dalam bahan bakar. Ini lantaran tenaga yang dihasilkan mesin, tak menggerakkan lebih banyak komponen.

Menariknya, pada varian Daihatsu Ayla yang menggunakan mesin 1.2 liter, sudah ada fitur eco indikator yang membuat konsumsi bahan bakar dari mobil tersebut makin irit.

Dari percobaan yang dilakukan, Daihatsu Ayla mampu menghabiskan 1 liter bensin untuk menjelajah sejauh 20 kilometer dalam kondisi tol. Apabila kondisi dalam kota, mobil ini mampu menyedot satu liter bensin, untuk berjalan sejauh 14 kilometer. Tergolong irit bukan?

Sistem Keselamatan Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

Meski tergolong sebagai mobil yang mengisi segmen kelas menengah ke bawah, Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT sebagai varian tertinggi, sudah menyematkan sistem keselamatan yang lumayan mumpuni, lho.

Contohnya saja seperti penyematan dual SRS airbags yang ada di kursi bagian depan, lalu di setiap kursi yang ada di dalam kabin, disematkan sabuk pengaman tiga titik. Bagi yang memiliki anak juga terdapat isofix.

Tak hanya itu, untuk keselamatan berkendara, Daihatsu Ayla varian tertinggi ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, EBD, dan BA yang menghindari terjadinya under maupun over steer ketika mobil sedang berbelok alias tergelincir.

Sementara side impact beam menjadi pengaman bagi mobil apabila terjadi tabrakan dari samping. Sistem keselamatan ini berupa komponen keras yang berada di bodi samping dan pintu mobil, yang akan melindungi penumpang.

Daihatsu Ayla

1.2 R Deluxe AT

Harga

Rp 166.650.000,-

Dimensi PxLxT (mm)

3.660 mm x 1.600 mm x 1.520 mm

Ground Clearance (mm)

180 mm

Sistem Kemudi

Rack Pinion with Electric Power Steering

Mesin

3NR-VE 1.197 cc DOHC Dual VVT-i

Tenaga Puncak

88 PS

Torsi Puncak

108 Nm

Transmisi

Otomatis 4 Percepatan

Sistem Penggerak Roda

Penggerak Roda Depan

Kapasitas Tangki BBM

33 Liter

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Drum

Ukuran Roda

175/65 R14

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 4961
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!